Kristen radikal aka Garis keras, ada gak ya?

Dear FK ers,

Dengan hormat,

Dengan post ini, saya ingin menanyakan adakah kristen2 seperti sodara2 kita di

sebrang, keturunan Ismael yang biasa kita kenal dengan Radikal atau garis keras?

Jika ada, bagaimanakah ciri2 mereka itu? apakah sama seperti sodara2 kita keturunan

Ismael?

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih. Besar harapan saya untuk mendapat

jawaban dari teman2 FK ers

God Bless

Ku Klux Klan?
Kelompok tersebut merupakan kelompok garis keras yang sangat rasis.
Kalau tidak salah merekalah yang disebut sebagai teroris Kristen.
Saya baru saja cari di Google tapi malah tidak disebutkan tentang hal itu. Coba saja cari dengan keyword ‘Ku Klux Klan’, mungkin akan ketemu hasil yang lebih lengkap.
Salam

WOW!! lebih kejam dari yang ada di Indonesia dong? sampai bawa2 rasis

segala bro? ah mau segera muncul ke TKP ah…

perasaan tidak ada
ajaran Kristus adalah akasih
jadi kalo pembawa kekerasan bukanlah bagian dari kita
saya rasa ku klux klan itu rasisme kulit putih, bukan Kristen

betul, ternyata cuma radikal ama RAS bro Khalil…hohoho

@Bro Exia : pasti ada lah, menurut pendapatku…karena orang2 tiap

agama itu beda2…denger2 nih, di daerah Manado ada beberapa orang

yang anti banget ama muslim…nah bukankah itu juga termasuk kristen

radikal ?? tapi ndak tau ini bener apa gak…

Oh ternyata cuma masalah ras ya. Dulu saya baca artikel di Kmpas yang menyatakan bahwa Ku Klux Klan adalah teroris Kristen.
Sekarang saya malah heran bagaimana bisa artikel ngawur seperti itu tembus seleksi koran K
mpas.
Salam

radikal tetapi tidak membabi buta dan menjadi teroris^^

tidak dengan kekerasan , kalau dengan kekerasan pastilah bukan pengikut Kristus

yang pake penutup kepala putih kerucut kan^^

Perlu diklarifikasi bahwa antara Radical dengan Garis Keras adalah dua hal yg berbeda.

Radical berasal dari kata Radix (Latin) atau ‘akar’

Justru itulah kita harus seperti mereka : Radicals!

Cuma memang dari sononya Radix (akar) nya memang beda

Akar kekristenan ya Hidup Yesus Kristus dg segala pengajaranNya

Itu radical kekristenan

Kalo kekristenan yg garis keras, bukan radicals namanya

Salam

mungkin “fundamentalist” adalah kata yg tepat?

saya rasa garis keras banyak diidentikkan dengan kekerasan dan tidak ada kristen seperti itu,saya sependapat dengan saudara moe,
kalau untuk catman
fundamental saya rasa harus lho^^

Kalau yang pernah terjadi di POSO, Ambon … dimana karena “perang” jadi orang2 kristen pun tega membunuh “lawan” …

Apakah ini disebut garis keras juga ?

nope
kalau sungguh 2 saya rasa kita tidak akan melanggar perintah jangan membunuh^^
tapi kalau sisi "daging " lebih kuat ya jadi bales deh
dan itu adalah salah
kalo semua tidak bisa tahan diri saya rasa dunia dah musnah, coba aja berapa banyak nuklir di dunia
kasih lah yang mencegah itu semua
ketika mata di balas mata yang terjadi adalah kemusnahan^^
GBU

@Exia … hmm bener juga …

“Garis Keras” seharusnya tidak ada dalam ke-kristen-an yang sungguh2 :slight_smile: karena Tuhan Yesus tidak pernah mengajarkan untuk membunuh / mengaiaya “musuh”, sebaliknya harus mengasihi musuh…

Tapi tetap aja penyimpangan2 misal penganiyaan Gereja Orthodox oleh gereja barat, inkuisisi, penghakiman severetus, dll … yang pasti tidak sesuai ajaran Yesus …

memang agak beda dengan tetangga yang kalau membunuh orang kafir dapat pahala dan darah orang kafir halal untuk ditumpahkan, jadi memang garis keras juga karena sungguh2 mengikuti ajaran agama mereka.

Hardliner Christian kali bro?
Tapi yang namanya hardliners di semua agama pasti ada, termasuk mereka yang menganut budhisme.

