Ini tentang Simson - Nazir Allah

Hakim Hakim 13:7
Tetapi ia berkata kepadaku: Engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; oleh sebab itu janganlah minum anggur atau minuman yang memabukkan dan janganlah makan sesuatu yang haram, sebab sejak dari kandungan ibunya sampai pada hari matinya, anak itu akan menjadi seorang nazir Allah."

Hakim Hakim 16:17
Maka diceritakannyalah kepadanya segala isi hatinya, katanya: “Kepalaku tidak pernah kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibuku aku ini seorang nazir Allah. Jika kepalaku dicukur, maka kekuatanku akan lenyap dari padaku, dan aku menjadi lemah dan sama seperti orang-orang lain.”

Bro & Sis, saya jarang denger pendeta berbicara tentang simsons secara terperinci krn dlm gambaran umum dipikiran saya hanya… simson - nazir Allah - bersalah - tobat - mati
tapi kl ‘digali’ lbh dalam saya kira ada makna lain / kisah yg lbh menarik dr pribadi simson

  1. jika ada yg menemukan kisah menarik simson tsb, bs dishare?
  2. Dimanakah letak freewill nya simson jika sejak kandungan dia sdh ditentukan sbg nazir Allah?

GB & Thx

Apa yg ingin dibahas?

  1. jika ada yg menemukan kisah menarik simson tsb, bs dishare?
    kl mnrt gw kehidupan simson itu lbh bnyk bercerita tentang sbrp pentingnya karakter daripada skill…

  2. Dimanakah letak freewill nya simson jika sejak kandungan dia sdh ditentukan sbg nazir Allah?
    wah gak tau deh mgkn bawah saya bisa jawab

Justru itu bro… saya jg bingung makanya saya tanya poin no. 1… krn cerita samson itu terlalu sederhana… “pahlawan yg bertobat”
makanya kl ada yg punya pemahaman lain dr kisah samson minta dishare

Pmahamannya sama sih.
Tp bbrp hal mnarik dari Simson adl :

  1. Kekuatan Simson ada pd rambutnya.
    Dg kata lain, dlm kasus Simson, urapan ROH KUDUS itu terletak pd rambutnya.
    Saat rambut tercukur, maka kekuatannya hilang, dmikian sbaliknya.

  2. Kesukaan Simson pd anak perempuan Filistin adl pengaturan dari Tuhan (ini tdk tmasuk kasus Delila) krn Simson memang harus mcari gara-gara dg orang Filistin.


Bayangkan sso dg pengurapan yg bgitu besar dan kuat, tetapi tidak ada yg mngajarkan bagaimana mengendalikannya.

Simson itu seorang yg terlalu mngandalkan urapan.
Ia bpendapat bhw sgala masalah pasti akan beres krn urapan yg dmilikinya.

Orang ini begitu mngandalkan urapan sampai ia lupa bhw urapan yg ia miliki itu datang bukan krn keberkenanan Tuhan pd dirinya, mlainkan krn janji Tuhan pd Israel.

Hak 16:20
Lalu berserulah perempuan itu: “Orang Filistin menyergap engkau, Simson!” Maka terjagalah ia dari tidurnya serta katanya: “Seperti yang sudah-sudah, aku akan bebas dan akan meronta lepas.” Tetapi tidaklah diketahuinya, bahwa TUHAN telah meninggalkan dia.

Krn ia mulai sombong dan mngira bhw urapan Tuhan datang krn Tuhan berkenan padanya, maka ia mengabaikan pantangan utk mbritahukan dari mana sumber kekuatannya.

Simson mengira bhw Tuhan ‘bisa dibeli’.
Simson mengira bhw Tuhan sudah senang dengan dia shg Tuhan jd kompromistis thd firmanNya sendiri.

Ia spt berkata :
‘Tuhan pasti memahami kondisi saya. Tuhan pasti akan mperhatikan jasa-jasa saya shg Ia tidak akan sbegitu kerasnya melaksanakan firman yang dahulu diucapkanNya’.

Simson lupa bhw jasa-jasanya masih jauh dari yg dharapkan Tuhan; bahkan jasa-jasanya bisa terjadi krn Tuhan yg mengurapinya.

Karena urapan datang kepada Simson scr gratisan (tanpa ia perlu bayar harga), maka ia mnggunakan urapan itu hanya utk hal-hal berkenaan dg kepentingan pribadinya saja.

Dlm pmerintahannya yg 20 tahun, hanya bbrp kali ia tercatat ber-gara-gara dg Filistinm itupun semata gara-gara haknya dilanggar.

Visi Tuhan bagi Simson adl bhw ia akan memulai penyelamatan Israel dari Filistin.

Hak 13:5
Sebab engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki; kepalanya takkan kena pisau cukur, sebab sejak dari kandungan ibunya anak itu akan menjadi seorang nazir Allah dan dengan dia akan mulai penyelamatan orang Israel dari tangan orang Filistin."

Krn itu maka bagi Simson dbrikan urapan yg sangat hebat yg tidak pernah lagi dbrikan pd siapapun dg syarat sderhana yaitu tidak gunting rambut.

Tp knyataannya, Simson tidak mmimpin bangsa Israel utk mlawan Filistin, mlainkan hidup dg orang Filistin selagi mreka tidak berurusan dengannya.
Tuhan bahkan sampai harus mnggunakan perkara ‘asmara kedagingan’ utk mnggerakkan Simson agar melawan Filistin.

Hak 14:4
Tetapi ayahnya dan ibunya tidak tahu bahwa hal itu dari pada TUHAN asalnya: sebab memang Simson harus mencari gara-gara terhadap orang Filistin. Karena pada masa itu orang Filistin menguasai orang Israel.

Tuhan sebenarnya tidak ingin Simson kawin dengan prempuan asing.
Tp sayangnya hanya dengan jalan itulah maka Simson bisa tergerak hatinya utk mlawan Filistin.

Inilah gambaran seorang yg tidak punya hasrat utk mwujudkan visi Tuhan tetapi di sisi lain sudah mnerima urapan yg besar.
Ibaratnya spt orang yg lahir dg kekayaan berlimpah tetapi tidak punya hati utk mnggenapi khendak Tuhan.
Maka perkara kedaginganlah yg Tuhan akan gunakan utk mbentuk dia.

Sayangnya,
Simson bukan hanya tidak mmiliki hasrat thd visi Tuhan, Simson juga kurang mhormati firman Tuhan.


Phatikan ayat ini :

Hak 16:1
Pada suatu kali, ketika Simson pergi ke Gaza, dilihatnya di sana seorang perempuan sundal, lalu menghampiri dia.

Ya.
Seorang nazir Allah yg dikuduskan sejak dalam kandungan, ternyata hidup tidak disiplin dan jatuh dlm percabulan.

Simson tidak hidup dg disiplin.
Ia tidak hidup dalam pengendalian diri.
Hidupnya dkendalikan oleh hawa nafsunya.

Namun begitu,
Simson tetap mmiliki pengurapan dari Tuhan.

Stelah ia tidur dg perempuan sundal, terjadilah :

Hak 16:2-3
Ketika diberitahukan kepada orang-orang Gaza: “Simson telah datang ke sini,” maka mereka mengepung tempat itu dan siap menghadang dia semalam-malaman itu di pintu gerbang kota, tetapi semalam-malaman itu mereka tidak berbuat apa-apa, karena pikirnya: “Nanti pada waktu fajar kita akan membunuh dia.”
Tetapi Simson tidur di situ sampai tengah malam. Pada waktu tengah malam bangunlah ia, dipegangnya kedua daun pintu gerbang kota itu dan kedua tiang pintu, dicabutnyalah semuanya beserta palangnya, diletakkannya di atas kedua bahunya, lalu semuanya itu diangkatnya ke puncak gunung yang berhadapan dengan Hebron.

Simson tetap perkasa!

Disinilah kita mmahami apa kata Paulus :

Rm. 11:29
Sebab Allah tidak menyesali kasih karunia dan panggilan-Nya.

Ketika Allah mbrikan pengurapan, Ia tidak menyesalinya.


Inilah yg kadang menjadi jerat bagi para hamba Tuhan yg diurapi.

Spt kasus Simson,
Hamba Tuhan yg diurapi bisa saja tetap merasakan, mengalami dan mengalirkan urapan (karunia rohani) meski mreka sedang dalam status berdosa (hidup dlm kedagingan).

Urapan tidak langsung lenyap saat mreka bbuat dosa!

Mengapa?

Urapan (karunia rohani) dbrikan oleh Tuhan dg tujuan utk kepentingan orang lain.

Tuhan sayang pd umatNya shg Ia mbrikan urapanNya utk mnolong umatNya.

1 Kor 12:4-7
Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh.
Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan.
Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang.
Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama.

Simson mmiliki urapan itu utk kepentingan Israel.
Maka itu urapan tidak langsung ditarik karena Simson cacat scr karakter.

Namun jika si pemegang urapan tidak mnyadari hal tsb, maka urapan itu akan berbalik menghancurkan dia.


Bayangkan saja…
Simson mlakukan dosa, hidup dlm kdagingan dan tidak serius mjalankan visi Tuhan.
Tapi setiap kali dbutuhkan, maka urapan itu akan bekerja.

Allah setia walau manusia tidak setia.

Saya yakin itu faktor yg mbuat Simson ‘merasa’ seolah Tuhan akan bkenan kpd dia apapun yg dlakukannya.

Itulah yg mdorong Simson shg berani mbocorkan rahasia sumber urapannya.

Sayangnya,
Tuhan tidak berdusta.

Tuhan tidak menyangkali komitmen yg sudah Ia ucapkan.

Ketika Simson mlanggar perkara prinsipal, maka Tuhan meninggalkan dia.


Masih sangat jauh jasa Simson dbandingkan visi Tuhan dlm hidupnya.
Tetapi Tuhan tetap baik.

Simson akhirnya bertobat dan Tuhan brikan dia ksempatan utk tcatat bersama-sama dg para pahlawan Israel.
Jumlah yg ditewaskan Simson di akhir hayatnya lebih banyak dari jumlah yg dtewaskan Simson spanjang hidupnya.

Namun ia tetap gagal mwujudkan impian Tuhan, yaitu mbebaskan Israel dari Filistin.

manteb Bro Siip (sory baru sempet baca)

Bukannya Nazir itu adalah org yg dikuduskan untuk Allah?
setelah dia mengahmpiri perempuan sundal seharusnya dia bukan seorang Nazir lg dong… Logikanya begitu…

dan saya jg sadar ttg Hak 16 :20 saya membaca kalimat samson, sepertinya dia sdh tidak sadar dr mana asalnya kekuatan shg dia tdk berjaga-jaga malahan memberitahukan kelemahannya…

4X pertanyaan ya kl ga salah? ada makna nya ga tuh?

Nazir atau tidak nazir, nyatanya urapannya masih ada.

dan saya jg sadar ttg [u]Hak 16 :20[/u] saya membaca kalimat samson, sepertinya dia sdh tidak sadar dr mana asalnya kekuatan shg dia tdk berjaga-jaga malahan memberitahukan kelemahannya..

Kl mnrt saya sih dia tau, tp dia meremehkan firman Tuhan krn mngira bhw kali itu Tuhan tetap akan mmakluminya.

Phatikan bhw Simson hatinya sangat sedih spt mau mati ketika Delila menangis.
Saking sedih hatinya, ia sampai mkompromikan apa yg tidak bisa dikompromikan.

4X pertanyaan ya kl ga salah? ada makna nya ga tuh?

Wah…tidak tau Bro.
Ada spekulasi?

spekulasi? ada tapi ngawur… jd ga masuk itungan hehe…

ttg Delila itu saya br inget lg… bener jg, ternyata samson bener2 cinta sm dia y… (Cinta buta)
apakah seorang nazir boleh menikah bro?

Hehehe…ngga ada larangan kawin sih…

Apa spekulasi Bro?
Biar kita bahas.

ga aha bro… pemikirannya belum mateng jg soalnya…

ttg Nazir yg berdosa ttp punya urapan jg mirip keadaan sekarang y bro…
kemaren2 saya sempet mikir… ada Hamba Tuhan yg punya karunia menyembuhkan orang sakit (katanya), tapi saat dia berdialog sm nonK koq malah kesulut emosi

saya sempet nanya sm Tuhan? Koq bisa Tuhan? krn sangka saya setiap org yg bisa bernubuat dan bermujizat setidaknya mereka orang2 pilihan yg semuanya serba siap & tangguh…

haha… dr penjelasan bro siip saya makin nangkep makna2 yg ada dibalik kisah Simson

Karunia rohani tidak menjamin kmatangan karakter para pemegangnya.

Dg kata lain, karunia rohani itu bukan sarana utk mmatangkan karakter pemegang karunia tsb.

ya… pemikiran saya terbalik

karena ada orang yang begitu bijak tapi tidak disertai nubuat dan mujizat…
sementara ada yang bisa bernuabuat dan mengadakan mujizat namun kurang bijak… ^^

!) belum ada kisah lainnya tpi pernah nonton filmnya dan delila memang sangat cantik dan sexy pantes aja simson jadi buta
2) free well dari tuhan dalam alkitab , selau limited
zaman adam semua boleh dimakan tapi yang ditengah tidak boleh
tapi batasan cuma buat peran utama buat pemain figuran batasan itu ga ada karena pergerakannya tidak banyak maka tidak menyentuh limit

Tuhan Yesus memberkati
Han