Keluaran 3:12-15: Siapakah YHWH yang Mengutus Musa itu? Apakah Mungkin Yesus?

KELUARAN
3:12 Lalu firman-Nya: “Bukankah Aku akan menyertai engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: apabila engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kamu akan beribadah kepada Allah di gunung ini.”
3:13 Lalu Musa berkata kepada Allah: “Tetapi apabila aku mendapatkan orang Israel dan berkata kepada mereka: Allah nenek moyangmu telah mengutus aku kepadamu, dan mereka bertanya kepadaku: bagaimana tentang nama-Nya? --apakah yang harus kujawab kepada mereka?”
3:14 Firman Allah kepada Musa: “AKU ADALAH AKU.” Lagi firman-Nya: “Beginilah kaukatakan kepada orang Israel itu: AKULAH AKU telah mengutus aku kepadamu.”
3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN (kalau dalam bahasa aslinya, ditulis יהוה‎ (YHWH/Yahwe)), Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Coba bandingkan ini:
3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

dengan ini:
3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: YAHWE, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Selanjutnya coba kita main2 ke website ini ‘Biblehub’
https://biblehub.com/text/exodus/3-15.htm

Dalam bahasa aslinya, terdapat kata יהוה

יהוה‎ adalah empat abjad Ibrani yang sering di’latin’kan menjadi YHWH, nama atau sebutan Allah di Alkitab orang Ibrani terutama di Perjanjian Lama. YHWH sering kita dengar versi lainnya juga seperti ‘Yahweh’, ‘Jehovah’ atau ‘Yehowah’.

Sepertinya ini adalah penggunaan pertama kata YHWH di Alkitab. Sekaligus mungkin yang paling jelas menggambarkan ‘encounter’ antara manusia biasa, yang ‘mortal’ seperti Musa dengan Yang Maha Kuasa. Di sini Allah menjawab bahwa namaNya adalah ‘Yahwe’ (bahasa Indonesia untuk “YHWH”).

Kalau dalam bahasa sehari-hari mungkin seperti ini ceritanya:

  1. Musa kurang percaya diri memimpin Israel, maka dia tanya begini begitu, dan salah satu yang ditanya adalah: “kalau aku bilang Tuhan yang suruh aku memimpin kalian” trus mereka bertanya balik “Siapa Tuhan, Tuhan yang mana dulu nih? Siapa namaNya?”, “Aku harus jawab apa?” Begitulah keluhan Musa.
  2. Tuhan jawab “Aku ya Aku”, karena Tuhan ya Tuhan (mungkin seperti itu). Mungkin karena logikanya Tuhan gak punya orang tua yang memberikan nama. Tuhan ya Tuhan.
  3. Kemudian baru di ayat ke-15, Tuhan menjawab dengan cukup spesifik,yaitu יהוה, dalam bahasa Indonesia diterjemahkan “TUHAN” saja. Padahal kalo menurut abjad asli Ibrani itu seharusnya YHWH.

Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan kepada para rekan FKers, pendeta/pastur, rohaniawan/teolog, para ‘suhu’ dan master Alkitab sekalian:

  1. Apakah YHWH/Yahwe memiliki arti? Atau memang tidak dapat diartikan, memang harus ditulis “YHWH” begitu saja?
  2. Apakah Yahwe adalah benar-benar nama pribadi Allah?
  3. Apa atau siapakah YHWH/Yahwe itu? Apakah Dia adalah Allah Bapa (God The Father) atau Tuhan (Yesus), Sang Anak/Firman (God The Son)?

Aku jawab sendiri dulu ya berdasarkan logika ‘asal’ ku: ;D

  1. Menurutku, cuma Tuhan aja yang tau pastinya. Sekilas empat abjad itu seperti sebuah singkatan khusus untuk Tuhan. Aku rasa YHWH sendiri tidak punya arti tapi sekedar empat abjad singkatan. Misalnya Tuhan Yang Maha Esa sering disingkat TYME. Ya mungkin hampir sama seperti itu. Tapi aku gak dogmatis, aku juga ga terlalu yakin. Itu menurutku. Mungkin seorang sejarawan dan/atau ahli bahasa Ibrani yang dapat mengartikan empat huruf Ibrani tersebut. Mungkin juga YHWH itu ya artinya “Aku adalah Aku” yang tersebut juga di perikop tersebut.
  2. Lihat nomor 1 di atas.
  3. Bisa jadi Yesus adalah YHWH itu sendiri.

Berdasarkan hasil googling, sy temukan bahwa orang Yahudi/Ibrani bahkan sudah tidak yakin lagi cara membaca empat huruf Ibrani tersebut yang benar-benar otentik, dikarenakan mereka menganggap nama itu terlalu sakral dan tidak boleh sembarangan menyebut nama tersebut jadi mereka agak jarang mengucapkannya dan lama kelamaan menjadi tidak jelas cara memanggil sebutan “YHWH” tersebut.

Berhubung karna nama ‘YHWH’ itu tidak bisa lagi ditemukan kesepakatan cara membacanya maka beredar beberapa cara pemanggilan seperti Yahweh, Jehovah, Yehowah dan sebagainya. Tapi itu semua belum pasti sesuai dengan apa yang dahulu diucapkan.

Itu triple, Bro!
Edit lagilah biar sip

Salam.

Sepanjang yang saya ketahui, di pov Yahudi - Yahweh/YHWH itu nama Allah. 1 pribadi echad (satu pribadi yang esa).
Gelar yg dipakai Yahudi untuk Yahweh cem macem, diantaranya “bapa”, “tuan”, “ymt”, dlsb.

2. Apakah Yahwe adalah benar-benar nama pribadi Allah?
lihat nomor-1.
3. Apa atau siapakah YHWH/Yahwe itu?
Di pov Israel/Yahudi, Yahweh adalah Allah Israel keturunan AIY.
Apakah Dia adalah Allah Bapa (God The Father) atau Tuhan (Yesus), Sang Anak/Firman (God The Son)?
Nah kalu ini gak tau deh - karena pov Kekristenan-nya itu sendiri simpang siur.

A. Ada yg bilang Yahweh = Michael = Yesus
B. Ada yg bilang Yahweh = Pribadi ke-2 (1/3 dari 3 pribadi).
C. Ada yg bilang Yahweh = Pribadi ke-1 (1/3 dari 3 pribadi).
D. Ada yg bilang Yahweh adalah nama Allah yang mempunyai tiga pribadi —> (1) Firman (2) Roh (3) ???

Aku jawab sendiri dulu ya berdasarkan logika 'asal' ku: ;D 1. Menurutku, cuma Tuhan aja yang tau pastinya. Sekilas empat abjad itu seperti sebuah singkatan khusus untuk Tuhan. Aku rasa YHWH sendiri tidak punya arti tapi sekedar empat abjad singkatan. Misalnya Tuhan Yang Maha Esa sering disingkat TYME
Kayaknya nggak gitu deh. 1. Terasa janggal kalo semisal Allah bilang ke Musa, "nama saya te ye em e" :D (ye ha we ha dalam hal ini) 2. di pov yahudi, Yahweh adalah nama Allah. Satu pribadi echad (satu pribadi yang esa).
Mungkin juga YHWH itu ya artinya "Aku adalah Aku"
Ini mungkin ibarat kalo dijaman sekarang ada orang nanya orang gak dikenal [i]"siapa lu?"[/i], terus yang ditanya ngejawab [i]"siapa gue? gue ya gue laaaah"[/i]. :char11:
3. Bisa jadi Yesus adalah YHWH itu sendiri.
Nah itu, ada yang bilang point B.

Bagi Trinitarian,bukankah YHWH=Yesus=Roh Kudus dan ketiganya adalah satu (echad)?Jd jelas jawaban pertanyaan diatas adalah YA.