Memaafkan

Sebelumnya salam kenal… Aku member baru…

Butuh pencerahan niy… Tolong donk… :’(

Gmn siy “memaafkan” yg benar itu? Gmn caranya kita tau klo kita sudah memaafkan??
Ada seorang teman yang menyakiti hatiku, dia sangat manis di depanku, tp sering menjelek-jelekkanku di belakang. Aku udah berdoa ke Tuhan Yesus, aku bilang kalau aku sudah memaafkan dia… Aku legaaa…
Tapi, tiap kali aku liat mukanya dia, aku ngerasa kaya ngeliat muka “setan”. Hatiku sakit lagi… :’( :’( :’(

Aku udah maafin dia apa belum siy??? Tolong ya tanggapannya…

TUHAN BAIK BENAR = hati baik benar = pikiran baik benar = perkataan baik benar = perbuatan baik benar = hasil baik benar = upah baik benar .

TUHAN KUDUS KASIH = hati kudus kasih = pikiran kudus kasih = perkataan kudus kasih = perbuatan kudus kasih = hasil kudus kasih = upah kudus kasih .

TUHAN MENGAMPUNI MENYELAMATKAN = hati mengampuni menyelamatkan = pikiran mengampuni menyelamatkan = perkataan mengampuni menyelamatkan = perbuatan mengampuni menyelamatkan = hasil mengampuni menyelamatkan = upah mengampuni menyelamatkan .

Ga ngerti… :huh:

Belum sepenuhnya, baru diniati saja :)…Yang benar menurut teori dan demikian seharusnya sikap umat Kristen… Memaafkan dengan “tulus”. Tulus disini berarti memaafkan secara total, tidak memperhitungkan/membangkit-bangkit/menyisakan dendam atas perbuatannya (teman kamu) itu dimasa lalu…

Memang tidak mudah memaafkan secara tulus itu, tetapi kita musti belajar dan belajar karena Tuhan pun manakala kita minta ampunan Nya, mengampuni kita dengan tulus. Coba kalau kamu biasa memulai hari dengan berdoa “Bapa Kami” pan ada tuh di bagian “…dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kamipun mengampuni orang yang bersalah kepada kami…” maka kita akan malu sendiri sama Bapa kita di sorga kalau ternyata kita memohon ampunan dari Tuhan sepenuh-penuhnya sementara kita tidak mengampuni orang yang bersalah kepada kita dengan sepenuh hati…

Salam

Semakin menyakitkan perbuatan seseorang kepada kita, semakin membutuhkan usaha yg besar pula untuk kita memaafkan. Itu wajar. Jadi, tidak perlu dipikirkan apakah kita sudah benar2 memaafkan. Tidak perlu ada usaha berlebihan pula, cuma waktu yang bisa menjawab.

Kita hanya perlu belajar untuk memaklumi orang lain, maklum bahwa orang bersifat atau bersikap seperti itu karena apa. Kemudian, kita belajar untuk mengoreksi diri kita sendiri, mungkin saja ada perilaku kita yang mengganggu orang lain.

Selebihnya adalah hak orang lain untuk menentukan dirinya sendiri mau berbuat apa.
Butuh sinergi kesadaran semua orang untuk menciptakan situasi yg benar2 damai.
Jadi tidak perlu terlalu dipikirkan yah. Nanti stres sendiri. Atau udah stres? :cheesy:

Gbu

Setiap x kamu ketemu temenmu dan masih sakit hati ya kamu masih belum memaafkan 100%. masih ada ganjelan di hati. tiap x kalau kamu ketemu temenmu kalau di dalam masih marah/sakit hati langsung doa ke Tuhan.

kamu terbuka aja sama Tuhan bilang apa adanya, kalau aku mau ngampuni temenku kok tiap x ketemu masih marah/sakit hati. Kamu bilang sama Tuhan aku(Sylvestris) mau mengampuni temenku, kalau di hatiku ada yang ndak bener tolong dikoreksi Tuhan.

klo berdoa saja blm cukup, memaafkan dgn perhatian…! boleh di coba
kamu jg ngk ngerti apa maunya dia, yaa salah 1nya Perhatian,

Aku bingung ni… Galau… Dy itu tmn baek atw bs d blg solmet gtu… Susah bgt rasa’y bwt nerima. Skrg aku pilih bwt menghindari dy krn aku pikir skrg itu yg terbaik bwt aku drpd aku mulu2 punya pikiran negatif… Susah ya memaafkn… T.T

Menurut temen2 smua aku perlu bicarain mslh ini ke dy pa didiemin aja?? Apa aku boleh nanya ke dy, knp dy ngelakuin itu?? Tp rasaku agak ganjil soal’y dy jg mengungkit mslh keyakinan. Kita beda mslh’y…

[b]
+

KASIH = mengasihi

KASIH = mengampuni

KASIH = menyelamatkan

  • [/b]

kmu sudah memaafkan klo km sudah benar2 melupakan apa yang dia perbuat padamu :slight_smile:

Kalau bahas permasalahan yang dulu sama temenmu mending ndak usah dibahas aja.
Takutnya nanti malah jadi tengkar lagi. Kamu deketin diri ke Tuhan terus biar perasaanmu gak galau.
Punya kakak rohani atau teman rohani yang lain bisa di ajak curhat. Coba sharing sama mereka.

Kalau masalahnya bisa di share di sini siapa tau ada yg bisa bantu jawab.

hmmmm susah nih kl spt ini… :slight_smile:
berdoa yg banyak :slight_smile: