Mau di kemanakan Gerejaku ini...???

  Saya mau sharing masalah yang di hadapi oleh Gereja di mana saya  dan keluarga ikuti sekarang :'(.Dimana Gereja ini mulai krisis Jemaat. Tadi pagi saya dapat SMS dari istri saya bahwa pelayan 2 gereja mulai mengundurkan diri di karenakan banyak factor dan lebih tercengang lagi saya bahwa jemaatnya tinggal 2 KK saja. Saya sudah menduka sebelumnya  akan begini  jadinya.

Ada beberapa factor penyebabnya:

  1. Gereja ini di memang di dirikan di suatu kawasan industry jadi mayoritas jemaatnya karyawan, anda tahu sendiri yang namanya karyawan suatu perusahaan keluar masuk begitu pula kalau sudah tak kerja atau pindah kerja otomatis keluar dari jemaat itu juga. Memang ada beberapa Keluaraga yang menjadi anggota jemaat termasuk saya .
    2.Pendeta pertama mengundurkan diri dan di ikuti sebagian jemaatnya, karena pendeta ini mendirikan gereja baru di luar kawasan itu,otomatis Jemaat warga local atau karyawan yang sudah menetap di situ ngikut dia.Jadi Pendeta baru mendapati sisa jemaat yang kebanyakan karyawan dan beberapa Keluarga yang tinggal menetap di luar kawasan itu termasuk keluarga saya.
  2. Berdirinya beberapa Gereja baru yang menjadikan pilihan bagi jemaat yang datang dari berbagai darah dan tentunya jemaat lebih memilih gereja yang ia ikuti dulu waktu di daerah.
    Jadi kesimpulan saya
  3. gereja yang jemaatnya ke banyakan karyawan akan bernasib sama karena sifatnya sementara atau partisipan aja.Karena waktu kebaktian di tentukan dengan jadwal jam kerja juga , jadi kehadiran tidak bisa di pastikan.acara di luar jam kebaktian seperti ibadah keluarga tidak berjalan.
    2, Gereja yang jemaatnya kebanyakan Warga setempat atau penduduk lokal akan langgeng atau lebih bertahan lama.karena pendataan atau pengaturan jadwal gereja pasti.baik di luar kebaktian mingguan dan kebaktian lainya.
  4. Kebanyakan gereja sekarang Cuma mendapatkan jemaat dari gereja lain bukanya jiwa2 baru tuk mengisi kursi kosong.
    4.Apakah saya bertahan atau pindah ke gereja lain…tapi kasihan Pendetanya rasanya sedih sekali dan pasra saja saya tidak mendapat dampak tapi istri dan anaku. :’(
    ##Bagaimana mengatasi keadaan gereja yang kedaan seperti di atas, tolong sumbang saranya.agar gereja ini kembali seperti semula .apakah salah menerima jemaat baru dan mengetahui itu jemaat gereja lain thanks…
    GBU all

Gereja Yg Benar - oleh Pdt. Carlos Annacondia dari Argentina.

Dunia sekarang ini sdg mencari tanda2 utk menemukan jalan yg benar. Jika ingin mengenali gereja yg benar, cari tanda2 Allah spt yg diuraikan di dlm firman berikut ini :
Markus 16 : 15-18
Lalu IA berkata kpd mrk : “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kpd semua
mahluk. Siapa yg percaya & dibaptis akan diselamatkan, ttp siapa yg tdk
percaya akan dihukum. Tanda2 ini akan menyertai orang2 yg percaya ; mrk akan
mengusir setan2 demi namaKU, mrk akan berbicara dlm bahasa2 yg baru bg mrk,
mrk akan memegang ular, & sekalipun mrk minum racun maut, mrk tdk akan
mendapat celaka ; mrk akan meletakkan tangannya atas org sakit, & orang sakit
itu akan sembuh”.

Carilah gereja dimana terdapat tanda2 yg dijanjikan Alllah ; dimana orang2 yg rohaninya tertekan menemukan kelepasan ; dimana ada konfrontasi dng roh2 jahat, dan dimana orang2 sakit disembuhkan.

