Materi mengajar sekolah minggu

:afro:RENUNGAN :afro:
Tanggal : 1 Mei 2011
Judul : Pecahnya Kerajaan Israel
Bahan : 1 Raja-raja 11, 12
Ayat Hafalan : Yehezkiel 20 : 19

Renungan :
Raja salomo mencintai banyak perempuan asing yang kemudian dijadikan istri dan gundiknya. Perempuan-perempuan asing itu mengalihkan perhatian salomo dari Tuhan, Allah Israel. Salomom lebih mendengarkan kata-kata istrinya untuk mendirikan berbagai kuil berhala yang di sembah istrinya.
Karena itu Tuhan berfirman kepada Salomo bahwa kerajaannya akan dikoyakkan, namun Tuhan tidak akan melakukannya saat Salomo masih hidup oleh karena Daud ayahnya, tetapi pada saat pemerintahan berada pada tangan anak Salomo.
Salomo mati lalu digantikan oleh Rehabeam anaknya. Pada masa pemerintahan Rehabeam rakyat Israel meminta ia untuk meringankan tanggung mereka, tetapi ia malah menambah berat tanggungan orang-orang Israel. Oleh krena itu rakyat Israel memberontak kepada keluarga Daud, sehingga kerajaan itu terkoyak menjadi dua.
Lalu Rehabeam lari menuju Yerusalem, kemudian ia memimpin kerajaan Yehuda yang terdiri dari suku Yehuda dan Benyamin. Dan 10 suku lainnya mengangkat Yerobeam sebagai raja atas mereka.

AYAT HARIAN :
 Senin : Ulangan 29 :9
 Selasa : Ulangan 28 :15
 Rabu : 2 Samuel 22 : 26
 Kamis : Amsal 3 : 3
 Jum’at : Amsal 11 : 13
 Sabtu : Yehezkiel 20 : 19

;D ;D ;D ;D ;D ;D

Silahkan yang mau share renungan bahan mengajar, gambar untuk mewarnai,atau apapun yang berhubungan dengan sekolah minggu post di sini yaaa???
:afro: :afro: :afro: :afro: :afro: :afro:

RENUNGAN
Tanggal : 10 Mei 2011
Judul : Asa Raja Yehuda
Bahan : II Tawarikh 14, 15
Ayat Hafalan : I Petrus 3 : 12

Renungan :
Asa adalah seorang raja Yehuda. Ia melakukan apa yang baik dan yang benar di mata TUHAN, Allahnya. Ia menjauhkan mezbah-mezbah asing dan bukit-bukit pengorbanan, tugu -tugu berhala, dan menghancurkan tiang-tiang berhala. Ia memerintahkan orang Yehuda supaya mereka mencari TUHAN, Allah nenek moyang mereka, dan mematuhi hukum dan perintah-Nya. Oleh karena ketaatannya kerajaanpun aman di bawah pemerintahannya.
Karena negeri itu aman dan tidak ada yang memeranginya di tahun-tahun itu, ia dapat membangun kota-kota benteng di Yehuda. Negeri itu aman dan tenteram , karena ia mencari TUHAN Allah kita dan Ia mencari kita serta mengaruniakan keamanan kepada kerajaan Yehuda di segala penjuru.
Pasukan-pasukan Asa yang dari Yehuda jumlahnya tiga ratus ribu orang yang membawa perisai besar dan tombak, dan yang dari Benyamin jumlahnya dua ratus delapan puluh ribu orang yang membawa perisai kecil, sebagai pemanah. Mereka semua pahlawan-pahlawan yang gagah perkasa.
Suatu hari, Zerah, orang Etiopia itu, maju berperang melawan mereka dengan tentara sebanyak sejuta orang dan tiga ratus kereta. Lalu Asa maju menghadapinya. Mereka mengatur barisan perangnya di lembah Zefata dekat Maresa. Karena Asa takut akan Tuhan, TUHAN memukul kalah orang-orang Etiopia itu di hadapan Asa dan Yehuda. Orang-orang Etiopia itu lari, lalu dikejar oleh Asa dan laskarnya sampai ke Gerar. Dari orang-orang Etiopia itu amat banyak yang tewas, sehingga tidak ada yang tinggal hidup, karena mereka hancur di hadapan TUHAN dan tentaranya. Orang-orang Yehuda memperoleh jarahan yang sangat besar.
Saking taatnya Asa kapada Allah, ia memecat Maakha, neneknya sendiri dari jabatan ibu suri karena Maakha membuat patung Asyera yang keji. Asa memimpin kerajaan itu dengan aman sampai tahun ke 35.

:afro:
AYAT HARIAN :
 Senin : Mazmur 30 : 3
 Selasa : Mazmur 124 : 8
 Rabu : 2 Yeremia 17 : 7
 Kamis : Yesaya 41 : 10
 Jum’at : Amsal 2 : 7
 Sabtu : I Petrus 3 : 12

:afro: :afro: :afro: :afro: :afro:
RENUNGAN
Tanggal : 22 Mei 2011
Judul : Uzia Raja Yehuda
Bahan : II Tawarikh 26 : 1 - 23
Ayat Hafalan : Yeremia 13 : 15
:wink: :wink: :wink:
Ringkasan Cerita :
Uzia diangkat menjadi raja menggantikan Amazia, ayahnya ketika ia berumur 16 tahun. Selama menjadi raja ia melakukan apa yang benar di mata Tuhan. Uzia selalu mencari Tuhan, dan selama ia mencari Tuhan, Allah membuat segala yang diperbuatnya berhasil.
Uzia memimpin perang dan mengalahkan banyak bangsa, seperti Filistin, Arab, dan orang Meunim. Kemudian namanya termasyur sampai ke seluruh Mesir, karena kekuatannya yang besar
Akan tetapi setelah menjadi kuat, Uzia menjadi sombong, sehingga ia melakukan hal yang merusak. Ia menjadi tidak setia kepada Tuhan. Ia membakar ukupan di mezbah Tuhan yang seharusnya dilakukan oleh seorang imam. Uzia malah marah ketika ia ditegur karena perbuatannya tersebut.
Akhirnya Uzia dihukum Tuhan dengan penyakit kusta.

;D ;D ;D ;D
AYAT HARIAN :
 Senin : Ulangan 8 : 14a
 Selasa : Mazmur 101 : 5
 Rabu : Amsal 16 : 5
 Kamis : Yesaya 2 : 12
 Jum’at : Amsal 18 : 12
 Sabtu : Yeremia 13 : 15