Demam, jangan dikompres air dingin

Jakarta, Bila badan anak demam atau panas, kebanyakan orangtua akan segera mengompres kepala anak dengan air dingin atau air es. Mengompres dengan air es adalah cara yang salah, karena akan membuat suhu tubuh semakin panas.

Demam merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada anak. Demam sebenarnya bukan merupakan penyakit, melainkan gejala. Demam memegang peranan kunci dalam membantu perlawanan tubuh mengatasi infeksi virus atau bakteri.

“Sebenarnya demam tidak berbahaya, kecuali bila mencapai suhu 39-40 derajat celsius. Namun, masih banyak terjadi kesalahan dalam menangani demam, misalnya panik karena demam tinggi, suhu anak tidak diukur dengan benar dan mengompres dengan cara yang salah,” ujar dr Alan R. Tumbelaka, SpA (K) dari Divisi Infeksi dan Penyakit Tropis, Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM, dalam acara konferensi press Ulang Tahun & Seminar Ilmiah Bidan 2010, di Auditorium Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Selasa (29/6/2010).

dr Alan mengungkapkan cara mengompres yang benar bukanlah dengan mengompres kepala dengan air dingin atau air es.

Bila suhu tubuh yang panas tiba-tiba dikompres dengan air dingin, maka akan membuat anak menggigil. Dan perlu diketahui bahwa menggigil adalah pertanda awal suhu tubuh akan meningkat.

Selain itu, juga terdapat kesalahan pada cara mengompres. Mengompres yang benar bukanlah di kepala, melainkan di bagian dada dan perut anak.

Cara mengompres yang benar adalah:

  1. Kompres dengan menggunakan air hangat, bukan air dingin atau air es
  2. Kompres di bagian perut dan dada dengan menggunakan sapu tangan yang telah dibasahi air hangat
  3. Gosok-gosokkan sapu tangan perlahan di bagian perut dan dada
  4. Bila sapu tangan sudah kering, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat

sumber (mer/ir)

selama ini byk yg salah kaprah…
ini info yg bagus, thanks…

iya selama ini banyak yg mikir air dingin bisa menurunkan panas, untung ada dokter2 yg melakukan penelitian :happy0062:

keren…!
thx infonya…
boleh di share ke temen2 g?

Sip :afro:

Tapi mengompres dengan air dingin/es juga ada manfaatnya, yaitu mengurangi kepadatan penduduk :slight_smile:

ko bisa? maaf ga ngerti…

boleh aja :wink:

hahaha itu salah satu misi yg tidak diharapkan :mad0261:

TQ sis, informasi anda sangat berharga. :cheesy:

wahh…thx ya sis… :slight_smile:

baru tau … hmmm … tengs inponya sis.

kalau demam jg katanya gk boleh selimutan ya? katanya, selimutan malah bisa naikin demamnya.
kalau saya sih biasanya selimutan karena ngerasa dingin dan menggigil kalau demam …

ada yg udh mraktekin?

hmm… boleh, kasihan kalo menggigil hehe, kan tadi kompresnya pake air hangat… tapi minum obat penurun demamnya juga…

mangtabs deh bu dokter … :slight_smile: :slight_smile:

jadi inget, ada sodara gw yg kalau demam sama ibunya gk boleh minum obat, cm disuruh minum air putih aja yg banyak …

wow thx for infox y…bless u…:wink:

lebih bagus minum air hangat

betul… betul…
:smiley:

weksss baru tau neh…
selama ini kalau anak panas selalu di kompres dgn air es atau air dingin

tengkiu so mach:D

Oh jadi ga bisa di kompres pake air dingin ya?
Kalau dibaluri dengan asam jawa bercampur garam boleh tidak?
Atau jeruk nipis?

@om lomeru
sebenernya kan yang diinginkan dari air hangat ini adalah efek pelebaran pembuluh darah n pori2…
Jadi dengan cara ini panas tubuh bisa dilepaskan…
Klo efek asam jawa + garam maupun jeruk nipis itu apa saya ga tau… Mungkin sama x untuk memperlebar juga ya?
Hmmm…

waw pak dokter yg satu ini luar binasa…

Oh gitu ya…jadi bukan karena dinginnya air badan langsung bisa dingin…atau kerana di kompres air panas tubuh juga ikut-ikutan panas
jadi ngerti sekarang…klo dipikir2 oleh orang yang awam seprti saya sih itu salah besar

Iya tuc…dulu orang tua seringkali baluri tubuh saya dengan asam jawa dikasi garam sedikit kalau saya demam. rasanya perih sekali.