Kepahitan dengan mertua suka kata pahit

Saya menikah 2 tahun dan sdh memiliki baby 1 tahun, saat ini tinggal serumah dgn mertua. Sejak awal menikah hingga sekarang sering sakit hati dengan perkataan mertua yang suka bicara pahit.
Rasanya seperti menumpuk sehingga saya mengalami kepahitan dan luka yg dalam. Saya sempat melupakan semua tp setiap terulang mendengar kata pahit rasa sakit yg dulu teringat kembali… Kondisi keuangan kami sdg tdk baik, jd kami tdk mampu menyewa/kontrak rumah sendiri… Bahkan saat hamil besar pun saya tetap kerja utk bantu keuangan. Alhasil saya sering kelelahan pulang kerja dan hamil besar membuat saya sering ketiduran dan sulit aktivitas ditambah saya terkena GERD kehamilan dan tumor rahim. Tp mertua tidak mau tahu, dia menuntut saya hrs masak dan urus kerjaan rumah pdhl utk berdiri lama dan jalan saja sulit, dia tidak terima kalau saya banyak di kamar istirahat bahkan ngatain saya “Belagu banget mentang-mentang bisa kerja cari duit”. Saat saya cerita ttg GERD dia dgn ketus jawab “makanya jangan byk tidur”. Usia kehamilan saya 8 bulanan saat itu. Saat saya mau melahirkan, saya dpt bantuan biaya operasi dr org tua saya krn ada tumor maka tdk bisa lahir secara normal. Org tua saya ingin agar bisa di operasi dgn baik di paket kelas 1. Yg membuat saya sakit mertua bilang di dpn saya ke suami “kondisi klo susah mending pakai aja uang dr org tua dia biar dia operasi pakai BPJS”. Sakiiiittttt sekali, kok tega bicara begitu tanpa mikir perasaan org. Saya pernah jg beli beberapa potong baju utk kerja krn setelah melahirkan tdk ada baju yg cukup, saya beli pakai uang gaji saya yg saya sisihkan. Mertua lngsung marah dan ungkit2 bilang saya boros suka beli baju dan diceritain kemana2… Pdhl saya jg belikan dia baju waktu itu bkn hanya beli utk diri sendiri. Suami saya bilang bhwa itu beli pakai uang saya sendiri jd terserah saya, mertua jwb dong “saya pikir belinya pakai kartu kredit trs disuruh kamu (suami saya) yg bayar”. Jlebbb, emg kenapa klo suami saya yg bayarin baju saya???. Baru2 ini saya beli dimsum harga 50 rb isi 12 buah sudah 2 tahun tdk makan dimsum hari itu sangat kepingin… kami makan bersama, mertua makan byk dgn sukacita… Ehh ujung2 nya dia ngomongin dibelakang kalau saya boros beli makanan sampai harga 50 rb. Cerita ke semua anaknya dan orang2… Secara tdk langsung dia sudah mematikan karakter saya dgn cerita yg negatif ttg saya. Ditambah dia bilang “org miskin aja lagak kyk org kaya, gak tau diri”.
Saya sungguh kepahitan dan sakit hati yg menumpuk, teringat kata pahit mertua sejak awal menikah hingga anak usia 1 tahun. Ingin rasanya segera pergi tp apa daya… Saya harus bagaimana?

Shalom Ayu,

Memang sudah banyak sekali kisah2 menyedihkan dari para wanita yang terpaksa tinggal dengan mertua, jangankan wanita, pria pun ada yg demikian.

Apalagi jika latar belakang keluarga bukan dari keluarga yang kaya,…

Dunia memang kejam. :’( :’( :’(

Turut bersimpati, semoga Tuhan mengubah hati mertua anda agar bertobat dan mendpt keampunan dosa.