KARYA KESELAMATAN, JENIS BAPTISAN, DAN TUGAS ROH KUDUS.

KARYA KESELAMATAN, JENIS BAPTISAN, DAN TUGAS ROH KUDUS.

POSTINGAN 1 dari 6

Dear All.

Prakata:

Seringkali orang dihadapkan pada keraguan akan keselamatan dirinya, bahkan orang merasa tidak yakin apakah ia selamat, lalu mengatakan, mudah-mudahan saya selamat.
Keselamatan secara mudah-mudahan itu tidak dikenal dalam Alkitab.

Orang juga bisa mengalami kebingungan akan tugas-tugas ROH KUDUS dalam Karya Keselamatan Allah oleh Tuhan YESUS. ROH KUDUS adalah Roh yang tertib, pastilah tidak tumpang tindih dalam Karya Keselamatan Allah tersebut, karena baik Firman maupun ROH KUDUS berasal dari Allah Bapa.

Dibawah ini tuntunan agar dapat mudah dimengerti, sekaligus menjadi ukuran menurut Alkitab, apakah saya selamat?

Paparan ini semuanya hanya berdasarkan Alkitab saja, sebagai referensinya.

Shalom.

KESELAMATAN OLEH TUHAN YESUS KRISTUS (MENURUT ALKITAB).

Allah menyelamatkan manusia adalah merupakan : realisasi, visualisasi, dan demonstrasi karya kasih Allah yang terbesar dalam sejarah manusia, sejak penciptaannya sampai kepada kehidupan kekal.

Allah melakukan penyelamatan manusia melalui Firman yang menjadi menjadi sama dengan manusia kecuali dalam hal dosa, yaitu YESUS KRISTUS…

Filipi 2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia

I Yohanes 3:5 Dan kamu tahu, bahwa Ia telah menyatakan diri-Nya, supaya Ia menghapus segala dosa, dan di dalam Dia tidak ada dosa.

Ada dua ayat yang sangat terkenal, dan menjadi dasar iman Kekristenan tentang keselamatan kita :

Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 14:6 Kata YESUS kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Namun demikian keselamatan dari Allah tersebut tidak secara otomatis menyelamatkan seluruh manusia di muka bumi ini, tetapi ada bagian yang harus dilakukan oleh manusia untuk memperoleh keselamatan tsb, yaitu :

*** ORANG ITU HARUS MENGAKU DENGAN MULUTNYA DAN PERCAYA DALAM HATINYA, BAHWA YESUS ADALAH TUHAN ALLAH TELAH MEMBANGKITKAN DIA DARI ANTARA ORANG MATI, maka ORANG ITU AKAN DISELAMATKAN ***

Roma 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa YESUS adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.

KARENA APA ?

Roma 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Setelah itu barulah ROH KUDUS akan memeteraikan kepercayaan dan pengakuan orang itu.

Efesus 1:13 Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS, yang dijanjikan-Nya itu.

TUHAN YESUS dan ROH KUDUS tidak tumpang tindih dalam karya keselamatan manusia. Karena Tuhan YESUS itu taat paga kehendak Bapa dan ROH KUDUS itu Roh yang tertib.

YESUS KRISTUS (IESOUS XRISTOS) dalam menyelamatkan manusia itu,

  1. Atas kehendak BapaNya agar sebagai Firman Allah Ia menjadi manusia,
  2. Ia taat pada perintah BapaNya bahkan taat sampai mati disalib,
  3. Ia menebus dosa manusia dengan darahNya, karena manusia seharusnya dihukum mati (kehilangan nyawa, dan nyawa mahluk ada dalam darahnya), sejak Adam dan Hawa melanggar Firman Tuhan di Taman Eden.
  4. Lalu manusia yang menerima darahNya menjadi hidup dan diselamatkan,
  5. Selain diselamatkan manusia juga dibenarkan,

Roma 5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah.

  1. Manusia menerima darahNya melalui pengakuan tersebut diatas (Roma 10:9).

(bersambung)

POSTINGAN 2 dari 6

MENGAPA HANYA DARAH TUHAN YESUS YANG BISA MENGHIDUPKAN DAN MENYELAMATKAN KITA ?

KARENA ADA PERJANJIAN yang disebut PERJANJIAN DARAH UNTUK PENDAMAIAN antara MANUSIA DENGAN ALLAH :

Dosa adalah pelanggaran Firman Tuhan, dan upah dosa adalah maut (mati), dan nyawa mahluk ada dalam darahnya, dan untuk menjadi hidup (dari mati) harus ada penumpahan darah, dan murka Allah surut oleh darah, dan darah yang berkenan kepadaNya adalah Darah Kudus Anak Domba Allah, yaitu Darah Tuhan Yesus Kristus.

Keluaran 30:10 Sekali setahun haruslah Harun mengadakan pendamaian di atas tanduk-tanduknya; dengan darah korban penghapus dosa pembawa pendamaian haruslah ia sekali setahun mengadakan pendamaian bagi mezbah itu di antara kamu turun-temurun; itulah barang maha kudus bagi TUHAN."

Darah dibutuhkan untuk PENDAMAIAN antara manusia dengan Allah. Dalam Perjanjian lama,

Manusia harus membayar dengan nyawa untuk bisa hidup, karena manusia sudah terkena hukuman mati akibat pelanggaran di Taman Eden.

Imamat 17:11 Karena nyawa makhluk ada di dalam darahnya dan Aku telah memberikan darah itu kepadamu di atas mezbah untuk mengadakan pendamaian bagi nyawamu, karena darah mengadakan pendamaian dengan perantaraan nyawa.

Allah memberi ketentuan “pendamaian” dengan darah sapi/domba sebagai pendamaian dengan Allah atas nyawanya. Sayangnya manusia berdosa lagi, berdosa lagi, dan berdosa lagi… selama ribuan tahun.
Oleh karena itu tidak ada darah yang sempurna bagi pendamaian itu. Demikianlah harus ada darah yang sempurna untuk pendamaian yang berkenan pada Allah, yaitu darah Orang Yang Kudus (tidak bercacat cela).

Lalu bagaimana? Yang dihukum adalah manusia, dan manusia dituntut harus menjadi kudus untuk masuk sorga, padahal manusia telah berdosa dan telah kehilangan kemuliaaan Allah.
Manusia otomatis akan hangus dengan dosanya bila berada di hadapan Allah yang Kudus. Referensinya :

Ulangan 4:24 Sebab TUHAN, Allahmu, adalah api yang menghanguskan, Allah yang cemburu.

Untuk pendamaian HARUS ADA KORBAN PENUMPAHAN DARAH agar dapat diterima/masuk dalam kekudusan Allah. Manusia harus memiliki DARAH MANUSIA YANG KUDUSyang dapat DIPERSEMBAHKAN kepada Allah sebagai korban penghapus dosa, sesuai Perjanjian Darah, karena nyawa makhluk ada dalam darahnya (Imamat 17:11).
Dosa manusia harus dihapus dengan Darah Kudus, agar dapat menghadap Allah dan masuk kedalam KerajaanNya dengan tidak hangus. Tetapi manusia mana yang mampu membayar nyawanya, karena nyawanya sudah terkena Hukuman Mati.

Maka,
Hanya ada satu yang bisa dikorbankan, yaitu FIRMAN ALLAH. Firman sebagai Pencipta itu harus menjadi manusia sama seperti kita, meninggalkan pribadi ke AllahanNya, supaya memiliki darah dan daging. Karena Firman itu sifatNya KUDUS, maka darahnya menjadi darah yang kudus dan sempurna untuk pendamaian antara manusia yang berdosa dengan Allah.

Roma 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,
3:24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus.
3:25 Kristus Yesus telah ditentukan Allah menjadi jalan pendamaian karena iman, dalam darah-Nya. Hal ini dibuat-Nya untuk menunjukkan keadilan-Nya, karena Ia telah membiarkan dosa-dosa yang telah terjadi dahulu pada masa kesabaran-Nya

Ia harus mengosongkan diriNya, dan sepenuhnya menjadi manusia, supaya semua persyaratan menjadi sesulih/pengganti/menebus dosa manusia menjadi sah. Ia tidak boleh menggunakan ke AllahanNya dalam penebusan dosa manusia, karena dengan demikian Allah tidak fair, bukankah yang dihukum oleh Allah itu manusia bukan Firman?
Maka Firman itu sebagai manusia hanya mengandalkan pada Bapa dan pada Roh Kudus, sekaligus sebagai SaksiNya.

Filipi 2:5 Hendaklah kamu dalam hidupmu bersama, menaruh pikiran dan perasaan yang terdapat juga dalam Kristus Yesus,
2:6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
2:7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
2:8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
2:9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama,
2:10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
2:11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa

(bersambung)

POSTINGAN 3 dari 6

Seandainya Firman langsung meyelamatkan manusia PASTI DIA BISA, tapi ini tidak fair, karena nyawanya sudah dinyatakan mati (hukumannya mati), dan kalau Allah melakukan ini maka Allah berdosa tidak konsisten dengan hukuman mati manusia, padahal Allah itu Kudus
Jadi, Allah tidak bisa melakukanNya dengan cara demikian, karena Allah tidak bisa menyangkal diriNya.