Dimanapun gereja berada bila gereja tsb ada pengurapannya tdk akan ditinggalkan jemaat. Lebih lanjut lagi Pdt. Carlos Annacondia mengatakan bhw masalah paling serius yg dihadapi gereja saat ini, yaitu kesombongan & sikap ingin menang sendiri (kepercayaan bahwa suatu doktrin, perilaku atau kepercayaan lebih unggul drpd yg lain). Misal, jika seorang pendeta memiliki satu gereja dng 3000 jiwa, maka yg kurang dr jumlah tsb akan dianggap sbg suatu kegagalan. Perlu disadari bhw tdk semua orang dipanggilNYA utk berkotbah. Mrk yg tdk dipanggil utk jadi Gembala tetap punya bagian penting dalam Kerajaan Allah. Kita adalah bagian dari pasukan, & yg berada di medan perang bukan hanya mrk yg berani di garis depan, melainkan juga yg ada di bagian administrasi, yg menyiapkan makanan, dan mrk yg bertugas menolong para prajurit yg terluka (sbg Keeper).

Smoga bermanfaat.

he…he…betul asal jangan mencuri domba dr gereja lain saja :smiley:

4.Apakah [b][u][i]saya bertahan atau pindah ke gereja lain..[/i][/u][/b].tapi kasihan Pendetanya rasanya sedih sekali dan pasra saja saya tidak mendapat dampak tapi istri dan anaku. :'( ##Bagaimana mengatasi keadaan gereja yang kedaan seperti di atas, tolong sumbang saranya.agar gereja ini kembali seperti semula .apakah salah menerima jemaat baru dan mengetahui itu jemaat gereja lain thanks… GBU all

Bertahan … jangan tinggalkan gereja tersebut…
sodara dpt mengajak jiwa jiwa baru yang belum berjemaat di suatu gereja… atau jiwa jiwa baru yang mau bergereja dimana.

Sambil memikirkan … bgm mana spy gereja itu bisa bertumbuh dengan jiwa jiwa baru (bukan ambil dr gereja lain)
ttp mengisinya dengan jiwa2 yang belum diselamatkan.

Tuhan berkati :afro:

RUT
1:1 Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang dari Betlehem(bahasa ibraninya=rumah roti)-Yehuda beserta isterinya dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab (di luar Israel) untuk menetap di sana sebagai orang asing.
1:2 Nama orang itu ialah Elimelekh, nama isterinya Naomi dan nama kedua anaknya Mahlon dan Kilyon, semuanya orang-orang Efrata dari Betlehem-Yehuda; dan setelah sampai ke daerah Moab, diamlah mereka di sana.
1:3 Kemudian matilah Elimelekh, suami Naomi, sehingga perempuan itu tertinggal dengan kedua anaknya.
1:4 Keduanya mengambil perempuan Moab: yang pertama bernama Orpa, yang kedua bernama Rut; dan mereka diam di situ kira-kira sepuluh tahun lamanya.
1:5 Lalu matilah juga keduanya, yakni Mahlon dan Kilyon, sehingga perempuan itu kehilangan kedua anaknya dan suaminya.
1:6 Kemudian berkemaslah ia dengan kedua menantunya dan ia pulang dari daerah Moab, sebab di daerah Moab ia mendengar bahwa TUHAN telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan kepada mereka.
1:7 Maka berangkatlah ia dari tempat tinggalnya itu, bersama-sama dengan kedua menantunya. Ketika mereka sedang di jalan untuk pulang ke tanah Yehuda,
1:8 berkatalah Naomi kepada kedua menantunya itu: "Pergilah, pulanglah masing-masing ke rumah ibunya; TUHAN kiranya menunjukkan kasih-Nya kepadamu, seperti yang kamu tunjukkan kepada orang-orang yang telah mati itu dan kepadaku;

apa yg mau saya katakan adalah, hal yang terjadi dengan gereja anda adalah sama dengan yang terjadi dengan kisah naomi. betlehem(rumah roti) seharusnya menyediakan suply makanan, namun kita lihat justru ada kelaparan. suatu hal yang ironis bukan. akhirnya naomi dan keluarganya pergi keluar betlehem untuk pergi ke moab. dan setelah di moab naomi kehilangan suami dan 2 anak laki2 dan karena di israel ada kabar bahwa telah ada makanan maka ia memutuskan untuk pulang.
ini sebenarnya melambangkan suatu gereja. gereja harus menjadi rumah roti bagi domba-dombanya. jika gereja sudah tidak ada rotinya lagi maka dapat dipastikan dombanya akan pergi ke moab. nah usul saya anda jangan tinggalkan gereja tetapi tetap bertahan lalu anda dan gembala dan jemaat yg sisa kemudian mengadakan doa rutin meminta agar Tuhan sendiri hadir di gereja anda sebagai roti. perlu diperhatikan jangan meminta agar jemaat banyak sebab kasihan jika Tuhan mendatangkan jemaat jika dirumah tersebut tidak ada roti yg menjadi kebutuhan mereka. lebih baik minta roti dulu maka dengan anda tidak promosipun domba-domba kelaparan akan datang sendiri mencari roti.
kalau anda mengalami kondisi seperti ini bersyukurlah sebab lebih indah merintis suatu hal dari nol dari pada meneruskan dari 100. dan ini menandakan bahwa Tuhan tahu didalam diri anda ada kualitas seorang pionir / pemimpin sehingga anda diberi Tuhan kepercayaan untuk memikul tanggung jawab mulia seperti ini.

sedikit share,ketika remaja saya pernah mengalami hal yg sperti yg anda alami. di wadah remaja kami hanya tersisa 4 orang saja. disitu kami berjuang dan puji Tuhan ada jiwa2 bertambah yg Tuhan percayakan.

Trimakasih atas saran-saranya,mungkin Tuhan punya rencana lain. Memang benar lebih baik di mulai dari nol dengan hal2 yang baru,dan mencari apa penyebabnya yang menjadikan jemaat kabur.
Apa pendapat di bawah ini benar atau salah.

-Apakah Pendeta bisa menjadikan gereja padat jemaat atau sebaliknya,karena Pendeta mempunyai kelebihan masing2.
-apakah selerah jemaat saat ini cuma ingin hal yang baru atau spetakuler?seperti pendetanya yang sering mengadakan Mujizat?karena jemaat sudah bosen yang itu2 aja.
-Apakah gereja ngikuti selerah Jemaat atau sebaliknya Jemaat terima apa adanya dari suatu Gereja.
-Kalau gereja saling bersaing mencari jemaat apa tak beda jauh dari warung makan cari pelanggan.
Maaf banyak bertanya…hee…hee…

Terimakasih sebelumnya
GBU all.

Dimanapun gereja berada bila gereja tsb ada pengurapannya tdk akan ditinggalkan jemaat.

Jujur saja, sebetulnya apa tujuan utama orang pergi ke gereja ? Pada umumnya orang ingin mendapatkan solusi atau pelepasan atas masalah berat yg menghimpit jiwanya. Masalah itu bisa sakit penyakit, keuangan, jodoh, pekerjaan dsbnya. Apakah banyak orang yg pergi ke gereja krn kondisi hidupnya sdg baik ? Bukan krn selera masyarakat dlm memilih gereja, tapi yah itu masyarakat terus mencari gereja yg benar2 dpt membawa kelegaan.

Sebetulnya gereja tdk perlu bersaing mencari jemaat, tapi gereja bersainglah utk mendapatkan pengurapan Tuhan. Jangan menjadi gereja yg biasa2 saja, tapi jadilah gereja yg luar biasa dng memiliki hubungan yg intim dng Tuhan sehingga hadiratNYA dapat dirasakan oleh jemaat, dan dng hadiratNYA dirasakan maka mujizat2 pasti akan terjadi, maka gereja tsb tdk akan kekurangan jemaat.

