help me please guys :(

teman2
aku minta saran kalian nih
gimana kalo seandainya qt punya pacar yang punya keyakinannya katolik
padahal kalian udah lama pacaran ma dia
keluarga n saudara2nya, dari pihak qt juga udah pada tahu gitu
terus sii cowok (bagi yang cewek) sii cewek (bagi yang cowok) udah serius banget ma qt
qt pun juga udah serius banget ma dy
cuma hal di atas yang bikin salah satu pihak agak keberatan

kasih saran kalian y :slight_smile:
thank u
Gbu

Kalo hubungan sudah serius tinggal dilanjutkan aja ke jenjang selanjutnya pernikahan.
Masalah agama mungkin bisa jadi satu saja …(satu gereja) pilih yang dimantepi yang mana??
ambil keputusan…

klo 2-2 nya sama berat …ujung2 nya ke gereja sendiri sendiri …

Jika gereja menjadi satu : tetap di jaga, jangan smp terjadi salah satu malah tidak pergi ke gereja “lantaran” pindah gereja

Jika jalan sendiri2 : anak harus tetap dibawa ke gereja ,dan di beri pengertia supaya tidak bingung

tidak semua bisa dikompromikan…coba dilihat situasinya bagaimana.
setahu saya sejauh yang saya lihat…sesama kristen pun belum tentu sehabis menikah jadi 1 gereja bahkan kompak dalam keluarga, apalagi yng lain / beda denom…duh berat banget.
yang disebut jodoh itu bukan sepadan dalam 1 aliran tapi lebih ke roh masing-masing itu sepadan engga, jadi dari roh cewe imbang dengan roh cowo nya itu prinsip kesepadanan dalam hal jodoh.
tapi…
tidak menutup kemungkinan yang satu memanggul yang lain…itu terserah Tuhan…

pertanyaannya : coba dipikirkan lebih lanjut kl melangkah ke jenjang pernikahan dengan konsekuensi yang ada, misal dah punya anak…trus pelayanan di gereja bagaimana…pasangan dapat ga diajak terus maju atau cenderung pro status quo …dipikirkan semua akibatnya…dan tanya ke diri sendiri …sanggup ga bayar harganya kl semuanya terjadi ?

GBU

ada beberapa opsi yg bisa dipertimbangkan…

  1. harus ada yg mau mengalah. pindah ke salah 1 agama -ya meskipun sebenarnya tetap pada Yesus. tapi ya tetap harus yakin… errr maksudnya, yakin bahwa itu jalan yg terbaik
  2. menikah dengan kompensasi dr greja. tetap bisa ko… masalah anak gimana, itu silahkan dibicarakan bersama, sebagai orangtuanya yg bertanggung jawab atas mereka.