DFTAR JUMLAH PEMELUK AGAMA KRISTEN DUNIA SERTA JUMLAH PEMELUK DENOMINASI KRISTEN

a.Membahas Semua Kristen,kenapa Kristen bisa begitu banyak terpecah belah Hingga muncul berbagai aliran Kristen dan saling menuduh 1 sama lain,padahal semua 1 Tubuh Kristus?
b.yang mana yang paling berkenan kepadaNya?
c.terus kenapa masing2 merasa membenarkan doktrin ,dan siapa yang sesat??
d.dengan pecahnya denominasi ini,apakah ada peran iblis?
e.siapa Martin Luther itu sehingga dia begitu menjadi perhatian?

DAFTAR JUMLAH PEMELUK AGAMA KRISTEN DUNIA SERTA JUMLAH PEMELUK DENOMINASI KRISTEN
KATHOLIK – 1,2 Miliar
Awalnya, jemaat Kristen berada di bawah kepemimpinan besar lima daerah, yaitu Yerusalem, Antiokia, Aleksandria, Konstantinopel, dan Roma. Uskup Roma dikenal oleh 5 daerah tersebut sebagai “yang pertama”, permasalahan dengan doktrin dan prosedur seringkali harus mengacu dan menunggu keputusan dari Roma. Kursi Roma merupakan kursi dari suksesor Santo Petrus yang mendapat julukan “Pangeran Para Rasul” sebagai tanda persatuan Gereja

  •      Roma Katholik (Ritus Latin) – 1,154 miliar
    

Kata Roma diatributkan pada Gereja ini karena Gereja Katolik mengimani Paus yang berkedudukan di kota Roma, Italia sebagai kepala gereja yang kelihatan, wakil Yesus Kristus di bumi, yang merupakan kepala utama gereja yang tak kelihatan. Paus adalah penerus Petrus turun temurun yang tidak terputuskan. Menurut tradisi gereja, Petrus menjadi uskup Roma dan menjadi martir di sana. Gereja Katolik dengan penambahan kata Roma sendiri sebenarnya tidak pernah menjadi nama resmi yang digunakan oleh Gereja Katolik.

  •      Gereja Katolik Timur – 17,1 juta
    

o Aleksandria – 380 ribu
Gereja ini terdiri dari Gereja Ethiopia dan Gereja Koptik di Mesir
o Anthiokia – 3,77 juta
o Armenian – 540 ribu
o Chaldean – 1,05 juta
Gereja ini berpusat di Siria (Suriah) bagian Timur. Perpecahannya dengan Gereja Roma terjadi ketika terjadi Konsili di Efesus tahun 431 dimana mereka menolak sifat ke-Illahian Maria.
o Bizantium (Konstantinopel) – 16,12 juta
Golongan ini terdiri dari Gereja yang ada di Ukraina, Hungaria, Rumania, Slowakia, Belarusia, Bulgaria, Albania, Georgia, Rusia, dan Yunani.

Uskup Gereja Ortodoks Yunani
ORTODOKS (Sering disebut Katholik Ortodoks) – 310 juta
Gereja ini berpisah dengan Roma ketika pada Abad ke-11 yang kemudian dikenal dengan peristiwa “Skisma Gereja Timur dan Barat”. Gereja ini sendiri merupakan Gereja resmi dan di beberapa Negara, gereja in imerupakan mayoritas: Belarusia (85%), Bulgaria (83%), Siprus (80%), Georgia (89%), Yunani (95%), Moldova (98%), Montenegro (74%), Romania (87%), Serbia (84%), Rusia (80%) Makedonia (65%) dan Ukraina (80%).
Gereja Ortodoks berbeda dengan gereja Katholik Ritus Timur. Namun seringkali orang salah memahami dan menggabungkannya dengna Gereja Katholik. Usia gereja ini hamper sama dengan usia keKristenan itu sendiri. Mereka menolak untuk menggabungkan diri di bawah pimpinan Paus karena saat itu mereka tidak ingin gereja ini berada di bawah pengaruh kekaisaran Roma.
Gereja Ortodoks terbesar saat ini yaitu:
Ortodoks Rusia – 125 juta
Romania – 18 juta
Serbia -15 juta
Yunani – 11 juta

PROTESTAN – 370 juta
Denominasi ini muncul setelah protesMartin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalil nya. Kata Protestan sendiri diaplikasikan kepada umat Kristen yang menolak ajaran maupun otoritas Gereja Katolik (protestation –tukan protes), tapi kaum Protestan malah berkata bahwa kata Protestan itu merupakan terjemahan dari kata pro testanum (Pro kepada perjanjian Allah- ditujukan kepada doktrin keselamatan karena kasih karunia).

  •      Lutheran – 137 juta
    

Ajaran khas Martin Luther yang seringkali juga diakui sebagai ciri khas ajaran Reformasi disimpulkan dalam tiga sola, yaitu sola fide, sola gratia, dan sola scriptura, yang berarti “hanya iman”, “hanya anugerah”, dan “hanya Kitab Suci”. Maksudnya, Luther menyatakan bahwa keselamatan manusia hanya diperoleh karena imannya kepada karya anugerah Allah yang dikerjakannya melalui Yesus Kristus, sebagaimana yang disaksikan oleh Kitab Suci.

Reformed (Calvinis) - 125 juta
Gereja Reformed atau Calvinisme adalah gereja yang bertumpu kepada doktrin dari Calvin yang bernama TULIP: Total depravity (Kerusakan total); Unconditional election (Pemilihan tanpa syarat); Limited atonement (Penebusan terbatas); Irresistible grace (Anugerah yang tidak dapat ditolak); Perseverance of the saints (Ketekunan orang-orang kudus).
Gereja Reformed terdiri dari beberapa bentuk gereja seperti: Presbiterian, Injili serta Konregasional.

  •      Anabaptis dan Gerakan Persaudaraan – 5 juta
    Gereja ini adalah gereja yang masih mempertahankan gerakan Anabaptis yang masih kaku dan berbeda dengan gerakan Baptis walaupun memiliki akar yang sama. Ciri anggota gereja ini sangat kuno dan banyak juga yang masih anti-teknologi. Bahkan jemaat di Amerika yang menamakan diri suku Amish masih menggunakan kereta kuda dan anti alat elektronik termasuk lampu. Selain Amish, gerakan ini juga meliputi: Persaudaraan Plymouth, Persaudaraan Moravia (Moravian Brethren), dan Menonit.  
    

PENTAKOSTA DAN KARISMATIK – 274 JUTA
Dapat dipastikan bahwa gereja ini terbentuk didasari atas doktrin mengenai karunia khususnya mengenai bahasa lidah. Hal ini akhirnya mempengaruhi tata dan gaya ibadah aliran ini. Walaupun dalam masalah doktrin keselamatan gerakan ini terbagi menjadi dua bagian: Gerakan Kekudusan (seperti gereja Baptis) namun sebagian tetap percaya Kasih Karunia ala Luther (seperti gereja Andrew Wommack, Joseph Prince di Singapura dan Aristo Purboaji di Indonesia).

  •      Pentakosta -130 juta
    Hampir sama seperti gerakan Baptis, gereja ini juga pada mulanya dianggap seperti gereja orang kulit hitam. Karena gaya ibadahnya yang meledak-ledak maka pada mulanya sangat jarang orang berkulit putih yang ingin beribadah di tempat ini.
    

    Gereja “Assemblies of God” adalah gereja dengan jemaat terbanyak untuk kalangan Pentakosta. Di Indonesia, gereja ini disebut “Gereja Sidang Jemaat Allah” (GSJA).

  •      Karismatik – 80 juta
    

Awalnya gerakan ini tercipta untuk menjembatani orang Amerikan berkulit putih yang ingin beribadah dengan gaya Pentakosta. Gerakan ini pada mulanya adalah gerakan non-denominasi yang pada akhirnya tanpa sadar menjelma menjadi denominasi tersendiri.

  •     Gerakan Penginjilan yang belum tergabung dengan sinode dan gereja setempat – 4 juta
    

Ibadah Gereja Afrika

  •     Gereja Kebangunan Rohani di Afrika – 40 juta
    Gerakan kebangunan rohani sudah lama terjadi di Afrika sejak zaman David Livingstone. Saat ini ada beberapa Penginjil besar yang menghabiskan waktunya dalam penginjilan di Afrika seperti Reinhard Bonnke, Chris Oyakhilome, serta Gembala Gereja terbesar di Afrika Pastor David Oyedepo.
    

BAPTIS – 105 juta
Martin Luther King, Pengkhotbah Gereja Baptis
Gerakan Baptis sangat popular di Amerika, khususnya gereja “Southern Baptist” dan juga “First Baptist Church” yang sering dicibir sebagai gereja hitam karena dulunya gereja ini mayoritas jemaatnya adalah orang kulit hitam. Namun sampai saat ini, gerakan Baptis adalah denominasi terbesar di Amerika Serikat yang jumlahnya menyamai pemeluk Katholik Roma.
Karena doktrin mereka menekankan kepada kekudusan hidup, itu sebabnya mereka adalah Aliran yang paling rajin dalam mengadakan penginjilan dalam 2 abad terakhir ini. Itu juga yang menyebabkan ada banyak pengkhotbah ternama yang lahir dari aliran ini mulai dari Adoniram Judson, “sang legenda” Billy Graham sampai kepada pengkhotbah favorit saya, Charles Adams (pendeta berkulit hitam).

ANGLIKAN – 82 juta
Perpecahan antara Gereja Katholik Roma dengan gereja Katholik Inggris terjadi ketika Raja Henry VIII dari Inggris memisahkan seluruh gereja-gereja di kerajaannya dari persekutuan dengan Paus karena permintaannya untuk menikah kedua kalinya sementara istri pertamanya masih hidup ditolak. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai Gereja Anglikan Inggris.
Gereja Anglikan sebenarnya adalah Gereja yang masih sama dengan gereja Katholik hanya saja mereka tidak berpusat kepada kepemimpinan Paus tetapi kepada Uskup Inggris. Anglikan atau sering disebut Gereja Inggris adalah gereja resmi Kerajaan Inggris dan banyak tersebar di Negara jajahan Inggris. Di Jakarta sendiri, gereja ini terdapat di seberang Hotel Aryaduta s (Tugu Tani) dan dilayani dalam bahasa Inggris (All Saint Anglican Church).

Wesley Brothers, pelopor Methodis
METHODIS – 75 juta
Secara teologis, Gereja Methodis mengikuti garis teologi yang dikembangkan oleh John Wesley yang mengikuti pandangan Arminian (Jacobus Arminius) dalam hal Urutan Proses Keselamatan (Ordo Salutis). Gerakan ini sebenarnya hampir mirip dengan gerakan atau gereja Baptis namun gereja ini sebenarnya adalah bentuk reformasi dalam Gereja Anglikan. Itu sebabnya aliran ini berkembang di beberapa negara jajahan Inggrris yang memang memiliki jumlah pemeluk atau jemaat Anglikan yang besar. Di Amerika Serikat sendiri, Metodis adalah denominasi Protestan terbesar kedua setelah Baptis.

ADVENT – 17 juta
Perkembangan jemaat Advent juga cukup baik karena mereka termasuk gerakan yang sangat rajin menginjil. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa tanggapan miring serta anggapan yang berkembang bahwa gereja Advent hanya berani menginjil kepada sesame orang Kristen. Anda bisa klik disini.
Perkembangan jemaat ini disebabkan karena mereka sangat konsern terhadap dunia pendidikan dan kesehatan. Mereka memiliki banyak sekali sekolah dan juga rumah sakit yang tersebar di seluruh dunia.

PERBANDINGAN JUMLAH PEMELUK AJARAN BIDAT/ALIRAN Kristen Kristen
MORMON – 14,1 juta
Aliran ini bertumbuh cukup cepat karena mereka tidak lagi terfokus untuk “menginjil” kepada orang Kristen lagi tetapi mereka mulai menggunakan teknik social seperti bantuan terhadap koban bencana dan lainnya.
SAKSI YEHUWA – 7,3 juta
Tidak diketahui mengapa pertumbuhan Saksi Yehuwa seperti berjalan di tempat. Bahkan jika dibandingkan dengan gerakan Mormon yang memiliki pertumbuhan yang cukup signifikan. Sangat dimungkinkan karena sasaran penginjilan mereka masih terfokus kepada orang Kristen saja.
ALIRAN SESAT LAINNYA – 5 sampai 6 juta
Tidak ada komentar:

Daftar Denominasi Kristen
Dibawah ini adalah daftar sederhana dari denominasi Kristen secara umum. Dibawah ini saya juga memasukkan beberapa denominasi yang seringkali menimbulkan perdebatan, seperti Advent; Katholik dan Karismatik/Pentakosta.

Mengapa saya berkata bahwa denominasi di atas sering menimbulkan perdebatan adalah ada beberapa pandangan yang berbeda mengenai denominasi tersebut. Advent masih dianggap bidat oleh banyak denominasi besar; Katholik bahkan dianggap sebagai biang Anti-Kris oleh gereja Advent dan bahkan dianggap bukan Kristen oleh gereja Baptis (Fundamental), sedangkan Karismatik dan Pentakosta sering dianggap sesat oleh gereja Reformed dan juga Baptis. Tapi saya tetap memasukkan semua daftar dibawah:

  1. Katholik
    Perkiraan Populasi: 1,1 Milyar Jiwa
    Gereja ini mengklaim bahwa mereka adalah lanjutan dari gereja para Rasul. Itu sebabnya mereka percaya bahwa Petrus merupakan Paus pertama yang memimpin Gereja Katolik.
    Kata Katolik sendiri berasal dari kata “Katholikos” yang berarti “umum”. Jadi gereja Katolik sendiri berarti gereja yang diperuntukkan untuk semua orang percaya.
    Perbedaan utama antara Katholik dengan denominasi lainnya dan yang menjadi ciri khasnya adalah:
    a. Doa kepada Maria,
    b. Doa untuk Arwah (orang yang sudah meninggal),
    c. Kepemimpinan mutlak Paus sebagai penerus para Rasul (khususnya bagi gereja Roma Katolik)

Gereja Katholik sendiri terbagi menjadi beberapa arus utama:

Roma Katholik, yang berpusat di Roma dan menjadikan Paus sebagai Pemimpin Gereja.
Gereja Kuno/Ortodoks. Memang istilah ini tidak digunakan secara umum. Gereja ini merupakan gereja Katholik tetapi tidak dipimpin oleh Paus Vatikan. Aliran ini terdiri dari beberapa gereja yang sudah lama eksis di beberapa daerah yang usianya hampir sama dengan Katholik (jauh sebelum reformasi Luther terjadi). Gereja yang dimaksud dibagi berdasarkan liturgi serta lokasi, yaitu: 
    Liturgi Aleksandria, yang terdiri dari: Koptik dan Ethiopia.
    Liturgi Antiokia (Siria Barat), yang terdiri dari: Maronite(Libanon, Siprus, Yordania), Syro-Malaranka(India), dan Siria (Suriah, Libanon, Irak).
    Gereja Armenia (Libanon, Iran, Irak)
    Liturgi Chaldean, yang terdiri dari: Chaldean (Baghdad), dan Syro-Malabar (Ernakulam-India)
    Liturgi Bizantium, yang terdiri dari: Albanian (Albania), Belarusian (Belarus), Bulgarian (Bulgaria), Eparchy of Križevci (Kroasia, Serbia, Montenegro),  Yunani-Bizantium (Yunani, Turki), Hungarian, Italo-Albanian (Italia khususnya keturunan Albania), Macedonian, Melkite ( Syria, Lebanon, Yordania, Israel), Romanian, Russia, Ruthenian (Ceko), Slovakia, Ukraina.

 Gereja Anglikan. Memang agak sulit untuk menggolongkan apakah gereja Anglikan masuk kedalam Protestan atau Katholik, karena sama-sama memiliki kesamaan. Anglikan selalu mempunyai otoritas yuridis yang universal, karena setiap gereja nasional atau regional mempunyai otonomi yang penuh. Seperti yang tersirat dari namanya, Komuni Anglikan adalah asosiasi dari gereja-gereja ini yang memiliki komuni penuh atau persekutuan dengan Gereja Inggris (yang dapat dianggap sebagai "gereja induk" dari komuni sedunia, dan secara khusus dengan berpusat di, Uskup Agung Canterbury. Dengan lebih dari 70 juta anggotanya, Komuni Anglikan adalah komuni terbesar ketiga di dunia, setelah Gereja Katolik Roma dan Gereja-gereja Ortodoks Timur.
  1. Protestan
    Perkiraan Populasi: 700 Juta Jiwa
    Gereja Protestan pertama kali muncul ketika seorang tokoh yang sering disebut sebagai Reformator, Martin Luther. Melalui 95 dalilnya yang ditancapkan di gereja Wittenberg tahun 1517, dia menentang beberapa ajaran Katholik, khususnya surat pengampunan dosa dan pengakuan gereja Katholik bahwa Paus tidak mungkin salah.
    Gereja Protestan sendiri dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu:

    Lutheran, Ajaran khas Martin Luther yang seringkali juga diakui sebagai ciri khas ajaran Reformasi disimpulkan dalam tiga sola, yaitu sola fide, sola gratia, dan sola scriptura, yang berarti “hanya iman”, “hanya anugerah”, dan “hanya Kitab Suci”. Maksudnya, Luther menyatakan bahwa keselamatan manusia hanya diperoleh karena imannya kepada karya anugerah Allah yang dikerjakannya melalui Yesus Kristus, sebagaimana yang disaksikan oleh Kitab Suci. Mengenai Perjamuan Kudus, Pandangan Lutheran sering disebut konsubstansi, yang berarti percaya bahwa roti dan anggur dalam perjamuan kudus adalah sungguh-sungguh tubuh dan darah Kristus yang dianugerahkan kepada umat Kristiani untuk dimakan dan diminum, yang diperintahkan oleh Kristus sendiri.
    Calvinisme atau seringkali disebut Reformed. Lebih jauh lagi untuk menolak ajaran Katholik, Reformed didasari oleh ajaran John Calvin. Gereja Protestan di Indonesia mayoritas menganut paham ini (GPIB, GKI, GKJ). Calvinisme adalah sebuah sistem teologis dan pendekatan kepada kehidupan Kristen yang menekankan kedaulatan pemerintahan Allah atas segala sesuatu. Doktrin mereka yang menjadi ciri utama mereka disebut dengan predestinasi, artinya mereka percaya bahwa karena manusia tidak ada yang layak untuk masuk Sorga, maka Allah dengan kedaulatanNya memilih manusia yang akan diselamatkan bahkan sebelum manusia itu dilahirkan.
    Injili (Evangelikal), Presbiterian dan Konregasional. Secara doktrin (khususnya keselamatan) mereka sangat mirip dengan Calvinisme. Perbedaan dengan Calvinisme hanya terletak di tata cara pemerintahan gereja.

  2. Baptis (Fundamental)
    Perkiraan Populasi: 100 Juta Jiwa

Gereja Baptis adalah nama generik untuk gereja-gereja di lingkungan Protestan yang dicirikan antara lain oleh penolakannya terhadap baptisan anak (baptisan yang diberikan kepada bayi dan anak kecil). Gereja ini percaya bahwa baptisan hanya diberikan kepada orang dewasa yang sudah dapat mengakui imannya secara sadar dan bertanggung jawab. Praktik pelayanan baptisan hanya kepada orang dewasa di kalangan Gereja Baptis ini kelak juga ditiru oleh beberapa denominasi lain.
Ketika Reformasi terjadi pada awal abad ke-16, banyak orang merasa kurang puas dengan apa yang telah dilakukan oleh Luther maupun Calvin. Mereka mengharapkan perubahan yang radikal dari Gereja Katolik Roma. Sebagian dari mereka kemudian melakukan perombakan-perombakan sendiri terhadap Gereja pada waktu itu, khususnya dalam hal hubungan antara Gereja dan negara dan baptisan. Gereja dan negara, menurut mereka, harus sama sekali dipisahkan, sehingga tidak akan terjadi lagi penguasaan oleh salah satu lembaga terhadap yang lainnya. Baptisan, menurut mereka, harus dilakukan kepada orang yang benar-benar mengaku percaya. Dengan demikian baptisan anak tidak sah. Mereka yang telah dibaptiskan pada masa bayi, harus dibaptiskan ulang dengan baptisan yang sah. Oleh karena itulah oleh orang-orang Katolik maupun Protestan mereka dijuluki kaum Anabaptis, atau orang-orang yang membaptiskan kembali.
Pada abad XVII di Inggris, orang-orang ini mulai menggunakan nama Baptis sebagai nama diri mereka.

  1. Methodis
    Perkiraan Populasi: 70 Juta Jiwa

Gerakan ini dipelopori oleh Wesley bersaudara (John dan Charles Wesley). Hampir mirip dengan reformasi Luther, gerakan ini muncul dalam skala yang lebih kecil, yaitu untuk mereformasi gereja di Inggris agar kembali ke ajaran Alkitab dengan cara melakukan kebaktian kebangunan rohani.
Kebanyakan orang Methodis menyetujui Arminian (Jacobus Arminius) mengenai kehendak bebas, dimana manusia harus merespons kasih karunia Allah. Secara historis, ini membedakan Methodisme dari tradisi Calvinis ditemukan di gereja-gereja Reformasi.
Ciri utama gerakan ini adalah pemberitaan mengenai keharusan hidup suci.

  1. Pentakosta dan Karismatik
    Perkiraan Populasi: 500 Juta Jiwa
    Gerakan atau fenomena ini pertama kali terjadi tahun 1901 ketika sekelompok orang Methodis yang mengabarkan hidup suci kemudian menerima bahasa lidah.
    Secara doktrin, Pentakosta dan Karismatik mempunyai ciri yang unik. Hampir tidak ada keseragaman mengenai doktrin. Namun masalah keselamatan, mayoritas pemeluknya lebih sepaham dengan Methodis (hidup suci).
    Ciri utama dari gerakan ini adalah kelahiran baru yang ditandai dengan berbicara dalam bahasa lidah (“bahasa roh”). Selain itu, gerakan ini juga menampilkan karunia-karunia roh seperti mukjizat, pelepasan dan pengusiran setan, dan yang paling banyak menimbulkan kontroversi adalah “nubuatan”. Kelompok ini juga seringkali percaya bahwa Tuhan berbicara langsung kepada mereka, namun seringkali apa yang Tuhan bicarakan kepada seseorang berbeda dengan apa yang Tuhan bicarakan kepada orang yang lainnya lagi, dan seringkali mereka menggunakan hal ini sebagai tonggak doktrin. Itu sebabnya hampir tidak ada doktrin yang pasti dalam aliran ini. Itu sebabnya aliran Baptis menuduh aliran ini sebagai gerakan dari setan.
    Namun terlepas dari semua kontroversi yang ada, aliran ini merupakan aliran dengan tingkat pertumbuhan tertinggi (khususnya tingkat pertumbuhan dari non-Kristen) dibanding dengan lainnya.

  2. Advent
    Perkiraan Populasi: 25 Juta Jiwa
    Nama resmi gerakan ini adalah Advent Hari Ketujuh (Seventh-Day Adventist). Dipelopori oleh Ellen G. White yang menerima nubuatan mengenai kebenaran hari Sabat. Mereka percaya bahwa Sabat yang ditetapkan Tuhan bukanlah pada hari minggu, melainkan hari ketujuh (sabtu). Selain menekankan mengenai Sabat, mereka juga melarang memakan makanan haram yang tertulis di Taurat (Babi, Anjing, Cumi, Udang) ditambah dengan yang ditulis oleh Ellen G. White (Kopi, teh).
    Yang menjadi kontroversi selama ini adalah karena Advent menganggap tulisan White sebagai salah satu dasar dari pengajaran yang merupakan nubuat yang Tuhan berikan.

Ini kalau secara global, :afro:

kalau di FK???
[b]

[POLL] What Christian Denomination are you?[/b]

:smiley: :smiley:

Bro…
Angka-angka yang menakjubkan ya…

Tapi angka-angka itu TIDAK MEREPRESENTASI-kan Jumlah Manusia yang SUDAH MENGAMAL-kan Iman Kekristenan dalam kehidupan sehari-hari ya…
sayangnya ya…
Baru sebatas LABEL dan MELABEL-i DIRI nya SENDIRI…

padahal… mnrt sy…
Ada jumlah yg scr statistik cukup Signifikan, bahwa ada orang-orang yang Sudah Mengamal-kan Esensi Iman Kekeristenan dalam setiap detik hidupnya,
tetapi memang TIDAK Di-LABEL-i Kristen, atau memang TIDAK MELABEL-i dirinya atau MENOLAK DILABEL-i Kristen…

Jadi… sayang banget ya… angka-angka tsb KURANG BERMAKNA thd kualitas kehidupan manusia…

Dear Cadang,

Murid Tuhan Yesus yang hanya 12 saja ada 1 yang engga bener, atau 1/12 = 8,33%, yaitu Yudas Iskariot
Ya dear jangan ikut yang engga bener, ikut Tuhan Yesus saja, bukan ikut pendeta, ikut pastor, ikut suster, atau gereja ini dan gereja itu, doktrin ini dan doktrin itu. liturgi begini atau begitu…
tetapi kita harus bergereja kan? kita harus berkumpul untuk memecahkan roti dan minum anggur kan? pilih bergereja yang ajarannya tidak menyimpang dari Firman Tuhan, waspadai ajarannya, check ke Alkitab bukan secara parsialis tetapi secara komprehensif, ada parameternya :

  1. Tidak melampaui yang ada tertulis.
  2. Tidak menambah-nambahi.
  3. Tidak mengurang-ngurangi.
  4. Tidak hidup menurut Hukum Taurat, tetapi Hukum Kasih Karunia

Jumlah pengikut menurut statistik tidak selalu akan berbanding lurus dengan kebenaran ajarannya.
Makanya baca seluruh Firman Tuhan, renungkan FT itu siang dan malam, dan lakukan perintahNya :

Yohanes 14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku
14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.

Shalom dear.

AMIN.

Setuju bro Edo…

gue suka gaya lo…
harus KOMPREHENSIF…
jangan cuma modal bolak-balik ngapalin ayat doang terus merasa udah murni…
Entar modal banding-bandingin bolak balik depan belakang, titik koma… terus merasa Komprehensip-sip…
emang lomba menghapal alias belajar membaca?? ehehe…

mantap!!

kalau melihat perbedaan yang menjadi banyak anggota tubuh… itu baik… menjadi satu sama lain… dan saling menopang…

tapi jika yang satu merasa paling benar… dan paling hebat hingga bisa melecehkan orang lain…

tidak benar itu… dari segi hukum duniawinya aja pasti itu hal yang salah

Dear Cadang,

Yupp !!!

Shalom.

Kwantitas tidak mencerminkan kebenaran dan keselamatan karena Tuhan berkata :

Matius 22:14 Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih."

Dear Dude,

Tidak perlu lah, sampai harus melecehkan yang lain…
Kasihi saja semua orang dalam kasih Kristus.
Namun demikian kita juga harus tegas, Tuhan Yesus sendiri yang lemah lembut menjadi tegas apabila harus tegas dalam kebenaran Firman Tuhan,
makanya,

Matius 5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

Itulah salah satu model ketegasanNya Tuhan Yesus, dan kita ini murid-muridNya kan?

Shalom.

Dear Truly,

Thanks dear…
Maju terus dalam terang Fiman Tuhan kerena,

Mazmur 119:105 Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Shalom

Dear Manda,

Betul itu dear…
Kalau asumsi Yoshua 777 benar, sekali lagi kalau ya, maka jumlahnya sangat sedikit cuma 23.000 orang saja yang lolos uji saring Tuhan Yesus.

Ini KALAU ya dear, sekedar kalau asumsinya benar, angkanya jangan dipegang kuat-kuat, namun bagaimanapun juga dapat memberikan gambaran betapa sulitnya bisa lolos menjadi pemenang dan masuk kedalam Kerajaan Allah.

Shalom.

Saya memang sering dongkol dengan gereja yang menganggap banyaknya jemaat sebagai tanda atau ukuran bahwa ajarannya sudah benar.

Benar atau tidak sebuah ajaran hanya bisa mengacu kepada Kitab Suci bukan kwantitas jemaat.

Gereja yang benar hanya gereja yang memberitakan kebenaran Alkitab.

Salam

Dearest Manda,

Jangan juga dongkol dear, itu kurang baik juga, lebih baik berdoa syafaat untuk mereka semua.
Lagi pula masih ada ukuran lain bagi Dia dear, karena Tuhan itu Maha Murah Hati, seperti ini :

Matius 20:15 Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati?

Kita juga berharap Tuhan Yesus akan bermurah hati kepada kita semua, karena bukan kematian orang fasik yang diinginkanNya.

Yehezkiel 18:23 Apakah Aku berkenan kepada kematian orang fasik? demikianlah Firman Tuhan ALLAH. Bukankah kepada pertobatannya supaya ia hidup?

Shalom

Berdoa saja kadang tidak cukup brur tetapi juga kadang harus ditempelak pakai kebenaran Firman Tuhan supaya mereka sadar.