Konstantin biang ROMA Kafir masuk Kekristenan.

Sehubungan dengan fitnah dari bro CosmicBoy dalam thread yg berjudul “menurut KONSTANTIN…” Menurut SSY, Konstantinlah yg mencipta ajaran tritunggal, apa benar? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com dan juga TS dari thread “Kontro KONSTANTIN” Kontroversi seputar Konstantin - Ajaran Kristen - ForumKristen.com yang entah pergi ke mana setelah bolak balik mengundang saya untuk hadir di sana, maka saya buat thread ini untuk meluruskan fitnahan dan membahas ide bro Roderick kalau KONSTANTIN adalah biang kerok dari masuknya agama kafir Roma dalam Kekristenan.

Berikut ini adalah cuplikan diskusi awal saya yang sudah diplintir oleh bro CosmicBoy

Untuk mudahnya saya ulangi pertanyaannya untuk rekan2 katolik dan Orthodox.

Ok, pertanyaannya baru dijawab satu, yaitu Kaisar Roma Konstantin adalah Santo/ Janasuci dalam gereja Orthodox. Berikut adalah pertanyaan yang belum dijawab oleh rekan2 Orthodox dan Roma Katolik

Benarkah…

  1. Kaisar Roma Konstantin adalah penguasa dari kekaisaran Roma?

  2. Kaisar Roma Konstantin penganut agama kafir kekaisaran tersebut yang menyembah Dewa Matahari?

  3. Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama yang bersifat ”katolik”, atau universal dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi?

Update Terbaru

Pertanyaan apakah Kaisar Konstantin adalah penguasa dari kekaisaran Roma sudah dibenarkan oleh bro Phantom.

Jadi pertanyaannya tinggal 2 yang belum terjawab.

  1. Kaisar Roma Konstantin penganut agama kafir kekaisaran tersebut yang menyembah Dewa Matahari?

  2. Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama yang bersifat ”katolik”, atau universal dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi?

Update Terbaru:

Pertanyaan apakah Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama negara yang bersifat ”katolik”, atau universal dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi sudah terjawab lewat artikel yang disertakan bro Roderick yang baru kembali. Berikut cuplikan artikel dari bro Roderick:

Karena sebelumnya bro Phantom tidak menyetujui hal ini, apakah artikel ini sudah cukup bagi anda untuk mengakui bahwa Konstantin menjadikan Kristen sebagai agama negara yang bersifat ”katolik”, atau universal di seluruh pemerintahan Kekaisaran Romawi.

Sambil menunggu bro Phantom memberi klarifikasi dan persetujuan untuk valid tidaknya data dari wikipedia tersebut, maka pertanyaan yang belum terjawab tinggal satu, yaitu:

Maaf bro Phantom, saya tidak bertanya siapa tokoh yang dikagumi oleh Konstantin. Pertanyaan saya adalah:

Apakah benar Konstantin yang adalah pemeluk agama kafir Roma, juga adalah seorang Imam tertinggi/ Pontifex Maximus agama Roma yang menyembah dewa Matahari dan dewa-dewi?

Gelar Pontifex Maximus ini berkaitan dengan agama atau pemerintahan?

Maksud saya, walaupun mungkin kebetulan sesuai kebiasaan seperti kata anda, dimana seorang Kaisar August juga merangkap Imam pemimpin agama Roma, namun apakah gelar Pontifex Maximus ini terkait posisinya sebagai imam kepala penyembahan Dewa Matahari dan dewa-dewi?

Tuh bro Roderick udah bangun dan ngasih tau kalau Konstantin jadi JanaSUCI buat Kekristenan Timur.

O ya, Kekristenan timur itu maksudnya Orthodox ya? kalau iya kan gak perlu diganti segala istilahnya.

Mengenai konstantin sebagai bapa gereja Orthodox/ Kekristenan timur sudah clear, tinggal 3 pertanyaan lagi yang belum dijawab oleh Roderick dan rekan2 Orthodox dan Katolik.

Kaisar Roma Konstantin adalah penguasa dari kekaisaran Roma?

Kaisar Roma Konstantin penganut agama kafir kekaisaran tersebut yang menyembah Dewa Matahari?

Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama yang bersifat ”katolik”, atau universal dibawah kendalinya?

Ada yang ingin saya tanyakan dari jawaban anda bro Phantom.
Apakah anda dan katolikers/ orthodox setuju jika Konstantin adalah penguasa tunggal Roma setelah mengalahkan Lucinius?

Jadi kesimpulannya, Kaisar Konstantin adalah penganut agama pagan Roma, yaitu penyembahan pada Dewa Matahari dan dewa dewi.

Dan Kaisar Konstantin adalah Imam Tertinggi yang bergelar Pontifex Maximus dari agama pagan Romawi.

Apakah anda dan katolikers/ orthodox sepakat akan hal ini?

Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama kekaisaran Roma yang bersifat ”katolik”, atau universal dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi?

Apakah bro Phantom dan katolikers/ orthodox setuju akan hal ini?

Biar topiknya tidak melebar, saya ulangi pertanyaan saya berdasar keterangan anda sebelumnya mengenai Lucinius.

Apakah Konstantin adalah Kaisar pemimpin Roma?

Saya ulang pertanyaannya. Apakah benar Konstantin yang pemeluk agama kafir Roma, adalah juga seorang Imam tertinggi agama Roma?

Gelar Pontifex Maximus ini berkaitan dengan agama atau pemerintahan?
Maksud saya, walaupun mungkin kebetulan sesuai kebiasaan, dimana seorang Kaisar August juga pemimpin agama Roma, namun gelar Pontifex Maximus ini terkait posisinya sebagai imam kepala penyembahan Dewa Matahari dan dewa-dewi.

Dukungan Konstantin yang jadi turning point ini apakah bermakna jika tidak ada Konstantin, maka YESUS tidak bisa menyertai jemaatNya hingga akhir jaman?

Setahu saya, Roma Katolik memang agama plus pemerintahan. Namun bukan itu yang saya tanyakan.
Pertanyaan saya, apakah Konstantin dengan pengaruhnya sebagai Kaisar August membuat agama negara “Katholik/Universal” yang satu dan seragam dari berbagai aliran yang ada di Roma.

Update Terbaru:

Pertanyaan apakah Kaisar Konstantin adalah penguasa dari kekaisaran Roma sudah dijawab dan dibenarkan oleh bro Phantom.

Jadi pertanyaannya tinggal 2 yang belum terjawab.

  1. Kaisar Roma Konstantin penganut agama kafir kekaisaran tersebut yang menyembah Dewa Matahari?

  2. Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama yang bersifat ”katolik”, atau universal dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi?

Mana? Sila copas. Jangan2 kamu yg buat pitnah, lempar batu sembunyi tangan.

Saya nunggu bukti dari tuduhan kamu itu.

Maaf bro Phantom, saya tidak bertanya siapa tokoh yang dikagumi oleh Konstantin. Pertanyaan saya adalah:

Apakah benar Konstantin yang pemeluk agama kafir Roma, adalah juga seorang Imam tertinggi/ Pontifex Maximus agama Roma yang menyembah dewa Matahari dan dewa-dewi?

Gelar Pontifex Maximus ini berkaitan dengan agama atau pemerintahan?
Maksud saya, walaupun mungkin kebetulan sesuai kebiasaan, dimana seorang Kaisar August yang adalah pemimpin agama Roma, namun gelar Pontifex Maximus ini terkait posisinya sebagai imam kepala penyembahan Dewa Matahari dan dewa-dewi.

Saya tidak melihat adanya kapasitas dari St. Athanasius dan St. Agustinus memaksa rakyat dalam kekaisaran Roma untuk memeluk agama negara “the one, holy, apostolic, universal Church” yang dibuat oleh salah satu Santo itu.

Saya ulangi pertanyaannya. Pertanyaan saya, apakah Konstantin dengan pengaruhnya sebagai Kaisar August membuat agama negara “Katholik/Universal” yang satu dan seragam dari berbagai aliran yang ada di Roma?

Kamu ngga usah takut dan kebakaran jenggut terkait thread baru saya tentang Konstantin apalagi dengan membuat thread sendiri untuk mecounter saya.

Sila kalu berani kamu pertahankan ajaran tritunggal di thread yg sudah saya bikin itu tanpa harus membuat2 thread tersendiri. Sepertinya tujuan kamu ke sini bukan untuk saling memahami dan membagikan pengetahuan apalagi membela iman tritunggal tetapi mengekspreasikan kebencian dan dendam kamu ke Katolik dengan menyerang2 ajaran mereka ketimbang ajaran2 sesat/bidat ssy, sabelis, unitarian, new age dll. Apa motif kamu ya?

Maaf bro CosmicBoy, masalahnya anda sudah memfitnah saya dengan menghembuskan isu SSY, padahal anda tahu kalau yang saya bahas bersama bro Roderick dari Orthodox adalah pengaruh Konstantin dalam mencampur kekristenan dengan agama Roma Kafir.

Anda bahkan sekarang mengajak saya kembali ke thread anda untuk membahas Tri Tunggal?

Update Terbaru:

Pertanyaan apakah Kaisar Roma Konstantin mempersatukan rakyat di bawah satu agama negara yang bersifat ”katolik”, atau universal dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi sudah terjawab lewat artikel yang disertakan bro Roderick yang baru kembali. Berikut cuplikan artikel dari bro Roderick:

Karena sebelumnya bro Phantom tidak menyetujui hal ini, apakah artikel ini sudah cukup bagi anda untuk mengakui bahwa Konstantin menjadikan kristen sebagai agama negara yang bersifat ”katolik”, atau universal di seluruh pemerintahan Kekaisaran Romawi.

Sambil menunggu bro Phantom memberi klarifikasi dan persetujuan untuk valid tidaknya data dari wikipedia tersebut, maka pertanyaan yang belum terjawab tinggal satu, yaitu:

Maaf bro Phantom, saya tidak bertanya siapa tokoh yang dikagumi oleh Konstantin. Pertanyaan saya adalah:

Apakah benar Konstantin yang adalah pemeluk agama kafir Roma, juga adalah seorang Imam tertinggi/ Pontifex Maximus agama Roma yang menyembah dewa Matahari dan dewa-dewi?

Gelar Pontifex Maximus ini berkaitan dengan agama atau pemerintahan?

Maksud saya, walaupun mungkin kebetulan sesuai kebiasaan seperti kata anda, dimana seorang Kaisar August juga merangkap Imam pemimpin agama Roma, namun apakah gelar Pontifex Maximus ini terkait posisinya sebagai imam kepala penyembahan Dewa Matahari dan dewa-dewi?

Maaf bro Roderick dan rekan-rekan sekalian kalau threadnya pindah2 disebabkan adanya oknum yang sengaja menggeser topiknya untuk membidatkan SSY dan membahas Tri Tunggal. Jadi untuk selanjutnya, saya akan bertanya pada rekan katolik dan orthodox di thread ini. Silahkan buat yang ingin membidatkan SSY atau membahas Tritunggal di thread yang lain saja.

Saya setuju bahwa Konstantin membiarkan agama Kristen dan agama berhala tumbuh bersama dalam Satu Agama Negara yang bersifat ”katolik”, atau universal di seluruh pemerintahan Kekaisaran Romawi.

Saya pikir bro juga setuju kalau gelar Pontifex Maximus adalah gelar Imam Tertinggi agama berhala yang dianut oleh Konstantin selain gelar Kaisar August sebagai pemimpin kekaisaran Roma.

Mungkin maksudnya menggunakan pengaruh posisinya sebagai Kaisar August untuk membentuk Satu Agama Tunggal dalam Kekaisaran Roma.

Bahasa sederhananya tuh, rakyat ya harus ikut agama negara tunggal itu, mau tidak mau.

Sedang untuk kalangan agama, otomatis tentu harus taat pada Pontifex Maximus yang adalah Imam Tertinggi.

Apakah rekan-rekan katolik dan orthodox setuju 1 hal terakhir dari yang saya tanyakan ini?

Konstantin memberikan tempat bagi Kristen menjadi agama resmi setelah menang dalam perang berkat SALIB, namun ketika hendak wafat baru dibaptis menjadi Kristen, bagaimana mungkin mendirikan Katolik? Bangun Oommmmm… :happy0025:
:onion-head29: :onion-head29: :onion-head29:
:monkeys19:

Mungkin saya ngantuk jadi kurang mengerti pertanyaan kamu. Gimana kalau kamu ulangi lagi pertanyaannya dengan cara lain?

Saya hendak beristirahat dulu sambil menunggu jawaban dari rekan2 yang lain atas 4 pertanyaan awal saya besok. Mungkin saja nanti ada yang bisa bantu menjawab pertanyaan kamu truthseeker

Menurut SEJARAH dan FAKTA DUNIA yang DIAKUI oleh SEJARAHWAN DUNIA, bahwa KONSTANTIN dibaptis menjadi Kristen ketika AKAN WAFAT (SAKRATUL MAUT), jadi bagaimana bisa dia MENDIRIKAN GEREJA KATOLIK? KATOLIK ORTHODOX sudah ada sebelum KONSTANTIN LAHIR, bangun ooommmmm… :happy0025:
:onion-head29: :onion-head29: :onion-head29:
:monkeys19:

Wah, ngga ada obligasi bro, mau nongol silakan, ngga mau, ya ngga papa, itukan masalah pilihan…jangan karena ngga mau komentar lalu buat tuduhan yang tidak mendasar (pitnah apa lah…).

Sudah saya bilang, jangan kebanyakan bergaul dengan para bidat dan muslimer Ntar lagu mu seperti lagu mereka, ngerti?

Konstantin mendirikan Agama Tunggal Negara bukan ketika akan wafat. Konstantin adalah Kaisar August dan Pontifex Maximus jauh sebelum dirinya wafat.

Jemaat awal gak dinamakan Katolik Orthodox keknya. Kalau tidak salah disebutkan sesuai nama daerah atau nama Rasul yang memimpin.

Konstantin menjadi Kristen ketika detik2 terakhir akan wafat kok, kan udah kauin kalo sejarahnya Oom jeblok :happy0025:
:onion-head29: :onion-head29: :onion-head29:
:monkeys19:

Apakah Konstantin benar-benar menerima Yesus atau melepaskan keyakinannya pada Dewa-Dewi saat ajal menjemput, saya tidak tahu sis.

Namun semasa hidupnya, Kaisar Roma Konstantin adalah Imam Tertinggi/ Pontifex Maximus agama Kafir Roma yang menyembah Dewa Matahari dan dewa-dewi.Konstantin pula yang kemudian mendirikan Agama Tunggal Negara di wilayah kekaisaran Romawi. Agama Tunggal Negara yang didirikan Konstantin bukan murni mengajarkan Injil Kristus. Jadi saya memang tidak bermaksud mengatakan kalau Konstantin adalah kristen.

Kaisar Roma Konstantin mendirikan Agama Tunggal Negara itu dari sumber wikipedia yang kamu sertakan bro Roderick.

Jadi maksudnya Konstantin membuat beberapa agama negara?

O ya, ada beberapa pertanyaan saya mengenai ajaran beatifikasi dan sakramen baptis untuk Orthodox, tapi kok gak ada yang jawab ya? baik dari katolikers maupun orthodoxers