Diberkat untuk menjadi berkat

Diberkati untuk menjadi berkat

3 Yohanes 1 : 2-4
Yesus datang kedalam dunia rela mati dikayu salib bukan hanya untuk menebus hidup kita dari kutuk dan dosa saja , Tuhan juga menginginkan kita untuk menerima hidup dalam berkat yang berkelimpahan dalam kesehatan dan jiwa agar bisa menikmati suatu kehidupan yang layak , Jadi sebagai anak-anakNya kita harus bisa memiliki “ Pengalaman hidup diberkati Tuhan dalam kelimpahan “.
Banyak anak Tuhan bertanya mengapa kerinduan Tuhan untuk memberkati dirinya secara berkelimpahan harus melewati proses kehidupan dulu tidak langsung saja ?
Tujuan proses hidup adalah untuk mengubah konsep, cara pandang dan tujuan hidup lama menjadi baru , sehingga saat menghadapi proses hidup ;
• merasa Tuhan telah meninggalkan dirinya , sedangkan tujuan proses hidup adalah untuk menghasilkan satu pribadi yang berkualitas , seperti yang dialami Ayub agar bisa muncul seperti emas yang teruji . Ayub 23 : 10 .
• sampai memahami Tuhan tidak pernah meninggalkan hidupnya karena kasihNya bersifat kekal . Yermia 31 : 3 .
• menyadari walau sering kita tidak setia , tetapi Tuhan tetap setia . 2 Timotius 2 : 13 .
• status sebagai anakNya yang Tuhan tetapkan bagi kita tidak pernah berubah , karena bersifat tetap sampai selama-lamanya , 2 Yohanes 1 : 2-3 .
Diatas semua pengetahuan kita tentang hidup diberkati Tuhan , kasih dan kesetiaanNya yang tidak berubah dalam hidup kita sebagai anak-anakNya , kita harus tahu bagaimana hidup dalam “ kebenaran “ maksudnya hidup dalam rencana Tuhan yaitu , punya “ Tujuan “ sebagai anak-anakNya , hal tersebut menjadi ketetapan sejak masa Abraham dipanggil keluar dari Urkasdim , Kejadian 12 : 2 “ Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar , dan memberkati engkau serta membuat namamu masyur ; dan engkau akan menjadi berkat . “ Jadi sebagai anak-anakNya kita harus dilengkapi dengan pengetahuan bagaimana hidup sebagai anakNya yaitu ;
“ Diberkati untuk menjadi berkat “
Kalau kita sudah tahu hidup dalam kebenaran ( hidup dalam kehendak dan rencanaNya ) dan mengetahui tujuan hidup diberkati disemua aspek kehidupan adalah , dengan tujuan agar hidup bisa menjadi berkat , mari kita belajar bagaimana diberkati dari segi keuangan karena dengan diberkati dalam keuangan banyak hal bisa kita lakukan , orang akan melihat kebaikan Nya lewat hidup kita sehingga , mereka bisa berbalik dan menyembah kepada Tuhan yang sudah mengubah hidup kita jadi seorang yang pemurah . Rahasia hidup diberkati dalam keuangan ,
Ulangan 8 : 18 , “ Tetapi haruslah engkau ingat akan Tuhan , Allahmu sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan , dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkanNya dengan sumpah kepada nenek moyangmu , seperti sekarang ini . “
Sebagai gembala sidang saya mendoakan dan mendorong Jemaat untuk mulai melihat berkat-Nya dalam cara yang baru : Memiliki tujuan diberkati adalah untuk menjadi berkat ! Maka Tuhan akan memberikan kemampuan , bagaimana hidup diberkati dengan limpahnya !
Apakah Anda siap untuk diberkati dan menjadi berkat ?
Mungkin anda berpikir , “Aku senang bisa hidup untuk memberkati orang lain , tapi aku tidak punya apa-apa untuk ditawarkan , Bagaimana cara mengatasi keterbatasan diriku sehingga bisa memberkati orang lain?
" Saya mengerti bahwa di masa-masa sulit, terutama saat tekanan ekonomi berat , wajar bagi banyak orang untuk melihat apa yang mereka miliki dan berkata, “Aku tidak bisa menawarkan berkat kepada orang lain " karena aku tidak punya apa-apa !
Kalau anda melihat kondisimu saat ini mungkin tampak mustahil untuk mengalami hidup dalam kelimpahanNya , demikian pula kalau melihat kondisi dunia saat ini sulit , tetapi ingat hidup kita tidak ditentukan oleh keadan melainkan “ Perkataan FirmanNya “
Percayalah Allah dapat bekerja dalam segala keadaan kondisi hidupmu , Sebab Bapa surgawi telah menyediakan segala sesuatu yang Anda butuhkan , Sebab melalui karya agungNya dikayu salib semua telah selesai disiapkan bagi anak-anakNya ! Hanya taatilah jalan-jalan yang ditunjukkanNya !
Saya mendorong Anda untuk membuat keputusan hari ini untuk menerima pasokan Allah agar bisa menerima kelimpahan dalam hidupmu . Jika mau , biarkan saya tunjukkan jalan sesuai kebenaran Firman-Nya yang akan menuntun bagaimana menemukan kasih karuniaNya .
Sebab kebenaran firmanNya bukan hanya memberi petunjuk bagaimana bisa menerima pasokan hidup dalam kelimpahanNya , tetapi menolong jiwa kita menjadi sejahtera , bersiap-siaplah menerimanya karena Tuhan akan melakukan hal luar biasa melalui Anda untuk menjadi berkat bagi kehidupan orang lain . Sebab Allah siap mengulurkan tanganNya bagi mereka yang merasa tak berdaya dan berharap kepada Tuhan !
Ada juga yang terjebak oleh dosa , kegagalan dimasa lalu ,
Seseorang mengatakan kepada saya , Pak . Pendeta , tolong doakan saya , Saya tidak dapat melihat jalan keluar dari kekacauan yang sedang saya alami , aku bahkan tidak tahu apakah Allah akan mendengar doa saya karena kesalahan yang telah saya lakukan ?”
Jika Anda terus menerus berpikir tentang kesalahan tersebut , seluruh kesulitan justru anda buat sendiri , membuat anda merasa pantas mendapatkan hukuman dan tidak layak menerima berkat dan rahmat dan nikmatNya ?!
Kita harus berhenti berusaha untuk hidup menjadi layak dulu agar bisa menerima bantuan Tuhan , kita tahu Tuhan menjadi Juruselamat adalah dalam semua masalah kehidupan , kita sudah dilayakkan menerima bantuan Tuhan sejak menjadi anakNya . Tetapi karena kita terus berusaha untuk menyelesaikan masalah kesalahan yang pernah kita buat , berusaha menjadi penyelamat bagi diri sendiri , Maka Allah akan berkata ,
" Simpan terus persoalan dan masalahmu , AKU tidak dapat membantumu karena engkau tidak butuh bantuanKU .”
Berlawanan dengan falsafah dunia yang mengatakan bahwa "Tidak ada yang bisa membantu selain dirimu sendiri " sebaliknya . Dia membantu mereka yang tidak berdaya dan bergantung pada-Nya . Dia membantu orang yang memandang Dia sebagai satu-satunya sumber bantuan untuk masalah mereka .
Jika Anda berkata,
• Masalah saya tidak bisa saya tanggung sendiri sebab saya lemah " Tuhan berkata, Itu tidak masalah , Aku akan menjadi kekuatanmu “
• Jika Anda berkata Tuhan , wajah saya kurang cakep… Aku jelek " Tuhan berkata, WajahKu yang penuh dengan kemuliaan akan bersinar lewat wajahmu "
• Jika Anda berkata Tuhan , aku orang bermasalah … Saya bukan siapa-siapa " Tuhan berkata , Aku akan membuatmu menjadi seseorang yang berguna "
Sayangnya , banyak dari kita yang masih mencoba untuk membantu diri kita sendiri , berpikir bahwa untuk hal-hal tertentu butuh Tuhan tetapi tidak semua , itu menunjukan kita tidak benar-benar membutuhkan Allah . maka Tuhan berkata , “Tanpa Aku , engkau tidak dapat melakukan apa-apa.” (Yohanes 15:5)
Apakah kita benar-benar percaya bahwa ? tanpa Dia , kita masih bisa melakukan beberapa hal untuk membantu diri kita sendiri?
Hanya ketika kita menyadari bahwa kita tidak bisa berbuat apa-apa dari diri kita sendiri, yang bisa kita lakukan adalah mengandalkan segala sesuatu kepada Kristus yang memberi kekuatan dan hikmat jalan keluar ! (Filipi 4:13) Maka kita akan lihat bantuan Allah yang besar !
Ibrani 8:10 mengatakan , “ Inilah perjanjian ( Covenant ) , AKU akan menaruh hukumKU dalam akal budi mereka dan menuliskan dalam hati mereka , Maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umatKu “
Ketika Tuhan berkata, "Aku akan menjadi Allahmu " itu adalah pernyataan bahwa Dia akan melakukan mujizat dalam hidupmu . Jadi jika kita membutuhkan mujizat apa saja , kita akan mendapatkannya karena kita adalah anak-anak Allah yang dikasihNya , jadi ,
• Jika ada laut yang besar menghadang jalan mencapai berkat , Anda berseru dan berkata Tuhan tolong , Maka Tuhan akan menjawab "Aku akan menjadi Allahmu sebab engkau adalah umatKU " Dia akan membuat laut tersibak agar anda berjalan ditanah rata . Sama seperti umat Israel berseru kepada Tuhan saat laut menghadang jalan mereka dan musuh ada dibelakang mengejar . Keluaran 14:21 .
• Jika Anda miskin dan tidak bisa makan , berkata Tuhan tolong berkati aku , Maka Tuhan akan menjawab “ Aku akan menjadi Allahmu sebab engkau umatKU " berarti Anda akan mendapat makanan , Karena Allah memberi makan hampir 2 juta orang Israel di padang gurun setiap hari selama 40 tahun , yakinlah bahwa Tuhan sanggup menyediakan makanan bagi Anda juga .
• Jika Anda sakit dan berkata Tuhan sembuhkanku , "Aku akan menjadi Allahmu sebab engkau umatKU " AKU yang menyembuhkan engkau " Keluaran 15:26, dan Anda akan menjadi sehat .
• Jika Anda dililit hutang yang besar dan berkata Tuhan tolong aku , maka Tuhan menjawab , “Aku akan menjadi Allahmu sebab engkau umatKU “ Sebab Tuhan yang kaya rela menjadi miskin agar kita yang miskin menjadi kaya . 2 Korintus 8 : 9 .
Untuk menjadi umat Allah berarti Allah akan memperhatikan dan melindungi . Tidak semua manusia tetapi bagi orang-orang yang telah dibenarkan dan ditebus oleh darah Kristus. Selama masa ketidak pastian , Tuhan berkata kepada Anda , " Kamu akan menjadi umat-Ku.” Ini berarti bahwa Anda dilindungi dari semua masalah kehidupan , wabah penyakit, serangan iblis tembok yang menghadang dihadapan dan kehancuran .
Bahkan ketika Anda mendengar orang berkata bahwa krisis ekonomi akan datang , Tuhan berkata kepada Anda, " Kamu akan menjadi umat-Ku " Ini berarti bahwa Anda tidak perlu kuatir atau cemas, Krisis tidak akan mempengaruhi hidupmu . Anda akan berjalan bersama Tuhan mendapat pemeliharaan dan perlindunganNya dan untuk menerima berkat-berkatNya .
Kuasa Allah ( supranatural ) ikut bekerja dalam setiap tantangan yang Anda hadapi karena Dia berkata , “Aku akan menjadi Allahmu dan kamu akan menjadi umat-Ku.” Artinya ;
• Anda akan mengalami kehidupan supranatural . ( karena Tuhan dengan kuasaNya akan bekerja dalam hidupmu ) Bagian kita adalah untuk percaya apa yang Dia menyatakan dan bertindak seperti yang dikatakanNya !
• Oleh sebab itu bangkit dan milikilah cara pandang , konsep berpikir dan tujuan hidup baru yaitu ; “ Hidup diberkati untuk bisa menjadi berkat !” Amin .