Sudah lupakah dengan ayat yang mengatakan dimana ada dua atau tiga orang yang berseru memanggil nama-Ku, maka Aku akan hadir ditengah2 mereka? Kurang lebih begitu aku gak copas.
Jika memang dasar dari tujuan kalian adalah untuk memuji dan memuliakan TUHAN maka pendapatku PERTAHANKANLAH!
Masalah banyak atau dikitnya jemaat itu bukan bagianmu kalian hanya alatNYA saja, teruslah berdoa dan agar TUHAN pimpin gerejamu dan percayalah TUHAN akan memulihkan gereja kamu dan kamu akan merasakan betapa besar dan nyatanya kasih dan kuasa TUHAN.
Dan itu akan menjadi kesaksian buat TUHAN dan gereja mu.
TUHAN BERKATI KALIAN DAN GEREJA KALIAN, AMIN :slight_smile:

Terimah kasih atas saran2nya, sepertinya sekarang istriku bersucita setelah baru balik gereja ngak seperti biasanya yg biasa saja selalu mengadu tentang keadaan gereja,ini berarti kebaktian gereja sudah mulai bangkit lagi…puji Tuhan istriku mulai menerima keadaan semua dengan sukacita Amin…
GBU all

Puji TUHAN, yup bersyukurlah dengan penuh suka cita, sebab itu yang TUHAN kehendaki. Carilah dahulu kerajaan Allah, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. :slight_smile:

Shalom,

Betapa sulitnya mendirikan gereja oleh sulitnya mendapat izin. Jadi kalau ditutup, maka akan sulit mendapat izinnya kembali.

Dlm pengertian roti adlh FT, memang gereja hrs menjadi Rumah Roti. Gereja adlh tiang penopang dan dasar kebenaran (1 Tim 3:15).

Gereja bukan hanya tempat pemecahan masalah. Lebih dari itu, gereja mengabarkan Injil kebenaran.

Gereja bukan organisasi dunia dan tdk hrs menggunakan pendekatan dunia yaitu hrs luar biasa dlm pengertian dunia. Injil kebenaran adlh kebodohan bagi dunia dan tdk menarik bagi dunia.

Betul gereja yg benar adlh gereja yg diurapi Tuhan. Ini agak oot, ttp karena disinggung, perlu ditanggapi sesuai dgn FT.

Tugas gereja dan umat Tuhan pd akhir zaman bukan berbahasa roh. Pada zaman rasul ketika dimulainya pengabaran injil kpd bangsa2 lain, trdpt kendala bahasa. Utk mengatasi hal itu, para rasul yg berbicara dlm bahasanya sendiri haruslah bisa dimengerti bangsa lain, tanpa penerjemah.

Misal, pengabar injil berbahasa Manado didengar dan dimengerti orang Sunda dlm bahasa Sunda. Sekarang ini, hal itu tdk perlu, krn sudah ada bahasa Indonesia. Secara internasional ada bhs Inggris. Lagipula sekarang berjubel penerjemah.

Tugas gereja dan umat Tuhan pd aknir zaman bukan pula mengadakan mujizat penyembuhan fisik tanpa dokter atau mujizat keheranan. Pekerjaan penyembuhan telah ditugaskan Tuhan kpd dokter. Bila 2000 thn lalu ada yg jantungnya bocor dan tdk diobati YESUS, pasti mati. Ttp sekarang, sudah beribu2 yg jantungnya bocor dioperasi secara menakjubkan dan sembuh. Itu mujizat Tuhan.

Bayangkan, jauh2 hari sblm operasi doa, puasa dan penyerahan kpd Tuhan dilakukan. Pendeta berdoa khusus kpd Tuhan utk anggota jemaatnya yg sakit menderita itu.

Sblm detik2 operasi, semua berdoa. Saat di urang operasi, seluruh tim operasi bermeditasi. Yg Kristen berdoa kpd YESUS. Sblm dibius si pasien berserah kpd YESUS. Lalu pasien dibius berjam2, peralatan monitor dinyalakan, lampu2 dihidupkan, mesin2 dihidupkan, lewat selang yang dihubungan dari pembuluh darah dari leher ke mesinn, pompa aliran darahnya dipindah ke mesin (pengganti fungsi jantung selama operasi); lewat selang yang menghubungkan hidung dan pompa pernafasan diganti/dibantu mesin (sejenis paru2). Segala jensi obat yang diperlukan dimasukkan lewat jarum infus.

Lalu dadanya dibelah dengan pisu dan gerjadi. Jantungnya dibelah. Klepnya yang rusak dipotong dan diganti dgn klep buatan yg terbuat dari logam atau dari binatang. Ukuran klepnya hrs persis sama besarnya antara klep yg rusak dan klep buatan pengganti. Klep buatan itu disambung dgn jahitan, krn klep buatan itu adlh benda mati. Ini adlh mukjizat Tuhan.

Stlh selesai, jantung dijahit, lalu aliran darah dialihakan pelan2 dari mesin ke jantung yg masih lemah krn baru di sayat2 dan diam bbrp jam dan dipengaruhi obat bius. SELURUH TIM BEDAH MENUNGGU MUJIZAT TUHAN KETIKA PERALIHAN FUNGSI DARI MESIN KEMBALI KE JANTUNG. Dgn segala harapan tim bedah menanti jantung yg baru diobok2 itu berdenyut, pelan2, sedikit demi sedikit hingga berdetak normal. ITU ADALAH MUJIZAT TUHAN.

Lalu si pasien dimonitor selama berjam2, apabila ada gangguan, mungkin jantung itu harus dibuka kembali. Lalu dadanya ditutup kembali dan diberikan pengikat besi utk mengikat tulang dadanya yg digergaji.

Penantian yg penuh harapan masih berlangsung utk menuggu paru2 berfungsi normal. Beberapa jam kemudian si pasien sadar. Si pasien merasakan sakit yg luar biasa, dadanya berat, namun dari mulutnya yg tdk terbuka naik puji2an kepada Tuhan YESUS KRISTUS. Seluruh tim medis berbahagia oleh mukjizat Yuhan. Seluruh keluarga, anggota jemaat, yg dikasih dan mengasihi si pasien mencucurkan ari mata sukacita. Tuhan Ajaib, YESUS Tabib Ajaib. Tabib bekerja melalui rekan-Nya tim medis. Dada si pasien berangsur jam demi jam beratnya berkurang.

Bila klep buatan itu dari binatang, si pasien tdk hrs mimum obat setiap jari sepanjang sisa hidupnya, ttp bila klep pengganti itu dari logam, ia hrs minum obat sepanjang sisa umurnya. Itu adlh keajaiban Tuhan lewat dokter. Semestinya ia tlh mati, ttp oleh keajaiban Tuhan lewat ahli bedah itu, ia masih bisa hidup hingga puluhan tahun lagi. Hizkia saja hanya diberi tambahan 15 tahun.

Banyak lagi penyembuhan keajaiban dari Tuhan melalui dokter. Operasi otak, pencangkokan ginjal dsb. Terlalu panjang postingan ini bila diceritakan semua secara detail.

Intinya, MUKJIZT TUHAN dlmpenyembuhan disediakan Tuhan lewat orang medis. Berdolah, berpuasalah, mintalah pendeta berdoa, berdoalah besama pendeta meminta mujizat lewat dokter, jangan lewat yg bukan dokter, karena rawan penyesatan. YESUS adalah segalanya, Ia Tabib, Ia Guru, Ia Gembala, Ia Juruselamat. Semua itu ada dlm diri YESUS. Maka kita harus meminta pendeta yg guru atau pendeta yg gembala utk bekera sama dgn tabib/dokter.

YESUS membuat mujizat penyembuhan krn Ia memang dokter, Ia adalah tabib. Jadi kalau seorang pendeta bukan dokter, jangan minta mujizat lewat pendeta. Mintalah pendeta berdoa agar mujizat penyembuhan terjadi lewat tangan tabib/dokter.

Bgmana dgn penyakit yg sdh ditangani oleh dokter, ttp tdk sembuh2? Minta lagi, berdoa lagi bersama pendeta agar mujizat itu diberikan Tuhan lewat dokter. Dan jika tdk sembuh juga, ingat Sabda Tuhan kpd Paulus.

2 Kor 12:9
Tetapi jawab Tuhan kepadaku: “Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna.” Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa KRISTUS turun menaungi aku.

