Konstantin biang ROMA Kafir masuk Kekristenan.

Jadi maksudnya Konstantin membuat beberapa agama negara?

O ya, ada beberapa pertanyaan saya mengenai ajaran beatifikasi dan sakramen baptis untuk Orthodox, tapi kok gak ada yang jawab ya? baik dari katolikers maupun orthodoxers

Maaf bro Roderick, agama negara yang bersifat katolik dan universal itu maksudnya apa bukan cuma 1 agama universal yang bisa diterima semua golongan?

Mungkin bro Roderick bisa memberi sumber tambahan kalau ada lebih dari 1 agama negara di kekaisaran Roma?

Maaf, jangan double posting disini. Saya tidak mau membingungkan pembaca, dan ini sudah saya laporkan ke moderator.

Sebenarnya anda yg sudah double posting selama ini. Ingat, anda menjawab pertanyaan saya bukan disini. Selain itu, thread anda bukan dimaksudkan membahas Roma Kafir. Mungkin perlu bro pertimbangkan juga kalau bro diam berhari-hari setelah thread ini terbit. Disini saya lebih mudah mengikuti alurnya, bahkan saya update kalau ada berita/ persetujuan baru.
Kalau nggak salah, bro bilang tidak mau menjawab di thread ini, namun selain saya tidak melaporkan, juga tidak keberatan kalau bro Roderick tidak mau jawab disini.

menurut : kata
seluruh : holos
Gereja katolik (kata holos)

Bisakah bro Roderick memberi pencerahan yang dimaksud dengan agama negara katolik (kataholos) yang didirikan oleh Konstantin ini?

Jadi dalam kekaisaran Roma terdapat tiga agama negara, yaitu agama Katolik (katholos), Mithraic dan Gnostik.

Apakah begitu bro Roderick?

Saya bukan menjudge, tapi masih menyamakan persepsi dulu dari 4 pertanyaan yang sudah saya ajukan sejak awal.
Adapun kesimpulan saya mengenai agama tunggal negara/ satu agama negara yang didirikan oleh Konstantin berasal dari keterangan di wikipedia di bawah ini.

Agama negara yang bersifat KATOLIK dan Universal inilah yang membuat saya mengambil kesimpulan kalau agama negara yang dibuat oleh Konstantin berjumlah hanya SATU/ TUNGGAL/ KATOLIK/ UNIVERSAL

Memberi kebebasan dengan mendirikan agama negara yang bersifat KATOLIK/ UNIVERSAL adalah dua hal yang jauh berbeda.

Saya sendiri kurang tahu apakah ada atau tidak agama negara lain selain agama yang bersifat KATOLIK/ UNIVERSAL yang dibuat oleh Konstantin.

Bersifat KATOLIK/ UNIVERSAL itu bukannya satu agama universal bro?

Anda juga belum menjawab konfirmasi pernyataan anda sendiri mengenai apakah benar ada 3 agama negara yang didirikan oleh Konstantin, yaitu agama Katolik (katholos), Mithraic dan Gnostik.

Apakah benar begitu bro Roderick dan rekan2 katolik dan orthodox sekalian?

Para pengajar katolik dan orthodox yang menguasai sejarah dan ajaran gereja pada kemana semua ya?

:idiot2:

lah wong Katolik artinya Universal…!

sudah saya bilang, mending kamu belajar lagi…! atau bawa pendeta kamu kemari…!
dari ada pertanyaan Konyol seperti ini:

:idiot2:

Maafkan keterbatasan perbendaharaan kata yang saya miliki bro Roderick. Bukan maksudnya menciptakan, tapi mendirikan konsep agama negara yang Katolik dan Universal. Kalau Katolik dan Universal punya makna lain, kenapa bro Roderick tidak bagikan saja pada para pembaca?

Begitu juga agama mithraic dan gnostik. Tentu maksud saya bukan Konstantin yang menciptakan dari nihilo bro. Yang saya tanyakan adalah selain agama negara katolik dan universal yang ditetapkan oleh Konstantin, apakah kedua agama (mithraic dan gnostik) juga merupakan 2 agama negara?

