haram

JAKARTA - Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se Jawa-Madura mengharamkan tayangan hipnotis ‘Uya Emang Kuya’. Tahu tayangannya diwacanakan haram, sejauh ini Uya santai.

“Saya biasa saja, biarin saja. Santai saja,” ujar Uya kepada okezone, Jumat (25/3/2011).

Tayangan hipnotis ‘Uya Emang Kuya’ dinyatakan haram. Hasil ini berdasarkan keputusan forum Bahtsul Masa’il yang digelar Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) se Jawa-Madura yang ke-22 di Pondok Pesantren Darussalam Jajar, Desa Sumbergayam, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek, Kamis (24/3/2011).

Forum itu menilai, tayangan yang berdurasi 30 menit itu terbukti mengupas aib orang lain. Meski bertujuan menghibur, apa yang dilakukan selebritis Surya Utama atau kesohor dengan nama Uya Kuya itu dianggap melanggar ketentuan hukum Islam.

Selain membeberkan aib, hipnotis yang mengungkap kemaksiatan serta kejahatan juga terlarang (haram) untuk ditonton. Karena secara tidak langsung, tayangan tersebut akan mengedukasi (mendidik) orang yang menonton.

Meski FMPP se Jawa-Madura menyatakan haram, Muhammadiyah menentang. Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menilai pengharaman tayangan ‘Uya Memang Kuya’ adalah berlebihan. Sebab acara yang dibawakan oleh presenter kocak Surya Utama atau Uya Kuya itu hanya bersifat hiburan semata.

Sedangkan dalam prinsip hubungan Muamalat (Hubungan antar sesama) tayangan berdurasi 30 menit itu telah memenuhi prinsip Antarrodhim atau kesepakatan.

Soal prinsip kesepakatan ini juga dijabarkan oleh Uya.

“Saat menghipnotis pengunjung, saya selau mengatakan, ‘Silakan katakan apa yang layak dikatakan dan jangan dikatakan jika memang tidak layak untuk dikatakan’. Dari situ sudah jelas. Lagipula acara itu untuk mengeluarkan uneg-uneg peserta,” beber Uya.

Selain itu, usai dihipnotis, pengunjung tersebut diberi kesempatan untuk melihat hasil hipnotis. Di akhir acara pun selalu ditampilkan sesi pengunjung menandatangani persetujuan di atas materai. Jika yang bersangkutan keberatan untuk ditayangkan, maka tidak ditayangkan.

wah luar biasa
apa yang tidak haram ya?

itu kan acara dagelan yg skenarionya sdh disetting dan diatur oleh sutradara, mau aja dikibulin.

tapi dilihat dari unsur syirik, itu sudah jelas.

enak ya, agama yg menghalalkan semua hal.

emang enak, sebab bukan apa yang masuk yang menajiskan tapi yang keluar itulah yang menajiskan, sebab yang masuk ke dalam mulut itu berakhirnya di wc, tapi yang keluar dari mulut itu yang berasal dari dalam hati.ada agama tertentu yang katanya menyembah Tuhan tapi kenyataannya berbuat anarkis dan membunuh pun dalam nama Tuhan.

ntar ngorok pun haram ;D

itulah hikmat^^

betul :afro: pintar kamu, tapi tengoklah dulu ini :

Yah biarin aja toh Exia…
Asal tidak mengganggu kamu aja…

Lagian acara itu murni hiburan, smua yang katanya “dihipnotis” sudah diatur smua…

bener banget tuch…percuma jaga makan supaya ngga kemakan makanan yang haram, tapi perbuatannya mencerminkan perbuatan haram yang sejati…wkwkwkwk…

secara kristen …
itu haaramm yang mana bagaimana nya … shee

nee
apa kristen mengenal halal dan haram
coba … dalilnyaa

Harusnya udah jelas tuch :smiley:

jelass apanyaa ??

Harusnya udah jelas tuch :smiley: :smiley:

mana dalilnya …

???

Masih belum jelaskah? :mad0261:

tuh baca jawaban sis yane^^ v
ya itu dalilnya ^^

dalill paann … biar gampang gini dulu

dipinisi haramm … secara kristen
dipinisi halal … secara kristen

ayoo … manaa

Mat. 15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”
Mat. 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
tu Firman Tuhan

begitu …
yang namanya haramm dan halall ???

yaa udahh … stop

Gini dech bro/sis bandeng, sebenarnya definisi haram yang bagaiman yg pengen diketahui oleh kmu? Haram dalam hal makanan kah ato haram dalam hal perbuatan atau tindakan??
Kalo haram soal makanan, didalam kristen ngga ada yg di haramkan(baca aja ayat yg di tulis bro exia) semuanya MAKNYOOOSS buat umat kristen karena semua yg masuk the end nya ke WC, tapi kalo soal perbuatan yang haram menurut kekristenan itu juga sudah sangat jelas dan juga universal kaya agama2 lainnya, yaitu: jangan mmbunuh,jngan berzinah, jngan memfitnah dan perbuatan2 cemar lainnya, itu sudah jelas HARAM bagi umat kristen dan agama2 lainnya, nach kalo bicara yg halal dalam segi perbuatan, ya yang jadi hukum terutama dalam alkitab, yaitu supaya kita saling MENGASIHI…itulah perbuatan halal dalam kristen yg harusnya bisa di contoh.

Gimana, masih ingin bertanya lagi bro/sist bandeng…???

deinisi halal
depinisi haram

jelass yaaa …

haram gimane … semua itu pake script
http://www.trangtriblog.com/emotion/rabbit-3/rabbit-3-smiley-099.gif

FMPP aja yang dodol di boongin tayangan tivi… paling2 mereka ngikut nonton juga …
http://www.trangtriblog.com/emotion/rabbit-3/rabbit-3-smiley-099.gif

pastilah kalo ndak gtu mana mungkin mereka ngeluarin fatwa wwkkwkwkw