haruskah kita bisa berbahasa roh?

waktu kmaren kan aku pergi ke gereja…waktu pendetanya selesai kotbah dia bilang “yang merindukan hadirat Tuhan angkat tangan”…ya udah aku angkat tangan trus dia doa sama Tuhan bla bla bla…trus akhirnya si pendeta suruh yang angkat tangan maju ke depan…jadi aku maju…nah, waktu di depan, dia jelasin sama kita tentang 9 karunia dari ROh kudus…waktu dia mau baca, dia bilang “saya akan bacakan ke9 karunia Roh kudus yang akan di berikan pada kita.saya harap semua berbahasa roh sementara saya minta Tuhan untuk menurunkan pada kita karunia tersebut”…jadi, semua orang berbahasa roh…mungkin hanya 3-5 orang yang gak bisa termasuk saya…pada saat dia baca karunia ke8 yang isinya tentang berbahasa roh, dia bilang siapa yang gak bisa bahasa roh?..ada 3 orang yang angkat tangan…saya sih nggak angkat tangan…jadi, dia doa lagi akhirnya tersisa 1 orang yang gak bisa bahasa roh…sesudah itu, dia bilang ayo semua tumpang tangan ke orang yang nggak bisa bahasa roh…wah, saya ini bingung harus gimana…saya juga gak bisa bahasa roh…jadi sudah saya diam2 saja trus kepal tangan kyk orang lagi doa…waktu orang semua bahasa roh,l saya cuma diam saja…

saya bingung btul2…saya rasa mungkin belum saatnya bagi saya untuk bisa berbahasa roh…apakah itu harus di paksakan?..karena saya tahu hati saya belum melekat betul pada Alah.apakah harus dipaksa?..

itu karunia Tuhan, gag bisa dipaksakan!

hati-hati menyikapinya… Tuhan bukan jongos kita yang bisa kita perintahkan… bahasa Roh adalah karunia… nggak bisa dipaksakan…

setuju… tidak dapat dipaksakan…mungkin 1 korintus 14:1-25 akan dapat membantu… bahasa roh memang karunia dari Tuhan , dan menurut saya, lebih kepada interaksi pribadi diri kita dengan Tuhan, karena roh yang di dalam kita yang mengucapkan segala rahasia kepada Tuhan.

"karena itu siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia harus berdoa, supaya kepadanya diberikan juga karunia untuk menafsirkannya. Sebab jika aku berdoa dengan bahasa roh, maka rohkulah yang berdoa. jadi apakah yang harus kubuat? aku akan berdoa dengan rohku, tetapi aku akan berdoa juga dengan akal budiku; aku akan menyanyi dan memuji dengan rohku, tetapi aku akan menyanyi dan memuji juga dengan akal budiku. sebab jika engkau mengucap syukur dengan rohmu saja, bagaimanakah orang biasa yang hadir sebagai pendengar dapat mengatakan ‘amin’ atas pengucapan syukurmu? bukankah ia tidak tahu apa yang kamu katakan? sebab sekalipun pengucapan syukur mu itu sangat baik, tetapi orang lain tidak dibangun olehnya. "

emang si pendeta gk maksa harus saat itu juga khan bisa bahasa roh? emang si pendeta marah2 kalo yg didoain tetep gk bisa bahasa roh? khn dia cuma minta jemaat di depan untuk bantu doa.

sharing dunk teman2 :
apakah kita sebagai anak Tuhan harus bisa bahasa roh ?
sementara kita ga tau arti dari bahasa roh yang kita ucapkan ?
kalo bahasa roh adalah karunia, itu arti tidak semua org bisa bahasa roh bukankah setiap org karunianya berbeda-beda?

Untuk aq secara pribadi harus… krn karunia bahasa roh tujuannya untuk membangun iman diri sendiri …krn itu dikatakan :

1kor 14:4 Siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia membangun dirinya sendiri, tetapi siapa yang bernubuat, ia membangun Jemaat.

sementara kita ga tau arti dari bahasa roh yang kita ucapkan ?

Dlm ayat ini menjawab demikian:

1Co 14:13 Karena itu siapa yang berkata-kata dengan bahasa roh, ia harus berdoa, supaya kepadanya diberikan juga karunia untuk menafsirkannya.

Tujuannya??
Supaya tidak hanya membangun dirinya sendiri ttp juga membangun orang lain

kalo bahasa roh adalah karunia, itu arti tidak semua org bisa bahasa roh bukankah setiap org karunianya berbeda-beda?

Bisa memintanya … asal mau percaya :coolsmiley:

Mt 7:7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.

Joh 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

Tuhan tahu bila hati kita sedia untuk karuniaNya. Meskipun kita berkata kita sedia untuk menerima karunianya tetapi Tuhan lebih mengetahui. Kalau kita sangat menginginkan nya kita tak usah minta pendeta untuk berdoa bagi kita. Kita boleh minta sendiri. Seperti dalam Joh 15:7 kita harus tinggal dulu dalam Dia baru Dia boleh mempercayakan karuniaNya bagi kita.

Tuhan gag bisa maksa cui… walaupun lu dikasih karunia itu, tapi lu gag mau membuka hati / mengatakan nya ya sama aja boong

…Shallom…mungkin kamu bs dberkati dengan buku JACK HAYFORD,THE BEAUTY OF SPIRITUAL LANGUAGE…cari aj dtoko buku kharisma…JBU

Shalom,
Menurut aku bhs roh itu penting, dan aku yakin TUhan pasti kasih karunia Roh ini ke anak2NYa yg meminta kpd-NYa.
Berdasarkan pengalamanku, aku dulu juga blm dapat karunia bhs roh, setiap ada baptisan Roh kudus aku blm bs juga bhs roh hehehe…tp setelah bbrp kali meminta akhirnya aku dpt juga bhs roh.
Aku percaya Never jg pasti dapet kok karunia berbahasa roh asalkan tetap berdoa dan yakin TUhan pasti akan memberikannya, dg tetap sabar tunggu waktunya TUhan…:slight_smile:
GBU

Shalom,
Menurut sy, bhs roh itu penting utk membangun rohani kita.
Berdasarkan pengalaman sy, sy dulu jg beberapa kali meminta bhs roh tp blm dikasih. Akhirnya suatu hr pas di ibadah ada baptisan Roh kudus, dan akhirnya Tuhan kasih.
Kuncinya tetap berdoa dan percaya bhw TUhan pasti kasih karunia itu kpd anak2 Nya yg meminta kpd Nya, asalkan kita bersabar menantikan wkt TUhan :slight_smile:
GBU

baptisan roh kudus itu spt apa ya ? aku jg punya kerinduan pingin bs bhsa roh…tp smp skrg blm bs…tp pendeta sll blg…yg bs bhsa roh silahkan melakukan penyembahan dgn bhsa roh…tp yg tdk bisa silahkan dgn bhsa indonesia…

ikutan berbagi aja

Karunia bahasa roh adalah karunia yang menetap, dlm arti dapat dipergunakan setiap saat
bersifat panjang dalam arti bahasa rohnya tidak ngulang2

Anugrah bahasa roh adalah bahasa roh yang tidak menetap, dalam arti hanya bila ada kehadiran Roh Kudus maka baru bisa berbicara dalam bahasa roh

yang aku tahu, yang mendapatkan karunia berbahasa roh juga lebih banyak mengerti arti dari bahasa yang diucapkannya.

ada harganya…ada waktunya…

Minta karunia untuk menafsirkannya, biar tambah satu karunia lagi. Tidak rugi kan… :afro:

Jgn krn gak bisa bhs roh trus jd minder dan mundur dr Tuhan. Sy pernah baca ada ayat di Alkitab (di Korintus ??) yg berkata bhw percuma kita bisa bahasa 1000 malaikat tapi tidak punya kasih, spt tong kosong yg bunyinya nyaring. Sypun tdk bs bhs roh, mungkin krn dosa2 sy terlalu banyak & berat. Tp di setiap saat ada kesempatan walau sesaat, sy ucapkan bhw Tuhanku adalah Tuhan yg melihat hati bukan cuma perbuatan. Dng sy bs rasakan Tuhan ada di samping sy itupun sdh lebih dr cukup, kalo sampe bs bhs roh (bukan yg dibuat2) yah Praise The Lord.

1 Korintus 13 : 1-8
Sekalipun aku dpt berkata-kata dng semua bahasa manusia & bahasa malaikat, tapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama dng gong yg berkumandang & canamh yg gemerincing.

1 Korintus 14 : 2-25 mengenai karunia bahsa Roh harus diikuti karunia menafsirkan atau bernubuat supaya dapat dimengerti orang lain.