KENALI SUPLEMEN YANG KITA KONSUMSI

Dear all,
Kita semua pasti pernah mengonsumsi suplemen. Tapi tahukah kita apa saja kandungan dari suplemen yang kita konsumsi tersebut? Kenali macam-macam vitamin dan manfaatnya yuuukkkk???
Regard,
May may

                         KENALI SUPLEMEN YANG KITA KONSUMSI

Haree gene masih loyo? Jangan deh! Bisa ketinggalan keretong alias kereta…Zaman serba susah gene…persaingan hidup sangat ketat, untuk bisa eksis alias bertahan hidup kita harus bekerja ekstra keras. Untuk bisa kerja lebih keras badan harus prima. Agar badan atau tubuh tetap prima, selain harus olah raga dan tidur/istirahat teratur kita perlu mengonsumsi makanan yang bergizi. Kadang makanan alami yang bergizi dan bervitamin itu harganya mahal, sementara kebutuhan akan gizi dan vitamin bagi tubuh tak bisa dituna. Karena itu solusinya kita mengonsumsi suplemen yang didalamnya terkandung vitamin dan zat-zat yang dibutuhkan tubuh. Suplemen biasanya mengandung kombinasi berbagai vitamin, seperti vitamin A, B, C, D, E dan K. Nah untuk memilih makanan/minuman suplemen yang akan dikonsumsi, kita perlu memperhatikan apakah suplemen tersebut mendapat sertifikasi halal dari MUI (majelis Ulama Indonesia) serta mencantumkan zat-zat yang terkandung didalamnya beserta anjuran aturan pakai dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Jika tidak ada kedua hal penting tersebut, maka Suplemen tersebut jangan dikonsumsi karena dapat membahayakan jiwa kita. Jika mencantumkan dua hal tadi,sertifikasi halal dari MUI dan atauran pakai dari BPOM, maka makanan atau minuman suplemen tersebut layak dikonsumsi.
Sebelum mengonsumsi suplemen yang bertujuan menambah energy dan meningkatkan stamina, sebaiknya kita mengetahui dan memahami fungsi dari masing-masing vitamin tersebut. Kita mulai dari Vitamin. Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh. Tanpa vitamin manusia, hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup. Kekurangan vitamin dapat memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. Vitamin banyak jenisnya. Vitamin A salah satu zat gizi mikro yang diperlukan oleh tubuh yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) dan kesehatan mata. Vitamin B, terdiri dari B1,B2,B3,B5,B6,B7,B8,B9,B12. Nama lain dari Vitamin B adalah Thiamine (vitamin B1), berfungsi membantu sel tubuh menghasilkan energi, kesehatan jantung serta metabolisme karbohidrat. Riboflavin (vitamin B2), berfungsi melindungi tubuh dari penyakit kanker, mencegah migren serta katarak. Niacin (vitamin B3), bermanfaat untuk melepaskan energi dari zat-zat nutrien, membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi depresi dan gangguan pada persendian. Asam pantothenate (vitamin B5), membantu system syaraf dan metabolisme, mengurangi alergi, kelelahan dan migren. Penting bagi aktifitas kelenjar adrenal, terutama dalam proses pembentukan hormon. Pyridoxine (vitamin B6), membantu produksi sel darah merah dan meringankan gejala hipertensi, asma serta PMS. Biotin (vitamin B7), berperan meningkatkan daya serap tubuh terhadap vitamin B yang lain. Inositol (B8), berperanan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak dan protein. Asam Folic (vitamin B9), membantu perkembangan janin, pengobatan anemia dan pembentukan hemoglobin. Cobalamine (vitamin B12), membantu merawat system syaraf dan pembentukan sel darah merah.
Selain vitamin A dan B, juga ada Vitamin lainnya seperti Vitamin C, merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D berperan meningkatkan penyerapan kalsium, mineral yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Tulang keropos merupakan dampak kekurangan vitamin D yang paling nyata. Selain itu, vitamin D juga berperan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kesibukan dan kepadatan aktivitas sehari-hari bisa menurunkan kekebalan tubuh. Vitamin E berfungsi selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan fertilitas, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner, vitamin E memiliki peran sangat penting bagi kesehatan kulit. Vitamin E menjaga, meningkatkan elastisitas dan
kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka. Vitamin K merupakan kebutuhan vital untuk sintesis beberapa protein termasuk dalam pembekuan darah. Disebut juga vitamin koagulasi, vitamin ini bertugas menjaga konsitensi aliran darah dan membekukannya saat diperlukan. Vitamin yang larut dalam lemak ini juga berperan penting dalam pembentukan tulang dan pemeliharaan ginjal.
Dengan mengenali suplemen yang kita konsumsi semoga kita mendapatkan tubuh yang sehat, dan stamina yang kuat sehingga semua aktifitas kita berjalan lancar sukses dalam menghadapi persaingan hidup sekaligus membahagiakan keluarga dan membangun negeri. Pilih minuman dan makanan suplemen bukan karena iklan, tapi karena kandungannya yang mengandung 7 jenis vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12). Selain itu, pilih yang tertera sertifikasi atau jaminan Halal dari MUI dan aman dari BPOM. Jangan juga terhasut oleh pesan –pesan yang menyesatkan. Cintai tubuh kita untuk melindungi keluarga kita dengan selalu berhati hati memilih minuman dan makanan suplemen. Selamat berjuang. Pertahankan terus kesehatan dan produktivitas kerja kita. Salam. (dari berbagai sumber)