Kenapa Yunus harus ke niniwe???

Bukankah niniwe bukan bagian dari keturunan Yakub???

ya biar semua bangsa mendengar dan berlutut serta mengakui Yahwe sebagai Tuhan… :slight_smile:

Iya yah … menarik juga … bukankah di PL khusus buat Israel … bahkan di PB TUHAN YESUS sendiri bilang bahwa Dia diutus untuk domba2 yang hilang dari israel …

siapakah orang niniwe itu sampai Tuhan mengutus Yunus ke sana???

Jika suatu bangsa non Israel terlibat, pasti ada hubungannya dengan karya Kristus.
Misalnya Rut, wanita Moab yang pada akhirnya muncul dalam silsilah Yesus.
Coba pelajari lebih lanjut tentang faktor geografis atau penduduk Niniwe.
Atau barangkali ada member lain yang punya penjelasan?
Salam

Karena Niniwe adalah Keturunan Nimrod:

Kej. 10:8 Kush memperanakkan Nimrod; dialah yang mula-mula sekali orang yang berkuasa di bumi;
Kej. 10:9 ia seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN, sebab itu dikatakan orang: “Seperti Nimrod, seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN.”
1Taw. 1:10 Kush memperanakkan Nimrod; dialah orang yang mula-mula sekali berkuasa di bumi.

Selengkapnya:

Kejadian
9:18 Anak-anak Nuh yang keluar dari bahtera ialah Sem, Ham dan Yafet; Ham adalah bapa Kanaan.
10:1 Inilah keturunan Sem, Ham dan Yafet, anak-anak Nuh. Setelah air bah itu lahirlah anak-anak lelaki bagi mereka.
10:2 Keturunan Yafet ialah Gomer, Magog, Madai, Yawan, Tubal, Mesekh dan Tiras.
10:3 Keturunan Gomer ialah Askenas, Rifat dan Togarma.
10:4 Keturunan Yawan ialah Elisa, Tarsis, orang Kitim dan orang Dodanim.
10:5 Dari mereka inilah berpencar bangsa-bangsa daerah pesisir. Itulah keturunan Yafet, masing-masing di tanahnya, dengan bahasanya sendiri, menurut kaum dan bangsa mereka.
10:6 Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan.
10:7 Keturunan Kush ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha; anak-anak Raema ialah Syeba dan Dedan.
10:8 Kush memperanakkan Nimrod; dialah yang mula-mula sekali orang yang berkuasa di bumi;
10:9 ia seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN, sebab itu dikatakan orang: “Seperti Nimrod, seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN.”
10:10 Mula-mula kerajaannya terdiri dari Babel, Erekh, dan Akad, semuanya di tanah Sinear.
10:11 Dari negeri itu ia pergi ke Asyur, lalu mendirikan Niniwe, Rehobot-Ir, Kalah
10:31 Itulah keturunan Sem, menurut kaum mereka, menurut bahasa mereka, menurut tanah mereka, menurut bangsa mereka.
10:32 Itulah segala kaum anak-anak Nuh menurut keturunan mereka, menurut bangsa mereka. Dan dari mereka itulah berpencar bangsa-bangsa di bumi setelah air bah itu.

NINIWE Kota terkemuka dan ibukota terakhir Asyur. Puing-puingnya ditandai oleh tumpukan-tumpukan yg disebut Kuyunjik dan nabi Yunus pada S Tigris di sebelah Mosul, Irak. I. Nama Kata Ibrani nineweh (Yunani Nineue; klasik Ninos) menerjemahkan kata Asyur Ninua (Babel Kuno Ninuwa), salinan nama Nina dalam bh Sumer awal, nama dewi Isytar yg ditulis dengan tanda berupa lukisan seekor ikan dalam kandungan. Kendati lukisan itu mengingatkan peristiwa Yunus, mungkin tidak ada hubungannya dengan kata Ibrani nun, 'ikan'. II. Sejarah Menurut Kej 10:11 Niniwe dan kota-kota lain di utara didirikan oleh Nimrod atau Asyur sesudah meninggalkan Babel. Penggalian di kedalaman 25 m sampai pada tanah yg masih dalam bentuk asli memperlihatkan bahwa situs itu telah dihuni sejak zaman prasejarah (kr 4500 sM). Bentuk tembikar 'Ubaid (dan Samara) dan bangunan menandakan pengaruh dari selatan. Kendati baru pertama kali disebut dalam prasasti-prasasti Gudea dari Lagasy, yg beroperasi di daerah itu kr 2200 sM, naskah-naskah Tukulti-Ninurta I kr 1230 sM menceritakan bagaimana ia memperbaiki kuil dewi Isytar dari Niniwe yg didirikan oleh Manishtusu, putra Sargon, kr 2300 sM. Sanherib, dengan bantuan ratunya Naqi'a-Zakutu yg berasal dari Semit Barat, membangun lagi dan memperluas Niniwe termasuk benteng pertahanannya, tembok kota dan sumber air minum. Ia membangun saluran sepanjang 48 km dari bendungan S Gomel ke utara, dan mengarahkan arus S Khasr -- yg mengalir melalui kota, dengan membangun bendungan lain di Ayela -- ke arah timur. Dia sediakan juga gedung-gedung perkantoran dan taman-taman. Tembok istananya yg baru dihiasi dengan gambar-gambar timbul yg melukiskan kemenangan-kemenangannya, termasuk pengepungan sukses atas Lakhis. Upeti dari Hizkia raja Yehuda (2 Raj 18:14) dikirim ke Niniwe, ke mana Sanherib kembali sesudah serangannya (2 Raj 19:36; Yes 37:37). Mungkin sekali kuil Nisroh, di mana dia dibunuh, terletak di Niniwe. Cerita mengenai serangannya atas Hizkia di Yerusalem dicatat pada prisma tanah liat (Taylor-Prism) di fondasi Niniwe. Asyurbanipal (669-627 sM) sebagai putra mahkota menjadikan Niniwe tempat tinggalnya yg utama. Pahatan gambar-gambar timbul di istananya, yg melukiskan pemburuan singa, termasuk contoh terbaik bentuk seni Asyur. Jatuhnya kota besar Niniwe yg dinubuatkan oleh nabi Nahum dan Zefanya, terjadi Agustus 612 sM. Tawarikh Babel mencatat bagaimana kekuatan terpadu dari orang Madai, Babel dan Skit mengepung kota itu, yg jatuh akibat luapan air sungai yg bendungannya dibobol (Nah 2:6-8). Niniwe dirampas oleh orang Madai, dan raja Sin-shar-ishkun dibakar, tapi keluarganya meloloskan diri. Niniwe menjadi timbunan puing yg sunyi sampai sekarang (Nah 2:10; 3:7), padang rumput bagi kawanan ternak (Zef 2:13-15), yg menjadi asal nama modernnya Tell Kuyunjik ('kawanan banyak biri-biri'). Waktu Xenophon dan tentara Yunani mundur melewatinya thn 401 sM, kota itu sudah menjadi puing-puing yg tidak dikenal lagi. Pada puncak kemakmurannya, Niniwe dikelilingi oleh tembok dalam, panjangnya kr 12 km. Di dalam tembok itu -- menurut penyelidikan Felix Jones thn 1834 -- dapat tinggal 175.000 orang. Penduduk 'kota besar ini' dikatakan dalam Kitab Yun (1:2; 3:2) jumlahnya 120.000 jiwa, yg tidak mengetahui yg baik dan yg jahat. Angka ini cocok dengan 69.574 penduduk Nimrud pada thn 879 sM, kota yg luasnya kurang dari setengah Niniwe. Luas kota Niniwe memerlukan 'tiga hari perjalanan' (Yun 3:3), mungkin meliputi wilayah administratif Niniwe itu, yg kr 70 km luasnya (Hatra-Khorsabad-Nimrud). Ungkapan Yun 3:4 mengenai 'satu hari perjalanan jauhnya' nampaknya merujuk pada jauh jarak dari pinggir kota bagian selatan (Balawat) ke utara kota itu. Naskah Ibrani tidak menjelaskan apakah wilayah (Asyur: ninua[ki]-) atau ibukota ([al]-ninua) yg dimaksud. Ay ini boleh juga berarti perjalanan satu hari dari perbatasan sampai ke kota, satu hari urusan kota, kemudian satu hari pulang. Tidak ada bukti luar mengenai pertobatan penduduk Niniwe (Yun 3:4-5), kecuali naskah dari Gozan yg menceritakan gerhana total pada thn 763 sM diikuti banjir dan bala kelaparan. Tanda-tanda ini dianggap orang Asyur sebagai hukuman atas raja, yg untuk sementara akan mengundurkan diri (bnd Yun 3:6). Tanda-tanda seperti itu, termasuk gempa bumi pada zaman Yunus bin Amitai (2 Raj 14:25) mungkin menyebabkan perlakuan yg dipuji YESUS (Luk 11:30; Mat 12:41). III. Penemuan Penggalian dimulai oleh P Botta thn 1842-1843 tanpa hasil: ia meninggalkan situs yg pertama sekali dia gali, karena percaya bahwa Khorsabad (16 km utara) adalah benar pertapakan Niniwe. Penggalian oleh Layard dan Rassam (1845-1854) membuktikan letak Niniwe berdasarkan temuan berupa gambar-gambar dari istana Sanherib dan Asyurbanipal dan banyak prasasti. Di antara 25.000 kepingan benda bersejarah dari Niniwe dan kuil Nabu terdapat Cerita Air Bah (Cerita Gilgamesy). Penggalian diteruskan sampai sekarang. Sejarah Asyur dan Babel kuno lebih banyak diketahui dari penemuan benda-benda purba di Niniwe ketimbang tempat-tempat lain, berupa ukiran dan prasastinya. Sedangkan cerita tertulis, sejarah, tata bahasa dan ilmu pengetahuan telah membuat sastra Asyur diketahui lebih baik daripada sastra bangsa-bangsa kuno lainnya, kecuali orang Ibrani. KEPUSTAKAAN. R. C Thompson dan R. W Hutchinson, A Century of Exploration at Nineveh, 1929; A Parrot, Nineveh and the Old Testament, 1955. Lihat juga majalah-majalah arkeologi. DJW/AL/HAO
NIMROD Nama putra Kusy, pejuang atau pahlawan yg perkasa (gibbor), tinggal di Babel, kerajaannya meliputi Babel, Erekh dan Akad (Kej 10:8-10; 1 Taw 1:10). Dialah bapak atau pendiri Niniwe dan Kalah di Asyur (Kej 10:11) dan terkenal sebagai pemburu (ay 9). Tanah yg berbatasan dengan Asyur di kemudian hari disebut 'negeri Nimrod' (Mi 5:5). Namanya diabadikan menjadi nama beberapa tempat, termasuk Birs Nimrud, bagian barat daya Babel, dan Nimrud di Asyur (*KALAH). Hal ini, ditambah legenda mengenai dia yg dipelihara di Sumeria, Asyur dan kesusastraan yg kemudian, mencakup dasar yg luas dalam kesusastraan daripada yg terdapat dalam Kej. Karena itu banyak sarjana menyamakannya dengan Sargon dari Agade, kr 2300 sM, yg merupakan pejuang, pemburu dan penguasa Asyur. Dia memimpin ekspedisi-ekspedisi di pantai Laut Tengah, Anatolia Selatan dan Iran. Kemegahan zaman dan prestasinya merupakan alasan untuk menyebut zamannya sebagai 'zaman emas'.
Nimrod (Hebrew: נִמְרוֹד, Modern: Nimrod, Tiberian: Nimrōḏ, Arabic: نمرود‎) is, according to the Book of Genesis and Books of Chronicles, the son of Cush and great-grandson of Noah and the king of Shinar. He is depicted in the Bible as a man of power in the earth, a mighty hunter and rebellious toward God. Extra-Biblical traditions associating him with the Tower of Babel led to a darkening of his reputation. Several Mesopotamian ruins (see Nimrud) were given Nimrod's name by 8th century Arabs.

Kejadian
5:1 Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah;
5:2 laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama “Manusia” kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.
5:3 Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya.
5:4 Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:5 Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.
5:6 Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos.
5:7 Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:8 Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia mati.
5:9 Setelah Enos hidup sembilan puluh tahun, ia memperanakkan Kenan.
5:10 Dan Enos masih hidup delapan ratus lima belas tahun, setelah ia memperanakkan Kenan, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:11 Jadi Enos mencapai umur sembilan ratus lima tahun, lalu ia mati.
5:12 Setelah Kenan hidup tujuh puluh tahun, ia memperanakkan Mahalaleel.
5:13 Dan Kenan masih hidup delapan ratus empat puluh tahun, setelah ia memperanakkan Mahalaleel, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:14 Jadi Kenan mencapai umur sembilan ratus sepuluh tahun, lalu ia mati.
5:15 Setelah Mahalaleel hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Yared.
5:16 Dan Mahalaleel masih hidup delapan ratus tiga puluh tahun, setelah ia memperanakkan Yared, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:17 Jadi Mahalaleel mencapai umur delapan ratus sembilan puluh lima tahun, lalu ia mati.
5:18 Setelah Yared hidup seratus enam puluh dua tahun, ia memperanakkan Henokh.
5:19 Dan Yared masih hidup delapan ratus tahun, setelah ia memperanakkan Henokh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:20 Jadi Yared mencapai umur sembilan ratus enam puluh dua tahun, lalu ia mati.
5:21 Setelah Henokh hidup enam puluh lima tahun, ia memperanakkan Metusalah.
5:22 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah selama tiga ratus tahun lagi, setelah ia memperanakkan Metusalah, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:23 Jadi Henokh mencapai umur tiga ratus enam puluh lima tahun.
5:24 Dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.
5:25 Setelah Metusalah hidup seratus delapan puluh tujuh tahun, ia memperanakkan Lamekh.
5:26 Dan Metusalah masih hidup tujuh ratus delapan puluh dua tahun, setelah ia memperanakkan Lamekh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:27 Jadi Metusalah mencapai umur sembilan ratus enam puluh sembilan tahun, lalu ia mati.
5:28 Setelah Lamekh hidup seratus delapan puluh dua tahun, ia memperanakkan seorang anak laki-laki,
5:29 dan memberi nama Nuh kepadanya, katanya: “Anak ini akan memberi kepada kita penghiburan dalam pekerjaan kita yang penuh susah payah di tanah yang telah terkutuk oleh TUHAN.”
5:30 Dan Lamekh masih hidup lima ratus sembilan puluh lima tahun, setelah ia memperanakkan Nuh, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan.
5:31 Jadi Lamekh mencapai umur tujuh ratus tujuh puluh tujuh tahun, lalu ia mati.
5:32 Setelah Nuh berumur lima ratus tahun, ia memperanakkan Sem, Ham dan Yafet.
9:18 Anak-anak Nuh yang keluar dari bahtera ialah Sem, Ham dan Yafet; Ham adalah bapa Kanaan.
10:6 Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan.
10:7 Keturunan Kush ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha; anak-anak Raema ialah Syeba dan Dedan.
10:8 Kush memperanakkan Nimrod; dialah yang mula-mula sekali orang yang berkuasa di bumi;
10:9 ia seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN, sebab itu dikatakan orang: “Seperti Nimrod, seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN.”

Lukas
3:23 Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak Yusuf, anak Eli,
3:24 anak Matat, anak Lewi, anak Malkhi, anak Yanai, anak Yusuf,
3:25 anak Matica, anak Amos, anak Nahum, anak Hesli, anak Nagai,
3:26 anak Maat, anak Matica, anak Simei, anak Yosekh, anak Yoda,
3:27 anak Yohanan, anak Resa, anak Zerubabel, anak Sealtiel, anak Neri,
3:28 anak Malkhi, anak Adi, anak Kosam, anak Elmadam, anak Er,
3:29 anak Yesua, anak Eliezer, anak Yorim, anak Matat, anak Lewi,
3:30 anak Simeon, anak Yehuda, anak Yusuf, anak Yonam, anak Elyakim,
3:31 anak Melea, anak Mina, anak Matata, anak Natan, anak Daud,
3:32 anak Isai, anak Obed, anak Boas, anak Salmon, anak Nahason,
3:33 anak Aminadab, anak Admin, anak Arni, anak Hezron, anak Peres, anak Yehuda,
3:34 anak Yakub, anak Ishak, anak Abraham, anak Terah, anak Nahor,
3:35 anak Serug, anak Rehu, anak Peleg, anak Eber, anak Salmon,
3:36 anak Kenan, anak Arpakhsad, anak Sem, anak Nuh, anak Lamekh,
3:37 anak Metusalah, anak Henokh, anak Yared, anak Mahalaleel, anak Kenan,
3:38 anak Enos, anak Set, anak Adam, anak Allah.

