Kemampuan Pelajar Asia Timur, 3 Tahun Diatas Negara Maju

Sebuah penelitian terbaru oleh sebuah lembaga asal Australia, Grattan Institute, mengatakan, kemampuan matematika murid-murid sekolah di Shanghai (China) tiga tahun lebih maju dibandingkan rekan mereka di Australia maupun negara maju lainnya.

Tidak di China saja, tetapi penelitian ini melibatkan juga sekolah-sekolah di Singapura, Hongkong, dan Korea Selatan.

“Di Shanghai, hasil tes matematika anak-anak berusia 15 tahun menunjukkan mereka berada di dua atau tiga peringkat lebih tinggi dibandingkan anak-anak di Australia, Amerika dan Eropa,” kata direktur pendidikan Grattan Institute, Ben Jensen seperti dikutip berbagai media Australia, pada Jumat (17/2).

Seperti dilansir di kompas, pada Jumat (17/2), meskipun negara maju seperti Australia, Amerika Serikat dan Inggris sudah meningkatkan anggaran pendidikan mereka antara 2000 sampai 2008, namun prestasi itu masih ketinggalan dengan prestasi pelajar di Asia Timur.

Penelitian itu juga mengungkapkan bahwa rahasia prestasi para pelajar itu bukan disebabkan oleh faktor budaya sekitar, namun oleh tenaga pengajar yang memberikan berbagai kiat sukses untuk bisa belajar secara efektif.

Salah satu tolak ukur keberhasilan suatu bangsa adalah dari rata-rata pendidikannya. Semoga informasi ini bisa menginspirasi negara-negara di Asia untuk terus meningkatkan mutu pendidikan mereka, sehingga bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia yang bermutu.

Lho emang baru tau? Di negara barat / mayoritas caucasian, Asian (most likely, Chinese) itu memang di stereotipkan pinter. They said “theres a Chinese man inside the calculator”.