Freewill & Predestinasi (Diskusi Umum)

begini… ok gw buka topik…dari pada nyampur sama yang dah ada.

judulnya FREE WILL vs PEMAKSAAN KEHENDAK dari Tuhan.

dilihat dari post gw di thread “Tuhan bisa semua hal, kecuali 1hal” …

gw menanggapi postingan alice yang menuliskan…

lalu gw reply

di reply oleh alice :

terus terakhir gw reply :

nah pertanyaannya … bagaimana tanggapan kalian… apakah diantara kalian ada yang setuju dengan “PEMAKSAAN” atau “FREEWILL”

:rolleye0014:

Munusia…diberi freewill juga …
ttp tidak hanya freewill pure dunk… mestinya Kuasa (Kehendak) Tuhan juga harus terjadi pada manusia…
Itulah yang Alice… katakan… Tuhan bisa memaksakan KehendakNya pd manusia :smiley:

ah bisa saja anda me -ngeles- dari topik. anda sendiri pun bilang spt tu…

Tuhan saja menyatakan kuasaNya kepada orang yang percaya/ mau / setuju / sepakat terhadap DIa

maka di bilang, adakah iman di dalammu ? jika tidak mau orang tu merasakan kuasaNya… dia tidak akan beriman / percaya … maka ? Tuhan paksakan…

atau… ada contoh lain kisah Yesus… jangan jauh2 deh… di daerahnya tempat Dia lahir pun , banyak orang yang menolak dia… terus Yesus memaksakan kehendaknya kepada orang2 tersebut ? coba baca dengan cermat lagi apa yang Yesus lakukan terhadap orang2 tsb :slight_smile:

Dia Allah yang berdaulat … itu yang mesti sodara ngertiin…

emang ngga selamanya Dia memaksa…kehendakNya… ttp ada saat2 yang dimana KehendakNya harus terjadi pada sy dan sodara :afro:

Krn itu … dlm tulisan sblmnya Alice katakan “bisa” # selalu… :coolsmiley:
betul?? :wink:

ya saya tau dia BERDAULAT atas semuanya … klo begini :slight_smile: tidak ada yang namanya manusia yang jahat donk :slight_smile: . karena kedaulatan Tuhan itu mutlak harus ada di dalam diri manusia. begitu ? saya percaya kedaulatan Tuhan ada di beberapa keadaan. terkecuali memaksakan kehendak seperti yang kmu katakan.

God says : “Bapa. ampuni mereka karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat” …
so… klo Yesus memaksakan kehendaknya… bisa saja dia merubah pola pikir / keadaan / keinginan dari pada para penjaga tsb untuk berubah 180 derajat menjadi baik … benar ?

itu adalah bukti Tuhan kasih FREEWILL kepada mereka. dengan tujuan , supaya mereka sendiri yang akan merasakan kasih kuasa dan pengalam hidup/ kejadian luar biasa dgn Yesus. bukan dengan cara memaksakan kehendakNya.

itulah tugas yang Tuhan kasih. pergi dan jadikan semua bangsa menjadi muridKU. bukan memaksa untuk setiap orang menyembah Dia . tetapi kuasa Tuhan yang turun menjamah mereka sendiri. dengan adanya kita sebagai alat

gw balikin kasus nya… klo kita disuruh pergi memberitakan injil, apakah benar2 Tuhan memaksa ? kembali lagi FREEWILL adapada kita… kita mau pergi atau tidak … karena semua ada berkat dan konsekuensi nya…

God says : “mata Tuhan mencari keseluruh bumi, mencari orang yang setia kepada Tuhan”

berarti ada yang tidak setia dan percaya bukan ?

hmmmm… thats my opinion. :slight_smile:

He…he… mungkin arran lupa…
Dia punya kuasa untuk mengeraskan hati orang ( baca Keluaran… Example: hati Firaun)
Dia punya kuasa untuk melembutkan hati orang (baca Eze 36:36)
Dia punya kuasa untuk meninggikan orang …dan Dia punya kuasa untuk merendahkan orang…

Tujuannya… ??
Jelas spt KehendakNya terjadi…kalo Tuhan sudah berkehendak tidak ada satu orang pun yang bisa menghalang halangi …
betol??
Dan juga spy sodara dan sy tahu … bahwa Dialah … Allah :afro:

ya … saya tau itu… tetapi itu hanya di berikan kepada orang yang MAU. orang yang ingin di ubahkan… maka pendeta saya selalu bilang pertama kalu ingin mendokan orang sakit / bermasalah

“apakah saudara mau untuk disembuhkan?” … " apakah saudara mau untuk di ubahkan? "

“jangan keraskan hati saudara… buka hati saudara lebar2 kepada Tuhan dan izinkan Tuhan masuk didalam kehidupan saudara”

jika mereka tidak mau? apakah Tuhan memaksakan kehendaknya ?

hmm… thats my opinion .tentang apa yang gw selalu saksikan di setiap minggu nya… sya tidak tau bagaimana pengajaran anda d sana :slight_smile:

dalam pemaksaan kehendak terhadap manusia ?

saya sangat tidak setuju dengan pernyataan tsb… maaf :slight_smile:

mungkin arran juga lupa… :smiley:
Keinginan dlm hati manusia … yang pas dengan kehendak Tuhan… itu juga pemberian Tuhan …baca PS 21:2

Ps 21:2 (21-3) Apa yang menjadi keinginan hatinya telah Kaukaruniakan kepadanya, dan permintaan bibirnya tidak Kautolak. Sela

So… kesembuhan terjadi itupun atas kehendak Tuhan… Tuhan taruh iman dan keinginan untuk sembuh dlm hati manusia… so… ketika minta kepada Tuhan … terjadi…
betol???

dalam pemaksaan kehendak terhadap manusia ? saya sangat tidak setuju dengan pernyataan tsb.. maaf :)

ha…ha… cuman beda presepsi lm bahasa aja…
Ttp menurut arran… kira2 arran bisa ngga menentang kehendak Tuhan dlm hidup Arran??? :mad0261:

Kalo … Alice mah ngga bisa… kehendak Tuhan harus terjdi… dlm hidup sy :afro:

Kehendak Tuhan itu psti terjadi n akan terjadi coz sudah di nubuatkan…!!! :happy0062:
Tuhan kasih manusia itu KEHENDAK BEBAS… jadi terserah manusia itu mau lakukan apa… krn perintah Tuhan ke manusia itu berkuasalah atas burung" di udara dan ikan" di laut dan beranak cucu dan bertambah banyak dan penuhilah bumi ini… tapi dengan kehendak bebas manusia tsb manusia punya aturan… nah itu adalah Firman Tuhan atw alkitab :afro:…

OOT gx ya :cheesy:

tidak ada unsur pemaksaan dunk…
lha wong emg pasti terjadi koq…
manusia mw trima atw gx itu sudah di nubuat kan…

Koq jadi ingat bangsa Israel diputar putar …krn tidak taat…(lantaran menggunakan freewillnya)

Hidup ini adl. pelatihan…

Seorang atlet… olah raga (misal)
ketika mereka berlatih… kaga mungkin pelatihnya… tidak pernah memaksakan anak asuhnya untuk
melakukan porsi latihan seseuai dengan standart sang pelatih.

Tentu… latihan tsb bukan mnrt freewill sang atlet… ttp semua target latihan dr sang pelatih.

Begitu pula dengan hidup ini:
Tuhan adl. pelatih kita … bahkan Dlm Alkitab… digambarkan … sbg burung rajawali.

De 11:32
Laksana rajawali menggoyangbangkitkan isi sarangnya, melayang-layang di atas anak-anaknya, mengembangkan sayapnya, menampung seekor, dan mendukungnya di atas kepaknya,

burung rajawali tsb akan merusak sarang anaknya… dan melapaskan … anaknya di tengah udara spy mau berlatih…

so… bisa saja kita gunakan Freewill… kita untuk menjd pemberontak thd latihan Tuhan… ttp Tuhan adl Allah yang tidak kurang akal… Dia aka izinkan … kita spt bangsa Israel… berputar putar terus… smp kehendak Tuhan itu terjadi atas hidup kita…

ada saatnya freewill itu bisa dipergunakan ngga perlu tanya Tuhan
ex:

memilih makanan… tentu dunk kaga perlu tanya Tuhan … hari ini mau makan sop ayam apa soto…

memakai baju apa … merah ato putih item??

memakai sepatu sepatu coklat apa item ??

mau mandi dulu … ato maem dulu…??

mau tidur dulu ato liat TV??

hari ini mau pake parfum apa???

kalo terserah manusia… kalo manusia melakukan (hidup dlm dosa) kira2 ada sangsi ngga dee :wink:

nah

nah itu tuh…Tuhan kn dah kasih kehendak bebas pada manusia terserah manusia mw gmn tp…hehe…ada tapi nya sis…harus ada aturan ny nah aturan ny itu Firman Tuhan atw alkitab… krn tanpa alkitab… hidup manusia akan kacau dan melakukan semua menurut sesuka hatinya… dan mreka akan binasa atas kelakuan mreka itu…betul apa betul :coolsmiley:

Jika kehendak bebas itu dicampur tangani oleh kehendak Tuhan, itu sudah buka kehendak bebas lagi namanya.
Perlu didefinisikan ulang makna kata BEBAS.

Yang dikatakan bro arranger adalah amat masuk akal. Jika memang manusia tidak memiliki kehendak bebas sebebas-bebasnya (ada campur tangan kehendak Tuhan), maka mengapa Tuhan tidak menyelamatkan manusia saja seluruhnya? Kenapa tampaknya setengah-setengah begitu?
Memangnya Tuhan tidak mau berkehendak bahwa semua manusia itu selamat? Rasanya seperti dalam permainan Tuhan saja.

wadew ada kata2 yg lebih formal lg ga? :cheesy:

Sekarang aturan manusia ajalah… (ex: aturan lalu litas)
semua pengguna jalan mau ndak mau (he…he… seolah olah dipaksakan se…) harus tunduk pd aturan yang ada…

kalo ngga taat… gampang TILANG… :ashamed0002:

Itu di dunia…

Terlebih aturan maen Allah…(strandartnya tentu lebih tinggi dunk)
Boleh aja… freewill… kaga ngikut … Firman Tuhan/kehendak Tuhan ex: melarikan diri dari rencana Tuhan

So… akibatnya… benjut … sendiri… maut dee…

Freewill rohani itu dipakai untuk memilih … taat or tidak taat (dosa)

memaksa = mengharuskan = mewajibkan?

atau

memaksa = mengajak = mengimbo = mengharapkan?

Alice pilih yang ini :azn:

example aja:

2Jo 1:6 Dan inilah kasih itu, yaitu bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan inilah perintah itu, yaitu bahwa kamu harus hidup di dalam kasih, sebagaimana telah kamu dengar dari mulanya.

Jadi gini Nger, memang Tuhan engga mau maksa kita-kita. Yang “maksa” adalah kita-kitanya ke orang laen (dari manusia ke manusia) dalam artian memaksa yang sipatnya gemes, kerinduan, keinginan yang mendalam, dengan agak sedikit penekanan kalimat ataw volume karena kita tau bahwasanya apa yang kita sampe-in itu SUNGGUH2 kabar baik, bukan kabar bohong2an. Mungken lebih terliat jelas ketika pak pendeta ketika khotbah pake suara keras seperti orang yang sedang “maksa/marah” kepada jemaat. Padahal pabila kita “ngeh”, itu semata2 adalah karena kerinduannya agar jemaat dapat mengerti dan menerima perkataannya yang tentunya diperoleh dari Tuhan.

Jadi, kalo sista Alice sepertinya keliatan “maksa” itu karena kerinduannya sebage sesama manusia untuk menyatakan bahwa apa yang dijanjikan Tuhan itu benar adanya, engga hoax.

Hal itu dilakukan karena adanya “freewill” yang dipunyai manusia. Dianya pengen agar tidak salah menggunakan freewill itu. Jadi sekilas sih, keliatannya koq maksa. :smiley:

Kalo pake freewill ngawur… Tuhan juga punya cara yang ajaib lagi…

Ibr 12

4 Dalam pergumulan kamu melawan dosa kamu belum sampai mencucurkan darah.
5 Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya;
6 karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."
7 Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya?
8 Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.
9 Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup?
10 Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.
11 Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Memang ketika manusia memakai freewillnya untuk tidak taat… Tuhan tidak langsung menghajar…
ada tahapan… lewat hati nurani, teguran lewat teman , kotbah2 pendeta… kalo tetap keras hati… hajar bleh :smiley:

lebih baik… dihajar Tuhan (dipaksa… Tuhan untuk balik ke jalanNya… dr pada terhilang… :mad0261:)
betol apa betol???