KATOLIK BERIMAN Kepada Bapa Gereja (PAUS & PATRIAKH)

bapa gereja itu siapa…tau ndak…siapa yang dimaksud dengan bapa gereja…apa para paus itu bapa gereja atau bagaimana…ini aja udah ambigu dan keliatan nggak ngerti apa2 ;D ;D

Shalom,

Kutipan di atas sudah menunjukkan bahwa ada yang mengaku beriman kepada bapa gereja dan ada yang tidak beriman pada pendeta.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

kalau cuma , ngomong doang , semua orang juga bisa bro he he :slight_smile:

bisa dibuktikan tidak , kalau ritual di gereja anda boleh siapa saja, jadi kalau tidak ada pendeta boleh/sah ??? he he namanya omdo ya begini :slight_smile:

1:17 Sebab Kristus mengutus aku bukan untuk membaptis, tetapi untuk memberitakan Injil; dan itu pun bukan dengan hikmat perkataan, supaya salib Kristus jangan menjadi sia-sia.

Pertanyaan saya untuk Anda:

  • Apakah Anda mengimani pemberitaan St. Paulus?

  • Apakah Anda beriman kepada St. Paulus?

  • Apa yang Anda maksud dengan ‘beriman’ disini?
    ===

Bagi siapa pun yang ‘hobby’ membuat statement2 tak bermutu… silakan jawab pertanyaan saya diatas.

Yang begini saja koq sampai 25 Halaman… ???

Shalom,

Bro, agar tanggapan atas post saya bermutu, boleh perhatikan pengakuan dalam jawaban Bro Iceng atas pertanyaan yg Bro Iceng jawab?

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

maksudnye ape nihhh :slight_smile:

katenye ente pengikut kristus yg suci dan sesuai dengan alkitab he he … jelasin aje… yang jelas…

saya memang mengikuti dan mengimani ajaran bapa gereja (tentunya yg sesuai dengan GK bro)… kalo buaaapa-Pendeta kaga dehhhh, dah pasti… :slight_smile:

Shalom,

Bro iceng, afirmasi dari Bro ini akan sangat membantu Bro Granits membuat tanggapan yang bermutu atas post saya. Terima kasih Bro Iceng.

Demikian, semoga bermanfaat.
Salam, JBU, Jericho, J.

Adalah lebih terhormat jika Anda menanggapi saja postingan saya tersebut. Tidak ada hubungannya dengan posting Sdr. Iceng.

Atau sekalian Anda mengaku tidak mampu menjawab pertanyaan saya. [Dari kemarin Anda selalu mencoba menghindar jika sudah diberikan clue]

Karena apa yang mau digagas TS di topik ini adalah kembali ke soal ABK.

Nah, jika Anda benar-benar ingin berdiskusi (dan bukan hanya utk ber-ABK-ria) silakan jawab pertanyaan saya di atas. Pertanyaan yang sangat sederhana dan sangat mengena dengan topik. Saya hanya mengganti PAUS & PATRIARKH nya saja dengan RASUL PAULUS.

Sekali lagi:

PROTESTAN BERIMAN KEPADA RASUL PAULUS”==> Benar atas Salah???

Jika Anda tidak mampu menjawab… saya sarankan Anda utk silentium magnum dan cukup mengomentari apa yang benar-benar Anda mengerti.

====

Salam,

Mas Granits, jemaat yang dimaksud oleh Yesus akan disertai sampai akhir jaman itu maksudnya percaya pada Injil Kristus.

Rasul Paulus juga percaya pada Injil Kristus.

Rasul Paulus tidak pernah memberitakan Injil lain yang berisi agar umat percaya pada Paulus mas.

Saya kutipkan saja yang dimaksud TS dengan BERIMAN PADA BAPA GEREJA (Paus dan Patriakh).

Kebetulan lg ada waktu buat mampir FK, pengen nanggapin yg satu ini.

FYI, tidak ada umat katolik yg tidak tunduk pada otoritas paus.
Umat katolik yg menolak tunduk pada otoritas paus disebut skisma, dan umat katolik yg menolak iman katolik disebut sebagai bidaah.

Sebutan “skisma” dan “bidaah” ini tidak ditujukan kepada mereka yg tumbuh di iman bukan katolik, e.g. orang2 yg mengenal Kristus di kalangan protestantism atau gereja orthodox.

Utk lebih jelasnya, silakan dibaca di:

Dalam GK, konsep kuasa mengajar yg dimiliki paus dan pembantu2 paus BUKAN lah seperti yg Anda uraikan di atas.
Konsepnya berasal dari 1 Tim 3 ttg pemilihan penilik jemaat (=bishop=uskup) dan diaken (=clergy=priest=pastor).

Fungsi dari penilik jemaat dan diaken itu apa?
Karena alkitab tidak mencatat fungsi dari penilik jemaat dan diaken, maka referensi kami adalah tradisi gereja, yaitu:

Bishop is the title of an ecclesiastical dignitary who possesses the fullness of the priesthood to rule a diocese as its chief pastor, in due submission to the primacy of the pope.
http://www.newadvent.org/cathen/02581b.htm

To the deacons it belongs to assist the priests and to serve [ministrare] in all that is done in the Sacraments of Christ, in baptism, to wit, in the holy chrism, in the paten and chalice, to bring the oblation to the altar and to arrange them, to lay the table of the Lord and to drape it, to carry the cross, to declaim [proedicare] the Gospel and Epistle, for as the charge is given to lectors to declaim the Old Testament, so it is given to deacons to declaim the New.
http://www.newadvent.org/cathen/04647c.htm

Jadi konsep adanya pengajar yg berotoritas (i.e. bishop / deacons) yg membantu dan tunduk pada paus BUKAN konsep yg diciptakan oleh GK, melainkankonsep yg diajarkan oleh para rasul sendiri, i.e. APOSTOLIC.

Dalam GK, Tradisi Suci adalah
Tradisi Suci adalah semua, selain Kitab Suci, yg diteruskan oleh para rasul yg mengarahkan kepada kekudusan hidup dan menumbuhkan iman yg dimiliki oleh umat Allah.
Silakan dilihat di sini ttg Tradisi Suci dan Kitab Suci menurut GK.

Ajaran paus TIDAK serta merta menjadi Tradisi Suci.
Bahkan TIDAK semua ajaran paus adalah infallible.
Ajaran paus yg tidak dinyatakan secara ex-cathedra bisa saja fallible, contohnya adalah ajaran paus Honorius I ttg Monotheletes (=menyangkal kodrat manusiawi Yesus).
http://www.newadvent.org/cathen/07452b.htm

Kesimpulan: GK tidak beriman pada paus, melainkan mengimani ajaran2 Roh Kudus yg disampaikan melalui Paus.
Sama persis kasusnya dengan GK mengimani ajaran2 Roh Kudus melalui Paulus, dan bukan beriman pada Paulus.

Sudah aku berikan buktinya melalui kasus paus Honorius I, bahwa GK tidak beriman pada paus, melainkan mengimani ajaran Roh Kudus yg disampaikan melalui paus. Buktinya, ajaran paus sekalipun, jika tidak dinyatakan secara ex-cathedra, maka ajaran tersebut ditolak oleh Gereja.

Umat GK diharuskan tunduk tanpa syarat pada ajaran definitif Gereja yg diikat oleh organ2 infallibility Gereja, dan organ infallibility ini adalah pernyataan paus secara ex-cathedra ataupun ajaran magisterium dlm naungan paus (i.e. konsili gereja).

Silakan sebelumnya Anda baca dulu ttg hierarti ajaran di dalam GK, yg dikenal sebagai 5 D

Tanda salbi adalah DISIPLIN, bukan ajaran yg infallible.

Berdoa bagi orang mati adalah Deposit Iman, dapat dibuktikan bukti2 ajaran rasuliahnya.
Silakan Anda cari2 infonya di thread yg bersangkutan, misal: purgatory.
GK TIDAK mengimani paus yg mengajarkan hal ini, melainkan mengimani ajarannya yg apostolik.

DISIPLIN, bukan ajaran yg infallible.

Patung = DISIPLIN
Menyembah patung / orang yg diwakili oleh patung = BIDAAH!!!
GK mengutuk orang yg menyembah patung, sekalipun itu patung Maria.

GK tidak menyembah santo/santa, melainkan menghormati mereka secara istimewa (dulia & hyper dulia)

DISIPLIN, bukan ajaran yg infallible.
Kalo keadaan tidak memungkinkan (misal kota kecil tempat aku tinggal paroki terdekat adalah 1 jam perjalanan), maka misa boleh saja hanya diadakan 1 bulan sekali ketika ada kunjungan rutin romo dari paroki terdekat)

DOGMA, Ajaran yg bersumber dari Deposit Iman, ditegaskan utk melawan bidaah yg berkembah dan menyimpang dari Deposit Iman.
SIlakan dilihat di thread ini utk membuktikan bahwa Dogma Theotokos yg ditegaskan dalam konsili Efesus adalah bersumber pada Deposit Iman yang APOSTOLIC, dan bukan merupakan ajaran baru.

Pengurapan minyak = Salah satu dari 7 Sakramen = DEPOSIT IMAN.

Dogma ini berdasar pada Deposit Iman, bahkan tercatat dalam kitab suci:
Yak 5 : 14
Kalau ada seorang di antara kamu yg sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia seta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.

Bukan sekedar theory, melainkan purgatory = DOGMA.
SIlakan dilihat di thread2 purgatory utk melihat penjelasan katolikers ttg bukti2 rasuliah ajaran ini.

Doa dalam persekutuan para kudus = DEPOSIT IMAN.

Devosi kepada Maria / santo/a secara khusus = DEVOSI

Sebutan paus = DISIPLIN, sama seperti tanda salib.
Bukan ajaran yg infallible.

DISIPLIN

DEVOSI

DISIPLIN

DEVOSI

Beatification and Canonization of saints → DEPOSIT IMAN

DISIPLIN
FYI, saat ini ada sekitar 2000 pastor GK di seluruh dunia yg tidak hidup selibat, DAN mereka ini memiliki kepenuhan imamat seperti pastor2 GK yg hidup selibat.

DISIPLIN, dan ya, kami akui ini adalah DISIPLIN yg salah.
Puji Tuhan, janji Yesus utk melindungi GEREJANYA dari kesesatan dipenuhi, GK dapat meninggalkan DISIPLIN yg salah itu… :slight_smile:

7 Sakramen = DEPOSIT IMAN

TRANSUBSTANSI = DOGMA & DEPOSIT IMAN

Sakramen Tobat = DEPOSIT IMAN

DISIPLIN

HOAX!! Urban Legend!!!
Yang benar, GK melarang umatnya membaca alkitab versi terjemahan yg salah.
Satu lagi ttg HOAX ini, TIDAK ADA konsili GK di Valencia di tahun 1229.
Fakta, di tahun 1229, kota Valencia dikuasai oleh tentara muslim, jadi tidak masuk akal kalo ada konsili GK di sana.
Silakan digoogling sendiri kalo tidak percaya.

Fakta: ada konsili GK di Tolouse, Perancis, di tahun 1229 yg mengeluarkan larangan membaca alkitab VERSI TERJEMAHAN YG SALAH.

Council of Toulouse, 1229, Canon 14:
“We prohibit the permission of the books of the Old and New Testament to laymen, except perhaps they might desire to have the Psalter, or some Breviary for the divine service, or the Hours of the blessed Virgin Mary, for devotion; expressly forbidding their having the other parts of the Bible translated into the vulgar tongue

Para pendakwa GK senang sekali memakai canon 14 konsili Toulouse ini DAN DENGAN SENGAJA MENGHAPUS BAGIAN TERAKHIR DARI CANON TERSEBUT.
Kalo mau objective, dengan melihat latar belakang diadakannya konsili Tolouse di mana bidaah Albigenses muncul dikarenakan interpretasi bebas dari alkitab yg diterjemahkan ke dalam bahasa sehari2 (vernacular translation), dan adanya kalimat terakhir yg dihilangkan oleh para pendakwa GK ini,
maka jelas sekali dapat disimpulkan bahwa GK TIDAK PERNAH MELARANG PEMBACAAN ALKITAB OLEH AWAM seperti yg dituduhkan oleh mereka.
Kenyataannya, larangan ini bersifat incidential dan tidak binding ke seluruh umat katolik.

Sama sekali tidak berhubungan dengan kegiatan doktrinal paus ataupun Gereja.

DOGMA, bukan DOKTRIN!

DISTORSI ajaran Gereja.

DEPOSIT IMAN mengajarkan bahwa Magisterium adalah pelayan dari Tradisi Suci dan Kitab Suci, dan Magisterium adalah satu2nya otoritas yg memiliki infallibility dalam menginterpretasikan Tradisi Suci dan Kitab Suci.

DISTORSI SEJARAH!!

Konsili Trent meneguhkan bahwa deutrokanonika adalah bagian dari PL, meneruskan kanon yg dikeluarkan oleh synode Hyppo di abad ke 3 dan konsili Chartage di abad ke 4.

DEPOSIT IMAN yang ditegaskan sebagai DOGMA!!

DEPOSIT IMAN yg ditegaskan sebagai DOGMA

DEPOSIT IMAN yg ditegaskan sebagai DOGMA

DEPOSIT IMAN, dan AFAIK tidak ada dogma yg menyatakan demikian di tahun 1965.

Kami menempatkan paus dan otoritas2 mengajar lain sama seperti Petrus dan para rasul.
Kami tidak mengimani orangnya, tetapi kami mengimani ajaran Roh Kudus yg disampaikan melalui mereka.

Btw, @bro Clay, bisa minta tolong klarifikasinya bahwa ada katolikers yg tidak tunduk pada paus?

Salam hormat untukmu Jenova.

Penyampaian yang jelas, lugas, tuntas.

Puji Tuhan. Sebelum ini, saya dapat merasakan bahwa dakwaan atau tuduhan atau substansi trit ini bersumber dari orang-orang yang bukan Protestan atau Katolik. Tetapi, berhubung kepustakaan yang saya ketahui tidak menunjang untuk menjawab, saya ikut menyimak saja. Beruntung ada Jenova yang sempat mampir. Terima kasih. Diberkatilah engkau.

Oo ya, tentang asal muasal perasaan saya menyatakan trit ini bermaterikan pikiran orang-orang non Protestan atau Katolik sangat didominasi oleh ini:

14. Tahun 890, Menghormati Santo Yusuf (ayah tiri Tuhan YESUS)
Dengan menggunakan kata [b]/ayah tiri/[/b], saya simpulkan bahwa [b]itu bukan pikiran Protestan/Katolik[/b]. Sebab, belum pernah saya temukan seorang Protestan/Katolik yang menyebut Yosef (Yusuf) adalah ayah tiri bagi Yesus Kristus.

Selain itu, saya terperangah dengan ini:

Btw, @bro Clay, bisa minta tolong klarifikasinya bahwa ada katolikers yg tidak tunduk pada paus?
Kapan dan dimana Clay ada membuat pernyataan [b]ada katlikers yang tidak tunduk pada Paus[/b]? Dan kalau memang Clay menyatakan ada katolikers yang tidak tunduk pada Paus, saya pikir, wajib hukumnya Clay memberi klarifikasi. Atau, mungkin bukan demikian substansi pernyataan Clay. Nah, untuk itu, sekali lagi, saya sangat mengharap klarifikasi dari Clay, sehingga duduk masalahnya terang benderang.

Damai, damai, damai.

Salam hormat untukmu Husada

Setelah saya baca2 kembali, ternyata bukan hanya Clay seorang saja yang sudah menyangkal KUASA PAUS. Hal ini saya temukan dari beberapa thread berikut ini:

KUASA POPE DAN PATRIAKH

TERJUNGKALNYA KUASA POPE DAN PATRIAKH

KATOLIK MENANTI KEDATANGAN KEMBALI YESUS KE-4

Kalau mas Husada lihat kembali, ternyata mas Husada justru malah menyangkal FIRMAN TUHAN KATOLIK (TRADISI LISAN BAPA GEREJA). Agar mas Husada tidak melupakan apa yang sudah mas Husada lakukan, saya bantu mengingatkan kembali ya:

Berikut adalah komentar yang MENYANGKAL Firman Tuhan Katolik diatas:

Quote from: bruce on October 28, 2011, 02:41:33 PM

[b]Ngga usah berlagak mengerti sopan santun KAU BIDAT SESAT.
Anda menganggap Tuhan itu ada berapa? Jangan bermain main dengan Ajaran Kristen. Jika kamu sudah tidak mengimani Kristen, gantilah agamamu, itu lebih gentleman.

Anda memang rupanya terbiasa untuk menjadi BIDAT ya dul?
Berani beraninya anda membedakan Tuhan?
Tahukah itu tindakan SESAT dari SEORAN BIDAT yang sungguh tidak layak mengaku sebagai Kristen !!!![/b]

Quote from: Roderick on Today at 12:36:55 AM
Jangan percaya kalo ada user yang sukanya cuap-cuap, oh ini menurut katolik, oh ini menurut orthodox, oh ini menurut dll…

Quote from: Granits on October 28, 2011, 04:24:04 PM
Kenapa orang yang tidak tahu apa-apa selalu SOK TAHU, ya??
Anda ngerti gak sih apa yang dimaksud dengan Firman Tuhan?
Kebodohan apa lagi yang mau Anda sampaikan kali ini??
Karena, jangankan WAHYU PRIBADI, DOKTRIN dan DOGMA pun BUKANLAH SABDA ALLAH.
Saran saya… suruh referensi Anda datang langsung ke forum ini… supaya tidak selalu mengajarkan FITNAH kepada para asuhannya.

Quote from: Granits on Today at 09:39:46 AM
Masih juga hobby mempertontonkan ‘kemaluan’ sendiri.

Quote from: Husada on Yesterday at 04:35:09 PM
Ah, apalah saya ini hingga berani mengutak atik Firman Tuhan Katolik?
Sepanjang pemahaman saya yang terbatas, TIDAK saya temukan Firman Tuhan Katolik di awal trit ini.
Tentang Tradisi Suci pada Katolik, saya pikir jangan dicampur baur di trit ini. Apa benar apples sudah menyertakan Firman Tuhan Katolik berulang kali?

Atau mungkin apples memaknainya sebagai Firman Tuhan, padahal [b]BUKAN[/b]? Apakah apples yakin bahwa yang berulang kali apples sertakan itu adalah Firman Tuhan?

Quote from: Husada on Today at 08:35:11 AM
Dia menyimpulkan sesuatu, misalnya Firman Tuhan Katolik, dia mendesak agar saya juga mengikuti atau menyetujui terminologinya. Heran. Entah roh dari mana bersemayam di batin orang itu.

Quote from: Husada on October 29, 2011, 04:41:37 PM
Oh iya, Katolik yang di judul trit ini apples maksudkan sebagai Romakah, atau Ortodokskah, atau keseluruhan Gereja Katolikkah, atau yang mana? Saya curiga, apples mendengar atau membaca suatu kesaksian yang diimani oleh seseorang dari denominasi Katolik tertentu

Quote from: Husada on October 29, 2011, 04:41:37 PM
Bagi pendengar atau pembaca kesaksian orang itu (BUKAN Firman Tuhan Katolik), ya terserah mau percaya bahwa Tuhan YESUS KRISTUS sudah datang atau belum.

Quote from: Husada on October 29, 2011, 04:41:37 PM
Lo, banyak kesaksian (BUKAN Firman Tuhan Katolik) yang menyatakan bahwa ada orang didatangi Tuhan YESUS KRISTUS, kan? Nah, orang yang begitu itu akan mengimani bahwa dia didatangi Tuhan YESUS KRISTUS.

Quote from: CosmicBoy on October 27, 2011, 08:17:35 AM
Jadi kutipan apples (dari Gregorius dari Tours) benar adanya tetapi menafsirkannya secara salah.
Frase “Dan lihatlah, Tuhan DATANG KEMBALI di hadapan mereka” disangkanya kedatangan Tuhan yang kedua kali padahal itu tindakan Tuhan yang Maha Hadir/omnipresent.

Berikut adalah komentar mereka akan Alkitab terkait hubungannya dengan Tradisi Lisan:

Quote from: leonardo on Today at 08:42:30 AM
Wah MESTI DIRALAT itu ayatnya ;D ;D pokoknya harus 2 kali saja.

Quote from: iceng on Today at 08:31:47 AM
kalau yg tertulis, setelah kenaikan, kalau tidak salah Rasul Paulus yg pertamakali bertemu… :slight_smile:

Quote from: John Paul III on Today at 04:22:13 AM
“datang yg kedua kali” itu bisa diartikan sebagai “datang yg terakhir kalinya”.
Karena, arti sebenarnya “kedua kali” itu adalah “terakhir kali”. Yaitu pada saat YESUS datang dengan segala kemuliaanNYA, di akhir zaman nanti.
Jadi bro jangan ikutan berpikir seperti ala saudara kita moeslim, ada kata “dua kali” langsung diartikan DUA KALI.

Quote from: John Paul III on October 29, 2011, 04:37:13 AM
YESUS datang kedua kali… ketiga kali… keempat kali… kelima kali… ke seribu kali…
Ya terserah DIA dong…
Masak kamu tidak memperbolehkan YESUS datang menjemput Maria…???

Quote from: Husada on Yesterday at 04:35:09 PM
Ya. Setelah consecrasi, imam dan umat mengimani hosti itu adalah FISIK (tubuh) KRISTUS. KRISTUS berkata, “Inilah tubuhKu…”

Quote from: Husada on October 29, 2011, 04:41:37 PM
Sebab, pengertian umum di Alkitab yang tanpa Deutrokanonika, cara kedatangan Tuhan YESUS KRISTUS adalah sama seperti ketika Dia naik ke sorga. Tapi itu bukan berarti kalau kepada seseorang, atau sekelompok orang, Tuhan YESUS KRISTUS mau dan sudah datang, lantas orang lain (meskipun dia pengikut KRISTUS) langsung KOMPLAIN BAHWA ITU TIDAK BENAR.

Quote from: Husada on October 29, 2011, 04:41:37 PM
Kembali ke kedatangan Tuhan YESUS KRISTUS, jika seseorang atau sekelompok orang mengalami bahwa mereka SUDAH didatangi Tuhan YESUS KRISTUS secara fisik atau rohani, sementara orang atau kelompok lain BELUM didatangi Tuhan YESUS KRISTUS secara fisik atau rohani, apakah orang lain atau kelompok lain cukup kompeten menyimpulkannya secara umum?

Quote from: John Paul III on October 29, 2011, 04:49:02 AM
Silahkan RALAT lagi menjadi YESUS datang untuk ke-LIMA kali. ingat pada saat YESUS datang pada Thomas

Quote from: Granits on October 28, 2011, 04:24:04 PM
WAHYU UMUM sudah SELESAI.
Termaktub di KITAB SUCI + TRADISI SUCI.
Saya sarankan Anda untuk terlebih dulu memahami apa yang dimaksud dengan:

  • SABDA ALLAH yang menjadi DEPOSIT IMAN : 1) Scripture (tertulis) 2) Tradition (lisan)
    Saran saya… suruh referensi Anda datang langsung ke forum ini… supaya tidak selalu mengajarkan FITNAH kepada para asuhannya.

Quote from: leonardo on October 27, 2011, 11:43:35 AM
Makanya dibaca dong yang kedua kalinya datang untuk menghakimi. Nah apakah waktu menjemput Ratu Sorga Maria, Misa, Quo Vadis diatas…Tuhan YESUS DATANG sebagai hakim dunia atau gimana?

Quote from: Granits on Today at 09:29:08 AM
Dan yang selalu gak bisa saya mengerti dengan pensyaratan Anda adalah: “SESUAI ALKITAB”
Kenapa harus selalu sesuai ALKITAB??

Damai bagimu apples.
Saya beritahukan suatu rahasia pribadi dari saya, sebenarnya, saya belum pernah diskusi dengan hewan.
Damai, damai, damai.

Tipis tapi pedas, hi hi hi

Syalom

Salam damai dalam kasih Kristus.

Husada belum pernah diskusi dgn hewan ya?
Kenapa nggak dicoba dulu Husada? Setidaknya hewan gak bakal tau kalau anda menyangkal Firman Tuhan Katolik, iya kan?

Sayang sekali FKers bukan binatang, jadi kelakuan Husada dkk yang menyangkal Paus dan Firman Tuhan Katolik dapat dibaca oleh FKers ya bukan hewan.

Mungkin saja Husada sebelum ini sudah berhasil mengelabui org lain, tapi gak berarti mereka itu hewan loh.

Perumpamaan Yesus mengenai korban penyesatan pekerja jahat/ serigala berbulu domba, yaitu domba yang digiring ke pembantaian, juga tidak bermakna para korban itu hewan domba betulan. Sama juga halnya serigala berbulu domba atau ular beludak.

Saya kira pengakuan Husada yg sudah menyangkal Firman Tuhan Katolik diatas sudah cukup jelas.

Damai… Damai… Damai

Sudahlah Roderick, jangan menghina Husada karena kelakuannya itu.

Mungkin Husada saat ini sedang merenungkan kembali imannya pada Bapa Gereja karena sudah menyangkal Firman Tuhan Katolik.

Seperti kita ketahui bersama, hampir semua ajaran katolik bersumber dari Tradisi Lisan Bapa Gereja, seperti Mariology dan kepercayaan pada santo santa.

Walaupun Husada baru menyangkal Firman Tuhan Katolik, yang dengan sendirinya juga menyangkal Kuasa Paus mengenai Kedatangan Kembali Yesus ke-4, masih banyak lagi ajaran yang bersumber dari Firman Tuhan Katolik.

Jangan lupa Roderick, ajaran Orthodox juga bersumber dari Firman Tuhan Katolik. Bukankah Orthodox juga mengajarkan Mariology dan kepercayaan pada santo santa?

Setelah saya baca2 kembali, ternyata bukan hanya Clay seorang saja yang sudah menyangkal KUASA PAUS. Hal ini saya temukan dari beberapa thread berikut ini:

SOLA POPE & SOLA PATRIAKH

KUASA POPE DAN PATRIAKH

TERJUNGKALNYA KUASA POPE DAN PATRIAKH

KATOLIK MENANTI KEDATANGAN KEMBALI YESUS KE-4

Dari komentar2 di thread diatas, para pengajar Katolik jelas-jelas:

TIDAK TUNDUK pada OTORITAS PAUS.

TIDAK TUNDUK TANPA SYARAT pada ajaran definitif Gereja yg diikat oleh PAUS secara ex-cathedra ataupun ajaran magisterium dalam naungan PAUS

Kejadian yang paling baru, Firman Tuhan Katolik (Tradisi Lisan Bapa Gereja) juga ikut disangkal oleh mereka.

Dalam Firman Tuhan Katolik yang disangkal ini, dikatakan YESUS KRISTUS sudah DATANG KEMBALI secara FISIK sebanyak 2 (DUA) kali . Berikut adalah kutipan Firman Tuhan Katolik tersebut:

Gregorius dari Tours (575)
Para Rasul mengambil tubuhnya [jenazah Maria] dari peti penyangganya dan menempatkannya di sebuah kubur, dan mereka menjaganya, mengharapkan Tuhan [YESUS] agar datang. Dan lihatlah, Tuhan DATANG KEMBALI di hadapan mereka; dan setelah menerima tubuh itu (Maria), Ia memerintahkan agar tubuh itu diangkat di awan ke surga: dimana sekarang tergabung dengan jiwanya, [Maria] bersukacita dengan para terpilih Tuhan…

Dan inilah Firman Tuhan yang disampaikan Ratu Sorga Maria setelah terangkatnya beliau ke sorga:

“Yakinlah anakku, bahwa tubuhku ini, yang telah menjadi bejana bagi Sabda yang hidup, telah dihindarkan dari kerusakan makam. Yakinlah juga, bahwa tiga hari setelah kematianku, tubuhku itu dibawa oleh sayap-sayap malaikat menuju tangan kanan Putera Allah, di mana aku MEMERINTAH sebagai RATU.” Pesan Bunda Maria dalam suatu penampakan kepada St. Antonius dari Padua

CLAY: Bukan hanya pada saat pengangkatan Maria ke Surga saja TUHAN kita pernah datang!

[color=brown]Quo Vadis

Berdasarkan tradisi kudus, Rasul Petrus pernah hendak meninggalkan Roma untuk menghindari pengejaran Kaisar Nero. Namun Pada saat Petrus berada di pinggiran kota Roma, ketika melewati Via Appia Antica dia melihat YESUS. Petrus terkejut dan berlutut, bertanya kepada YESUS: “Quo vadis, Domine?” Yang arti harafiahnya: “Hendak kemanakah Engkau pergi, Tuhan?”

YESUS menjawab Petrus: “Eo Romam crucifigi iterum,” Aku pergi ke Roma untuk disalibkan kedua kalinya.”

Bagaimana menurut bro Jenova akan penyangkalan2 mereka yang TIDAK TAKLUK TANPA SYARAT pada Paus ini?

hehe…sepertinya memang sulit kalau diskusi sama orang yang tukang plintir sana sini…

coba dijawab dulu pertanyaan bro granits apakah arti beriman tersebut?

Masak diplintir bro?

Beriman pada bapa gereja katolik berarti TUNDUK TANPA SYARAT pada PAUS.

Sebaiknya konsultasi dulu sama rekan2 pengajar katolik yang lain sebelum anda menyangka Iman Katolik itu adalah hasil plintiran bro

Jadi protestan ABK macam kamu juga mengakui bahwa kamu beriman pada Paulus yah bukan beriman pada Yesus ;D ;D