mau nanya dong sinterklas itu ada gak sih?

teman2 mas mas om om, saya mau nanya dong
sinterklas itu beneran ada atau tidak, saya dapet pertanyaan dari teman saya dan saya gak bisa menjawabnya

bantu dong pertannyaan saya,
kalo ada room lain yang udah pernah nanya pertanyaan ini tolong kasih tau ya room berapa?

maaf saya newbie kk

Itu semua dongeng eropa
Ga ada.
Hanya certa anak anak

Sudah waktunya orang percaya melepaskan diri dari “budaya tidak berguna” seperti itu. Sudah waktunya orang percaya mendidik anak anakNya dengan isi FT yang benar, bukan dengan dongeng yang kemudian terbawa sampai besar sebagai suatu kebenaran. Dan satu hal yang saya gak psetuju adalah, bahwa sinterklass dapat menggambarkan kasih Elohim pada manusia. Itu tidak benar sama sekali.

Shalom.

:afro: nice info OM makasih ya om

wkwkwkwkwkwk…
ndak salah kamar nih anda???
kalo bulan dibelah tu ada ndak om???

@exia
Ada bro… Pas datang bulan gt… Wkwkwkwk… Hahaha…

Ndak lah kalau salah kamar. Bener kamarnya. Saya kira kita harus beri perhatian pada hal hal seperti ini juga, yang secara budaya sudah mengakar secara dalam, sementara secara FT tidak benar. Paskah jadi “telur”, apa hubunganya penyaliban dengan telur?? Apa keselamatan sekarang bentuknya seperti telur ya?? Hahahaha… Tapi diluar kelucuan itu, sangat penting disadari bahwa “pola pikir ini” sudah sangat mempengaruhi banyak jemaat. Terutama perkotaan… Justru perkotaan yang bahaya… Pedesaan yang polos justru kurang masuk kesana… Aneh kan?? Perkotaan yang “melek huruf”, lebih rentan terhadap beginian dibandingkan pedesaan yang boleh dibilang “buta huruf”. (Tanpa maksud meremehkan jemaat pedesaan, saya justru melihat mereka lebih indah memandang FT daripada perkotaan, apa yang saya ungkap ini adalah keunggulan jemaat pedesaan bukan kelemahan).

ooo
ya deh
soalnya kalo ingat belah bulan tu ngakak banget… apalagi satu kota jadi monyet^^
jadi ingat kera sakti^^
kalau santa clauss si ada… tapi ndak naik rusa dan punya rumah di kutub no 1^^

@Nony, sesuai pertanyaan diatas Sinterklas ( bhs londo ) atau SantaClaus ( Bhs Inggris ) jawabnya beneran ADA !

Posting ini dihapus karena terlalu panjang dan tidak relevan dengan topik

Kahlil_Gibson

Dear TS
topik mengenai Santa Clause sudah beberapa kali dibahas, al:

himbauan untuk member lain yang mau ikut berpartisipasi dlm berdiskusi tolong yang bermanfaat ya
jangan OOT
jadi harap maklum bila ada beberapa posting yang saya delete karena ketidakseriusan anda dalam berdiskusi pada topik ini.

ngga ada

Ya adalah. Tuh klo natalan kan banyak dimana-mana? :smiley:

sinterklas tidak bener2 ada…
mnrt gw hanya karangan org2 dunia utk merubah image dan arti natal itu…

Bro Steavan , menurut aku dan Mbah kodok jawabnya ADA ( ada di Mall2, ada di hotel2, ada di sekolahan2 hehehe :smiley: )
Kan pertanyaanya " Mau nanya Sinterklas itu ada nggak sih ? " jadi beda dengan " Mau nanya Sinterklas itu memang benar2 ada dalam Injil nggak sih ? " HOHOHO kamu KO ! ;D :cheesy: :afro:

haha bener jg sih…

santa claus ada di mall2 bahkan ada di gereja2…wkwk

posting topik slain topik pento…hoho

Dear All,

Sinter Klaus hanya Dongeng dan ini gak ada di Alkitab. Natal juga gak ada di Alkitab.

jadi yang suka dongeng aja yang percaya Sinter Klaus.

Hati-hati dengan Dongeng, ujung-ujungnya Dongeng ya sumbernya Si Iblis.

baca saja Alkitab, biar tau kebenaran.

salam,
Budi H - Petojo

wkwkwkwkwk…
emang deh, bener" cocok jd guru bahasa indonesia.

gimana tuh TS na… :mad0261: