debat

saya ingin mengetahui lebih dalam tentang hakikat tuhan, mengapa yesus dilahirkan oleh manusia. sendiri tetapikan dia tuhan… jadi siapakah yang mencipatakan orang - orang sebelum yesus lahir…??

Salam sejahtera,
Bingung ya? :smiley:
Oke…ini aja ya…supaya bisa mikir dikit kenapa Tuhan jadi manusia…INGAT…TUHAN JADI MANUSIA…BUKAN MANUSIA JADI TUHAN…baca dan pikirkan ini ya supaya gak bingung lagi:

Yesaya 43:11 Aku, Akulah TUHAN dan tidak ada juruselamat selain dari pada-Ku.
Yesaya 43:12 Akulah yang memberitahukan, menyelamatkan dan mengabarkan, dan bukannya allah asing yang ada di antaramu. Kamulah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, “dan Akulah Allah.
Yesaya 43:13 Juga seterusnya Aku tetap Dia, dan tidak ada yang dapat melepaskan dari tangan-Ku; Aku melakukannya, siapakah yang dapat mencegahnya?”

Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah selain dari pada-Ku.

Lihat yang aku bold

  • yang menberitahukan = Bapa (Yahwe)
    Bapalah yang menberutahukan segala sesuatunya sejak dari purba kala
    Bapalah yang memberutahukan bagaimana dunia tercipta, bagaimana manusia jatuh kedalam dosa, memberitahukan tentang air bah dll yang kita tidak ketahui.
    Bapa jugalah yang menberutahukan tentang akan adanya penyelamatan.

  • yang menyelamatan = Yesus Kristus (Yosua Mesias)

  • yang memberitakan = Roh Kudus

Jadi siapakah yang melakukan tiga pekerjaan diatas?

Dari hal diatas, apakah Bapa lain, Yesus lain dan Roj Kudus lain sehingga kalian mengatakan bahwa 1+1+1 = 3?
Ingat orang Kristen dalam berdoa selalu mengatakan
Dalam nama Bapa, Putra dan Roh Kudus…
Artinya dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus = Tritunggal (Elohim)

Bukan dalam nama Bapa, Putra + Roh Kudus
itu artinya Bapa + Putra + Roh Kudus = 3 Allah

Mudah-mudahan bisa mikir dikit :char11:

GBU

Secara awam bisa dibilang karena TUHAN ingin hadir sebagaimana layaknya manusia makanya DIA memilih datang sebagai manusia dengan cara manusia juga selain itu “menurut gw sih” sebagai ujian mengenai keteguhan iman orang Israel karena kalo simsalabim TUHAN ada, sisi manusia nya di mana ?? Trus pasti orang Israel mungkin anggap DIA seperti dewa selain ALLAH atau malah mengharapkan hal2 yg berlebihan dari DIA (termasuk pembebasan dari Bangsa romawi) padahal DIA datang bukan untuk bermegah diri, bukan demi kepentingan sesaat manusia aja…sampe sini nyambung ???

Sedikit koreksi, hanya Adam yg diciptakan oleh ALLAH, Hawa dibangun dari tulang rusuk Adam (Kejadian 1:27, 2:22) & manusia selanjutnya melalui kelahiran yg sama dengan kita.
Tambahan, YESUS tidak pernah menciptakan manusia tetapi ALLAH lah yg melakukan nya…di sini fungsi tritunggal harus kita pahami benar, kapan ALLAH tampil sebagai BAPA, Kapan ALLAH bekerja sebagai YESUS & kapan ALLAH menyentuh hidup sebagai ROH KUDUS bosz :slight_smile:

@ardi

Sebelum debat hakikat Ke-Tuhan-an Yesus, coba pahami dulu hal2 ini;

  1. Apa itu dosa? jwb = tindakan melawan kehendak Tuhan
  2. Lalu apa hukuman dari dosa? jwb = krn anda melawan kehendak Tuhan (“Sesuatu” yg memiliki sifat “tak terhingga”, manusia menyebutnya Maha ini & itu), maka otomatis hukuman dari dosa (lihat definisi no. 1) adalah juga memiliki sifat “tak terhingga”, orang kristen menyebutnya “binasa” alias “go to hell”.

