Gandum & Lalang.

Mat.13 : 24- 30.

Ayat. tsb diatas Yesus memberi perumpamaan, mengenai kerajaan Sorga, dengan gandum dan Lalang.

Kita yang percaya dan beriman didalam Yesus semuanya meyakini bahwa kita adalah gandum.

Pertanyaan : Kalau kita semua adalah gandum, lalu siapa yang dimaksud Yesus dengan lalang ?

Apakah lalang itu umat komunis, Islam, Hindu atau yang lain.

lalang itu dipakai karena karakternya…

yang mengambil subsidi nutrisi dari gandum yang berusaha mengolahnya dari tanah…
lalang ini terlalu tamak, menguras semua nutrisi tanah, kompos tanah menjadi miliknya…

gandum adalah biji yang disemai Yesus… yang harusnya bisa bertumbuh dan berbuah…
sayang disayang… gandum itu tumbuh mengurus, dan sama sekali tidak bisa menghasilkan buah… yang ada hanya daun2 nya mungkin yang pucat atau panjang2…
dan alangkah bencinya sang empunya kebun gandum… karena lalang tersebut… (umpamakan anda pengelola kebun gandum, anda khan berharap gandum anda berbuah, namun tidak berbuah… alangkah bencinya khan anda??)

karakter ini lah yang digunakan Yesus dalam perumpamaannya…

bisa siapa aja…

tergantung di tanah mana gandum itu di semai…

Lalang jelasnya lahir dari dunia bukan dari gereja, sebab ladang itu dunia bukan gereja.
Lalang ada bukan sebelum Yesus datang, tetapi setelah berita Kerajaan Allah diberitakan, sebab gandum ditabur dahulu baru benih lalang ditaburkan.
Lalang ditaburkan oleh sosok yang disebut “musuh” Kristus, yang menentang dan melawan Yesus sebagai Tuhan dan Anak Allah.
Lalang ditaburkan saat pekerja tertidur, artinya “musuh” mulai menabur benihnya kedunia saat gereja sedang dalam kegelapan.
Lalang dan gandum bertumbuh dan besar bersama-sama sampai akhir jaman, artinya saat ini yang disebut lalang harusnya masih ada dan tumbuh besar menghimpit gereja, jadi jelas bukan ajaran sesat seperti gnostic dan sejenisnya yang punah sejak lampau dan sisa hanya naskah-naskah dan simpatisannya.

Yesus hanya mengingatkan, agar kita jangan terkejut saat menemukan lalang ada didunia ini. Perhatikanlah detilnya, sebab tidak semua perumpamaan di terjemahkan Yesus dicatat dalam Alkitab.

seperti musuh dalam selimut atau serigala berbulu domba… ^^

Shallom,

Jika saja anda sedikit lebih tekun dalam membaca Alkitab, anda akan menemukan jawabannya di perikop dan ayat selanjutnya yaitu di :
Matius 13:36:43 Penjelasan perumpamaan tentang lalang di antara gandum

(36) Maka Yesuspun meninggalkan orang banyak itu, lalu pulang. Murid-murid-Nya datang dan berkata kepada-Nya: “Jelaskanlah kepada kami perumpamaan tentang lalang di ladang itu.”
(37) Ia menjawab, kata-Nya: “Orang yang menaburkan benih baik ialah Anak Manusia;
(38) ladang ialah dunia. Benih yang baik itu anak-anak Kerajaan dan lalang anak-anak si jahat.
(39) Musuh yang menaburkan benih lalang ialah Iblis. Waktu menuai ialah akhir zaman dan para penuai itu malaikat.
(40) Maka seperti lalang itu dikumpulkan dan dibakar dalam api, demikian juga pada akhir zaman.
(41) Anak Manusia akan menyuruh malaikat-malaikat-Nya dan mereka akan mengumpulkan segala sesuatu yang menyesatkan dan semua orang yang melakukan kejahatan dari dalam Kerajaan-Nya.
(42) Semuanya akan dicampakkan ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.
(43) Pada waktu itulah orang-orang benar akan bercahaya seperti matahari dalam Kerajaan Bapa mereka. Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar!

Saat ini, benih lalang juga telah ditaburkan oleh si jahat di ladang (gereja) Tuhan.
Banyak pendeta dan hamba Tuhan yang menyesatkan dan disesatkan. Kehidupan mereka seringkali menjadi batu sandungan bagi orang yang belum percaya Tuhan maupun orang yang telah percaya Tuhan.
Saat ini Tuhan masih membiarkan dan mengijinkan lalang dan gandum tumbuh bersama.
Agar jemaat Tuhan tetap bisa bertumbuh di tengah2 ladang pelayanan-Nya.
Lalang dan gandum ketika masih muda tidaklah nampak jauh perbedaannya, tetapi setelah bertumbuh besar, makin nampak mana lalang yang hanya menghisap nutrisi tanah dan mana gandum yang menghasilkan buah.
Ada saatnya nanti, untuk Tuhan menuai anak-anakNya yang sungguh-sungguh hidup di dalam kebenaran dan kekudusan-Nya, yang menghasilkan buah pada waktunya.
Mari kita bertekun dalam membaca Firman Tuhan dan merenungkannya siang dan malam.

TYM

rasanya sih sudah terjawab dengan kita baca keseluruhan perikop tersebut, dengan penjelasan sobat Free ini ya sudah mencakup semua, artinya dengan pikiran dan logika kitapun masih bisa mencerna perumpamaan yang diutarakan Yesus ini. Demikian … :happy0025:

Bukannya di katakan Yesus sendiri LADANG ITU DUNIA? Anda baca itu gereja dari mana???
Bukankah benih itu adalah anak-anak Kerajaan (orang beriman)
Sedangkan lalang adalah anak-anak Iblis (orang yang memiliki roh antikristus)

Ingat bahwa ada kata “musuh” untuk menjelaskan si jahat. Siapa musuh Anak Manusia (Kristus), penabur benih gandum? Dia adalah Antikristus. 1 Yohanes 2:18, menyebutkan “… sekarang telah bangkit banyak antikristus. Itulah tandanya, bahwa waktu ini benar-benar adalah waktu yang terakhir.” Penentang Kristus sudah ada sejak jaman para rasul, mereka yang melawan dan menentang Yesus sebagai Tuhan dan Anak Allah didefinisikan oleh Yohanes sebagai antikristus. Antikristus datang untuk menyesatkan dan mengajarkan kejahatan didunia ini.

Perhatikan 1 Petrus 4:17, Karena sekarang telah tiba saatnya penghakiman dimulai, dan pada rumah Allah sendiri yang harus pertama-tama dihakimi. Dan jika penghakiman itu dimulai pada kita, bagaimanakah kesudahannya dengan mereka yang tidak percaya pada Injil Allah?

Ini menjelaskan kata “dari dalam KerajaanNya” yang berbeda artinya dengan “didalam KerajaanNya” Jadi adalah salah besar jika menganggap artinya lalang ada di dalam gereja, sebab akan sangat bertentangan dengan pernyatan Yesus sendiri yang mengaskan ladang itu dunia.

Memang banyak pendeta yang mencari untung sendiri, memang banyak Firman Tuhan di putar-putar untuk memaksa orang menuruti apa mau pemberitanya. Tetapi mereka bukan ilalang, sebab mereka bukan anak-anak Si Jahat. Bagi orang munafik Allah mempunyai perhitungan sendiri, tetapi pesan ini disampaikan Yesus agar kita waspada, terhadap kehadiran antikristus-antikristus yang hendak menyesatkan kita, menghimpit dan mematikan iman banyak orang dengan dusta-dustanya.

Apa itu penyesatan? Membayar perpuluhan seperti pajak? Atau menyuruh menyembah dan mencium patung misalkan patung Maria atau Yesus? Atau menjalankan ibadah di hari sabtu, tidak makan babi dan kepiting? Atau penyesatan itu menjauhkan kita dari Kristus, sehingga kita tidak menolak anugrahNya dan memilih jalan yang ditunjuk Antikristus, musuh Anak Manusia?

Jangan mudah menuduh orang sesat didalam gereja Tuhan, sebab anda juga belum sempurna.

Kalau saya tidak salah tafsir, sekarang ada dua pendapat yang berbeda.

Pendapat Pertama : menurut free; Lalang itu berada didalam gereja sendiri.

Saya ingat ayat Mat.7: 21-23.
Dimana banyak orang yang telah melayani dalam nama Yesus, akan tetapi pada hari penghakiman, ditolak oleh Yesus.

Pendapat Kedua : menurut Krispus : Lalang itu berada diluar gereja.

Diluar gereja, berarti : mungkin bisa orang komunis, islam ,atau yang lain.

Pertanyaan :
Mengapa bibit lalang itu ditaburkan diantara gandum.
Yang berarti ; Didalam satu ladang yang sama dan menyerap air dan pupuk yang sama.
Apakah orang komunis, islam , hindu dsb. itu satu ladang dengan kita.
Mengapa didalam perumpamaan ini Yesus mengambil tanaman yang batang maupun daunnya serupa dengan gandum, kedua tanaman ini hanya dapat dibedakan setelah berbulir.

Gandum akan menghasilkan buah, sedangkan lalang tidak.
Apa yang dimaksud berbulir atau berbuah itu ? Berilah contoh buah-buah yang dihasilkan gandum itu ?

lalang itu adalah iblis … :smiley:
krn sejak semula iblis itu pencuri, merusak manusia dan membinasakan

umat yang lain… itu adalah :

joh 10:16
Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

lalang itu Kristen KTP , gandum itu Kristen sejati

Lalang itu adalah orang2 Kristen yang dicampakkan TUHAN YESUS

Makanya ada tertulis ‘Banyak dipanggil sedikit dipilih(matius 22:14)’

Berjuanglah untuk masuk kerajaan sorga , kalau sodara masih mengira jadi Kristen udah pasti masuk sorga

Haha tanggung sendiri deh akibatnya kalau nanti ditolak masuk sorga , karena TUHAN YESUS sendiri yang berkata bahwa hanya sedikit yang selamat karena mayoritas kristen itu akan dicampakkan

Mengapa diatabur diantara gandum? Bukankah penaburnya adalah Iblis, ditabur didunia ini. Tujuan iblis jelas tertulis dalam injil Yohanes 8:44.

Gandum dan lalang, saat bertumbuh bersama, bukan seperti menanam bunga mawar dan tulip dalam satu wadah, tetapi lalang itu menyerobot dan menghimpit gandum.

Tentang lalang silahkan lihat http://id.wikipedia.org/wiki/Alang-alang

lalang gandum

Perhatikan keduanya mirip, dari jauh anda sulit membedakan lalang atau gandum, baru didekati anda tahu itu lalang atau gandum. Lalang itu tumbuhan yang menyerupai gandum tetapi sebagai opositnya. Keberadaannya bukan share lahan dan berbagi sari-sari tanah, tetapi adanya lalang diantara gandum membuat gandum itu sebagian akan mati dan tidak tumbuh, terhimpit (berbiak lebih cepat). Lalang dalam pertanian dikategorikan sebagai gulma, yang menghambat pertumbuhan padi atau gandum. Ingat ladang itu bukan gereja, gulma itu ada didunia bukan didalam gereja.

Kristen KTP, orang yang dipanggil tetapi tidak dipilih, pendeta yang memperkaya diri, hamba Tuhan yang menceri keuntungan pribadi, sering disebutkan sebagai ilalang dalam kotbah-kotbah yang bersifat Alegoris. Sebab tujuan pengkotbah adalah untuk menghindarkan kita dari kehidupan munafik Kekristenan, tetapi seperti yang dikatakan Yesus, “siapa bertelinga hendaknya mendengar”, pesan tersebut tidak dapat kita tafsirkan sesederhana itu dengan mengkaitkan kehidupan sosial disekitar kita.

Jika anda mengenal antikristus, anda akan tahu bahwa Yesus berbicara tentang antikristus, sebab antikristus bukan nanti-nanti datangnya, tetapi sudah ada didunia ini dan ia terus menghimpit kita dan membuat banyak orang mati dan tidak bertumbuh. Antikristus bukan monster, tetapi sosok yang memalsu Kristus, yang menempatkan diri sebagai anti-Kristus, lawan yang menentang dan hendak mengantikan sang Mesias.

Agama lain menghadirkan Tuhan dalam perspektif mereka sendiri, tetapi tidak sengaja menentang Yesus sebagai Tuhan dan Anak Allah, sebab bagi mereka Kristen memiliki sebutan dan cerita Tuhannya sendiri, sedangkan mereka juga memiliki cerita Tuhannya sendiri, masing-masing mengenal Tuhan dengan ceranya yang mereka juga percaya bahwa mungkin Tuhan yang disembah sama dalam perspektif berbeda.

Bicara tentang buah, Matius 12:33 menjelaskannya gamblang, bahwa buah Kerajaan berbeda dengan buah yang dihasilkan oleh si Jahat. Ilalang bukan tumbuh tanpa benih (biji), tetapi benihnya disebarkan oleh angin. Tidak ada tumbuhan tanpa benih, sedangkan gandum tidak berbuah, kita menjadikan tepung dari bijinya. Tetapi biji gandum dan biji ilalang berbeda beratnya dan manfaatnya.

Semoga mencerahkan, jika masih bingung, silahkan dilanjutkan pertanyaannya…

Syalom

Saudaraku-saudariku

Gandum adalah putera-puteri gereja yang TUNDUK, TAAT, dan SETIA kepada Gereja yang satu kudus katolik rasuli, yang telah bertahan selama 2000 tahun dibawah pimpinan yang mulia paus, dengan 1,3 milyar pengikut di seluruh dunia, yang ajaranya tidak dapat salah, yang ajaranya tidak berubah. Mereka itulah anggota Tubuh Mistik Kristus.

Lalang adalah YANG MEMBERONTAK DAN MEMBANGKANG dari Gereja yang satu kudus katolik rasuli, yang telah bertahan selama 2000 tahun dibawah pimpinan yang mulia paus, dengan 1,3 milyar pengikut di seluruh dunia, yang ajaranya tidak dapat salah, yang ajaranya tidak berubah. Mereka itu tidak termasuk anggota Tubuh Mistik Kristus.

demikianlah, syalom

Puji Tuhan :smiley:

Syalom

Damai bagimu Alice

Terima kasih saudariku Alice yang terkasih atas tanggapanya, demikianlah adanya kita sebagai umat harus waspada kepada ajaranya yang berbeda dari gereja kita yang satu kudus katolik rasuli. syalom

http://www.cute-factor.com/images/smilies/missbone/miss-bone-20.gif
LOL

Gandum = Katholik
Ilalang = Protestan

Padahal agama tidak menyelamatkan manusia… Agamakah yang dipikirkan TUHAN?

tetapi anyway numpang ketawa terbahak-bahak ya…

ku juga mau numpang terbahak-bahak…boleh ga? …

http://www.laymark.com/l/m/m146.gif


http://www.laymark.com/l/m/m022.gif

sbenarnya saya pengen pingsan atokah ketawa dengan yang satu ini…

saya shoock… jadi saya tidak tau lagi harus gimana…:huh:

klo saya sih sedih… sebab masih banyak yang bertahan dengan pemikiran bahwa keselamatan hanya ada karena memeluk agama bahkan denominasi tertentu… bukankah TUHAN ITU tidak terbatas…???

pingsan ko tahu kapan waktunya sob?hehehe…pingsan ya pingsan aja …
http://www.laymark.com/l/m/m173.gif

sering saya mau pingsan baca baca sini…

tapi saya menolak dengan memperkuat kesadaran saya…

namun yang satu ini,…