Hilang Keselamatan

Kenapa makan babi, jadi hilang keselamatan :coolsmiley:

Siapa yang bilang begitu ?

GBU

ada gereja yang katanya Kristen, mengajarkan seperti itu. makanya umatnya ngga ada yang makan babi kalau tidak mau hilang keselamatan.

atau jangan-jangan gereja ini menipu umatnya ya??? kesian juga yah!!!

cacing pita??? orang-orang dicina yang hobi makan babi , umurnya banyak yang dapet bonus. :slight_smile:

Gereja Advent menjaga nilai-nilai Taurat, babi adalah binatang haram, bukan saja babi, juga udang, kepiting dan sejenisnya sama nilai larangannya dengan babi (mohon dibedakan dengan muslim). Selain makanan haram juga hari Sabbat wajib di jaga.

Bukan kehilangan keselamatan tetapi ia melanggar perintah Allah (=dosa). Akan dituntutkan kepadanya pada hari penghakiman nanti.

babi didapat dg mencuri…orang belum bertobat … lalu mati. :smiley:

babi panggang … yummi

iceng mau ikut ? …

hehehe

10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi.
10:11 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah.
10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung.
10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: “Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!”
10:14 Tetapi Petrus menjawab: “Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir.”
10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: “Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram.”
10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.
10:17 Petrus bertanya-tanya di dalam hatinya, apa kiranya arti penglihatan yang telah dilihatnya itu. Sementara itu telah sampai di muka pintu orang-orang yang disuruh oleh Kornelius dan yang berusaha mengetahui di mana rumah Petrus.

Apakah akhirnya Petrus memakan binatang haram dlm visinya, maupun kedepannya dlm mengartikan vision yg dilihatnya ?

10:28 Ia berkata kepada mereka: "Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.

So… Adam n Eve diperingatkan utk tidak memakan buah pengetahuan DEMI KEBAIKAN mereka sendiri… sebab akibat dari memakan buah pengetahuan adalah MEREKA MENJADI MENGENAL HAWA NAFSU/DOSA.

Sebagaimana IMHO, Tuhan melarang manusia utk makan binatang “unclean” yg makan kotoran, muntahan… bahkan mayat sesama binatang itupun dimakan jika ada dihadapan binatang tersebut adalah DEMI KEBAIKAN KITA SENDIRI.

Namun Tuhan YEsus Kristus telah berkata: “Apa yg menajiskanmu bukan yg masuk dalam mulut, melainkan yg keluar dari mulut”

Sehingga… berdasar 2 ayat diatas, terserah kesimpulan dan keputusan saudara dlm mengartikannya.
Yg jelas Tuhan Yesus bersabda: “Manusia berkuasa atas Hari Sabbat”
bisa juga dicocokmologi; Manusia berkuasa atas hukum Taurat yg mana maknanya: HUKUM TAURAT adalah DEMI KEBAIKAN KITA SENDIRI.
Secara kasta juga terlihat beda level dgn orang2 yg tidak mengenal Hukum… kelasnya lebih elite dlm hal perilaku, moral, etika… namun semua itu dikemudian hari ditafsirkan sendiri oleh Ahli2 Taurat sehingga menjadi 600+ peraturan, dan macem2 ritual (Outward).

enaaak … ada yang mau ?

hehehe


bagaimana dengan PB yang tidak mengharamkan babi etc om?

nah kalo ditambah udang,kepiting malah ngga kebaca dialkitab.
menjaga nilai-nilai Taurat , arahnya bukan kristen dong, mungkin judais ato apalah…

Bukan kehilangan keselamatan tetapi ia melanggar perintah Allah (=dosa). Akan dituntutkan kepadanya pada hari penghakiman nanti.
kalo dah dosa, ngga mungkinkan Surga yang kudus bercampur dengan dosa. artinya ngga beda jauh sama "kehilangan keselamatan " :)

sebetulnya topik seperti ini sudah pernah dibahas.
oke, wait n see, bagaimana kelanjutannya.

Kalau menurut kitab suci, siapa mau berpantang silahkan. Baik jika itu untuk kemuliaan Tuhan. Bukankah Daniel malahan berpantang hanya makan sayuran saja, dan itu dilakukan untuk Tuhan maka dihargai. Tidak ada firman Tuhan melarang makan daging. Tuhan berkata kepada Daniel : “Engkau sangat dikasihi”.

Siapa tidak berpantang, karena yakin segala sesuatu dikuduskan dengan ucapan syukur juga baik. Karena mereka lakukan itu untuk kemuliaan Tuhan. Baik makan atau pun tidak makan, dilakukan untuk Tuhan.

Saya bukan Adven, dan malahan debat kusir dengan mas BJ Tan tentang Sabat di board non trinitarian. Tetapi hari Sabtu lalu saya khususkan buat Tuhan, dan Sabtu ini juga., dan may be Sabtu-Sabtu selanjutnya ? Siapa melarang ? Mumpung libur ? Kan gak ada ;D

GBU

Hilang KESEHATAN

Hal babi, Udang, kepiting dan sejenisnya dilarang ada alasannya.

  • Babi adalah sejenis binatang yang tidak punya sistem kekebalan tubuh, maka orang yang memakan babi akan terinfeksi oleh bakteri yang ada dalam babi itu dan menjadi sakit.

  • Udang, kepiting dan sejenisnya, selain dari hal makan kotoran juga menyerap metal berat seperti timah hitam, raksa, dll yang toksik.

Hilang keselamatan mungkin tidak, tetapi kehilangan kesehatan tentulah akan meninpa orang yang makan babi atau kepiting.

Apa yang kita makan menjadi bagian dari kita. Oleh sebab kita disebut “Bait Allah” (1 Korinbtus 3:16), maka dengan membangun Bait Allah dengan kotoran tentulah kita berdosa…

“Karena itu siapa yang meniadakan salah satu perintah hukum Taurat sekalipun yang paling kecil, dan mengajarkannya demikian kepada orang lain, ia akan menduduki tempat yang paling rendah di dalam Kerajaan Sorga; tetapi siapa yang melakukan dan mengajarkan segala perintah-perintah hukum Taurat, ia akan menduduki tempat yang tinggi di dalam Kerajaan Sorga.” (Matiua 5:19
)

Dalam Kerajaan Sorga, mau menduduki tempat yang paling rendah, atau menduduki tempat yang tinggi?

Tuhan memberkati…