Fanatisme: Yes or No?

Fanatisme adalah sebuah keadaan di mana seseorang atau kelompok yang menganut sebuah paham, baik politik, agama, kebudayaan atau apapun saja dengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurang baik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan dan konflik serius.
sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Fanatisme

Liberty bertanya:

  1. Kalau menurut anda Fanatisme itu baik atau tidak dalam suatu agama?
  2. Kalau dilihat dialkitab, apakah tindakan Rasul Petrus (memotong telinga serdadu yg ingin menangkap Yesus) itu adalah sikap fanatisme?

Tolong berikan pendapat anda :slight_smile:

  1. udah kejawab kayanya tu sama postingannya TS :smiley:
    hikmat dunia saja bilang tidak baik
  2. bukan, tapi lebih ke tidak bisa mengendalikan emosi

semoga puas, biasanya TSnya ngga puasan siy ;D

maksud saya bertanya no 1 adalah

  1. Kalau menurut anda Fanatisme itu baik atau tidak dalam suatu agama?
    bagaimana pendapat FKers sendiri?

  2. Tindakan Petrus dan arti dari fanatisme koq ada kesamaan? (brutal)

ini yang saya ingin diskusikan :smiley:

renungan aja
baik tetaplah baik
jahat tetaplah jahat
gelap dan terang tidak mungkin bersatu
bersaksilah dengankesaksian hidupmu
maka nama Tuhan akan dimuliakan
kalau atas dasar apapun atau dasar Tuhan sekalipun kita melakukan kekerasan kita bukanlah bagian dari terang
Lihatlah Yesus dan para rasul
balaslah kejahatan dengan kebaikan
kutukan dengan berkat
pipi kanan berikan pipi kiri
itulah jalan hidup Kristus
itulah bentuk kesaksian kita
karena di dalam Dia tidak ada gelap
semoga dimengerti
Tuhan Yesus memberkati

tanya :

jawab (monolog):

:rolleye0014: :smiley:

tanya lagi :

jawab :
ini hanya menurut saya, (jadi bisa diluruskan kalau dipandang menyimpang :))

murid2 Jesus sebelum kebangkitanNya termasuk Petrus sebenarnya masih sulit memahami apa2 saja makna dari ajaran, ceramah dan perumpamaan2 yang diberikan oleh Jesus. Petrus masih menyangkal keterlibatannya dengan Jesus pada malam penangkapan, dan murid2 diliputi duka, ketakutan dan kebingungan pasca penyaliban Jesus. mata mereka baru terbuka setelah Jesus bangkit dan hadir ditengah2 mereka.
Jadi kesimpulan saya, tindakan Petrus semata mata hanya didasari ikatan murid kepada guru yang sangat dihormatinya. bukan karena pemahamannya yang fanatik terhadap ajaran Jesus

-salam-

lalu jawaban bro exia bagaimana? (jawaban itulah yang saya nilai) :smiley:

@bro mendungsenja :smiley:

pertanyaan saya yang pertama bermaksud menilai pendapat bro/FKers,
bukan dari makna fanatisme.

misalkan: ada orang seperti Petrus dalam Kristen dewasa ini, apakah itu baik?
maksudnya jika ada yang mengancam “kekeristenan” lalu ambil “pedang”

untuk no2 saya pelajari dulu (ingin tahu pendapat2 FKers yang lain)

terimakasih bro atas jawabannya.:smiley:

kalau menurut saya semua pasti fanatik, tetapi fanatik yang bagaimana?
kembali ke ajaran yang di fanatikkan

bisa diperjelas bro exia :smiley: (saya tertarik dengan jawaban ini)

Tidak baik.
Krn buah yg dhasilkan oleh fanatisme tidak manis dan tidak btahan lama.

2. Kalau dilihat dialkitab, apakah tindakan Rasul Petrus (memotong telinga serdadu yg ingin menangkap YESUS) itu adalah sikap fanatisme?

Bukan.
Itu tindakan membela diri dg jalan kekerasan.

Bayangkan Petrus yg tidak mrasa bsalah tiba-tiba dkepung oleh sgrombolan org dg pedang dan pentung.
Ia mrasa jiwanya (dan jiwa teman-temannya) terancam shg scr spontan ia melawan dg pedang.

Tp skalipun dmikian, Tuhan Yesus tnyata tidak mrestui tindakan Petrus itu.

Tindakan kekerasan oleh fanatisme beda lagi spirit-nya.

fa·na·tis·me n keyakinan (kepercayaan) yg terlalu kuat thd ajaran (politik, agama, dsb)
sekarang tinggal cara kita fanatiknya dulu dong
di atas menurut kamus

@bro siip
jika membela atau berpegang teguh dalam membela agamanya/faham yang dianutnya, apakah dapat dikatakan fanatik? (meski tanpa kekerasan)

2. Kalau dilihat dialkitab, apakah tindakan Rasul Petrus (memotong telinga serdadu yg ingin menangkap YESUS) itu adalah sikap fanatisme?

Bukan.
Itu tindakan membela diri dg jalan kekerasan.

Bayangkan Petrus yg tidak mrasa bsalah tiba-tiba dkepung oleh sgrombolan org dg pedang dan pentung.
Ia mrasa jiwanya (dan jiwa teman-temannya) terancam shg scr spontan ia melawan dg pedang.

Tp skalipun dmikian, Tuhan YESUS tnyata tidak mrestui tindakan Petrus itu.

Tindakan kekerasan oleh fanatisme beda lagi spirit-nya.


kalau begitu jika seumpama saja ada gerakkan anti KRISTUS, lalu ingin menangkap/membunuh…apa yang harus kita lakukan?

a. melawan (bagi kelompok kita=> membela diri, tetapi dalam pengertian lawan kita, kita disebut fanatik)
b. membiarkan saja :angel:
c. jawaban lain.

:slight_smile:

Tgantung apa definisi ‘fanatik’ yg mau dgunakan.

Kalau definisinya :

Fanatisme adalah sebuah keadaan di mana seseorang atau kelompok yang menganut sebuah paham, baik politik, agama, kebudayaan atau apapun saja dengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurang baik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan dan konflik serius. sumber:http://id.wikipedia.org/wiki/Fanatisme

Maka dia baru masuk kategori fanatik jika caranya berlebihan shg mnimbulkan pseteruan dan konflik serius.

Jika definisinya :

fa·na·tis·me n keyakinan (kepercayaan) yg terlalu kuat thd ajaran (politik, agama, dsb)

Maka itu sudah tgolong fanatik.

kalau begitu jika seumpama saja ada gerakkan anti KRISTUS, lalu ingin menangkap/membunuh...apa yang harus kita lakukan?

a. melawan (bagi kelompok kita=> membela diri, tetapi dalam pengertian lawan kita, kita disebut fanatik)
b. membiarkan saja :angel:
c. jawaban lain.

:slight_smile:

Saya tidak tau jawaban pastinya.
Jika Tuhan brikan jalan keluar, maka kita bisa melarikan diri.
Jika Tuhan tidak brikan jalan keluar, maka kita segera pulang ke rumah Bapa.
Jika Tuhan mbela kita, maka kita diam saja dan pasti selamat.

Jika kita tidak tahan, lalu mlawan dg kekerasan, yg pasti itu tidak sesuai keinginan Tuhan.
Jika org yg mbela diri itu mati dan mhadap Tuhan, saya juga tidak tau apa kputusan Tuhan bagi dia.

@bro liberty:

dalam dokumen Gereja Katolik terdapat statement “Tidak ada keselamatan di luar Gereja Katolik”. Menurut saudara itu bentuk ke-fanatis-me bukan ?
Atau kita sendiri yg sebagai umat Katolik harus mengimani nya ?
*maap jd mmbahas Katolik

maka saya bertanya sis ;D

klo saya bisa jawab… mengapa saya bertanya di Tread :slight_smile:

tapi ide bagus…

silahkan FKers yang lain jika mau menjawab…

kalau menurut bro liberty sendiri gimana ?

Saya melihat pertentangan yg terjadi antara katolik dengan protestan di fk ini kyknya agak ekstrim… ini baru FK, blm lagi forum lain.
Kalau sama-sama keras, bisa saja terjadi gontok-gontok-an (who knows?). Tapi semoga tidak demikian.

Karena menurut saya kan yg penting pengamalannya, yaitu Kasih.
Damai Kristus besertamu.

karena gw kristen (protestan) maka gw jawab: iya. ;D
kalo orang kristen (pengikut Kristus) bisa ngeklaim hanya yang percaya Yesus saja yang selamat, itu karena klaim tersebut awal mulanya, keluar dari Yesus sendiri.

hmmm, tapi saya jadi gak mudeng lagi. perasaan kemaren2 kalo ketemu sama orang katolik, justru klaimnya ‘ada keselamatan di luar Kristus’. ada yang bisa meluruskan?

setuju! gw juga udah paling ga resep kalo liat member yang saling flaming satu sama lain.

hahaha… jadinya pendapat kelompok ya

oh ya? siapa yg ngomong itu ?

ngga, itu pendapat saya (ga biasa pake gw lu ya?? :tongue:) pribadi.

gw nyarinya niat, awas lho sampe ga dibaca!!! ;D ;D ;D joke