:slight_smile:

Ninewe adalah ibukota kerajaan Asyur, dan Asyur adalah cambuk murka Tuhan untuk menghajar Israel. Namun sebelum dipakai sbg cambuk, Asyur harus bertobat dulu (baca kisahnya di kitab Yesaya)

Inilah alasan mengapa Yunus menolak mempertobatkan Asyur, sebab dia tahu smua itu hanya untuk menghajar Israel sendiri.

Ada penjelasan menarik bahwa mengapa Ninewe bisa lsg bertobat dg pemberitaan Yunus, yaitu fakta : Yunus tinggal (mati) dalam perut ikan paus 3 hari 3 malam – namun keluar lagi dalam keadaan hidup.

Salah satu dewa2 asyur adalah ikan (dagon) – maka pastilah Yunus ini orang yg hebat sampai2 bisa mengalahkan dewa Dagon , dg demikian Ninewe mau mendengarkan seruan pertobatan Yunus.

Namun demikian pada akhirnya Asyur gantian dihajar Tuhan karena menyombongkan diri.

salam

mungkin Tuhan ingin menunjukkan kasih sayang Nya kpd semua manusia. :happy0025:

Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang, yang semuanya tak tahu membedakan tangan kanan dari tangan kiri, dengan ternaknya yang banyak?"

Yunus - Ninewe

http://www.archive.org/download/http://www.archive.org/details/cu31924029115216

http://www.archive.org/download/http://www.archive.org/details/ninevehanditspa00bonogoog

salam

nambahi yang dibold biru
Tuhan sayang dengan nyawa baik itu nyawa binatang terlebih nyawa manusia :char11:
IMO kenapa sodom gomora dimusnahkan…mungkin karena mereka sudah terlalu berdosa (tahu dosa tapi tetap melakukan) dan hanya Lot dan keluarganya (sedikit orang) yang Tuhan pandang nyawanya berharga :happy0025:

lho…yg kita bold cuma kota dan ternaknya saja, lha yg manusia 120 rb lebih kok dilupakan yah. bukannya itu yg lebih penting dari semuanya fren. :char11:

Analisa yang menarik bro moe :slight_smile:

Termasuk tafsiran bahwa Yunus tahu bahwa mereka akan menghajar orang israel nanti-nya :smiley:

Btw ikan-nya mati gak tuh …hehe

Orang Niniwe tidak kenal Yunus dan Yunus tidak suka orang Niniwe bertobat

3:1 Datanglah firman TUHAN kepada Yunus untuk kedua kalinya, demikian:
3:2 “Bangunlah, pergilah ke Niniwe, kota yang besar itu, dan sampaikanlah kepadanya seruan yang Kufirmankan kepadamu.”
3:3 Bersiaplah Yunus, lalu pergi ke Niniwe, sesuai dengan firman Allah. Niniwe adalah sebuah kota yang mengagumkan besarnya, tiga hari perjalanan luasnya.
3:4 Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu sehari perjalanan jauhnya, lalu berseru: “Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan.”
3:5 Orang Niniwe percaya kepada Allah, lalu mereka mengumumkan puasa dan mereka, baik orang dewasa maupun anak-anak, mengenakan kain kabung.
3:6 Setelah sampai kabar itu kepada raja kota Niniwe, turunlah ia dari singgasananya, ditanggalkannya jubahnya, diselubungkannya kain kabung, lalu duduklah ia di abu.
3:10 Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Iapun tidak jadi melakukannya.
4:1 Tetapi hal itu sangat mengesalkan hati Yunus, lalu marahlah ia.

:smiley:

12:41 Pada waktu penghakiman, orang-orang Niniwe akan bangkit bersama angkatan ini dan menghukumnya juga. Sebab orang-orang Niniwe itu bertobat setelah mendengar pemberitaan Yunus, dan sesungguhnya yang ada di sini lebih dari pada Yunus!

Orang Niniwe telah bertobat sehingga diperhitungkan :slight_smile:

@Bro Yopi … bukan bertobat sukarela bro … tapi sudah di-“predestinasi”-kan :smiley:

Udah adem ayem di thread yang bersangkutan, jangan “kompor” mode on :smiley:

Hehehe … lama2 pasti exhausted lah berdebat tanpa ketemu ujung-nya :smiley:

Kenapa Yunus harus ke niniwe???

Nasib broo… :afro:

dalam alkitab, ia disuruh Allah he he he

Takdirnya si Yunus brarti… hehehehe…

takdir ??

dia berhasil, dari raja sampai hewan akhirnya puasa