Gombal-mengombal itu boleh ga sih

Syalom,
gombal itu boleh ga sih?
mohon bimbingannya

Gombal dalam artian gimana yang dimaksud? ;D

:wink: kalo goombal sama orang tua pasti sering, biar dapat uang jajan ;D ;D ;D

haduuuuh mending jangan dah ama nyang namanya gombal mah…apa adanya aja lebih oke. :coolsmiley:

GOMBAL = nGOMong Bahasa pALsu
===> menurut ane itu artinya bro.
setiap perkataan2 memuji tapi sebenarnya ada niat lain di dalamnya itu adalah GOMBAL.

Gombal tuh ga perlu kali ya…
mending ngomonk apa adanya…
tapi yg penting ‘Tulus’ ga di buat2… :happy0144:

shalom juga :slight_smile:
nda blh gombal mas bro :char17:, jika ya katakan ya dan jika tidak katakan tidak alias brkatalah sjujur2ny :wink:

Gbu Full

Gombal itu lain sama muji ya? Kalo muji dengan sejujurnya kan boleh? Mis: Wah, pintar kamu atau Kamu lebih cantik deh kalo… Itu termasuk muji apa gombal?

ada benernya juga sih…
kadang kita mengatakan yg sejujurnya…dianggap gombal
apa karna org2 jaman sekarang sdh terbiasa dengan mendengar kebohongan sehingga kejujuran dianggap gombal
mungkin di satu sisi seperti itu…

wenaz : yg dimaksud gombal ex ~ aku tidak bisa hidup tanpa kamu, kamu adalah nafas hidupku -_–a bla bla bla …
kl yg km mksud itu mnurutku sih bkn gombal, pko e kl gombal itu brkata yg tdk sbenarny, yg pd knyataan sbnrny… ap yg diucapkan tdk spt ap yg ada didlm hati org tsb, ini just pndpat pribadi looh :slight_smile: ;D

wah sis suka di gombalin ya? :monkeys55:

polos murni lebih bagus,kan kita kudu kayak anak2 yang datang kepada Tuhan dengan sepenuh hati tanpa ada tujuan lain

Kalo itu mah bukan gombal lagi, tapi guooombaall!! Daripada gitu mending bikin puisi aja sekalian buat si cewek.
Nah, kalo puisi itu gombal bukan ya?

setulus merpati tp secerdik ular :char14:

setuju banget sis…

klu menurutku. boleh2 saja sih, cuma jng kebanyakan
yg dengerin lama2 eneg jg ntar :char14:

Mengombal secara umum itu berbicara secara tidak jujur dengan maksud tertentu.
Tidak jujur berarti tidak ada kebenaran didalamnya, hanya ada kepalsuan.
Tuhan Yesus berkata jika ya katakanlah ya , jika tidak katakanlah tidak.
Tuhan Yesus mengajar kita harus hidup didalam kebenaran, kesetiaan dan kekudusan.

Terbiasa menggombal akan terbiasa berbohong dengan tujuan apapun.
Ini adalah tidak baik. Jangan biasakan. Menggombal berarti tidak bisa mengekang lidahnya. Lidah adalah organ tubuh manusia yang paling berbahaya. Sebab lidah bisa menghasut, menipu, memperdaya, berbohong dll.

Dengan mulut kita memuji dan memuliakan Tuhan dan dengan mulut juga kita mengatakan hal-hal yang tidak pantas.
Satu mata air akan mengeluarkan 1 jenis mata air, bukan 2 atau lebih jenis mata air.
Tuhan menuntut kejujuran dan ketegasan umat-Nya untuk hidup dalam kebenaran.

Hendaklah kamu berubah menurut pembaharuan budimu sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah; apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

contoh diatas adalah sebuah guambal…balll.balll:)
Tapi jika diperhatikan dengan seksama bunyi contoh diatas jika diucapkan akan tanpa dipahami maksudnya bisa berbahaya.
~ aku tidak bisa hidup tanpa kamu, kamu adalah nafas hidupku…
Manusia tidak bisa hidup tanpa pertolongan Tuhan saja.
Seolah-olah terdengar manusia itu menjadikan manusia lainnya sebagai yang terpenting dan paling berharga serta terlalu mengasihinya melebihi mengasihi Tuhan. Ini adalah dosa, ini melanggar perintah Tuhan Yesus.
Jadi dalam berkata-kata kita harus berhati-hati supaya tidak tersandung dengan ucapak kita sendiri.
Menggombal itu bisa menjadi batu sandungan kepada diri sendiri dalam melaksanakan perintah Tuhan.

1Ti 4:12 Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

gombal yg maksudnya "rayuan? ya boleh donk…terlebih utk seseorang yg telah mencuri hati anda. dan apapun yg telah “dicuri” adalah wajar jika anda meminta pertanggungjawaban pd orang tsb utk mengetahui hal tsb. gombal adalah gugatan dlm sebuah sidang agar (setidaknya) yg telah mencuri hati anda, mengetahuinya. kalo dlm bahasa gaulnya: ehhh lu tuh ye…harus tahu gue ini ngegombal atas perasaan hati gue yg telah lu curi neh…

simpelnya: gombal itu (bumbu) wajib dlm sebuah pendekatan :afro: