Meditasi (dalam pandangan Kristen)

Menurut Saudara2 FKers

  1. apa itu meditasi?

saya mencari makna meditasi di google dan menemukan
Makna meditasi : ialah meningkatkan penerimaan informasi abstrak.
Menurut anda apakah benar?

  1. menurut FKers meditasi dalam kekeristenan apakah diperbolehkan?

  2. Dari jawaban no (2)… apakah meditasi alkitabiah? Jika Iya tolong ayatnya… :smiley:

salam

Shaloom~

  1. Dalam Kristen meditasi itu ya saat teduh.
  2. Boleh, TAPI DALAM BENTUK SAAT TEDUH.
  3. @liberty, tergantung cara bermeditasinya, ingat, kalau seorang kristen bermeditasi dengan cara saat teduh. Bukan duduk bersilangm tangan dibuka, mendengarkan suara alam, mengumpulkan energi di satu titik, dlsb.
    Untuk ayatnya saya belum punya, mungkin FKer’s di bawah ada yang punya ayatnya.
    Jika jawaban Saya kurang berkenan Saya minta maaf.
    Shalom, Tuhan Yesus memberkati ^_~

kl meditasi yg mengosongkan pikiran si ga boleh setau aku, lagian meditasi itu kan ngetrendnya dari new age yah.

mnrt w meditasi sih bole apa slhnya slma ini gk terliad di alkitab ada ngelarang meditasi jd kdng2 w aja ad meditasi

boleh saja meditasi , mengosongkan beban pikiran sejenak, konsentrasi untuk berdoa lebih bagus lg .

saya pernah dengar dari mantan ahli tenaga dalam no.1 di Indonesia yg akhirnya bertobat (sekarang menjadi pendeta)
inisial : DT

dia mengatakan orang percaya seharusnya tidak boleh mengosongkan pikiran

karena mengosongkan pikiran = mengijinkan roh jahat masuk

setelah bertobat ,
semua ilmu tenaga dalamnya yg dulu dia miliki dimusnahkan melalui pelepasan

saat teduh sama sekali tidak mengosongkan pikiran. bahkan pikiran2 kita diisi dengan firman Allah

sedangkan dasar2 alkitab untuk hal ini saya masih belum memberikannya :slight_smile:

mohon dimaafkan apabila jawaban ini menyakiti hati
tolong diingat kita disini untuk berdiskusi

salam

Terimakasih atas jawabannya bro Hezki :slight_smile:

saya agak bingung sih

“Boleh dalam hal saat teduh (sate)”

tetapi bro berkata " asal bukan duduk bersila dengan tangan terbuka, mendengarkan suara alam, dan mengumpulkan energi"

kalau sekarang saya duduk bersila dan merapatkan tangan (berdoa) serta memajamkan mata dan FOKUS kepada Tuhan… Apakah ini bukan meditasi kekeristenan?

Mohon masukkannya bro Hezki :slight_smile:

hehe sis vilocevic

mau tanya nich… arti meditasi menurut vilocevic sendiri apa yach?

salam :slight_smile:

@ bro malaikat n 7_bintang

menurut bro apakah meditasi itu?

salam :slight_smile:

Terima kasih atas jawaban Bro Repento :slight_smile:

mohon penjelasan tentang arti meditasi menurut bro repento sendiri?

jika melihat kalimat di atas = mengosongkan pikiran

kalau misalkan saya berdoa tetapi hanya fokus ke satu titik (Tuhan)…
apakah ini dapat disebut meditasi?

salam :slight_smile:

Setahu saya meditasi ada macam2. berdoa juga bisa dikatakan meditasi tapi ada juga meditasi yang berarti mengosongkan pikiran. Tidak boleh mikir apa2 tidak bolah ada pertanyaan dalam pikiran kita.

Yang ini berbahaya. Tuhan memberi kita otak untuk berpikir sehingga kita bisa membedakan mana yang baik mana yang jahat.

Pada saat kita tidak menggunakan pikiran lagi, Iblis mulai menipu kita dengan bebagai tipuan dan kita terima saja.

Meditasi dibawah ini tidak boleh mikir apa2 pikiran terpusat pada nafas saja jadi pemikiran kita jadi tidak pikir apa2.

Tidak ada pertimbangan lagi supaya gampang ditipu. Katanya sampai menerima cosmic energy yang menguasai kita.

Pernah di Arizona ada orang menembak orang tuanya sendiri setelah meditasi dipengadilan dia mengaku itu disuruh sama kakeknya yang sudah meninggal waktu dia meditasi.

Walaupun kejadian semacam ini jarang tapi ini bisa saja terjadi. Ingat iblis licik dan cari jalan untuk menipu kita dengan cara apapun.

How to meditate

@ bro jack :slight_smile:

Setelah saya lihat movienya…

saya jadi ingat Budha… kalau menurut bro Jack…
umat budha bermeditasi… apakah itu mengosongkan pikiran?

Kalo untuk mendekatkan diri dengan Yesus …ok
Fokus : Yesus…
pikirkan segala seseatu ttg Yesus yang ngga abstrak :smiley:
jangan mengosongkan pikiran apalagi membiarkan roh keluar dr raga

kalo sekedar istilah saja … ngga soal
meditasi … bisa dianggap sbg saat teduh bersama Tuhan

Jangan meditasi… untuk mendekatkan diri dengan alam… nanti bisa2 larinya ke kejawen :smiley:

Lha kalo mau mengosongkan pikiran untuk tidur gimana? :monkeys55:

ok. ini saya share kan dari buku “Dunia Tenaga Dalam
oleh
Ev.Daud Tony (mantan dukun dan ahli tenaga dalam)

saya ambil kutipan2 dari Bab 3 Meditasi dan roh yg masuk

Siapa yg pernah belajar tenaga dalam pasti tahu dan merasakannya pada waktu konsentrasi. Di pusar akan terasa kayak pusaran. saya beritahu, itu sebenarnya roh yg masuk
Di pusar akan terjadi seperti pusaran. setelah itu menyebar yg biasanya dibangkitkan melalui pusar sama tulang ekor, mengalir ke seluruh tubuh dan setelah itu baru latihan gerakan.

Tapi gerakan-gerakannya sebenarnya adalah sandi-sandi penyembahan kepada
penguasa di udara untuk memanggil roh

Jadi kita boleh ndak belajar tenaga dalam

Ndak Boleh
karena ada unsur-unsur kuasa gelap

Sebenarnya di dalam diri manusia itu tidak ada kekuatan tenaga dalam
Sebenarnya itu bukan kekuatan terpendam yg diberikan Tuhan
Seseorang ketika meditasi dalam kondisi pengosongan pikiran, hening, seketika setan masuk

dalam bab 3 ini. disertakan 2 ayat referensi

Lukas 11:24
Apabila roh jahat keluar dari manusia, iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian, dan karena ia tidak mendapatnya, ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.

Matius 12:43-45
Apabila roh jahat keluar dari manusia,
iapun mengembara ke tempat-tempat yang tandus mencari perhentian. Tetapi ia tidak mendapatnya.
Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu.
Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur.
Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula.
Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."

tentang kebenarannya dari tulisan di bukunya silahkan masing2 menguji sendiri

Bro Liberty,

Pernah diadakan study tentang meditasi dengan chanting,
Chanting itu mengulang ulang kata2 sama, semacam mantra yang diulang2, misal omitaha atau apa saja ribuan kali.

Ternyata efecnya adalah penurunan level logical thingking.

Orang mengatakan beberapa kata diulang2 nanti lama2 menyebabkan otak kita numb. Kaya kalau kita duduk congkok lama kan semutan.

Demikian juga otak bisa semacam numb begitu dengan meditasi ala budha, atau dengan obat mariyuana dan cara2 lain.

Jadi menurut saya yang dilakukan umat budha itu juga dengan tujuan sama membuat otak kita numb.

Doa yang diulang2 dengan kata2 sama persis juga punya efek yang sama.

Dengan turunnya logical thinking level inilah kita lebih gampang ditipu dengan penglihatan2 yang mengarah pada menjauhkan diri pada Tuhan, secara tidak terasa.
[]

Kalau itu adalah ajaran katolik bagaimana?
(Meditasi) :slight_smile:

salam

Bro Liberty, saya tidak tahu maksud bro tentang kalau itu.

Kata itu dalam kalimat bro ini apakah berarti meditasi ?

lihat di sini bro jack

http://www.holytrinitycarmel.com/f/r.php?d=5

tentang doa Yesus… dan pelatihan meditasi :slight_smile:

salam

Sudah saya baca bro, Mari berdoa sama2 minta petunjuk dari Roh Kudus tentang doa pernafasan ini.
Saya belum pernah baca di alkitab tentang doa pernafasan.

Seingat saya Tuhan melarang berdoa dengan menggunakan kata sama berulang2.

Mathew 6:7

But when ye pray, use not vain repetitions, as the heathen do: for they think that they shall be heard for their much speaking.

Saya baca dalam doa pernafasan di bolehkan mengatakan Yesus diulang2.

Bro Liberty, kiranya Roh Kudus memberi penjelasan dan bicara pada kita, supaya kita tahu lebih jelas tentang kehendakNya.