"Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku" ??

Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku

Rasanya tidak mungkin “allah” disitu adalah sekedar patung2/idol2/idola2.

Kalau TYME sendiri mengakui bahwa ada allah allah lain, ternyata memang betul - bhw ada BANYAK allah allah lain dijaman para nabi.

Dengan demikian, apakah Kekristenan “mao gak mao” juga mempercayai adanya allah2 ? (Dengan kata lain, pd kepercayaan lain) yg disebut juga dewa2 ? dewi2 ?

apakah ini sekedar saling nunjukin power ? - yg paling hebat menjadi pemenang ? lalu/sehingga bisa mendapat gelar “YANG MAHA” ?

salam.

Lah setahu saya memang ada banyak allah (tepatnya: ilah).

Lihat saja misalnya: Christmas, yang sebenarnya adalah ‘the day of birth of the Babylonian god Tammuzhari’ , rebirth of Ba’al tanggal 25 Des.

Atau hari raya hapy Easter, a Babylonian goddess named Ishtar (Eostre, Easter) pada paskah.

Bukankah semuanya itu adalah illah yang disembah manusia. Maafkan jika salah

Bisa iya bisa tidak kan? :wink:

benar, itulah FIRMAN YHWH (bukan nama yang lain)

Lawakan-mu ngga ada yang lucu…

Coba ya saya: "menurut Islam, Owoh itu punya nyawa ngga?”

nope… adanya tu meluruskan kita bro… uang , kekuasaan, pun bisa menjadi tuhan lho…ingat tuhan bukan Tuhan…^^

yang bener ilah (yang seolah2 dianggap seperti Allah tapi bukan Allah).
ini dikarenakan manusia sudah kehilangan kemuliaan Allah (jatuh dalam dosa) sehingga tidak dapat mengenali Allah yang sejati, makanya kemudian mereka berusaha mencari sosok allahnya melalui sosok2 yang mereka anggap allah.
seperti yang dibilang exia, uang juga bisa jadi ilah. :smiley:
kalau zaman dulu batu, pohon, matahari, bintang dsb juga bisa disembah sebagai ilah.

Dengan demikian, apakah Kekristenan "mao gak mao" juga mempercayai adanya allah2 ? (Dengan kata lain, pd kepercayaan lain) yg disebut juga dewa2 ? dewi2 ?

kekristenan gak mempercayai ilah2 lain, sebab kami sudah tahu Allah yang sejati.
Allahnya Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Daud dan Allahnya Paulus. :tongue:

apakah ini sekedar saling nunjukin [i]power [/i]? - yg paling hebat menjadi pemenang ? lalu/sehingga bisa mendapat gelar "YANG MAHA" ?

salam.

zaman PL dulu memang demikian buat bangsa2 yang gak mengenal Allah yang sejati.
tapi buat mereka yang kenal siapa Allahnya mereka tahu yang mana yang Allah dan mana yang ilah.
yang sejati itulah yang punya power, sedangkan ilah hanya disangka punya power.

Loh, bang… ? koq ngelawak sich. Aye serius bang.
Aye cuman kasih contoh para ilah yang paling familiar dengan abang, karena setiap tahun diperingati dengan meriah. Nanti kalau aye yang bodoh ini kasih contoh ilah lain, takutnya abang gak tahu …

Maafkan aye bang. Semoga di bulan ramadhan ini aye mendapat ampunan dari abang.

Tepatnya itu kata ‘ilah’. Maksud dari kalimat ‘jangan ada padamu ilah lain dihadapanku’ adalah jangan ada keyakinan dan ketaatan kepada ilah-ilah (tuhan-tuhan) lain dihadapan Allah (nama tuhan) yakni Penguasa alam jagat raya ini. Karena semua yang dianggap ‘ilah-ilah’ itu sebenarnya bukan ilah (tuhan). Manusia bisa meng-ilah-kan batu, gunung, matahari, pohon, uang, jabatan bahkan manusia yang diagung-agungkan setara ilah (tuhan). Dengan berbagai dalih orang yang meng-ilah-kan manusia itu agar bisa meyakinkan orang atau kelompok, bahkan kitab suci-pun bisa direkayasa untuk memperkuat alasan kenapa manusia tsb. menjadi tuhan (ilah). Itulah faktanya yang ada dalam kehidupan manusia…!

semua memang bisa di rekayasa, bahkan hasrat sendiri pun bisa disamarkan dgn meatasnamakan kehendak Tuhan.

Loh, koq agan-agan sekalian pada jadi melenceng jauh sich. Kasihan aye yang bodoh ini tambah bingung

terus terang saya belum dan baru tau ini.
Coba nanti sempet saya gugel ttg hal ini.

makasi atas masukannya.

salam.

tadinya saya sempet mikir ke hal2 materi duniawi ataupun ttg patung2 sesembahan (idol).

