Kesempurnaan Gereja?

@ Yola_88919042: Terima Kasih untuk jawaban Saudara/i, Sebetulnya Pertanyaan saya cuma 1 aja

Kenapa Kristen (protestan) selalu membuat gereja2 baru, sepertinya ingin menonjolkan “inilah gerejaku yg paling benar”…?

Untuk yang diatasnya itu adalah copy, paste dari jawaban saudara Megi ;D

Salam Kenal :slight_smile:

barang kali aja hanya perasaan Aviras aja… :wink:

Puji Tuhan :afro:

Tetapi untuk masalah ini, saya betul2 bingung.. sampai jemu rasanya.. Itu bukan [b][i][u]hanya perasaan saya..[/u][/i][/b] tetapi kenyataan. dalam Kristen terlalu banyak aliran... seperti aliran karismatik, lalu berkembang menjadi aliran neo karismatik seperti itu yang bikin bingung..

he…ehhe… sy ngeliat dr kata “sepertinya” … :coolsmiley:
sepertinya … itu biasane … pandangan pribadi

Kalo sy melihat … banyak nya gereja … Puji Tuhan …Yesus dasyat :afro:
koq bisa …ada banyak gereja dengan macam2 aliran … untuk meninggikan NAMA Yesus :happy0158:

Sudah dinyatakan di dalam Alkitab, bahwa akan ada rupa2 pengajaran dan juga yang termasuk ajaran yang hanya bersifat “menyukakan telinga dan hati manusia” saja.

Ajaran yang banyak itu, menuntut setiap orang percaya mampu untuk memilah ajaran yang sehat dan benar, untuk hal tersebut orang percaya dituntut untuk dewasa dalam kerohanian dan pengetahuan.

Asal memegang teguh, iman dan pengharapan pada Tuhan dan Firman-Nya, tentu setiap orang percaya memperoleh kedewasaaan untuk memilah ajaran.

Roma 15
15:4 Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci.

Salam

Kalau melihat gereja yang sempurna …
nanti setelah disempurnakan …ketika Yesus datang kedua kalinya :smiley:

Untuk pertanyaan no.2, sepertinya bukan sebagai bentuk penyempurnaan gereja namun sebagai bentuk pergumulan gereja pada akhir jaman.

Karena pernyataan Kitab Suci pasti terjadi…^-^

Salam

Gereja Tuhan pasti disempurnakan :afro:
pembukaan aliran yang baru bukan menyempurnakan yang sudah ada … ttp semua dipakai Tuhan untuk menampung Joh 4:35 :coolsmiley:

Pandangan saya terhadap gereja2 yang ada di luar aliran dimana sy berjemaat … bersyukur :smiley:
punya sodara yang beraneka ragam cara ibadahnya … ttp satu iman dlm Kristus.
dan tdk pernah mengganggapnya sbg bidat atau beranggapan gereja saya paling benar :wink:

Jika kita memandang bahwa yang menjadi model “gaya hidup dan teladan” adalah Gereja Perdana, maka pada jaman ini, sudah jauuuuuuh sekali. Apakah berarti Gereja Perdana tidak sempurna dan Gereja2 pada masa sekarang adalah bentuk penyempurnaan? Semoga tidak demikian…^-^
Sebab yang dikatakan semakin sempurna, ternyata lebih “buruk” dibandingkan dengan yang mula-mula.

Salam

Memangnya disebut apa jemaat perdana? Gereja perdana adalah umat percaya pada jaman para rasul.

Kisah Para Rasul 11
11:26 Mereka tinggal bersama-sama dengan jemaat itu satu tahun lamanya, sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhialah murid-murid itu untuk pertama kalinya disebut Kristen.

Kisah Para Rasul 26
26:28 Jawab Agripa: “Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!”

Roma 16
16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

I Korintus 9
9:5 Tidakkah kami mempunyai hak untuk membawa seorang isteri Kristen, dalam perjalanan kami, seperti yang dilakukan rasul-rasul lain dan saudara-saudara Tuhan dan Kefas?

II Korintus 12
12:2 Aku tahu tentang seorang Kristen; empat belas tahun yang lampau–entah di dalam tubuh, aku tidak tahu, entah di luar tubuh, aku tidak tahu, Allah yang mengetahuinya–orang itu tiba-tiba diangkat ke tingkat yang ketiga dari sorga.

I Petrus 4
4:16 Tetapi, jika ia menderita sebagai orang Kristen, maka janganlah ia malu, melainkan hendaklah ia memuliakan Allah dalam nama Kristus itu.

Salam

Yang sempurna itu ada jika sudah berhadapan muka dengan muka pada Kristus. Perpecahan Gereja yang dilandaskan alasan “penyempurnaan”, adalah hal yang tidak Alkitabiah, karena Tuhan menghendaki “kesatuan” Gereja…^-^

Apa yang dilakukan oleh Bapak2 Reformasi Krsiten adalah bentuk “pemurnian” dari hal2 yang menyimpang.

Salam

tapi pada konteks di atas "gereja protestan" selalu membuat gereja2 baru. maaf disini saya bukan berdebat tetapi saya cuma ingin tahu, alasan gereja protestan membuat "gereja baru" contoh neo karismatik, lalu nanti ada lagi "gereja yang lain" (pencaran sari greja pertama) Alasannya apa? apakah demi penyempurnaan gereja?
Saya sudah katakan BUKAN. Bahkan ketika Martin Luther memisahkan diri dari Katolik bukan didasarkan alasan "penyempurnaan gereja"

Salam

Banyaknya aliran serta doktrin memang suatu fenomena yang harus terjadi, pada jaman rasul-pun sudah dikatakan ada rupa2 pengajaran. Setiap orang percaya dituntut dewasa dalam pengetahuan dan kerohanian untuk dapat membedakan ajaran yang sehat dan benar, dan tidak terombang-ambing oleh rupa-rupa pengajaran. Hal tersebut diijinkan Tuhan terjadi atas gereja-Nya untuk tuntutan mendewasakan umat pilihan-Nya. Jika hanya 1 macam pengajaran maka tidak ada ayat demikian:

Efesus 4
4:14 sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan,

Ada perpecahan yang didasarkan motivasi pribadi bukan berdasarkan kebenaran, dan ini yang paling banyak terjadi.

Kisah Para Rasul 20
20:30 Bahkan dari antara kamu sendiri akan muncul beberapa orang, yang dengan ajaran palsu mereka berusaha menarik murid-murid dari jalan yang benar dan supaya mengikut mereka.

Ada juga ajaran/aliran yang timbul karena orang Kristen sendirilah yang menginginkan ajaran2 yang menyukakan mereka:

II Timotius 4
4:3 Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya.

Sedangkan ajaran2 lain tentu adalah ajaran yang bukan ajaran Kristen walau memakai Alkitab Kristen:

I Timotius 4
4:1. Tetapi Roh dengan tegas mengatakan bahwa di waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan

Salam

he…he… terkadang yang ngribetin manusianya … ttp yang penting Yesus ngga pernah ribet krn semua toh anakNya :smiley:

banyak pengajaran, tapi kebenaran hanya 1, karena dari sumber yg satu, kebenaran itu mutlak, tidak relatif…

Katolik di murnikan oleh luther menjadi Lutheran

Lutheran dimurnikan oleh calvin menjadi calvinist

calvinist dimurnikan menjadi injili

Yg paling murni adalah yg paling akhir…

kalau yg paling murni = yg paling betul,… maka,… semua gereja adalah salah… kecuali yg terakhir…

he he he…
.
.
.
Entah kenapa sekarang saya suka bikin sambel.
Habis bagaimana ?
Masak saya disuruh makan sambel terus ? sekali-kali saya yg menyuguhkan sambel dan orang lain makan sambel buatan saya. Jadi sama-sama merasakan pedas.

.
.
.
.

salam

Dan kebenaran yang mutlak itu adalah Tuhan dan Firman-Nya.

Salam