Kalau sekarang ada kelompoknya Bin Laden dan semacamnya melakukan anarki, itu memang anarki yang beberapa ratus tahun tertinggal di belakang Kristen. Apa yg anda lihat dari Bin Laden dan kelompoknya sekarang, adalah wajah Kristen ratusan tahun yg lalu :slight_smile:

“Kristen Anarki/ garis keras/ fundamentalis” salah satunya diangkat dalam film
http://www.sarapanpagi.org/agora-movie-review-vt3466.html#p19283

Tetapi kita sebagai orang Kristen ada baiknya melihat kedalam, bukan berarti kritik tetapi sekedar perenungan bahwa sejarah Kristen sendiri sebenarnya selama 2,000 tahun adalah sejarah yg berdarah-darah. Termasuk Perang Salib dan peristiwa Inkuisisi dan lain2. Untungnya, Kristen sudah tobat, udah nggak ada lagi gitu-gituan

Coba lihat “God Warriors” yang mengungkapkan garis keras judaism, Islam dan Chritianity …by CNN (Christiane Amanpour)
.
Cmn banyak yg berpendapat terlalu soft di Islam (Btw. nurut saya Christiane Amanpour emang terlalu soft di Islam).

http://www.cnn.com/SPECIALS/2007/gods.warriors/

Lalu bagaimana jika ada jemaat yang masih menganut prinsip GIGI GANTI GIGI, MATA GANTI MATA seperti pada Perjanjian Lama?

Artinya dia bukan Jemaat Kristus, sebab “Hukum Lex Talionis” (hukum pembalasan setimpal) ini sudah direvisi Tuhan Yesus Kristus menjadi HUKUM “Anti Lex-Talionis”:

* Matius 5:38-42
5:38 LAI TB, Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
KJV, Ye have heard that it hath been said, An eye for an eye, and a tooth for a tooth:
TR, ηκουσατε οτι ερρεθη οφθαλμον αντι οφθαλμου και οδοντα αντι οδοντος
Translit interlinear, êkousate {kamu telah mendengar} hoti {bahwa} errethê {itu telah dikatakan} ophthalmon {mata} anti {ganti} ophthalmou {mata} kai {dan} odonta {gigi} anti {ganti} odontos {gigi}

5:39 LAI TB, Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapa pun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
KJV, But I say unto you, That ye resist not evil: but whosoever shall smite thee on thy right cheek, turn to him the other also.
TR, εγω δε λεγω υμιν μη αντιστηναι τω πονηρω αλλ οστις σε ραπισει επι την δεξιαν σου σιαγονα στρεψον αυτω και την αλλην
Translit interlinear, egô {Aku} de {tetapi} legô {berkata} humin {kepada kalian} mê {jangan} antistênai {melawan} tô {(orang) yang} ponêrô {jahat} all {melainkan} hostis {siapa yang} se {engkau} rapisei {(ia akan menampar)} epi {pada} tên {yang} dexian {kanan} sou {(-mu)} siagona {pipi} strepson {palingkanlah} autô {kepadanya} kai {dan} tên {yang} allên {[pipi] lain}

5:40 LAI TB, Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
KJV, And if any man will sue thee at the law, and take away thy coat, let him have thy cloak also.
TR, και τω θελοντι σοι κριθηναι και τον χιτωνα σου λαβειν αφες αυτω και το ιματιον
Translit interlinear, kai {dan} tô {(kepada orang) yang} thelonti {menghendaki} soi {engkau} krithênai {dihakimi} kai {dan} ton khitôna {baju (yang dipakai didalam jubah)} sou {(-mu)} labein {mengambil} aphes {biarkanlah} autô {dia (ambil)} kai {juga} to himation {jubah (itu)}

5:41 LAI TB, Dan siapa pun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
KJV, And whosoever shall compel thee to go a mile, go with him twain.
TR, και οστις σε αγγαρευσει μιλιον εν υπαγε μετ αυτου δυο
Translit interlinear, kai {dan} hostis {siapa} se {engkau} aggareusei {(ia akan memaksamembawa barang)} milion {mil} hen {satu} upage {pergilah engkau} met {bersama} autou {dia} duo {dua [mil]}

5:42 LAI TB, Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
KJV, Give to him that asketh thee, and from him that would borrow of thee turn not thou away.
TR, τω αιτουντι σε διδου και τον θελοντα απο σου δανεισασθαι μη αποστραφης
Translit interlinear, tô {dab} aitounti {meminta} se {engkau} didou {berilah} kai {dan} ton {orang yang} thelonta {hendak} apo {dari} sou {-mu} daneisasthai {meminjam} mê {janganlah} apostraphês {berpaling dari}

Dalam ayat-ayat di atas ini, Tuhan Yesus Kristus memberikan empat contoh tentang KASIH terhadap sesama manusia (karena sesungguhnya KASIH itu merupakan UNDANG-UNDANG DASAR KERAJAAN ALLAH).

Yup
harus bener2 mengenal Firman Tuhan secara pribadi
kalau tidak mengenal secara pribadi ya begitulah di luar Kristus