Hal ini berdasar keberatan anda jika hanya 1 (katolik dan universal) saja yang dijadikan agama negara di kekaisaran Roma.

Supaya diskusi lebih nyaman, satu tanya jawab bisa dilakukan di satu thread. Sedangkan yang satu lagi di thread lain yang lebih tepat. Jangan sampai ada dua posting yang sama di dua thread.

Salam

Terima kasih untuk pemberitahuannya bro Kahlil. Untuk saat ini, saya akan mulai fokus pada Roma Kafir sekalipun rekan2 orthodox dan katolikers belum mencapai persetujuan soal agama negara yang ditetapkan Konstantin yang bersifat Katolik dan Universal.

Mungkin bro Kahlil punya sumber mengenai hal ini?

Terima kasih untuk pencerahannya saudara Roderick.

Jadi Kaisar Konstantin hanya menetapkan Kristen yang bersifat Katolik dan Universal sebagai salah satu agama negara dalam lingkup wilayah kekaisaran Romawi.

Namun Konstantin sendiri sebagai imam tertinggi agama kafir Roma/ Pontifex Maximus baru dibaptis sebagai penganut agama negara yang bersifat Katolik dan Universal ketika menjelang detik-detik kematiannya. Apakah dua kesimpulan akhir ini sudah bisa benar bro Roderick?

Masih suka “kucing-kucingan” ya? :cheesy:
:onion-head29: :onion-head29: :onion-head29:
:monkeys19:

Terima kasih untuk konfirmasinya kalau Kristen yang sejatinya adalah pengikut Kristus dilembagakan menjadi suatu bentuk organisasi yang bersifat Katolik dan Universal disamping agama negara kafir lainnya yang sudah ada di Roma.

Apakah bro Roderick setuju kalau gelar Pontifex Maximus Konstantin adalah terkait posisinya sebagai Imam Kepala agama kafir Roma?

Jadi yang saya tanyakan adalah waktu gelar itu ada pada Konstantin, bukan konotasinya atau kegunaan gelar tersebut beberapa abad setelah Konstantin.

Sangat menarik, benarkah demikian bro Roderick?

Entah kenapa yang ahli2 soal sejarah dari katolik dan orthodox pada malu2 kucing menjawab gelar Pontifex Maximus Konstantin dan perannya melembagakan pengikut Kristus dan mencampurnya dgn kekuasaan kekaisaran. Diskusinya sendiri malah belum membahas peran Konstantin yg menurut bro Roderick dikatakan sebagai biang kerok masuknya agama Roma kafir dalam kekristenan. Padahal bro Roderick yg mulai threadnya duluan. Masih ingat kan gimana Roderick sampe ngejar2 saya di thread lain buat ngebahas Konstantin biang kerok masuknya ritual Roma kafir di kekristenan?

Karena bro Roderick dan rekan2 pengajar katolik/orthodox masih malu2 kucing untuk menjawab perihal gelar Pontifex Maximus, dapat disimpulkan sudah setuju namun malu2 kucing. Untuk selanjutnya, saya akan melanjutkan pada tahap warisan agama ROMA Kafir yang masuk kekristenan selain warisan melembagakan kekristenan dan menyatukannya dengan negara.

Wah ternyata banyak juga yang mulai menyadari Konspirasi Konstantin dan dampaknya terhadap Kepercayaan Kristen.

Dulu (let’s say 8-12 months ago), saya jadi orang aneh yang posting tentang hal ini.
Ternyata sekarang jadi trend.

Meneliti kebenaran bukan untuk membuat Kristen menjadi lemah, melainkan bersemangat mencari kebenaran yang sesungguhnya.

Bukan Mithraisme yang akan membawa kita pada keselamatan dan hidup yang kekal, melainkan iman pada Yesus Kristus. Hati-hati ada pemalsuan dan penyesatan.

Salam.