Namun, saya ragu - karena :

  1. “(2) Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.”

saya nangkepnya, kalimat tsb khusus ditujukan kpd Israel. (mu, engkau) - Allah disitu bersifat lokal… dgn pengertian lain, bangsa2 lainpun mempunyai allah allah lain - dan Allah yg berkata di hukum pertama itu, BUKAN allah dari bangsa2 lain.

  1. Dari beberapa ayat, saya liat memang bangsa2 lainpun mempunyai allah2 mereka sendiri.

makasi exia atas masukannya.

salam.

Apakah sosok allah2 ini sekedar patung2 bisu ?
Ibarat “sesuatu yg tidak ada” yg dianggap “ada” dan disembah dan dipercayai karena mempunyai power “yg tidak ada” dgn dimanifestasikan pada patung2 ?

Saya merasa bersalah dihati, tetapi saya gak bisa mungkir :
ibarat superman-spiderman, para tokoh hero (idol/idola) yg semuanya itu hanya khayalan dan sesuatu yg tidak pernah ada - Apakah Allah sedang membandingkan diriNYA dgn “sesuatu yg tidak ada” ??

[u]Kekristenan gak mempercayai ilah2 lain[/u], sebab kami sudah tahu Allah yang sejati. Allahnya Abraham, Ishak, Yakub, Musa, Daud dan Allahnya Paulus. :tongue:
Ya - Tentu.....tentu saya percaya yg saya garis diatas tsb. Tetapi dalam konteks apa "tidak mempercayai ilah2 lain" tsb ? Tentunya dlm konteks "tidak mempercayai ilah2 lain" tsb bukanlah The Most High, kan ? Nah, keinginan tahuan saya - apakah (krn dlm Alkitab ada) Kekristenan percaya bahwa allah-allah spiritual lain tsb ADA ? (ibarat Kekristenan percaya iblis spiritual itu ada).
zaman PL dulu memang demikian buat bangsa2 yang gak mengenal Allah yang sejati. tapi buat mereka yang kenal siapa Allahnya mereka tahu yang mana yang Allah dan mana yang ilah. yang sejati itulah yang punya power, sedangkan ilah hanya disangka punya power.
"bangsa2 yang gak mengenal Allah yang sejati" - bagaimana mereka bisa mengenal Allah yg sejati, kalau Allah tidak memperkenalkan diriNYA ? Sangat spesifik Allah menyebut diriNYA : "I, God of Israel".

sedangkan ilah hanya disangka punya power. Benarkah ? Yakinkah ?

makasi kue cucur… n salam kenal…
(masih enakan kue odading loh…hahaha ;D)

salam.

Betul… namun saya tidak bisa menemukan alasan akan kecemburuan Allah - apabila Israel (lokal) menyembah-nyembah sesuatu materi yg “dianggap punya supranatural power”… padahal “tidak punya supranatural power”… Ini buat saya hal yg “ridiculous”… Allah yg tiada tandingan, menjadi cemburu pada hal2 yg tidak ada.

Makasi samino atas masukannya.

salam.

Mengingatkan bahwa orang Kristen Arab lebih dahulu memakai kata Allah sebaiknya muslimer jangan pada niru, mending pake “Alloh swt” atau “Aouloh” atau “Owoh”, biar keren…

Makanya saya bilang, kerjakan dulu “PR” baru kalo ngga tau nanya… he he he…jangan memamerkan kebodohan kamu disini.

Apa ngga malu sama netter2 lain.

(17) Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap

Masakah, “segala allah” dan “segala tuhan” - maksudnya disitu hanya sekedar batu2, matahari, uang, pohon2 ?? :rolleye0014:

kalimat “ataupun menerima suap” buat saya menggelitik, tetapi saya gak nge-refer bhw cuma manusia yg bisa menerima suap, krn bukankah memang ada - sesajen2 dan korban2 perawan yg bisa dikategorikan sbg suap utk para dewa2 ? tuhan2 - allah2 ? - agar tidak marah ? agar melindungi ? dsb dsb ?

salam.

tuh, aye nanya hari meninggalnya Tuhan-nya abang di Trit sebelah, abang gak bisa belum jawab. Padahal tinggal milih hari aja bang, dari Senin s/d Minggu. Gampang kan bang?

Maafkan kebodohan aye

Orang Kristen di sini lagi sibuk menghujat. Jadi aye jawab saja dech menurut versi bible.

Dan 10:20 Lalu katanya: "Tahukah engkau, mengapa aku datang kepadamu? Sebentar lagi aku kembali untuk berperang dengan pemimpin orang Persia, dan sesudah aku selesai dengan dia, maka pemimpin orang Yunani akan datang.

Jadi para allah/tuhan itu sepertinya bukan sekedar benda mati. Mungkin adalah sejenis roh-roh penguasa.

Maafkan jika jawaban saya salah

Asalamualaikum