Lalu, mulailah drama Firman Allah yang tadinya tinggal di sorga (tadinya Roh), menjadi manusia (memiliki daging dan darah), disalut daging (incarnasi; carnal = daging), memiliki darah, menjadi manusia, dengan cara dikandung dan dilahirkan oleh perawan Maria/Siti Maryam, Ia menjadi manusia agar bisa mencurahkan darahNya sebagai korban persembahan penghapus dosa, dengan mati cara sah, taat kepada kehendak Bapa, untuk menjadi sesulih/pengganti hukuman matinya manusia.

Maka jadilah Firman yang Kudus itu menjadi manusia, dengan tugas pokok sbb:

  1. Mengenalkan kepada manusia akan BAPA, dari mana Ia berasal.
  2. Membawa manusia pada jalan yang benar melalui Dia, karena Ia adalah JALAN, KEBENARAN, dan HIDUP, yang berasal dari sorga.
  3. Menggenapi Hukum Taurat, karena manusia itu mati oleh Hukum Taurat.
  4. DiriNya dijadikan korban persembahan, dengan darahNya sendiri yang Kudus, sebagai korban persembahan yang SEMPURNA, yang menjadi pendamai antara manusia dengan Allah.
  5. Ia bangkit dari mati pada hari ketiga, dan nanti Ia akan menghakimi / mengadili manusia ciptaanNya tersebut, dengan identifikasi DARAH KUDUS, barulah perbuatan baiknya untuk menerima upah, dan iman dan kesetiaannya untuk menerima mahkota.

Wahyu 2:10 Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.

Wahyu 3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorang pun mengambil mahkotamu.

Galatia 3:13 Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

I Korintus 15:56 Sengat maut ialah dosa dan kuasa dosa ialah hukum Taurat.

Roma 7:14 Sebab kita tahu, bahwa hukum Taurat adalah rohani, tetapi aku bersifat daging, terjual di bawah kuasa dosa.

Referensinya:
Yohanes 1:14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran

Matius 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.

II Timotius 4:8 Sekarang telah tersedia bagiku mahkota kebenaran yang akan dikaruniakan kepadaku oleh Tuhan, Hakim yang adil, pada hari-Nya; tetapi bukan hanya kepadaku, melainkan juga kepada semua orang yang merindukan kedatangan-Nya.

DARAH PERJANJIAN

Dalam PL dilakukan oleh manusia dengan mencurahkan darah anak domba (betulan), namun tidak pernah sempurna karena manusia melakukan dosa lagi. Sekalipun demikian yang mengimani darah perjanjian tersebut merupakan umat beriman yang menantikan Mesias, sebagai Raja dan Pembebasnya.

Dalam PB percurahan darah korban persembahan dilakukan oleh Tuhan Yesus di kayu salib, sebagai persembahan darah yang tak bercacat cela (Kudus), sekali untuk selamanya.

Roma 6:10 Sebab kematian-Nya adalah kematian terhadap dosa, satu kali dan untuk selama-lamanya, dan kehidupan-Nya adalah kehidupan bagi Allah.

Keluaran 24:8 Kemudian Musa mengambil darah itu dan menyiramkannya pada bangsa itu serta berkata: “Inilah darah perjanjian yang diadakan TUHAN dengan kamu, berdasarkan segala firman ini.”

Zakharia 9:11 Mengenai engkau, oleh karena darah perjanjian-Ku dengan engkau, Aku akan melepaskan orang-orang tahananmu dari lobang yang tidak berair.

Ini aktualisasi, realisasi, dan validitas (keabsahan) DARAH PERJANJIAN dan PERJANJIAN DARAH YANG KEKAL, sebagai penebus dosa manusia :

Matius 26:28 Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

Markus 14:24 Dan Ia berkata kepada mereka: "Inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang.

Ibrani 9:20 sambil berkata: “Inilah darah perjanjian yang ditetapkan Allah bagi kamu.”

Ibrani 13:20 Maka Allah damai sejahtera, yang oleh darah perjanjian yang kekal telah membawa kembali dari antara orang mati Gembala Agung segala domba, yaitu Yesus, Tuhan kita,

Kolose 1:22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.

(bersambung)

POSTINGAN 4 dari 6

Penyelamatan memang ada hubungannya dengan baptisan, sebagai tanda/segel atau meterai…
Ada 4 (empat) jenis baptisan, yaitu :

  1. BAPTISAN YOHANES DENGAN AIR ADALAH : BAPTISAN PERTOBATAN

Kisah Para Rasul 19:4 Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.”

Matius 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.

  1. BAPTISAN DALAM NAMA BAPA, ANAK, DAN ROH KUDUS, DENGAN AIR ADALAH : BAPTISAN IMAN BAHWA KITA TELAH DIKUBURKAN DAN DIBANGKITKAN DALAM TUHAN YESUS.

Kolose 2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Manusia lama kita berlalu dan kita menjadi ciptaan baru

II Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

  1. BAPTISAN ROH KUDUS ADALAH BAPTISAN UNTUK MENERIMA KUASA DARI ALLAH, KARUNIA ROH, MENGHASILKAN BUAH ROH, dll seperti diterangkan dibawah ini.

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Contoh perubahan yang akan terjadi pada diri kita :

  1. Dari ketakutan menjadi berani mewartakan KABAR GEMBIRA.

  2. Dari sulit mengerti Firman Tuhan menjadi mudah mengerti Firman Tuhan.

  3. Dari senang melakukan dosa jadi membeci dosa.

  4. Dari memiliki karakter manusia lama menjadi memiliki karakter Tuhan Yesus.

  5. Dari sulit mengampuni orang, menjadi mudah mengampuni orang.

  6. Dari mudah membenci orang lain menjadi sangat mengasihi orang lain siapapun mereka.

  7. Dari tidak suka berdoa menjadi rajin berdoa.

  8. Dari tidak berdaya (powerless) menjadi memiliki kuasa (powerfull).

  9. Dari senang berbuat jahat menadi senang belajar berbuat baik.

  10. Dari memiliki pikirannya sendiri (egosentris) menjadi memiliki pikiran Kristus. Paradigmanya berubah.

  11. Dari mengandalkan kekuatan sendiri, menjadi mengandalkan kekuatan Allah.

  12. Dsb, dst…

  13. BAPTISAN API 
     Baptisan api adalah baptisan untuk memurnikan kita.
    

Lukas 3:16 Yohanes menjawab dan berkata kepada semua orang itu: "Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.

  1. Ada satu lagi BAPTISAN UNTUK TUHAN YESUS.
    Tuhan Yesus harus menerima baptisan yaitu masuk ke liang kubur, terun ke bumi yang paling bawah, untuk memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara, dan membawa tawanan-tawanan.

Lukas 12:50 Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!

1 Petrus 3:19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil kepada roh-roh yang di dalam penjara,
3:20 yaitu kepada roh-roh mereka yang dahulu pada waktu Nuh tidak taat kepada Allah, ketika Allah tetap menanti dengan sabar waktu Nuh sedang mempersiapkan bahteranya, di mana hanya sedikit, yaitu delapan orang, yang diselamatkan oleh air bah itu

Efesus 4:8 Itulah sebabnya kata nas: “Tatkala Ia naik ke tempat tinggi, Ia membawa tawanan-tawanan; Ia memberikan pemberian-pemberian kepada manusia.”

Efesus 4:9 Bukankah “Ia telah naik” berarti, bahwa Ia juga telah turun ke bagian bumi yang paling bawah?

(bersambung)

POSTINGAN 5 dari 6

TUGAS ROH KUDUS DALAM PERJANJIAN BARU

  1. Roh Kudus turun atas Maria dan membuat Maria mengandung (Khusus untuk Perawan Maria)…

Lukas 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah

Matius 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri

  1. Roh Kudus memeteraikan kepercayaan dan pengakuan kita.

Efesus 1:13 Di dalam Dia kamu juga – karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu – di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.

  1. Roh Kudus memberi kesaksian.

Roma 8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.

  1. Roh Kudus menyertai kita.

Tuhan Yesus belum datang secara fisik untuk kedua kalinya di Bukit Zaitun, itu nanti. Jadi dalam ayat ini Roh Kudus yang dia utus itulah yang menyertai kita sekarang ini.

Matius 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

  1. Roh Kudus menjadi jaminan bagian kita.

Efesus 1:14 Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya.

  1. Roh Kudus menguduskan kita.

II Tesalonika 2:13 Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.

