MARTHIN LUTHER

Siapakah Martin Luther itu?
Orang-orang Protestan tentu sangat membanggakan Martin Luther. Bagi mereka Luther adalah seorang pahlawan yang membawa Gereja kembali pada jalan yang benar.

Benarkah ??? baca di sini

Siapakah Martin Luther Sebenarnya…

  1. Tukang omong jorok / omong kotor
    ? Luther mengatakan Gereja Katolik sebagai the devil’s whore-church" (Grisar, IV, 288) who “stuff our mouths with horse-dung” (Grisar, IV, 321)

? Crowned donkey, abandoned, senseless man, excrement of hogs and asses, impudent royal windbag, arrant fool. (Grisar, IV, 302; describing King Henry VIII)

? Liar, mad bloodhound, murderer, traitor, assassin of souls, arch-knave, dirty pig and devil’s child, nay, the devil himself. (Grisar, IV, 302; describing Joachim I, Elector of Brandenburg)

? Mad, bloodthirsty murderer, a blind and hardened donkey, who ought to be put to scratch for dung-beetles in the manure-heaps of the Papists. (Grisar, IV, 302; describing Hoogstraaten, a Cologne Dominican)

? Stick your tongue ________. . . You are a sickly, syphilitic sack of maggots. (Grisar, IV, 304; describing Pope Leo X or another pope)

Ini pendapat teman Luther
He sends to the Devil all who do not entirely agree with him. In all his fault-finding there is an immense amount of personal animosity, and very little that is friendly and paternal . . . Too many - are the preachers who have gathered out of Luther’s books quite a vocabulary of abuse, which they fire off from their pulpits . . . Through the evil example of such preachers the habit of reviling and slandering is spreading . . . and most clergymen nowadays who wish to appear good ‘evangelicals’ season their preaching with abuse and calumny.
(Janssen, III, 211)

  1. Orang yang Menolak / meremehkan Alkitab
    I do not look upon it (Kitab Yakobus) as the writing of any Apostle . . . In direct opposition to St. Paul, and to all the other Scriptures, it attributes justification to the works . . . I will not have him in my Bible in the number of truly principal works.
    (O’Connor, 21-22; first edition of Luther’s translation of the New Testament, Wittenberg, 1522, Introduction to James/Jude)

  2. Orang yang Menolak Ajaran Tentang Selibat = Menolak Ajaran Yesus sendiri
    ? By the vow of chastity, man denies that he is a man. Cheer up and go at it! (Denifle, 7; WA, XII, 243 ff.)

? It is only a matter of a little hour’s shame; thereafter come none but years of honor. (Denifle, 7-8; LL, II, 640)

? As little as it is in my power to cease to be a male, so little does it rest with me to be without a wife. (Denifle, 9)

? Chastity is not in our power. All are created for marriage. God does not permit that one be alone. (Denifle, 9; LL, II, 637 ff.)

? . . . It is time for the husband to say to her: ‘If you don’t want to, another does;’ if the wife is unwilling, let the servant-girl come. (Denifle, 17; EA, XX, 72)

? Libidinousness cannot be cured by anything, not even by marriage; for the greater part of the married live in adultery. (Denifle, 17-18; “Martin Luther’s Exegetical Works in Latin”, EA, I, 212, on Genesis c.3,7)

Apa kata Alkitab tentang ini?

Mat 19:12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.

  1. Orang yang menambahi isi Alkitab
    Salah satu doktrin yang dibuat Luther adalah Sola Fide. Artinya keselamatan hanya oleh karena Iman. Perbuatan tidak menyelamatkan, hanya imanlah yang menyelamatkan.
    Untuk membenarkan ajarannya sendiri (yang bukan dari Alkitab), Martin Luther menambahi kata pada surat Roma 3:28
    Aslinya
    Roma 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman

Hasil tambahan Martin Luther
Roma 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan hanya karena iman

“Katakan padaku kehebohan yang dibuat para Papist karena kata ‘hanya’ tidak ada di Surat Paulus. Jika kalian Papist membesarkan masalah yang tidak penting tentang kata ‘hanya’, katakanlah pada dia: ‘Dr. Martin Luther akan membuatnya demikian,’ dan katakan ‘Papist dan keledai, keduanya adalah sama.’ Aku akan membuatnya demikian dan aku akan memerintahkannya demikian, dan keinginanku merupakan alasan yang cukup. Aku tahu dengan baik bahwa kata ‘hanya’ tidak ada di [teks] Latin dan Yunani, dan pihak Papist tidak perlu mengajarkan aku itu. Memang benar bahwa huruf-huruf tersebut tidak ada di tempat tersebut, huruf yang dilihat para keledai, bagaikan sapi yang memandang gerbang baru… [Kata ‘hanya’] akan tetap berada di Perjanjian Baruku, dan jika semua keledai Papist menjadi marah dan sibuk sendiri, mereka tidak akan mengeluarkannya (kata ‘hanya’).”

Dikutip dari John Stoddard, Rebuilding a Lost Faith, (Rockford, IL; TAN Books), 136-137.

NB: Papist adalah julukan pengikut Paus yang dikatakan Luther. Lagi-lagi dia juga ngomong kotor.

  1. Orang yang mau Membakar Alkitab
    Martin Luther membuat dogma bahwa orang diselamatkan hanya oleh karena iman. Man is saved by faith only). Tapi hal ini dibantah dalam kitab Yakobus.
    James 2:24 Ye see then how that by works a man is justified, and not by faith only

Karena Kitab Yakobus tidak sesuai ajaran Martin Luther, maka Martin Luther ingin membakarnya.

“That epistle of James gives us much trouble, for the papists embrace it alone and leave out all the rest. . . . .Accordingly, if they will not admit my interpretation, then I shall make rubble also of it. I almost feel like throwing Jimmy into the stove, as the priest in Kalenberg did” (Luther 34:317).

“Surat Yakobus memberi kita banyak masalah, karena Papist (sebutan ejekan bagi umat Katolik yg dipake Luther) menganutnya sendiri dan meninggalkan yang lain-lainnya… Karenanya, jika mereka tidak mengakui penafsiranku aku akan menghancurkannya (Surat Yakobus). Aku hampir merasa seperti melemparkan “Jimmy” (sebutan bagi Surat Yakobus) ke perapian, seperti yang dilakukan Romo/Pastor di Kalenberg” (Luther 34:317)

Kamu fans beratnya ya?

sudah belajar semua ttg dia?

kenapa banyak suka menyeritakan kejelekan daripada kebagusan orang y… haha

Ha ha ha Yesa…ketemu lagi ya…
Weleh weleh weleh ngefans juga ya ama Marthin Luther, sudah pernah dapat tanda tangannya?..
tapi orang ngefans koq yang diomongin koq kejelekannya, aneh…

Bro Arranger…
dia ga sadar soalnya selalu bawa sampah kemana-mana, jadi ya yang tercium cuma bau… aja…
mendingan kita doain aja rame-rame biar dia ga bawa sampah lagi tapi bawa bunga yang harum, jadi kemana-mana bau harum…

@Yesaya

ikan biarin baunya ga enak…
kalo dimasak pake bumbu yang enak bro suka kan…
hehehe…

So …, penjelasa atas permasalahan yang diajukan TS kapan mau dimasak dijawab??? :angry:

whuahuahauhau bro kasih !!!

Perlu anda ketahui bahwa Marthin Luther hanyalah salah satu tokoh gerakan reformasi Gereja saja, dia bukan satu2nya.

Benar, mungkin ada sekelompk Protestant yang membanggakan dia bahkan sampai saat ini [mungkin dr kalangan Lutheran], tetapi banyak juga yang melihat dan menghorhati dia sbg salah satu gerakan reformasi, membuka jalan perubahan.

Kami menghormati dan menghargai dia sbg salah satu tokoh yang berani mempertaruhkan nyawanya [hidupnya] dalam arti benar2 sebuah pilihan antara mati dan hidup saat itu. Ini bukan yang mudah tentu saja.

Tindakan atau karakter dia tidak mempengaruhi atas terbukanya akses publik terhadap Alkitab dan gereja itu sendiri.

Emas tetaplah emas, terlepas siapapun yang memegangnya…

Benarkah !!!!???? baca di sini

Siapakah Martin Luther Sebenarnya…

  1. Tukang omong jorok / omong kotor
    –cut–

Marthin Luther hanyalah salah satu Protestant2 yang ‘ketangkap basah’ berkata-kata kotor, lihat dan perhatikan baik-baik sekelilingmu
2. Orang yang Menolak / meremehkan Alkitab --cut--
Well, setidaknya dia 'memberikan' Alkitab itu kepada akses publik.

Setidaknya ada orang yang mengulurkan nasi bungkus kepada pengemis yang kelaparan, nasi itu sangat2 berharga bagi pengemis itu, meskipun si pemberi merasa jijik…

3. Orang yang Menolak Ajaran Tentang Selibat = Menolak Ajaran Yesus sendiri --cut-- Apa kata Alkitab tentang ini?

Mat 19:12 Ada orang yang tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dijadikan demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Sorga. Siapa yang dapat mengerti hendaklah ia mengerti.

