KATOLIK BERIMAN Kepada Bapa Gereja (PAUS & PATRIAKH)

Benarkah umat katolik/ orthodox beriman pada bapa gereja?

Sebenarnya saya cukup heran hal ini ditanyakan. Sama herannya dengan ketika member katolik dan orthodox bersama-sama menolak/ menyangkal KUASA BAPA GEREJA di thread berjudul KUASA PAUS & PATRIAKH di KUASA POPE dan PATRIAKH - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

Baik Paus maupun Patriakh mengaku mewarisi sejumlah KUASA yang katanya berasal dari jalur apostolik (penerus rasul). Salah satu KUASA yang dimiliki mereka adalah KUASA MENGAJAR. Tentu yang dimaksud mengajar disini bukan mengajar matematika, inggris maupun mata pelajaran lainnya, namun kuasa mengajar agama pada umat.

Semua ajaran Roma/ Orthodox berasal dari bapa gereja selaku pemegang KUASA MENGAJAR. Tentu tidak mungkin hanya 2 orang ini saja yang boleh mengajar umat yang jumlahnya miliaran bukan? Kalau Paus memiliki para pembantu yang sudah ditahbiskan Paus, sehingga akhirnya SAH juga dalam kecipratan KUASA MENGAJAR PAUS. Untuk selanjutnya, kita sebut saja mereka yang punya KUASA MENGAJAR dalam Roma Katolik sebagai MAGISTERIUM. Kalau di Orthodox saya tidak tahu apakah namanya sama seperti magisterium di Roma Katolik. Mungkin untuk jelasnya bisa bertanya pada Roderick. Karena pengetahuan saya soal Orthodox ya cuma Patriakh, Konstantin Janasuci dan Roderick sp. Beberapa istilah di orthodox memang berbeda dgn Roma sekalipun punya makna sama. Mungkin saja supaya tidak dikira sama dengan Roma.

Umat diajarkan ajaran yang berasal dari Paus & Patriakh yang disebut TRADISI SUCI Bapa Gereja. Ada juga ajaran yang belum jadi dogma yang diajarkan turun temurun dari mulut ke mulut yang disebut TRADISI LISAN. Umat juga diberi kitab pembimbing yang dinamakan Katekismus Gereja Katolik (KGK). Kalau di Orthodox saya tidak tahu apa nama kitabnya, apakah Katekismus Gereja Orthodox? (KGO) Kalau ada kekeliruan nama dan sebutan, harap dimaklumi karena Roderick dkk entah masih dimana. Nantinya mereka bisa membantu kalau ada kekeliruan sebutan.

BTT. Benarkah umat Roma Katolik dan Orthodox beriman pada Paus dan Patriakh selaku bapa gereja?

Umat Katolik adalah umat yang TAKLUK pada Paus. Yang tidak mau takluk pada Paus disebut non katolik. Umat katolik dituntut untuk percaya total pada TRADISI SUCI yang diajarkan Paus lewat Magisterium sebagai suatu kebenaran absolut yang infallible. Umat katolik beriman dan menerima apapun yang diajarkan oleh Gereja Katolik yang Kudus tanpa boleh ragu sedikitpun akan TRADISI SUCI bapa gereja yang sudah berusia ribuan tahun.

Dapatkah diartikan kalau menjadi umat katolik berarti beriman pada Paus?

Atau bisa juga diartikan umat beriman pada Gereja Roma Katolik yang Kudus?

Beriman pada bapa gereja berarti menerima Tradisi Suci bapa gereja?

Dibawah ini adalah contoh ajaran bapa gereja. Bukankah umat katolik beriman pada ajaran2 dibawah ini:

  1. Tahun 300, Menetapkan tanda salib
  2. Tahun 300, Berdoa bagi orang mati
  3. Tahun 320, Menetapkan penyalaan lilin
  4. Tahun 375, Membuat patung malaikat dan orang kudus yang telah meninggal dan menyembah mereka
  5. Tahun 394, Menetapkan setiap hari melaksanakan misa
  6. Tahun 481, Mulai meninggikan Maria; dalam konsili Efesus untuk pertama kalinya menyebut Maria sebagai “Bunda Allah” (Mother of God)
  7. Tahun 526, Upacara pengurapan minyak pada orang menjelang kematiannya
  8. Tahun 593, Gregory I mengemukakan teory purgatory
  9. Tahun 600, Berdoa kepada Maria, para orang kudus yang telah meninggal, dan kepada malaikat
  10. Tahun 607-610, Boniface III adalah orang pertama yang disebut sebagai Paus
  11. Tahun 709, Mencium kaki Paus
  12. Tahun 786, Menghormati kayu salib, lukisan dan benda-benda peninggalan para orang kudus
  13. Tahun 850, Penyediaan air kudus: percampuran garam dan air yang dilakukan oleh imam
  14. Tahun 890, Menghormati Santo Yusuf (ayah tiri Tuhan YESUS)
  15. Tahun995, Paus Yohanes XV untuk pertama kalinya ditetapkan sebagai orang kudus yang telah meninggal
  16. Tahun 1079, Mengumumkan sistem membujang (selibat) bagi imam
  17. Tahun 1190, Penjualan surat pengampunan dosa
  18. Abad ke-12, Peter Lombard menetapkan 7 sakramen kudus
  19. Tahun 1215, Innocentius III menetapkan teori Transubstansiasi
  20. Tahun1215, Paus Innocentius III menetapkan para imam mewakili Allah untuk mendengarkan pengakuan dosa orang
  21. Tahun 1220, Hororius III mengumumkan penghormatan air kudus
  22. Tahun 1229, Konsili Valencia menetapkan larangan bagi kaum awam membaca Alkitab
  23. Tahun 1251, Simon Stock dari Inggris memugar kuburan-kuburan orang kudus (Scapular-kuburan KRISTUS)
  24. Tahun 1439, Konsili Florence menetapkan doktrin Purgatory
  25. Tahun 1545, Konsili Trent mengumunkan tradisi gereja mempunyai otoritas yang setara dengan Alkitab
  26. Tahun 1546, Konsili Trent menetapkan Deuterokanonika sebagai bagian dari Alkitab
  27. Tahun 1854, Paus Pius IX dengan resmi mengumumkan ajaran resmi dikandung tanpa dosa (Immacullate Conception of Mary)
  28. Tahun 1870, Konsili Vatikan mengumumkan ajaran ketidaksalahan Paus dalam iman kepercayaan dan hidup moral
  29. Tahun 1950, Paus Pius XI mengumumkan Maria naik ke surga
  30. Tahun 1965, Paus Paulus VI mengumumkan Maria sebagai Ibu gereja

Jadi, apakah saudara Bruce dkk memang tidak sadar kalau selama ini sudah beriman pada Paus selaku bapa gereja?

Sama seperti ketika Clay dan rekan2 tidak sadar dengan menyangkal dan menolak KUASA PAUS?

Padahal sebenarnya mereka berada dibawah KUASA PAUS dan PATRIAKH?

Mungkin karena tidak kepikiran saja kok saudara Bruce

Atau beriman pada bapa gereja adanya di alam bawah sadar kalian selama ini?

Berikut saya copaskan lagi ajaran bapa gereja yang diimani umat Katolik:

Maaf, antara otak ama Pan*tat dah mulai kaga singkron hubungannya apa ya dengan Iman kepada Bapa Gereja?

Saya rasa masih sinkron antara beriman pada bapa gereja dengan mengimani ajarannya. Apakah bro Iceng tidak mengimani ajaran bapa gereja yang sudah saya kutip diatas?

Ini saya tambahkan lagi ajaran bapa gereja, yang kalau tidak kamu imani barulah bisa dikatakan tidak singkron antara otak ama Pan*tat.

Bagaimana bro, apakah anda tidak mengimani bapa gereja yang mengajarkan hal2 diatas?

Tidak ada yang bisa memaksa untuk berubah jika ada manusia yang memutuskan untuk Beriman pada Bapa Gereja. Namun jika sudah masuk dalam diskusi, anda juga tidak bisa memaksa agar tidak ada yang berani untuk bertanya dan mendiskusikan Iman anda akan Bapa Gereja.
@andrea, bisa anda jelaskan apa yang anda maksud dengan yang saya bold ini bro? Tolong dengan bahasa yang cerdas dan jelas.

Apa maksud anda bertanya tentang Iman kepada Bapa Gereja?
Siapa yang beriman kepada Bapa Gereja?

Tolong jawab dengan bahasa yang cerdas bro, silahkan, saya tunggu ya …

Maaf bahasa saya memang gak karuan, soalnya gak makan sekolah tinggi.

Memangnya bro Bruce gak beriman sama bapa gereja ya?

Betul betul susunan alur diskusi yang “layak dibanggakan”

:afro:

kan belon jadi bro, yg uda jadi aja masih kurang berkenan di hati anda bro.

Maksudnya gimana bro?

Apakah ajaran bapa gereja yang saya kutip diatas?

Bukankah anda beriman pada bapa gereja bro?

sama lahhh, anda juga beriman pada pendeta gereja anda …

kloningan Andrea buanyyaaak buaanggget…! ada Andrea Andrade, ada andrea3, andrea andrade2…! :mad0218: :mad0261:

parah bukan main ini org…! :mad0218: :mad0261:

Salah bro. Pendeta atau bapa gereja non katolik itu, otoritasnya jauuuuuuuh sekaliiiiiiiii dibawah Alkitab. Masak sudah lama ikut diskusi masih gak tau juga? Pura2 gak tau mungkin.

mungkin teorinya begitu, prakteknya??? lebih parah!!! :slight_smile:

Salah bro, yang dimaksud bro Iceng adalah kamu juga menerima ajaran dari pendetamu dan mengimaninya, sama seperti Katolik menerima ajaran dari Bapa-Bapa Gereja, bro Iceng bukan bicara “level” otoritas bro, Masak sudah lama ikut diskusi masih gak tau juga? Pura2 gak tau mungkin. :smiley:

Salah bro. Maksud saya mengenai otoritas pendeta jauh dibawah kitab suci itu, kami tidak beriman pada pendeta. Kalau ada pendeta mengajarkan injil lain, pasti ditolak jemaatnya. Jadi kata2 pendeta bukanlah kata2 Tuhan sendiri. Ajaran pendeta juga tidak infallible, yang mana berarti harus diuji kebenarannya sesuai Firman Tuhan.

;D ;D

silakan kamu pilih mau Injil dari 38.000 Injil yang berlainan, silakan kamu pilih yang mana…!?
karena ada 38.000 injil yang berlain… ;D

====

sudahlah nga usah bawa luka lama kmu kesini, disini forum diskusi bukan forum fitnah kepada katolik…! :idiot2:

ini seharusnya yg benar… :afro: krn pendeta tidak “infallible”… :happy0062:
seorg pendeta adalah manusia biasa yg bisa berbuat salah, jadi setiap ajarannya harus di ukur dari kebenaran yg tertulis dalam alkitab… di luar dasar isi alkitab, si pendeta sudah mengajarkan ajaran palsu… :ashamed0004:

saya tambahin ya fren… :ashamed0004:
kalo menurut istilah org dunia… itu adalah oknum… :char11:
oknum pendeta, oknum paus, oknum jemaat dll… :ashamed0004:
emangnya ajaran adalah oknum manusia fren… :mad0261:

Oh gitu, kalau begitu nga usah belajar dari pendeta, tafsirkan aja Alkitab sendiri lalu ngajar sendiri, ngapain diajar pendeta, toh nanti kamu uji sendiri juga, lalu berdasarkan hasil pengujianmu, maka kamu memutuskan/memvonis ajaran pendeta tersebut sesuai Alkitab atau tidak, jadi otoritasnya ada pada kamu sendiri bro, bukan pada Alkitab. :afro:

Pantes ada banyak aliran/denominasi yang saling bertentangan satu dengan yang lain, karena masing-masing orang berotoritas & merasa berwenang menguji ajaran orang lain ya bro, pantes umat Allah terpecah-pecah, parah tuh bro kalau kaya gitu. :smiley:

Alkitab tidak melakukan pengujian, yang sebenarnya terjadi adalah manusialah yang menafsirkan Alkitab lalu berdasarkan tafsirannya tersebut mengklaim menguji ajaran orang lain dengan dalih Alkitablah yang melakukan pengujian, sayangnya banyak yang suka nyangkal & nga jujur sih bro. :smiley:

Injil Kristus itu cuma 1. Kenapa tiba2 anda berkata pada saya kalau forum ini bukan untuk memfitnah katolik? Apa saya sudah memfitnah Katolik atau Orthodox? Silahkan jelaskan tuduhan anda itu!

Injil cuma 1 tatapi kenapa bisa punya 38.000 Gembala Sidang…?

seharusnya kalo memang Injil adalah Satu dan Berotoritas diatas Gembala Sidang, tentu nga ada tuh yang namanya 38.000 Gembala Sidang…! :idiot2:

ya betul fren harus di uji dulu… tapi itu tidak memaksudkan si penguji adalah org yg super… yg super benar adalah isi alkitab yg di pakai sbg dasar pengujian, jelas bedanya fren… :coolsmiley:

contoh : kalo ada seorg pendeta atau romo mengatakan bahwa YESUS semasa kecil belajar di india, apakah anda langsung percaya fren… emangnya ada tertulis di alkitab demikian fren… bukankah itu adalah ajaran palsu… :coolsmiley:

Dibikin sederhana saja yah. Perintah Yesus dalam Alkitab banyak yang tidak perlu ditafsirkan, karena tidak pake perumpamaan. Contoh: jangan berzinah. Tidak perlu ditafsirkan lagi bukan? Jadi kalau ada pendeta yg ngajarin berzinah, apa umatnya musti liat dulu di buku tafsir, boleh tidak yg dilakukan pendeta, kan nggak!