  1. Roh Kudus menginsyafkan akan dosa, kebenaran dan penghakiman

Yohanes16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

  1. Roh Kudus menghibur dan mengingatkan apa yang dikatakan Tuhan Yesus

Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

  1. Roh Kudus menolong kita

Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

  1. Roh Kudus menjadikan kita anak Allah dan kita bisa berseru : “Bapa”.

Roma 8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!

  1. Roh Kudus menghasilkan buah Roh dalam diri kita (9 buah Roh)

Galatia 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri.

  1. Roh Kudus memberi karunia (9 karunia):

  2. Karunia berkata-kata dengan hikmat.

  3. Karunia berkata-kata dengan Pengetahuan.

  4. Karunia iman

  5. Kuasa untuk mengadakan mujizat

  6. Karunia untuk bernubuat

  7. Karunia untuk menyembuhkan

  8. Karunia untuk membedakan bermacam-macam roh

  9. Karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh

  10. Karunia untuk menafsirkan bahasa roh

1 Korintus 12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan.
12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan.
12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu.
12:11 Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya

(bersambung)

POSTINGAN 6 dari 6 (selesai)

  1. Roh Kudus memberi dorongan untuk berbicara atas nama Allah

II Petrus 1:21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan Roh Kudus orang-orang berbicara atas nama Allah.

  1. Roh Kudus mengerjakan pembaharuan dalam diri kita.

Titus 3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

  1. Roh Kudus mengajar kita apa yang harus kita katakan…

Lukas 12:12 Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan."

  1. Roh Kudus memberi pernyataan.

Lukas 2:26 dan kepadanya telah dinyatakan oleh Roh Kudus, bahwa ia tidak akan mati sebelum ia melihat Mesias, yaitu Dia yang diurapi Tuhan.

  1. Roh Kudus menyucikan persembahan kita, agar berkenan pada Allah

Roma 15:16 yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan Kristus Yesus bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh Roh Kudus.

  1. Roh Kudus memberi kekuatan belimpah-limpah.

Roma 15:13 Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

  1. Roh Kudus menguasai kita (istilah dalam Perjanjian Lama mengalami kepenuhan) :

Wahyu 1:10 Pada hari Tuhan aku dikuasai oleh Roh dan aku mendengar dari belakangku suatu suara yang nyaring, seperti bunyi sangkakala,

  1. Roh Kudus membantu kelemahan kita dan berdoa untuk kita kepada Allah.

Roma 8:26 Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan.

  1. Roh Kudus diam didalam kita, karena kita adalah bait Roh Kudus.

I Korintus 6:19 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?

I Korintus 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

  1. Roh Kudus turun kepada pengikut Kristus.

Kisah Para Rasul 19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah Roh Kudus ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

BAGAIMANA ROH KUDUS BISA TERCURAH, ATAU BISA DITERIMA? :

Dalam PB :

  1. Diembusi

Yohanes 20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.

  1. Turun kepada Tuhan Yesus seperti burung merpati

Matius 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

  1. Bertebaran, dan tampak lidah-lidah seperti nyala api

Kisah Para Rasul 2:3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.

  1. Seperti tiupan angin keras.

Kisah Para Rasul 2:2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk

  1. Diterima dengan penumpangan tangan.

Kisah Para Rasul 8:17 Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.

(selesai)

Shalom, semoga bermanfaat.

sebuah penjelasan yg sangat baik dan bermanfaat fren… :afro:
tapi sayang bertentangan dgn ajaran doktrin TULIP calvin, yg anda percayai tuh fren… :happy0062:

doktrin calvin… TULIP bertantangan dengan ALKITAB? - Ajaran Kristen - ForumKristen.com
pernyataan anda di post no.2776 dan 2779… free will dalam mengambil keselamatan.. - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

saya mengharapkan iman anda, sesuai dgn pernyataan anda dalam thread “KARYA KESELAMATAN, JENIS BAPTISAN, DAN TUGAS ROH KUDUS.” :afro:

Dear Don Silver
Selamat pagi

Maaf sekali don, ini serius loh, dan tentu saya pertanggungjawabkan pada pengadilan akhir jaman, saya secara pribadi BUKAN pengikut Calvin, atau siapapun, saya bukan pengkikut manusia. Saya pengikut Tuhan Yesus Kristus, dan hanya belajar tunduk dan taat pada SabdaNya. Itu saja tidak kurang dan tidak lebih.
Saya bergereja bukan karena gereja dapat menyelamatkan saya. Bukan karena saya mau ikut Calvin. Saya tahu saya HARUS bergereja, dan tidak dapat digantikan menjadi bergereja secara elektronic, dengan doa-doa digital.

Saya tidak ikut ajaran pendeta manapun. Atau ikut pendeta manapun, atau Pastor manapun. Saya ikut Tuhan Yesus dan ajaran Tuhan Yesus melalui Alkitab.
Sebagian besar kotbah pendeta saya catat koq, seandainya ada yang menyimpang dari Alkitab, dalam pikiran saya ada semacam “auto reject”, bila apa yang dikotbah tidak sesuai Alkitab. Cukup banyak filter dalam hati dan pikiran saya. Tentulah ROH KUDUS ikut bekerja dalam memfilter setiap masukan.

Shalom

@Edo
Sayangnya banyak teman2 disini masih makan susu broo… ^^
Semoga sedikit demi sedikit bisa menerima makanan keras yaaa…^^

TUHAN YESUS memberkati…

@edo

Apakah hanya dengan ‘*** ORANG ITU HARUS MENGAKU DENGAN MULUTNYA DAN PERCAYA DALAM HATINYA, BAHWA YESUS ADALAH TUHAN ALLAH TELAH MEMBANGKITKAN DIA DARI ANTARA ORANG MATI, maka ORANG ITU AKAN DISELAMATKAN ***’ seseorang sudah dijamin akan selamat, om?

Tidak ada yang perlu dilakukan lagi selain yang di atas itu?

Syalom

wah2 luar biasa hebat anda om

bearti apapun yg ga sesuai dengan pikiran om adalah salah ya

dikarenakan auto rejectnya maka sepantasnya kami yg masih bisa salah ini memberi
tepuk tangan bagi Super Edoman alias om Edo yg ga bisa dan ga mungkin salah dalam memahami alkitab

dikarenakan auto rejectnya maka sepantasnya kami yg masih bisa salah ini memberi tepuk tangan bagi Super Edoman alias om Edo yg ga bisa dan ga mungkin salah dalam memahami alkitab

Boleh ikutan tepuk tangan bro?

;D

setahu saya dari kesaksian Om Edo, bukan penganut TULIP
pantekosta dan kharismatik bukanlah calvinis bro, tapi lebih mengarah ke arminian

Repento kenapa kamu mengejek orang tua, memangnya dia berkata dia tak mungkin salah?? dan apakah kamu pantas menghakimi saudara Edo?? lihat balok dimatamu sendiri sebelum menghakimi saudaramu, negerti…! :mad0261:

bagaimana sih anda ini, saya malah mengajak yg lain memuji om Edo habis2an.

YA. dia memang mengatakan demikian.

katanya yg salah langsung bisa di Auto-Reject atau lebih dikenal dgn istilah Edo-Auto-Reject-Man

gimana hebat kan om Edo.

tepuk tangan dong bro

bukankah anda penggemar setianya om Edo

om Edo memang hebat sekali , hanya dia saja seorang diri yg punya auto-reject.

tentu saja bro boleh bertepuk tangan,
bila perlu lain kali ramai2 kita tepuk tangani sambil standing ovation dalam stadion sepak bola

wah ga ada repento sepi di FK

Peace Bro ;D

Hiduplah damai dengan semua orang , kejarlah kekudusan

TUHAN memberkati :angel:

upss… sory saya salah menilai anda fren… :ashamed0004:
saya setuju dgn iman anda yg terfokus pada ajaran Tuhan Yesus Kristus, dan bukan pada ajaran manusia… :afro:
tetap hidup dalam Roh Kudus ya fren… salam FK… :happy0025:

Kau kira bisa megolok ngolok orang tua se enak dengkulmu, hai pemuja diri sendiri , mau bukti nih lihat;

Dia bilang “auto reject” bila tidak sesuai Alkitab, kalau di otak mu cuma ada auto mengejek orang tua, nih buktinya;

Ingat dia tak pernah mengaku tak mungkn salah dalam memahami Alkitab, hanya pikiran diotak you yang picik dan dangkal menilai orang , manusia “pemuja diri sendiri” cocok disematkan pada dirimu.
Sekarang saya yang akan standing applause buat gelar barumu, bahkan saya akan mengajak seluruh member untuk standing applaus buat gelar barumu, ;D ;D :happy0158: :happy0158: :happy0064: :happy0064: :happy0065: :happy0065: :afro: :afro: :happy0071: :happy0071: :2funny: :2funny:

nah benar kan, tuh si repento mulai lagi.

hahaha

tulisannya pendek, tapiiii menghujam bagaikan kapak algojo. hahaha

repentooooooooo repento.