Perhatikan kata2 yang dipakai : ‘…ada orang…’

Dan bukan : ‘…kamu HARUS…’

4. Orang yang menambahi isi Alkitab Salah satu doktrin yang dibuat Luther adalah Sola Fide. Artinya keselamatan hanya oleh karena Iman. Perbuatan tidak menyelamatkan, hanya imanlah yang menyelamatkan. Untuk membenarkan ajarannya sendiri (yang bukan dari Alkitab), Martin Luther menambahi kata pada surat Roma 3:28 Aslinya Roma 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan karena iman

Hasil tambahan Martin Luther
Roma 3:28 Karena kami yakin, bahwa manusia dibenarkan hanya karena iman

–cut–

Dimanakah ditambahkan?

Edisi aseli [Greek] apa edisi terjemahan German?

Edisi aseli toh tetap utuh

3:28 ??? {VIPN–1P???} ??? {CS ???} ??? {VNPP----???} ??? {N-DF-S???} ??? {N-AM-S???} ??? {PG ??? } ??? {N-GN-P???} ??? {N-GM-S ???}.

Dan anda pun hanya mengutip separuh dari ayat 28 secara keseluruhan dan hanya menekankan pada kata HANYA saja, perhatikan setelah kata iman [pistis], masih banyak deretan kata2 lainya [red letter] …anthropon choris ergon nomosbukan karena manusia melakukan hukum

5. Orang yang mau Membakar Alkitab --cut--
Ya biarin sjaa to, toh itu hanya lembaran2 kertas saja :), dan dia pu bukan orang pertama atau satu2nya atau bahkan orang terakhir yang akan membakar Alkitab

Salam

Dalam pengadilan, mengetahui motif dari suatu tindakan itu disyaratkan.

Perilaku dari si tersangka juga bisa menjadi petunjuk awal untuk menggali motif yang terkandung di dalamnya.

Pertanyaan-pertanyaan tentang orang yang dianut adalah sangat wajar dan memerlukan jawaban yang jelas.

Apakah kita harus percaya sama orang yang ternyata punya kecenderungan mengedit sesuatu yang akan menjadi kepercayaan umat Tuhan? Bahkan kalau perlu membakarnya?

Jelaslah bahwa perilaku-perilaku yang diajukan TS perlu diselidiki dan ditanggapi dengan benar.

sori… cuma pengen kasih pendapat yang barangkali bisa membantu.
atas pertanyaan yang diajukan TS:

  1. kata-kata yang diucapkan ML hanyalah sekadar “perumpamaan”
  2. karena disalahartikan/disalahtafsirkan maka ML bermaksud untuk membenahi
  3. TS kurang paham atau ga “ngeh” deh kayaknya thd yg dijadikan perbandingan
  4. menambahkan?? lebih ditujukan semata untuk memperjelas arti suatu kalimat
  5. daripada gara gara suatu kitab orang malah jadi ga bener… ML jadi gregetan jadi pengen bakar…

Ok…, jadi motif dari ML sudah sedikit digambarkan oleh sis Chrisma di atas. Sekilas terlihat bahwa sesungguhnya tidak ada niatan apapun dari ML untuk memangkas dan menambah Alkitab.

Karena TS mengutip perkataan-perkataan, seharusnya penjelasan dari sis Chrisma ini juga bisa dibuktikan dengan mengutip perkataan-perkataan ML, dan bahkan rival dari ML itu sendiri.

biasanya orang Non Kristen tidak begitu memperdulikan siapa Marthin Luther, karena buat mereka Rasul Pauluslah yang perlu diperhatikan

karena itu sebenarnya topik ini, konsumsi internal Kristiani dan saya akan memindahakannya ke diskusi ajaran Kristen (tidak ada respon dari Non Kristen juga)

sambil kita umat Kristen dapat mengenal lebih dekat Marthin Luther

GBU

Kok MARTHIN LUTHER karakternya gitu? Tunjukin donk website atau situsnya darimana?

halahh mau kayak giaman kek ga penting buat saya…

yang penting buat hanyalah Yesus dan ALLAH,TUHAN semesta alam…

alelluia…

Gambaran yang paling deket itu Marthin Luther kayak YP, beberapa orang anggep sebagai orang Kristen, beberapa orang anggep sebagai pendosa. ;D ;D ;D ;D

Yang salah siapa? Marthin Luther-nya atau orang2 yang melihatnya?

Menurut saya tuduhan-tuduhan kepada Martin Luther yang ditulis diatas, adalah tuduhan yang kurang realistik, jadi tuduhan yang dicari-cari bagi orang yang kurang senang sama Martin Luther

Sejauh yang saya tahu, Martin Luther adalah seorang Pastor Katolik, dari ordo Agustinus.
Doktor Theologi dan Profesor Bible dikota Wittenberg Jerman.
Dia adalah seorang pastor teladan, hidupnya sederhana dan berusaha hidup lurus mengikuti ajaran Alkitab, rajin berdoa, mengaku dosa, retreat, memperhatikan orang-orang yang miskin dan kesusahan.

