jahat - sudah ada ataukah bersamaan saat penciptaan ?

gak tau diciptain ato tidak, ataukah keberadaannya emang sudah ada.

dari kalimat “Allah melihat semuanya itu baik”
(bisa disebut baik, tentu karena ada juga yg namanya jahat …:))

atau…,
karena gak mungkin Allah hanya mencipta satu unsur,
jadi walo yg diciptain itu baik - mau gak mao unsur jahat jg “ikut” tercipta ?

kan mungkin aja, sudut pandang Allah tentang “penciptaan baik” itu -
siapa tau mksdNYA adl penciptaan yg masing2 ada lawan keberadaannya
(terang - gelap, jahat - baik, laki - perempuan, panas - dingin, dsb).

wkt larangan makan buah pengetahuan baik dan jahat, pantesnya kan -
pasti AdamHawa udah ngerti maksud dari kalimat baik dan jahat.
siapa tau,
saat itu diluar Eden - emang ada “keberadaan2 yg bkn manusia” lain dan bersifat jahat ?

he-he-he… jadi seru sendirian saya…:slight_smile:

mungkin ada yg bisa bantu ttg jahat diciptakan ato kagak ?
ataukah unsur jahat dan baik ini sendiri emang sudah ada -
sblm penciptaan “wahana” utk manusia tsb ?

TQ.

PS : sori oot sendiri…lusifer berontak itu dongeng ato bukan sih ? (berbuat jahat)
(ada gak ya cerita ini di alkitab ?) - soalnya saya sendiri kok rasanya percaya, ya ?..:slight_smile:

@ odading: Baca di sini

http://www.christiananswers.net/indonesian/q-acb/acb-t005i.html

salam :slight_smile:

@liberty

langsung tak baca…
thank u beraaaaattttt …:slight_smile:
isinya banyak banget ttg yg saya pengen tau.

cuma… masih belon dpt jawaban jahat itu diciptain ato kagak ya ?
he-he-he…:slight_smile:

kurang tahu juga bro

tapi ceritanya… malaikat Lucifer itu mempunyai wajah tampan

lalu jadi sombong, karena sombong lalu ingin menyamai Tuhan…

maka si Luci mengajak malaikat lain memberontak

lalu di buang ama Tuhan ke Bumi…

Tapi yang gue heran, kenapa pada saat adam dan hawa di firdaus

ada ular, jelmaan Iblis yang membisiki hawa…

Bukankah firdaus itu juga di jaga malaikat2 terang, meskipun di dunia.

salah satu bukti bahwa firdaus di dunia, adalah nama sungai2nya sampai ada jmn sekarang… ^0^

itu bro yg saya tahu

salam

Saya rasa tidak, adam dan hawa pertama kali di ciptakan tidak memiliki pengetahuan mana yg baik dan mana yg benar,mereka hanya mengetahui apa yg di katakan Allah harus dituruti,sama seperti anak kecil, tp coba baca apa yg dikatakan iblis sewaktu mencoba merayu hawa untuk memakan buah terlarang,dan setelah memakan tahulah keduanya bahwa mereka telanjang,disini mereka sudah mendapatkan pengetahuan mana yg baik mana yg benar,dan istilah jahat keluar saat manusia/malaikat melakukan sesuatu yg dia tau itu adalah tidak benar tp tetap melakukannya.

Kalo dr semula Tuhan sdh tau mana yang baik mana yang jahat …
kalo tidak… tentu Dia tidak akan membuang malaikatnya … ketika nekad ingin menyamai Tuhan

Kalo dr semula Tuhan sdh tau mana yang baik mana yang jahat ...
Tapi yang gue heran, kenapa pada saat adam dan hawa di firdaus ada ular, jelmaan Iblis yang membisiki hawa..

dari 2 quote diatas, jadi memang bener yaa… jahat sudah ada saat kehidupan di Eden,
tetapi belum terwujud, selama tidak terjadi pelanggaran (atas apa yg Allah perintahkan)

terjawab disini :

dan istilah jahat keluar saat manusia/malaikat melakukan sesuatu yg dia tau itu adalah tidak benar tp tetap melakukannya

Jadi kayaknya, sejak pertama x diciptakan -
Adam Hawa pasti TAU yg mana yg benar - mana yg salah.

makasi semuanya…:slight_smile:

bro odading: sejak pertama kali diciptakan
manusia tidak tahu mana benar, mana salah…

pengetahuan akan benar dan salah itu timbul dari memakan buah larangan

Pohon pengetahuan baik dan tidak baik

lihat quote simonsimon: