Iman vs percaya, yang mana lebih unggul?

Iman dan percaya apakah sama?

jika berbeda, yang mana lebih ‘dekat’ dengan Tuhan? Apa bedanya?
Tnx b4 :slight_smile:

katanya :

Iman : percaya sebelum melihat = contohnya angin

Percaya : sudah melihat : contohnya yang ada di sekitar kita yang bisa di lihat.

kalo menurut aku yang lebih dekat Iman

… diatas dijelasin percaya sebelum melihat… jadi ya iman=percaya dong bro… konklusinya seharusnya begitu… namanya beriman ya percaya

Iman …lebih dari percaya
Iman itu dasar … kita percaya

Heb 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

betul sekali kk kalo beriman pasti percaya,tapi kalo percaya belem tentu beriman.

kalo menurut saya seperti itu. ^^ thx kk GB

IMAN adalah sekumpulan dari objek2 percaya…

jadi objek2 percaya itu ( yg lebih dari satu) membentuk suatu IMAN…!!!

mungkin bisa menambah.

gimana baru namanya beriman donk??

kita bisa menunjukan kalau kita percaya, tetapi bagaimana kita bisa menunjukkan kalau kita beriman?
bisa saja seorang yang sudah jadi pendeta puluhan tahun ternyata tidak mengimani apa yang dia ajarkan. jadi percaya sudah bukan takar ukur dari kata ‘iman’ kan?

kalo orang yang beriman pasti benar-benar percaya akan Tuhan pasti taat akan perintah Tuhan dan menjauhi larangannya.

susah sih ya kalo mau ngukur iman???

beriman itu bukan swtu hal yg bisa di klasifikasikan (seharusnya)…

Bila seseorang yakni si A mengatakan si B itu beriman…
Itu tidak valid…

Sbab si tidak tentu tahu 100 % tentang si B…

Kcuali si A mengklaim dirinya sendiri ber iman, saya rasa itu sah2 aja…
Tinggal dibuktikan benar atau tidaknya dalam nubuat nya sehari…

bgaimana caramu menunjukkan kau percaya?

Mengapa malah kamu tidak tau menunjukkan bahwa km berima?

Tapi yg jelas saat Yesus berkata: “Akulah pokok anggur yg benar dan BapaKU lah pengusahanya… Kamu harus tinggal didalam Aku dan Aku tinggal dalam kamu, sbab Diluar Aku kamu tidak bisa berbuat apa2”

percaya: bhwa jika tidak tinggal di dalam Yesus, kamu tidak akan mampu berbuat apa2…

Yg akhrnya rasa percaya mu itu menuntut objek2 lain tentang Yesus…

Nah stelah kau bnr2 percaya dan dirujuk dgn percayamu yg lain…

Hal tsbt menjadi rasa (sense) yg kuat didalam diri kamu, yakni iman…
Dan itu bukan untuk dipamer2kan.

benar…
Bisa aja…
Dan itu nyata…

ga juga…

Sampai kapanpun percaya adalah kaki 2 dari iman, yang menopangnya…

o0o jadi begitu yach… bu guru Alice… ;D

murid liber… liberty mau tanya nich… :smiley:

Yoh. 11:25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa [b]percaya[/b] kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, Yoh. 11:26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. [b]Percaya[/b]kah engkau akan hal ini?"

kenapa koq Yesus ga bilang “iman” yach? :rolleye0014:

Yoh. 6:47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya, ia mempunyai hidup yang kekal.

Yoh. 7:38 Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."

:happy0065: ayo… ayoo … jawab murid liberty… :smiley:

lalu bu alice tanya lagi nich… :smiley:

lalu definisi “percaya” apa yach?


http://www.laymark.com/i/m/m048.gif
selamat mengerjakan bu guru Alice ;D

selamat Malming all :afro:

IMO
iman dan percaya → beda
dalam iman ada unsur percaya
tapi dalam percaya belum tentu ada unsur iman
karena iman itu percaya meski juga tidak melihat
dari hal ini berarti yang lebih ‘dekat’ dengan Tuhan adalah IMAN
yah karena kita bisa tahu keberadaan Tuhan walaupun kita belum pernah melihat/bertemu langsung dengan diriNYA

boleh coment yah bro…

Waktu Yesus tertidur…
Dan perahu mereka diombang ambing oleh angin ribut.

Lalu murid2 membangunkan Yesus, dan menghentikan angin ribut tsbt…

Lalu Yesus bertanya: “dimanakah iman mu?”

bukan…
"dimanakah percayamu??

Jika engkau percaya…
Itu akan menjadi rujukan2 bagi imanmu…

Ayat bro diatas untuk satu poin percaya,

dan masih bnyk hal2 lain, yg harus kita percaya yg nantinya membentuk swtu iman…

@chrisma :

bisakah mengerjakan soal saya @ atas?? :smiley:

bukan masalah bisa atau tidak bisa
saya kira saya berhak untuk memilih antara menjawab/tidak menjawab
jawaban saya untuk thread ini sudah saya postingkan sbb:

hehe… tapi kan jelas… iman itu juga tumbuh dari percaya…

jadi apakah Yesus pernah mengajarkan “imanilah Saya”

tetapi Yesus berkata “percayalah kepadaKu”

tapi kan harus di jelaskan donk…

mengapa… karena murid liber… bertanya kepada chrisma hehehe

i said so juga…
Bahwa percaya adalah kaki2 yg menopang iman…

benar…

Tapi apakah pertanyaan diatas juga memberi pengertian dan sumbangsih thdp judul thread?

percayalah kepadaKU…

Satu poin…

Bhwa begitu besar kasih Allah …

Satu poin…

Berbahagialah kamu

satu poin
dan msh bnyk lagi ayat lain…

smua poin itu menjadi satu kesatuan…

Sehingga pantas bagi YESUS bertanya: “DIMANAKAH IMANMU?”

akan sangat susah bila YESUS bertanya:
dimanakah percaya mu thdp PerkataanKU yg ini, dimanakah percayamu akan perkataanKU yg itu?
Dimanakah percayamu akan perkataanKU waktu Khotbah dibukit, dimanakah percayamu waktu Aku membangkitkan orang mati?

Khan ribeet…
(dari segi penggunaan)

tapi emang pada dasarnya percaya adalah kaki2 yg menopang iman…

bro tamboenz… terhadap poin2 di atas saya setuju… :smiley:

tapi bawahnya ini yang agak bingung… :smiley:

bingungnya begini

percaya => “kaki” dari => iman

sedangkan iman adalah dasar akan segala sesuatu… (Ibr)

jadi apakah dasar sesuatu memiliki dasar lagi…??

:slight_smile:

@ iche chan
sbab percaya saja tidak cukup bisa kamu lihat dari ayat di bawah ini…

Mereka yg mendengar perkataan Yesus hendaklah juga melakukannya…
Ia akan sama saja mendirikan rumah iman yg kokoh…
Skalipun ada badai datang menyerang ia tidak akan goyah…

[Matius 7:24-27]
"Setiap orang yang
mendengar perkataan-Ku ini dan
melakukannya, ia sama dengan
orang yang bijaksana, yang
mendirikan rumahnya di atas
batu.

Kemudian turunlah hujan
dan datanglah banjir, lalu angin
melanda rumah itu, tetapi rumah
itu tidak rubuh sebab didirikan
di atas batu.

Tetapi setiap orang yang
mendengar perkataan-Ku ini dan
tidak melakukannya, ia sama
dengan orang yang bodoh, yang
mendirikan rumahnya di atas
pasir.

Kemudian turunlah hujan
dan datanglah banjir, lalu angin
melanda rumah itu, sehingga
rubuhlah rumah itu dan hebatlah
kerusakannya."

[Lukas 6:47-49]

Setiap orang yang datang
kepada-Ku dan mendengarkan
perkataan-Ku serta
melakukannya – Aku akan
menyatakan kepadamu dengan
siapa ia dapat disamakan --,

ia sama dengan seorang
yang mendirikan rumah: Orang
itu menggali dalam-dalam dan
meletakkan dasarnya di atas
batu. Ketika datang air bah dan
banjir melanda rumah itu, rumah
itu tidak dapat digoyahkan,
karena rumah itu kokoh
dibangun.

Akan tetapi barangsiapa
mendengar perkataan-Ku, tetapi
tidak melakukannya, ia sama
dengan seorang yang
mendirikan rumah di atas tanah
tanpa dasar. Ketika banjir
melandanya, rumah itu segera
rubuh dan hebatlah
kerusakannya.

Tapi bagimu yg hanya mendengar dan mendengar saja , tidak melakukan…

Saat badai datang rumah imanmu akan rubuh…

Yg lebih parah lagi kamu bs malah menghujat Yesus maupun Allah…

Itu yg sering terjadi…

Dan hal diatas menjelaskan…

Setelah engkau mendengar firmanNYA…

Lalu engkau percaya…

Kemudian melakukannya…

Semua itu akan menjadi iman bagimu…

Dan juga sbagai bukti atau sense yg menyatakan yg bersaksi bahwa Yesus adalah Tuhan.

Dan yg paling dekat adalah iman thdp Allah…

Salam…

anak panah yg dilontarkan dari busur tentu ada arahnya atau bidikannya…

Bro liberty menanyakan hal yg diutarakan ayat ibrani…

Mungkin saya boleh minta ayatnya?

Iman adalah dasar dari segala sesuatu tentang kita dgn Allah…

Yg kita cakup sesuai thread iman dan percaya?

Kita bahas anak panah dan busur…

Umpamakan…

Baru stelah itu menuju kesasaran…

Stlh iman itu dibentuk oleh percaya…
Dan solid…

Inilah yg merupakan dasar kepada sasaran2 kita akan apa, bgaimana, kita dgn Allah…