Kebencian dan kepahitan= celah bagi iblis

Kolose 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, [u]sama seperti Tuhan telah mengampunimu, kamu perbuat jugalah demikian[/u].

Jumat malam kemarin kira-kira jam 00:30 tiba-tiba pintu rumah kami diketok orang. Seorang anak remaja tetangga sebelah datang menyampaikan pesan ibunya agar kami datang kerumahnya sehubungan ada sesuatu yang mengganggunya. Sesampai di rumahnya kami bertanya apa yang sedang terjadi. Kebetulan saat itu suami si ibu tidak ada di tempat karena suatu tugas di luar kota. Ibu itu bercerita bahwa malam itu ia merasakan gelisah dan tidak bisa tidur. Ia tidak bisa tidur bukan karena ada beban pikiran, tetapi karena ada sesuatu yang mengganggunya. Ia diserang sesuatu yang menyebabkan ia sulit bernafas dan setiap memejamkan mata tanpa sadar ia menyilangkan tangannya di depan dada dan meluruskan kakinya. Persis seperti orang yang meninggal. Dan ketika hal itu terjadi, tiba-tiba ia merasakan perasaan hampa, seperti mati. Kemudian ia tersadar dan bangun. Kejadian itu berulang sampai 3 kali. Karena takut terjadi apa-apa dan takut tidak ada orang yang melihatnya maka ibu itu memanggil kami sekaligus minta didoakan.

Secara jasmani kami melihat sebenarnya ibu ini tidak mengalami penyakit apapun dan itu benar karena pengakuannya ia tidak pernah mengidap penyakit seperti jantung atau sesak nafas, juga penyakit lainnya. Hal yang kami lihat adalah bahwa sebenarnya ada sesuatu yang mengganggu ibu ini yaitu kuasa-kuasa kegelapan. Ibu ini sebenarnya sedang mendapat serangan kuasa-kuasa kegelapan dan setelah di teliti lebih lanjut ternyata benar, pernah ketahuan seseorang yang tidak senang kepadanya menaburkan sesuatu disekeliling rumahnya sambil membaca-baca mantera. Dan dari cerita lainnya, ia juga sering tiba-tiba seperti merasa ketakutan karena tiba-tiba ia merasakan kehadiran sesuatu di rumahnya.

Saudaraku, sebagai orang Kristen, kita sebenarnya kita tidak bisa di ganggu oleh kuasa-kuasa kegelapan. Hal itu dapat kita lihat pada ayat dibawah :

Bilangan 23:23 sebab tidak ada mantera yang mempan terhadap Yakub, ataupun tenungan yang mempan terhadap Israel. Pada waktunya akan dikatakan kepada Yakub, begitu juga kepada Israel, keajaiban yang diperbuat Allah:

Lalu kenapa wanita ini bisa di ganggu oleh roh itu? Itu karena sebenarnya pada ibu ini ada sesuatu yang tidak beres. Dan itu menjadi celah bagi Iblis untuk masuk. Setelah diselidiki ternyata benar. Ibu ini sedang memendam suatu perasaan dendam berkarat. Bahkan orang yang paling dibencinya itu adalah ibu kandungnya sendiri. Ia menceritakan bahwa sejak kecil ia sudah tinggalkan ibunya, ibunya bukanlah seorang perempuan yang baik-baik karena demi mengejar laki-laki ia rela meninggalkan anaknya yang masih kecil yang belum tahu apa-apa pada kakaknya. Kemudian wanita ini melanjutkan ceritanya bahwa ia mengetahui yang memelihara dan membesarkan dia selama ini ternyata bukanlah ibu kandungnya ketika berusia 19 tahun. Ketika itu ibu kandungnya datang dan mengaku bahwa ia adalah ibu kandung sebenarnya. Sontak saja ia terkejut dan tidak bisa terima. Amarahnya timbul, kalau memang dia ibu kandungnya kenapa tega meninggalkan dan membiarkan anaknya? Tetapi setelah dibujuk oleh keluarga lainnya akhirnya dia menerima dan kemudian ikut tinggal bersama ibunya itu di suatu kota. Perlu di ketahui bahwa Ibunya sudah janda karena ayahnya telah meninggal ketika mereka masih kecil-kecil bahkan wanita ini tidak ingatlagi akan hal itu.

Bertemu dengan ibu kandung bukanlah awal yang baik baginya, justru menjadi awal yang tidak baik. Ternyata si ibunya adalah seorang diktator yang tidak punya perasaan. Ia di jodohkan dengan paksa pada seorang pria yang tidak ia cintainya. Akibatnya dua kali ia mencoba bunuh diri. Pertama kali dengan mencoba minum obat penenang melebih dosis namun gagal karena ketahuan, yang kedua mencoba lagi dengan minum racun serangga namun ketahuan dan karena itu ia harus dilarikan ke rumah sakit.

Saudaraku, bunuh diri adalah suatu yang sangat di benci Tuhan dan bisa berdampak tidak baik pada masa yang akan datang. Kenapa? Karena selain kita berdosa kepada Tuhan, dengan mencoba membunuh diri berarti kita telah menyerahkan jiwa kita kepada setan. Walaupun hal itu gagal tetapi telah menjadi celah bagi setan untuk masuk kedalam hidup kita.

Kita kembali kepada kisah si ibu, ternyata penderitaannya tidak sampai disitu saja. Akhirnya ia menikah dengan pria pilihan ibunya tersebut. Syukurlah, karena memang ternyata suaminya adalah orang baik walaupun dengan ekonomi yang pas-pasan. Mereka hidup dengan bahagia dan memiliki seorang anak. Namun kebahagiaan itu tidak berlangsung lama karena suatu yang tidak diharapkan terjadi, suaminya tiba-tiba meninggal padahal pada saat itu ia sedang mengandung anak yang kedua. Meninggal bukan karena suatu kecelakaan dan penyakit melainkan meninggal di tempat tidur. Setelah suaminya meninggal ia harus berjuang sendiri untuk membesarkan kedua anaknya. Dengan membuka counter handphone ia memenuhi segala kebutuhan dirinya dan anaknya. Ketika usaha itu dilihat semakin berkembang, ibunya menjadi iri hati dan merebut usaha itu, maka terjadilah pertengkaran hebat antara anak dan ibu yang tentunya pertengkaran itu menumbuhkan benci di hatinya karena apa yang diharapkannya dari seorang ibu yang seharusnya menolong pada saat ia berada dalam kesukaran terlebih lagi karena ia adalah seorang janda yang harus memenuhi kebutuhannya sendiri justru menambah beban penderitaannya.

Dan hal yang paling menyakitkan hatinya dan membuat dendamnya semakin berkarat adalah ketika ia mendengar bahwa ayahnya meninggal bukan karena sesuatu yang wajar. Ayahnya meninggal karena ulah ibunya. Ayahnya adalah seorang yang memiliki usaha yang cukup lumayan yang membuat orang-orang sekampungnya iri. Karena kesuksesan ayahnya, ibunya takut kalau ayahnya mencari wanita lain. Akibatnya ibunya jatuh dalam permainan kuasa kegelapan. Ia mencari orang pintar untuk meminta ramuan agar ayahnya menjadi tunduk dan tidak pergi kepada wanita lain. Ramuan itu di taruh dalam minuman dan di berikan kepada ayahnya. Setelah meminum ramuan itu ayahnya muntah darah dan tidak berapa lama kemudian meninggal dunia. Hasil pemeriksaan rumah sakit meyatakan bahwa ayahnya meninggal karena ada sesuatu benda asing dalam perut ayahnya yaitu sejenis gumpalan rambut.

Penderitaan yang tidak henti itu membuat dia memutuskan menerima lamaran seorang duda. Dengan tanpa sepengetahuan dan ijin ibunya mereka menikah dan meninggalkan kota itu. Mereka sekarang tinggal jauh dari ibunya di suatu kota tempat kami berada dan mereka sekarang bertetangga dengan kami.

Saudaraku, akar pahit, dendam membuat kejiwaan dari wanita ini terganggu dan menjadi celah bagi kuasa-kuasa kegelapan masuk. Pada malam itu kami melayaninya sampai pukul 03.30 pagi. Syukurlah karena pada saat itu ia mau melepaskan pengampunan dan minta ampun pada Tuhan.

Setelah pengampunan di lepaskan, kami berdoa memohon kiranya Tuhan mencabut semua akar pahit yang sempat bercokol didalam hatinya. Setelah semuanya bere,s maka mujizat Tuhan terjadi wanita itu merasa lega dan gangguan kuasa kegelapanpun hilang.

Saudaraku, pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini adalah jangan menyimpan dendam dan kebencian serta akar pahit di dalam hati kita karena hal itu akan menjadi celah bagi iblis untuk masuk dan berkuasa atas kita. Bila saudara sedang merasakan persis seperti yang di rasakan wanita ini, mari lepaskan pengampunan. Jangan biarkan dendam dan benci tertumpuk di dalam hati kita karena semuanya itu adalah sampah yang dapat merusakkan jiwa kita. Mari kita menyerahkan segala beban kita kepada Tuhan. Karena Tuhan akan memberikan kelegaan dan kitapun akan di lepaskan dari cengkeraman si iblis. Kita akan aman berada dalam tangan perlindungan Tuhan yang kuat dan penuh kuasa.

Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Tuhan Yesus memberkati kita semua. Amin.

by:renungan

Ada kata2 bagus dari Oprah W-> jika anda membenci seseorang… Sama artinya dengan anda meminum racun dan mengharapkan orang lain yang mati. Semoga menjadi berkat. Amin.

Yesus akan memperdamaikan kita dengan orang lain, kita dengan diri kita sendiri, kita dengan Tuhan…

Karena bilur2Nya, kita menjadi sembuh.

Salam.

hebat ibu ini masi sanggup mengampuni ibunya, yg sejahat itu. sebetulnya wkt ak baca ini ak lg marah sama mama ku, tapi setelah ak bandingkan mama ku sama ibunya ibu ini, bagaikan surga dan neraka rasanya. Ak skrg bisa bersyukur pny mama yg baik hati

iya kayanya kita harus punya kasih yang ekstra untuk memaafkan kesalahan siapapun… entah itu ibu, bapak, atau sodara2 kita lainnya