Jauh dari Tuhan?

Saya masih 15 tahun, aku Kristen belum dibabtis. Aku jauh dari Tuhan dan malas ke gereja uda sekitar 2 tahunan. Akhir-akhir ini aku mulai ke gereja lagi, aku mulai sadar tapi sebenernya masih bingung. Gimana cara untuk memulai lagi? Apa Tuhan mau menerima? Aku suka ngerasa ga bisa berdoa, gimana caranya? Gimana supaya kita bisa bener-bener menyerahkan diri buat Tuhan? Harus gimana? Tolong ya.

saya juga bingung…

mungkin anda gereja lagi… setelah udah sering ke gereja… minta dibimbing senior2 yang digereja…

mereka akan mengajari kamu bagaimana berdoa…

masalah diterima atau tidak…

Allah itu pengasih, dan selalu berharap engkau ada dalam Naungan KasihNya…

xxxxx …

kenapa belum baptis Kristen ?

kenapa jauh dari TUHAN ?

kenapa malas ke gereja ?

kenapa kembali ke gereja ?

kenapa bingung tidak tahu ?

kenapa ragu TUHAN mau terima ?

kenapa tidak bisa berdoa ?

kenapa mau serahkan diri ke TUHAN ?

coba ceritakan semua …

xxxxx,

Kalau ada kesempatan untuk dibaptis, lebih baik kamu dibaptis, tetapi baptisan itu bukan syarat untuk keselamatan. Orang jahat yang disalibkan dengan Yesus tidak ada kesempatan untuk dibaptis, namun masuk surga dengan Yesus. Ada juga orang yang dibaptis setelah menerima Roh Kudus (Kisah Para Rasul 10:45-48)

Kalau ada kesempatan untuk mengikuti kebaktian di sebuah gereja yang suci, janganlah kamu malas, tetapi waktu sekarang semakin sedikitlah gereja yang tetap suci, maka oleh sebab itu banyak orang merasa tidak perlu lagi pergi ke gereja di mana mereka disalahgunakan orang. Pergi ke gereja juga bukan syarat untuk keselamatan. Tetapi sekali lagi, kalau kamu ada kesempatan untuk pergi ke gereja yang baik, janganlah kamu malas…

Gimana cara untuk memulai lagi? Apa Tuhan mau menerima?

Tuhan tidak pernah meninggalkan orang, oranglah yang meninggalkan Tuhan, tetapi waktu orang meninggalkan Tuhan, Tuhan tunggu dengan sabar sampai orang kembali kepada-Nya. Bacalah Luka 15:11-32 :slight_smile:

Aku suka ngerasa ga bisa berdoa, gimana caranya?

Banyak orang Kristen, termasuk saya, pernah mengalami masalah itu. Tuhan yang Mahatahu tidak perlu doa-doa diucapkan dengan mulut secara dapat didengar orang, tetapi lebih baik kalau doa-doamu masih bisa kamu ucapkan. Tuhan dapat melihat pikiran orang, Dia tahu siapa yang sedang mencari-Nya, siapa yang ingin mendekati-Nya. Pikir akan Tuhan dan merenungkan Firman-Nya adalah sejenis doa juga. Selama suatu waktu yang panjang, Tuhan tidak menjawab doa-doa Ayub yang sedang menderita, tetapi akhirnya Tuhan memberkati Ayub. Harus tetap sabar dalam imam saja…

Gimana supaya kita bisa bener-bener menyerahkan diri buat Tuhan? Harus gimana? Tolong ya.

Inilah masalah yang menyebabkan kamu tidak bisa berdoa. Kalau kamu belum bisa menyerahkan diri dengan sepenuhnya, Tuhan tidak mendengar doa-doa kamu, atau menyebabkan kamu tidak bisa berdoa. Kamu harus meminta Tuhan untuk membantu kamu untuk menyerahkan diri, tetapi merendahkan diri bukan hal yang gampang dan prosesnya biasanya panjang waktunya. Hal itu bahkan tidak mungkin dilakukan diri sendiri tanpa pertolongan Tuhan, karena orang manusia segan menyerahkan diri. Solusinya kamu harus pertama-tama meminta Tuhan untuk menjadikan kamu menjadi segan menyerahkan diri, lalu meminta Tuhan untuk lanjut menyebabkan kamu menjadi rendah hati…

Tuhan memberkati…

cara memulainya sih gampang… buatlah komitmen untuk selalu berhubungan dengan TUHAN… misalnya mulai rutin lagi ke gereja… setiap malam sebelum tidur sempatkan membaca firman TUHAN, memuji TUHAN, dan berdoa … berdoalah dengan hati anda untuk berserah pada TUHAN… mengenai berdoa… anggaplah TUHAN itu teman , sahabat, pembimbing, atau bapa anda… mulailah dari itu…

jadi buka-bukaan maksdunya bro?hehe…

menurutku sih suatu hal yg alamiah jika sobat merasa jauh dari Tuhan… tapi sifat tsb harus dikubur biar ga muncul lagi. sekarang waktunya bangkit lagi. memulainya?sama seperti yg telah bro Ibmagi katakan…coba lakukan saja dan mulailah…semoga gada lagi perasaan jauh dari Tuhan. Gbu

Thank you! :slight_smile:

Pertanyaan saudara ini yah adalah umum dan normal.
Sebenarnya saudara harus tahu dahulu apa motivasi saudara untuk memulai lagi dan apa yang saudara cari?
Dengan mengetahui ini maka saudara akan bersemangat!
Banyak orang kristen tapi hanya berstatus KTP tanpa memahami arti menjadi kristen, tanpa memahami arti mencari rahasia kerajaan sorga dan tanpa memahami percaya kepada Tuhan Yesus, akhirnya mereka bingung dan sering tersesat.
Seperti anda kristen tapi belum baptis, yang gak tahu berdoa dan bingung gimana kembali kepada Tuhan, serta gak mengenal Tuhannya dengan baik.

Kalau saudara tahu karakter Tuhan Yesus itu seperti apa, apa tujuan Tuhan Yesus disalib, mengapa TUhan Yesus turun kedunia, kepada siapa TUhan Yesus itu mau datang maka saudara gak akan bingung! Kalau saudara tahu arti baptisan maka saudara tidak akan menunda-nunda baptisan, sebab hal ini adalah fatal!

Tuhan Yesus itu baik, Allah itu baik dan penuh kasih, maha pengampun, panjang sabar, TUhan Yesus itu datang kepada orang berdosa yang tersesat, Tuhan Yesus datang kedunia dan disalibkan untuk menyambung kembali hubungan manusia kepada Allah yang telah terputus dan untuk menyelamatkan umat manusia agar tidak binasa dan memperoleh hidup yang kekal di sorga.

Hidup di dunia ini sebenatar jadi pastikan apabila saudara kelak mati bahwa roh saudara itu akan masuk sorga/selamat. Kalau tidak masuk sorga yah pasti masuk neraka, api yang tidak terpadamkan itu tuk selamanya.

Apakah saudara sudah yakin akhir dari hidup roh saudara kemana akan pergi? Apakah saudara sudah pasti tahu kapan saudara akan mati?

Banyak orang mati di usia belia, muda, dewasa dan tua. Banyak orang mati secara alami dan banyak juga mati karena penyakit serta kecelakaan. Ada pula mati karena dibunuh. Apakah saudara sudah pasti bagaimana akhir kematian bagi saudara kelak dimasa depan?

Maka belajarlah dari kesalahan orang lain dan coba mengerti hidup manusia yang singkat ini semua akan menghadap tahta penghakiman Allah cepat atau lambat. Setelah saudara mengerti arti dan betapa berharganya waktu hidup yang masih saudara miliki maka saudara akan terdorong untuk tidak main-main dengan Tuhan & baptisan.

Saya sarankan:

  1. Mengaku dosa, minta ampunan dosa dan minta Tuhan menguduskan hidup saudara dihadapan Tuhan.
  2. Belajarlah tentang perumpamaan anak yang hilang Lukas 15:11-32. Tuhan itu sangat senang jika manusia berlbalik dari jalannya yang gelap kepada terang hidup didalam Tuhan Yesus. Katanya ada pesta besar di sorga jika orang berbalik kepada TUhan. Tuhan Yesus maha pengampun dan penuh kasih.
  3. Segeralah minta untuk dibabtis, ini adalah hal penting yang harus segera dilakukan.
    Dibabtis artinya kita di satukan dalam kematian TUhan Yesus dan disatukan dalam kebangkitan TUhan
    Yesus.
  4. Bacalah Alkitab sesering mungkin tetapi sebelum itu berdoa minta Tuhan memberkati saudara untuk mengerti rahasia kerajaan sorga dan kebenarannya yang terdapat dalam Alkitab. Dengan sering membaca Alkitab maka saudara akan lebih mengenal TUhan dan hal-hal yang berhubungan kerajaan sorga yang harus saudara lakukan.

Iman tanpa perbuatan adalah mati…Yakobus 2:14-16.
Jawab pertanyaan saya;
Iman tanpa pengetahuan, apa yang akan terjadi?

Udah banyak saran dari yg lain yg bisa membuat mu mulai membangun rohanimu…Kehidupan rohani ku juga bisa dibilang jauh banget dari kata baik, sangat jauh malah… dengan kata lain apa yg kamu rasakan sebenarnya hampir sama dengan aku.

Aku setuju sama Ibmagi…:slight_smile:

Dulu mamaku juga ga bisa berdoa, terus bapak cerita kalo mama sampe minta diajarin bapak…dan bapakku blg tulis di kertas terus mamaku tulis di kertas folio dong…gileee dahh mamaku tp ternyata diimana ada kemauan disitu ada jalan…pelan2 Tuhan yg nuntun mama dengan caraNya, lambat laun mama bisa berdoa sendiri dan tee terenggg terengggg…my Mother and My Jesus is always good. :slight_smile:

Sekarang giliranku yang harus mulai merenung dgn semua janjiku sama Tuhan yang terlewati olehku untuk ditepati. Udah mulai jauh dari jalanNya aku…wish me luck yah !!! :tuzki26:

Berdoa itu gak rumit.
Sebelum berdoa maka kita mesti tahu dahulu apa arti doa itu, tanpa memahami arti doa dan tujuannya maka saudara akan terus bingung tuk berdoa.

Doa itu adalah hubungan/kontak rohani antara manusia kepada Allah dengan berbagai tujuan. Tujuan itu antara lain : ucapan syukur, menyampaikan keluh kesah, meminta sesuatu bagi diri sendiri dan orang lain, mengusir kuasa gelap, meminta pertolongan dikala terdesak, memulikan Tuhan dll.

Maka tentukan dahulu apa tujuan saudara tuk berdoa!

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam berdoa:

  1. Berdoalah dengan tekun.

Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. (Matius 7:7)

Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu. Kata-Nya: “Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun. Dan di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku. Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun, namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku.” Kata Tuhan: "Camkanlah apa yang dikatakan hakim yang lalim itu! Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? (Lukas 18:1-7)

Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama,… (Kisah Para Rasul 1:14)

  1. Berdoalah secara tersembunyi.

Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. (Matius 6:6)

Lanjutan…

  1. Berdoalah dengan tidak bertele-tele.

Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan. (Matius 6:7)

  1. Berdoalah dalam nama Yesus.

”… dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya." (Yohanes 14:13-14)

Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. (Yohanes 15:7)

  1. Berdoalah dengan iman dan keyakinan bahwa doamu sedang dikabulkan.

Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. (Markus 11:24)

  1. Berdoalah menurut pola ”Doa Bapa Kami”.

Karena itu berdoalah demikian:

Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.] (Matius 6:9-13)

  1. Berdoalah dengan hati mengampuni.

Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. (Matius 5:44)

Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; (Lukas 6:27)

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu." (Matius 6:14-15)

Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu." (Markus 11:25)

Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu. Segeralah berdamai dengan lawanmu…”
(Matius 5:23-25)

  1. Berdoalah dengan rendah hati dan dengan pertobatan.

”…dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;”
(Matius 6:12)

Tetapi pemungut cukai itu berdiri jauh-jauh, bahkan ia tidak berani menengadah ke langit, melainkan ia memukul diri dan berkata: Ya Allah, kasihanilah aku orang berdosa ini.
(Lukas 18:13)

Ia berkata kepada mereka: “Berdoalah supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan.”
(Lukas 22:40)

  1. Berdoalah untuk kuasa dari Roh Kudus.

”Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Lukas 11:13)

”Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi." (Lukas 24:49)

”Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8)

  1. Berdoalah untuk pekerjaan Tuhan.

”Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." (Matius 9:38)

Kata-Nya kepada mereka: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu.” (Lukas 10:2)

Saya sarankan sebelum berdoa,

  1. Saudara harus mengampuni orang lain terlebih dahulu dan dalam hati yang damai, tanpa ini saudara tidak
    akan bisa berdoa dengan puas dan doa saudara tidak akan sampai kepada Allah.
  2. Minta ampunan doa, sebab setiap hari dan waktu kita/saudara tidak pernah lepas dari berbuat dosa.
  3. Minta Tuhan Yesus menguduskan saudara dihadapanNya sebab manusia harus menyembah Tuhan dalam Roh,
    kebenaran dan kekudusan. Pengudusan hanya bisa dilakukan oleh kuasa Allah bukan perbuatan manusia.
  4. Sampaikan semua isi permohonan dalam doa saudara.