haruskah memberi kepada pengemis ????

:mad0261: di kota saya banyak banget pengemis masih di bawah umur, malah ada yang balita. biasanya mereka nongkrong di lampu merah. yang menyedihkan orang tua mereka enak tidur2an di bawah pohon disekitar itu :’(
saya pernah kasih uang ke salah satu dari mereka, begitu melihat temannya dapat uang yang lain pada lari mengerubuti saya dan menuntut bagian yang sama.

sebenarnya sih kasihan, tapi kalo di kasih sepertinya akan menjadikan mereka pengemis seumur hidup.

gimana pendapat fkers :angel:

Sebab…segala sesuatu (read: semua) yang kamu lakukan… dst baca Mt 25:40

Mt 25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

Mr 14:7 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, dan kamu dapat menolong mereka, bilamana kamu menghendakinya, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.

Lu 6:38 Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu."

kalo mau memberi, sebaiknya berikan dengan ikhlas… karna mau dia dan mama bapaknya enak-enakan tidur di

bawah pohon atau gak, itu urusannya dia…

yang penting kita melakukan apa yang harus kita lakukan, memberi dengan tulus,karna kalo masih sebel ngeliat

mama bapaknya yang suka males2an jadi gak tulus,

Ulangan. 15:11 Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu." Jbu

jangan kasih duit, dia khan udah seharian berusaha cari duit (terlepas disuruh siapa dan alasan apa), pasti capek, lebih baik kasih teh botol aja atau makanan kecil, yg intinya pemberian kita pasti bisa dipakai oleh si anak kecil itu. kalo duit khn mesti disetor.

setuju jangan kasih uang mending beliin susu atau apa yang bisa dipakai langsung anak itu. karena memberi tidak selalu baik.

Yah mungkin bisa juga kali memberikan barang atau makanan
Dan kalo bisa memberikan arahan agar mereka mau kerja
Jadi pas kita kasih barang ke mereka, kita lakukan pendekatan agar mereka mau bekerja

pernah juga kasih makanan, tapi menggerutu. dikasih receh juga kadang suka ngomel lo… katanya “1000 dong mbak” sebel kan ?

welehhhh… jadi inget waktu dibkin tugas ttg para gepeng (gembel dan pengemis)…

sempet kesel juga, soalnya mereka memang tampak miskin di ibukota ini tapi ternyata dikampung mereka… hidup mereka lebih nyaman dari pada akyu. hikss…

para gepeng itu punya “boss” yang siap menerima setoran jadi mending jangan kase uang deh…

Wah kalo kaya gitu kejadiannya
Bilang aja gini “kalo kamu gak menghargai yanh kecil pemberian dr aku, gimana Tuhan mau memberikan yang besar kepada kamu?”

iya deh, entar aq dakwah di lampu merah. ada mau ikutan ndak???

hihihi lope buat menghadapi para gepeng ya ndak gtu juga kalee…

bisabisa mereka akan bilang : “maksuuuuddd looo ???”

Lah untuk menghadapi orang yang bebal kita harus menggunakan kalimat yang halus tapi menyentil
Supaya dia sadar… Kalo dia bilang maksud lo?? Bilang aja gini…maksud gw sih udah jelas… Terus otak lo yang belom jelas…
Kaya sutradara aja nih gw

he…he… bisa aj si lope. entar kalo gath di bogor lagi kita samperin tuh pengemis bareng2 yach lov. kita kumpulin deh mereka semua an kita sentilin atu2. biar pada tobat jadi pengemis, he…he…

Boleh juga tu usulnya

*obsesi sutradara mode On

di kota besar ataupun kota kecil sekarang banyak kasus seperti ini
sedih…inilah realita…
sulitnya mengubah moral
tapi dengan menunjukkan kasih minimal kita bisa menjadi saksi buat mereka
mau kasih uang atau makanan atau pakaian apapun…
yang penting adalah sikap hati kita
semoga mereka cepat sadar

Kalo aku, dibuat simpel aja…
Kalo ada pengemis, dan kalo emang kita punya sesuatu untuk dibagikan…
Ya kita kasih aja dengan tulus ikhlas…

Ga usah ribet mikirin:
Dia ada bosnya, dia di kampunya hidup enak…
pemberian kita dipake untuk hal yang nggak-nggak…
deelel…deelel…

Hidup ini semuanya adalah pilihan…
Dan tanya sama hati kita sendiri apa yang harus dipilih…
Kalo emang itu hal positif ‘pada saat itu’ ya… lakukan aja…
Entah akan berdampak apa setelah itu…
Apa akan menjadikan mereka pengemis seumur hidup…
Itu juga akan menjadi pilihan mereka…

Pendapatku siey…
:afro:

Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri…

Kalau pendapatku,kita ‘kerjakan bagian’ kita saja…
Bener kata temen-temen… Kalau kita tanya sama diri kita sendiri,pasti ada rasa kasihan pada diri kita kepada mereka… Aku pikir kita ga’ boleh menahan keinginan kita untuk mengasihani dan memeberi sebagian dari milik kita kepada mereka… Kenapa,karena itu baik buat mereka… Bagaimanapun respon mereka kepada kita,apa pun yang mereka lakukan dengan sesuatu yang kita berikan kepada mereka,itu bagian mereka…

Hal-hal seperti ini sering membuat kita bingung terkadang,namun bila jawaban-jawaban ini kurang membantu langsung saja tanyakan sama Tuhan dalam hatimu… Bapa tahu kok semua jawaban atas semua pertanyaanmu,termasuk ini… God bless… :slight_smile:

setuju ama pendapat “sulitnya mengubah moral”, karena bagi mereka, mengemis itu adalah suatu kerjaan halal.

diceramahin? kalo dicuekin sich masih mending x, takutnya didatengin ama bos-nya trus diculik (buat digebukin maksudnya) karena dianggap menganggu pemasukan mereka.

Intinya kita harus mau memberi dengan bemtuk apapun
Dan itu semua harus nyata
Sebagai orang kristen kita harus punya integritas, jangan cuma ngomong aja mau memberi…tapi benar2 memberi
Soalnya aku sering banget denger banyak org kristen yg ngaku care sm org miskin tp kenyataannya gak gitu
Tp banyak juga yg care beneran

Kalo masalah sulitnya mengubah moral, di dunia ini gak ada yang sulit!! Asal ada jalan dan kemauan semuanya bisa
Buktinya banyak kok mantan gepeng yg sekarang udah punya kerjaan
Sulit itu bukan berarti gak bisa kan? Anything is possible with God n responsibilty