Golongan Pemecah-belah Kekristenan

Yud 1:19 Mereka adalah pemecah belah yang dikuasai hanya oleh keinginan-keinginan dunia ini dan yang hidup tanpa Roh Kudus.

Mari kita bersama dengan rendah hati, membaca dan mencoba mengerti ayat yang tertulis di atas itu, dan melihatnya dalam hidup kita. Sekaligus secara jujur kita bercermin bagaimana ayat itu ternyata sangat relevan dalam kenataan sekarang ini.

Latar belakang

Kekristenan, sebuah ajaran yang diawali oleh Jesus sendiri, telah berlangsung selama 2000 tahun dalam sejarah manusia. Berkembang dengan berbagai macam dinamika kehidupan manusia dengan beragam permasalahannya, berjuang dan bertahan hingga kini. Sebuah sejarah yang panjang bagi kehidupan manusia.

Dengan berbagai macam permasalahan, dengan berbagai macam kepentingan manusia, agama Kriten yang awalnya hanya satu, telah terpecah menjadi beberapa aliran, bahkan saat ini sudah lebih dari 33.000 aliran dengan berbagai macam karakternya.

Sebagai sebuah keluarga besar yang dipersatukan oleh iman yang sama, selayaknya berusaha untuk hidup selaras dalam semangat kebersamaan dalam kasih Kristus. Saling dukung dan saling bantu dalam menghadapi berbagai masalah kemanusiaan, bahkan dalam semangat penginjilan.

Tetapi, rupanya semangat perpecahan dari ego manusia justru semakin hari semakin terlihat. Bukannya berusaha mencari persamaan dan bekerja-sama yang ditonjolkan, justru semangat perbedaan dan merasa diri sebagai lebih benar dari saudaranya yang terpapar dalam kehidupan nyata dan maya.

Perbedaan memang ada, karena setiap aliran memang mengusung doktrin yang berbeda, karena kalau sama maka tentu tidaklah perlu berpisah. Tetapi kalau perbedaan yang terus ditonjolkan, bukan kerjasama yang didapat, tetapi perselisihan.

Forum diskusi antar agama, seperti FK ini, yang seharusnya menjadi sarana untuk saling mengenal, sehingga bisa saling memaklumi perbedaan, berusaha mengerti perbedaan, dan bekerjasama dalam berbagai bidang. Ternyata dimanfaatkan oleh Golongan Pemecah-belah untuk meperbesar perbedaan, dan membangkitkan permusuhan.

Dari setiap post para Golongan Pemecah-belah ini, sudah sangat terlihat apa yang mereka tuju. Bukan untuk menyamakan persepsi dan bertukar pandangan, tetapi menunjuk pihak lain salah, tanpa sedikitpun mau menerima penjelasan pihak lain.

Ciri yang sangat khas dari golongan ini adalah:

mereka hanya mengetahui sepotong informasi,
ditambah sepenggal ayat Alkitab sebagai pendukung,
dengan materi yang itu-itu saja, selalu berada pada thread yang sama,
bahkan mengubah thread lain menjadi thread yang seragam dalam bahasan,
dengan bahasa yang kasar,
tidak menghormati apa yang dihormati pihak lain,
tidak peduli pada jawaban pihak lain,
memelintir fakta secara sangat tidak terpuji,
berujung pada tujuan mencari keributan.

Kondisi di Forum Kristen

Forum Kristen adalah forum diskusi Kekristenan yang terbesar di Republik ini, tidak mengusung aliran ataupun denom tertentu, dengan member yang sangat beragam. Bahkan yang tidak beragama sekalipun bisa memahami Kekristenan di forum ini.

Member Kristen dari berbagai aliran dapat berdiskusi dan saling mengenal doktrin aliran lain di forum ini. Diskusi yang dinamis, kadang cenderung hangat dan seru, menjadi daya tarik dan peningkat semangat berposting.

Tetapi, keharmonisan forum diskusi ini, secara perlahan telah disusupi oleh pihak pihak yang justru menginginkan terjadinya perpecahan. Golongan pemecah-belah ini justru menginginkan terjadi permusuhan antar aliran dalam forum ini. Dengan tujuan akhir yang perlu dicermati lebih lanjut, tetapi secara mudah dapat dikatakan untuk menghancurkan persaudaraan antar penganut Kristen.

Golongan pemecah-belah ini melakukan registrasi dengan menggunakan multiple ID, tidak pernah mencantumkan secara jelas denom/aliran mereka, berganti-ganti login, dengan tujuan meningkatkan efek massal dalam diskusi, dengan harapan mendapatkan dukungan. Mereka dengan gerombolannya sengaja membuat thread yang provokatif memojokan aliran tertentu, atau menyampaikan reply yang memancing reaksi keras dari pihak tertentu.

Penghinaan Tokoh Agama

Setiap ajaran agama, memiliki tokoh yang dihormati, dipuja, dicintai, dan pantang untuk dilecehkan. Itulah mengapa secara otomatis di FK ini akan merubah setiap kata ‘jesus’ atau ‘yesus’ menjadi ‘JESUS’ atau ‘YESUS’, begitu pula dengan penulisan Allah. Suatu tanda bahwa sebagai Forum Kristen, kita sangat menghargai sosok yang dihormati, dengan cara menjadikannya berhuruf kapital. Begitu juga walaupun kita tidak mengakui nabi agama lain, alangkah baiknya jika kita juga bisa menghormati nabi lain dengan menggunakan huruf kapital di depan namanya. Begitu juga alangkah eloknya jika kita selalu menuliskan nama sosok yang dihormati agama lain dengan benar dan tanpa berniat menjadikannya sebagai pelesetan. Itulah ciri bahwa Forum Kristen mengusung ajaran yang benar, ajaran Kristen yang mengutamakan KASIH.

Bagaimana dengan situasi yang terjadi dalam 24 jam terakhir ini?

Nama Maria, bunda Maria, adalah sosok yang sangat terhormat dalam agama Kristen, apapun alirannya. Karena melalui Maria, seorang Anak telah dilahirkan yang kita kenal sebagai Jesus, Tuhan dan Sang Juru Selamat menurut agama Kristen. Maria, yang bahkan dalam agama Islam sangat dihormati, juga sebagai satu-satunya ibunda seorang nabi yang sangat dimuliakan mereka (tidak ada ibunda seorang nabi yang dimuliakan dalam Islam, kecuali Maria !).

Agama Katolik, yang juga adalah cikal bakal agama Kristen Protestan, sangat menghormati Maria. Maria memiliki posisi sangat tinggi dalam doktrin Katolik. Bahkan bapa pendiri Protestan pun masih sangat menghormati sosok Maria ini.

Apa yang terjai di FK ? Seorang member daro Golongan Pemecah-belah dengan enaknya mengganti nama Maria menjadi Mak !!! Seorang member yang berani mencantumkan denom Protestan sebagai agamanya, yang seharunya adalah seorang Kristen, dengan sembarangan mengganti nama Maria menjadi Mak, bisa bayangkan hal seperti ini terjadi di Forum Kristen?

Saya, dengan halus, menyampaikan teguran tertulis pada reply #1247 :

Bisakah anda sedikit saja menaruh hormat kepada Maria, bro? Sebutlah nama beliau dengan benar. Saya tidak peduli sejauh apa anda membeci Maria, tetapi kalau anda masih menghormati JESUS, maka letakkanlah sedikit rasa hormat anda pada ibunda JESUS. Karena bahkan orang yang anda sebut kafir sekalipun, masih menghormati ibunda JESUS itu!

Dan apa jawaban member AA (Golongan Pemecah-belah) ?

Yang gak menghormati Maria ibu YESUS itu siapa?

Coba anda baca baik-baik Maria ala katolik sesuai ciptaan bapa gereja katolik itu apa SAMA dengan Maria ibu YESUS?

Jika anda yang membuat sosok Maria tidak sesuai dgn Maria Ibu YESUS, maka anda yang sudah menghujat Maria, juga YESUS dan Allah sekaligus Bruce!

Member AA justru menyampailkan ucapan yang dipelintir, seperti tertera di atas.
dan masih melontarkan kata kata yang sama.

Selanjutnya, saya menyampaikan permintaan sekali lagi :

Yang saya minta perbaiki adalah penggunaan istilah yang anda pakai untuk merujuk pada Maria :

Bisakah ? Atau perlu dilaporkan kepada admin dan momod FK, karena anda telah menghina tokoh Kristen.

Dan apa yang direply oleh AA (Golongan Pemecah-belah) ini pada reply #1250 :

Mak itu artinya Maria ala katolik yang adalah Maria sesuai ciptaan bapa gereja katolik. Jika anda merasa terhina dengan kondisi Maria sesuai gambaran bapa gereja katolik, maka itu BUKAN tanggung jawab saya yang tidak ikut2an menciptakan sosok Maria yang lain dari Maria Ibu YESUS.

Jika saya yang menggambarkan Maria yang tidak sesuai dgn Maria Ibu YESUS, maka bolehlah anda melaporkan pada admin dan momod FK. Namun karena bapa gereja katolik yang menciptakan sosok Maria dan mengajarkan umat katolik untuk berdoa pada sosok Maria buatan bapa gereja katolik, kenapa saya yang kemudian anda laporkan Bruce?

Dan masih melanjutkan kata kata yang sama, tanpa peduli apa yang menjadi keberatan saya.
Kemudian seorang anggota golongan mereka, menambahkan tuduhan baru :

Koq menurut saya, Katoliklah yang sudah menghina Maria, dengan menjadikan Maria seorang tokoh yang tidak mengenal ALLAH, dan tidak menyembah ALLAH secara layak. Bagaimana mungkin Maria dikatakan melahirkan ALLAH semesta alam, tetapi tidak menyembah dan beribadah pada ALLAH tersebut selama puluhan tahun ??

Walaupun sudah ada keberatan yang disampaikan oleh member lain, member D4v1d lagi, justru masih menambahkan kata kata tuduhan, dan dilanjutkan oleh member AA dengan post yang sama, dengan tetap mencantumkan kata kata yang menjadi keberatan saya.

Pada reply #1261, saya tuliskan kata kata keras ini :

HAI MAHLUK BODOH, YANG DIPERMASALHKAN ADALAH PENYEBUTAN MARIA SECARA SEMBARANGAN, SEPERTI TULISAN SI BIDAT AA ITU. SAYA TIDAK MEMINTA ANDA UNTUK MENGHORMATI MARIA, TETAPI SAYA MINTA ANDA UNTUK JANGAN MENGHINA MARIA

kepada Mod,

Tolong tanggapi post keberatan saya, kami umat Katolik, merasa keberatan dengan penyebutan Maria sebagai ‘Mak’ gereja Katolik.

Kami tidak minta anda-anda untuk menghormati Maria seperti kami menghormati beliau, tetapi meminta dengan sangat jangan menghina beliau. Karena kami menghormati beliau sebagai Ibu Tuha Kami, entah bagi kalian.

Kepada saudara AA

Saya beri waktu anda 1 X 24 Jam, untuk mencabut atau mengedit post anda. Jika dalam waktu yang ditentukan anda tidak menghpus post anda itu. Post anda, dan termasuk keseluruhan situs ini, akan kami bawa sebagai bukti penghinaan agama Katolik kepada pihak yang berwenang.

Syalom

Dan direply oleh member AA dengan cara yang sama, dengan tetap mengulang kembali seluruh post nya yang memuat kata kata yang sama pula.

Kemudian, member AA justru membuat 2 buah thread baru yang berisi fitnah baru lagi :

Katolik/ Bruce melaporkan situs ini ke POLISI Katolik/ Bruce melaporkan situs ini ke POLISI - Ajaran Kristen - ForumKristen.com

“Mak” atau Maria ibu YESUS? https://forumkristen.com/index.php?topic=40012.0

Terlihat, bahwa member AA memang sengaja memelintir kata kata saya. Tidak pernah saya katakan bahwa saya akan melaporkan situs Forum Kristen ke Polisi. Karena FK tidak bersalah. Dan bukan polisi yang saya maksud dengan berwenang dalam post saya. Tetapi sengaja ditulis polisi oleh member AA (atau karena ketakutannya sendiri? atau dengan tujuan tertentu?).

Kemudian di thread kedua yang dibukanya itu, member AA berusaha membuat pelintiran baru dengan membuat SEOLAH sosok Maria ada dua orang, atau merujuk pada dua orang yang berbeda. Sesuatu yang sangat naive dan tidak masuk akal. Hanya, memang seperti biasa member dari golongan pemecah-belah ini mendapat support dari anggota golongannya yang lain.

Akhir yang belum jelas

Satu hal yang perlu diketahui oleh member FK, bahwa adalah kebohongan member AA yang mengatakan bahwa saya akan lapor polisi. Polisi tidak berurusan dengan hal hal seperti ini.

Tetapi, yang saya maksud dengan pihak berwenang, adalah pihak depkominfo yang lebih punya otoritas untuk masalah penodaan agama. Kemudian adalah pihak pimpinan dari agama masing masing, dimana kebetulan saya memiliki channel untuk keduanya.

Tetapi, satu yang saya pertimbangkan adalah forum kita ini, dimana karena seorang member yang dengan pengecut berlindung dibalik anonimitas nama dan aliran gerejanya, melempar fitnah, justru akan berakibat kita semua sebagai sebuah forum akan terkena getahnya. Dan mungkin memang itulah tujuan dari golongan pemecah-belah ini.

Karenanya, secara terbuka, saya sampaikan, bahwa saya tidak melanjutkan pengaduan saya kepada depkominfo dan KWI/PGI. Tetapi saya serahkan kepada kebijakan admin dan moderator FK untuk menindak lanjuti masalah ini. Karena golongan pemecah belah dan sekaligus penyesat ini adalah ibarat duri dalam daging bagi kita semua. Keberadaan mereka tidak sedikitpun menjadi berkat bagi semua pihak.

Kebesaran Forum Kristen dipermainkan oleh orang orang seperti mereka, persahabatan antar sesama umat Kristen sengaja dipecah oleh hasutan iblis pengecut seperti mereka. Apakah forum ini akan menjadi forum yang damai dan penuh berkat, atau menjadi forum caci-maki berisi kebencian?

Apakah kita bisa dewasa dalam bertindak dan mengambil keputusan? Tergantung bagaimana seorang admin dan moderator dalam bertindak. Silahkan, bola berada di tangan anda.

GBU

Bruce

semoga tetap netral… :slight_smile: