Mana bUkti Nubuat ini ?

ada yang bisa membuktikan ucapan Yesus sekitar nubuat tentang dirinya yang terdapat pada Lukas 24:44-46 sebagai berikut:

  1. Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”

  2. Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.

  3. Kata-Nya kepada rnereka: Ada tertulis demikian: “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga”

Pertanyaannya adalah:

Mana bukti ucapan Yesus yang mengatakan bahwa ada tertulis demikian: “Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari ketiga” dalam kitab Taurat Musa, Kitab Nabi-Nabi dan Kitab Mazmur

yah kalo adanya di lukas…
gak usah maksa harus ada di taurat Musa, kitab nabi2 dan Mazmur…
kan emang udah tertulis di Lukas… masih blom puas juga?

kITAB nabi-nabi : Yunus 2 dan 3 (di dalam perut Ikan), Yesaya 9:1-6, Yesaya 30:20, Yesaya 52-53, daniel 7, Mikha 4 dan 5; wah…kalo mau ditelusurin semua Bab Alkitab ada banyak lagi dechhhhh. GBU

Melkisedek…
maaf, bro ngga salah cara bertanyanya ya??? :wink:

Itu tentang nubuat yg ditulis lukas yang mengacu bahwa perjanjian lama, telah ada nubuat itu dalam perjanjian lama sehingga lukas menuliskan penggenapan nubuat itu. Nah sekarang jika menurut lukas telah ada pada perjanjian lama sehingga yesus bangkit pada hari ketiga, di surat n ayat berapa nubuat itu ?

makanya tolong dibaca ayat2 lukas diatas dgn baik.

9:1 (8-23) Tetapi tidak selamanya akan ada kesuraman untuk negeri yang terimpit itu. Kalau dahulu TUHAN merendahkan tanah Zebulon dan tanah Naftali, maka di kemudian hari Ia akan memuliakan jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, wilayah bangsa-bangsa lain.
9:2 (9-1) Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar.
9:3 (9-2) Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan.
9:4 (9-3) Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian.
9:5 (9-4) Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api.
9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:7 (9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

Yesaya 30:20
30:20 Dan walaupun Tuhan memberi kamu roti dan air serba sedikit, namun Pengajarmu tidak akan menyembunyikan diri lagi, tetapi matamu akan terus melihat Dia,

Daniel 7 dan mikha 4 dan 5

tidak ada nubuat itu.

maaf ya…Melkisedek
menurut saya pertanyaan yang anda ajukan itu memang aneh :ashamed0004:
coba cek lagi…kalimat yang saya bold hijau…(tentunya kalau cara berpikir kita sama) :slight_smile:

lebih duluan ada nubuatan atau lebih dulu ada yang dinubuatkan??
bukti dulu baru nubuatan atau nubuatan dulu baru bukti
paham ga yach?? :smiley:

ini saya berikan sedikit contoh penggenapan suatu nubuat yang benar-benar terjadi, seperti :

Nubuat dalam Perjanjian Lama:

"Ketika Israel masih muda, Kukasihi dia, dan dari Mesir Kupanggil anak-Ku itu. (Hosea 11:1).

Penggenapan di Perjanjian Baru

"Maka Yusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal disana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: “Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku. " (Matius 2:14­-15.)

Nubuat dalam Perjanjian Lama

"Aku mau menceritakan tentang ketetapan Tuhan; Ia berkata kepadaku: “Anak-Ku engkau! Engkau telah Kuperanak-kan pada hari ini.” (Mazmur 2: 7 )

Penggenapan di Perjanjian Baru

"Demikian pula Kristus tidak memuliakan diri -Nya sendiri dengan menjadi Imam Besar, tetapi dimuliakan oleh Dia yang berfirman kepada-Nya: "Anak-Ku Engkau! Engkau telah Kuperanakkan pada hari ini. " (Ibrani 5:5)

Nubuat dalam Perjanjian Lama

“Roh Tuhan ada padaku, oleh karena Tuhan telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang­orang yang remuk hati, untuk memberitaan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara.” (Yesaya 61:1)

Penggenapan di Perjanjian Baru

“Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab la telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan la telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.” (Lukas 4:18-19 )

Nah ayat-ayat tadi semuanya membuk­tikan bahwa apa yang dinubuatkan Tuhan di dalam kitab Perjanjian Lama, itu benar­benar terjadi atau digenapi pada kitab Perjanjian Baru. Kalau tidak terjadi atau tidak digenapi, berarti itu bukan nubuat Tuhan, sebab tidak mungkin Tuhan keliru atau salah.

ada di yesaya 53
pointnya aja yach menceritakan tentang penderitaan Yesus Kristus bukti dalam matinya ia ada diantara penjahat2 sekalipun ia tdk berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dlm mulutnya…Yesus disalibkan diantara 2 Penjahat… sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas… Yesus bangkit pd hari ketiga… sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang2 besar sebagai rampasan , dan ia akan memperoleh orang2 kuat sebagai jarahan ,yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya kedalam maut…Yesus disalibkan dan masuk ke alam maut dan bangkit pad hari ke 3

Yesaya pasal 53 ayat berapa ?

dah gw liat di pasal 53 itu, gak ada yg menjawab pertanyaan TS.
Jadi jawaban logic itu mengada-ada

Dalam kitab perjanjian lama ada hal2 yg merupakan perlambang bagi Kristus misal anak domba harus sempurna,tulang2 anak domba tdk boleh dipatahkan, dll. Dalam ayat 45 di atas dikatakan Ia membuka pikiran mereka itu maksudnya agar mereka menyadari hal itu. dalam hal ini kisah Yunus yg tiga hari tiga malam berada dalam perut ikan juga adalah perlambang bagi Kristus yg akan bangkit setelah tiga hari.

Loh yesus tidak berada 3 hari 3 malam, karena jumat malam dikubur, minggu pagi sudah tidak ada. Jadi yesus dikubur 2 hari satu malam. Saya minta pembuktian nubuat yg ditulis dari perjanjian baru yg katanya ada tertulis di perjanjian lama. nah di ayat manakah dalam perjanjian lama itu ??

ADa apa Nggak ?

wah ini bos melki fokusnya di 3 hari 3 malam aja padahal nubuat tentang penyaliban dan kehidupan Yesus diperjanjian lama uda terpenuhi. Makanya dalam lukas itu ada ayat 45 yg sy bold itu ( baca lagi postingan sy di atas ).

Salam Bro Melkisedek…

Saya salut dengan pengetahuan anda mengenai firman Tuhan, saya sebagai seorang Kristen patut mencontoh penggalian anda mengenai Alkitab.

ada satu ayat yang ingin saya berikan kepada anda,
Yohanes 1:1 “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.”

coba kita renungkan bersama-sama ayat ini, disini diterangkan adalah “Firman itu adalah Allah sendiri.”

Saya mempercayai bahwa Alkitab adalah firman Allah, dan mempelajari firman Allah tidak pernah akan ada puasnya, pasti banyak pertanyaan dan pertanyaan.

Jika anda ingin benar-benar mempelajari Firman Allah, mungkin anda tidak akan pernah puas dengan jawaban-jawaban saya ataupun rekan-rekan lainnya yang ada di forum ini.

Kalau anda mempunyai niat mengetahui kebenaran yang ada dalam Alkitab saya yakin anda akan mendapatkan jawabannya, mintalah tuntunan dari “Tuhan” yang anda percayai dan yakinkan diri anda dengan tuntunan yang diberikan.

Kalau itu sudah anda lakukan dan anda memerlukan bantuan saya akan memberikan referensi seorang yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan anda. (Japri)

mudah-mudahan ini bisa diterima dengan baik.

Tuhan Memberkati

^melkisedek
oh ya ada tambahan
dalam masyarakat yahudi 3 hari 3 malam itu tidak selalu berarti mesti 3x24 jam. Meskipun teorinya demikian, tapi dalam prakteknya ngak selalu demikian

Ini sy kasi anda satu kutipan dari Adam Clarke, LLD, FSA: [b]That days and nights do not, among the Hebrews, signify complete days and nights of twenty-four hours, see Est_4:16, compared with Ester 5:1 or Jdg 14:17 compared with Jdg 14:18.[/b]
nih tafsiran matthew henry
v. 40) As Jonas was three days and three nights in the whale’s belly, and then came out again safe and well, thus Christ shall be so long in the grave, and then shall rise again. [1.] The grave was to Christ as the belly of the fish was to Jonah; thither he was thrown, as a Ransom for lives ready to be lost in a storm; there he lay, as in the belly of hell (Jonah 2:2), and seemed to be cast out of God’s sight. [2.] He continued in the grave just as long as Jonah continued in the fish’s belly,[b] three days and three nights; not three whole days and nights: it is probable, Jonah did not lie so long in the whale’s belly, but part of three natural days ( nychthemerai , the Greeks called them); he was buried in the afternoon of the sixth day of the week, and rose again in the morning of the first day; it is a manner of speech very usual; see 1 Ki. 20:29; Esth. 4:16; 5:1; Lu. 2:21. [/b]

Yup supaya mengerti kitab suci. bukan membuatnya bingung. tapi saya bingung dengan cara pemahaman kristen. yg menerima ajaran tanpa analisis. Kemudian jika antara ayat itu di pertemukan maka keliatan Kontradiksi2nya. bagaimana mau mengerti kitab suci jika membingungkan sehingga memaksa orang lain untuk menerima doktrin2 tanpa penjelasan yg masuk akal.

kita gak pernah memaksa orang untuk mempercayai “doktrin2”>> come on… it’s not doktrin… :char17:
Alkitab itu kabar baik… :azn:
dan semua orang punya hak untuk mau percaya dan gak percaya :angel:

nah kalo situ merasa masih bingung dan merasa Alkitab masih banyak kontradiksinya
it’s so hard to make u believe if u dont want

Nah kabar baik kan ?
Apanya yag baik ? antar alkitab aja anda kontradiksi, trus yag masalah sains ja gak bisa memberi petunjuk, isi alkitab itu cuma trinitas yg bisa kalian ikuti, selebihnya gak da ilmu yg bisa dipake.

BTT

Mana bukti Nubuat nya ? gak ada ditulis di PL, jadi ayat di PB itu BOHONG karena NGGAK ADA TERTULIS.

Luke 24:46 (NIV) He told them, "This is what is written: The Christ will suffer and rise from the dead on the third day,

Nubuat dari perjanjian lama:

Isaiah 53:9-10 (NIV) He was assigned a grave with the wicked, and with the rich in his death, though he had done no violence, nor was any deceit in his mouth. 10 Yet it was the Lord's will to crush him and cause him to suffer, and though the LORD makes his life a guilt offering, he will see his offspring and prolong his days, and the will of the LORD will prosper in his hand.
Hosea 6:2 (NIV) After two days he will revive us; on the third day he will restore us, that we may live in his presence.