Kembali ke tugas gereja. Tugas gereja dan umat Tuhan pd akhir zaman ini adlh menyuarakan Injil kebenaran agar umat Tuhan keluar dari keduniawian. YESUS dan para rasul tlh mengamarkan, bhw pd akhir zaman akan muncul penyesat2 yg membuat berbagai keheranan dan mujizat yg menyesatkan. Tuhan mengatakan agar umat-Nya dibawa kpd seluruh kebenaran Tuhan.

Yoh 16:13
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Perhatikan pd akhir zaman, Roh akan menuntun kpd seluruh kebenaran, bukan membuat mujizat dan berbahasa roh, krn Roh akan menuntun umat-Nya dari penyesatan yg muncul dlm berbagai mujizat kpd seluruh kebenaran.

Kepada Bro yg gerejanya sepi, mintalah Roh utk menuntun kpd seluruh kebenaran. Jangan ditutup. Justru dlm kelemahanlah kita kuat dlm Tuhan YESUS KRISTUS, Tuhan dan Juruselamat kita Yang Ajaib.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.

mnrt gw sih…
u tanya ke diri u sendiri,apakah u bertumbuh di gereja itu?
u semakin cinta Tuhan?makin bersemangat dalam Tuhan?

kl jawabannya “iya”…yah mnrt gw sih lanjutkan saja…

1Timotius 6:6 “Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar”

Mengacu pada Quote TQLA 2 mei, sepertinya yg sesuai saat sekarang ini hanya Gereja Tiberias dengan Pdt PARIAJI nya yang penuh mujizat menyembuhkan beribu ribu orang sakit. Betul ga?

Karena banyaknya denominasi gereja, sedangkan umat Kristen pertumbuhannya pelan tetapi gereja gereja baru bermunculan dengan cepat, maka wajar kalau akhirnya SALING MENCURI DOMBA TETANGGA.

Kalo melihat ayat di bawah ini, menurut anda yang di maksud gereja mana? Karena Yesus berjanji menjaga Jemaat/Gereja Nya tsb.
Matius 16: 18-19. 18: Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kau ikat di didunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.

Salam,

Gereja yang benar di akhir zaman ini fokus kepada Keselamatan Jiwa yang terhilang, bukan kepada segi Komersial dan Ketenaran !

salam !

Shalom,

Betul, fokus gereja pada segala zaman bukan komersial dan ketenaran termasuk pd zaman akhir ini.

Sebetulnya fokus pekabaran gereja pada akhir zaman telah dinubuatkan pada Kitab Daniel dan diulangi lagi pada kitab Wahyu. Ciri itu adalah kesaksian akan Yesus dan menuruti perintah2 Allah (Why 12:17).

Tidak semua memperhatikan pekabaran ini, tetapi hanya sebagian saja. Kita Yesaya, khususnya Yes 20:20-22; 11:11,16; 28:5, dan Kitab Yer 23:3; 31:7 menyatakan mereka adalah sisa-sisa umat Allah.

Yang sisa selalu sama dengan yang mula-mula. Why 12:7 mengatakan yang sisa (remnant) adalah yang memiliki kesaksian akan Yesus dan menuruti perintah Allah. Sesuai dengan itu Kristen mula2 adalah yang patuh perintah2 Allah sebagai tanda mengasihi Yesus (Yoh 14:15), iman yang hidup (Yak 2:26), bukan untuk meraih keseslamatan (legalisme) sebab keselamatan adalah oleh kasih karunia oleh iman (Ef 2:8,9), tetapi melakukan hal untuk apa manusia diciptakan semula, yaitu melakukan perbuatan baik (Ef 2:10), yaitu menuruti perintah Allah (Mat 19:16,17).

Tugas gereja pada akhir zaman membawa orang sebanyak mungkin menjadi umat yang sisa yaitu umat yang sesuai dengan Kristen mula2, oleh tuntunan Roh Kudus ke dalam seluruh kebenaran Allah (Yoh 16:13).

Pekabaran Allah pada akhir zaman bukan mukjizat2, keberhasilan finansial (teologia sukses), membunyikan bunyi2an yang tak dimengerti dan sejenisnya, tetapi pekabaran yg dinyatakan Allah dalam Alkitab-Nya,

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.