Priibadi Martin Luther berubah setelah maksud baik dia dipatahkan begitu saja, malah dia ditekan dan diancam, diperlakukan dengan sewenang-wenang oleh Paus Leo X.
Dalam keadaan ketakutan, emosi dan marah, Martin Luther tidak berdaya dan lepas kontrol.

Nah, disini dia diperalat oleh iblis,

  • Dia bakar buku-buku katolik, didepan gereja.
  • Dia menulis Buku : “On The Jew and their Lies” Yang menghasut agar orang yahudi dianiaya.
  • Dia menulis Buku: " The Babylonian Captivity of the Church" Yang mengatakan bahwa kursinya Paus itu adalah kursinya antichrist dan menyingkirkan masalah yang sudah dimeteraikan oleh Allah, yaitu makan daging dan minum darah Yesus.
  • Dia menyuruh membuat lukisan, dimana paus-paus itu keluar dari duburnya setan.
  • Dia menyuruh membuat dua ukiran, yang satu ukiran Yesus mencuci kaki murud-muridNya, dan ukiran yang lain Paus duduk dengan mahkotanya dan orang-orang mengeluarkan lidahnya menjilati kaki paus.

Dari sini kita tahu bahwa rencana iblis disalurkan melalui Martin Luther yang dalam keadaan emosi, dendam dan marah.

Syalom.

Bukannya gereja Roma Katolik yang menjadi alat Iblis dengan menambah segala macam ajaran yang melawan kebenaran Alkitab ?

dan Martin Luther yg berhasil meloloskan diri dari cengkeraman Iblis

Pertama-tama saya minta maaf kepada mereka yang mempunyai rasa hormat kepada Martin Luther, karena jasa-jasanya sebagai tokoh reformasi gereja.

Saya tidak bermaksud merendahkan atau melecehkan Martin Luther, sebagai orang yang sangat dihormati oleh banyak orang kristen.

Saya tidak mempersoalkan apakah katolik adalah gereja awal, gereja yang benar, atau katolik adalah gereja yang sesat, dan gereja antichrist.

Yang saya persoalkan sesuai dengan topik diatas, adalah masalah Martin Luther.

Pertanyaan:
Bagaimana mungkin Martin Luther, seorang pastor teladan, yang hidupnya sederhana dan berusaha hidup lurus sesuai dengan ajaran Alkitab yang dia sungguh memahaminya, bisa menulis buku " On The Jew and Their Lies". ?

Buku ini secara terperinci menganjurkan kepada pemerintah Jerman yang akan berkuasa, agar menganiaya orang-orang Yahudi, dan merampas harta bendanya.

Ternyata anjuran ini oleh Hitler dilaksanakan, sesuai dengan yang tertulis didalam buku Martin tsb., diawali dengan peristiwa Kristalnacht, yang terjadi pada tgl.10 Nopember 1938, tepat pada malam ulang tahun Martin Luther, dimana sejumlah 1668 synagogues dan lebih dari 7000 toko-toko milik orang Yahudi dihancurkan.
Hari-hari berikutnya, lebih dari 30 000 orang laki-laki Yahudi ditangkap dan dimasukkan ke concentrasi kamp.
Demikian berlanjut terus sampai peristiwa Holocaust, dimana 6 juta orang Yahudi, termasuk bayi, anak-anak dan wanita dibunuh secara kejam.

Jawabnya ialah:
Martin Luther bukanlah sebagai pribadi Martin lagi, akan tetapi dalam keadaan emosi dan dendam, Martin Luther diperalat oleh iblis.

Dan iblis tahu, kalau ada salah satu syarat yang ada di Alkitab, yang sudah dimeteraikan oleh Allah, disingkirkan, maka Allah pasti akan tetap konsekwen, orang tsb. tidak akan diterima diakhir penghakiman nanti.
Maka, Martin Luther menulis buku " The Babylonian Captivity of the Church", dimana inti isi buku ini ialah menolak bahwa roti dan anggur itu adalah benar-benar daging dan darah Yesus.

Dan juga mengatakan bahwa kursinya Paus adalah kursinya Antichrist, alasan yang dia berikan karena topi yang dipakai oleh paus sama dengan topinya pelacur-pelacur di Babylonia.
Tulisan ini yang menyebabkan mengapa terjadi bentrokan yang berlangsung hampir 200 tahun, antara katolik dan protestant di Europa dan yang sampai sekarang orang protestant menganggap gereja katolik adalah gereja yang sesat.

Demikian, untuk kepentingan keselamatan sdr, sendiri, harap direnungkan apa yang saya tulis diatas.
Dan sekali lagi, saya minta maaf kalau ada yang tersinggung.

Syalom.