Jika sudah setuju dengan point 1 & 2 baru dilanjut debatnya, jika blom silahkan anda berargumen terhadap ketidaksetujuan terhadap no. 1 & 2.

semua agama, ajaran, doktrin, isme, kepercayaan di muka bumi ini MEYAKINI bahwa Tuhan itu adalah Alpha dan Ohmega, Yang awal dan Yang terakhir. semua orang yang percaya itu senantiasa ingin berkomunikasi muka dengan muka dengan Tuhannya, ingin bertatapan langsung, ingin bersekutu-bercengkrama secara intens. Namun manusia, sejak Adam dan Hawa jatuh ke dalam dosa telah kehilangan kesempatan itu.
Nabi Musa pun ketika ingin berhadapan dengan Tuhan harus mengambil jarak agar berada jauh dari Tuhan. karena kalo nggak: ya binasalah dia; semak belukar disekitarnya aja sampe kebakar… ya saking demikian agung, besar, perkasa dan MAHA suciNya Tuhan… gak ada dech yang bisa mendekat apalagi menjangkauNya. karena kita, ulangi KITA semua sudah berdosa dan kehilangan kemuliaan Tuhan.
begitu juga sebaliknya, Tuhan tidak akan bisa berjumpa dengan kita secara fisikNya; karena kita pasti akan BINASA.
Oleh karenanya, sebab Tuhan cinta manusia, rindu manusia, sayang sama anda dan saya; maka dia datang dengan “bentuk” yang sama dengan kita melalui sang dara maria yang mengandung karena RohNya yang kudus. yaitu di dalam YESUS KRISTUS alias ISA ALMASIH.
Rasul Yahya/Yohanes/John menulis demikian: …karena begitu besar kasih Tuhan kepada dunia ini maka dikaruniakanlah anakNya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa melainkan beroleh hidupyang kekal.

jadi…kasih Tuhanlah yang melandasi mengapa dia mau jadi MANUSIA…tapi mesti diingat, manusianya nggak sama ama yang lain loch. saya pengen nanya; ada gak diantara manusia yang biografinya sudah ditulis ribuan tahun sebelum orangnya ada? ada nggak manusia yang waktu lahirnya dikerumuni malaikat? ada gak manusia yang waktu lahirnya ditandai bintang gedhe di timur? dan seterusnya ??? gak ada khan kecuali Tuhan aja yang bisa begitu.

The question is:

Bukan hanya mengenai siapakah yang menciptakan orang-orang, tetapi siapakah yang menciptakan segala sesuatu?

Kejadian 1:1
Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi.
Yohanes 1:1-3
1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. 2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. 3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

“Firman” itu kemudian dikatakan sebagai “terang manusia”.
Yohanes 1:4-7
4 Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. 5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya. 6 Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes; 7 ia datang sebagai saksi untuk memberi kesaksian tentang terang itu, supaya oleh dia semua orang menjadi percaya.

Yohanes akhirnya sampai pada kesaksian akhirnya mengenai “Firman” itu.
Yohanes 1:14-15
14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran. 15 Yohanes memberi kesaksian tentang Dia dan berseru, katanya: "Inilah Dia, yang kumaksudkan ketika aku berkata: Kemudian dari padaku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku."
Sampai di sini, belum jelas juga siapa sebenarnya yang dimaksudkan dengan “Dia” atau “manusia” ini.

Akhirnya …, tersingkap sudah:
Yohanes 1:29-30
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia. 30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.

Pemaparan di atas menunjukan praeksistensi dari Yesus Kristus yang adalah bagian dari Elohiym (Kejadian 1:1, Allah=Elohiym), sebelum Ia datang kedunia ini dengan cara dilahirkan oleh medium manusia yang adalah satu dari seluruh ciptaan-Nya itu.

Demikian, semoga memberkati
Salam

debat itu sehat

Tanggapan isinya gimana bro?

tuhan = apa yang disembah manusia
bisa uang,kedudukan , harta benda bahkan iblis juga bisa menjadi tuhan atas manusia.

Krn memang banyak tuhan

mengapa Yesus dilahirkan oleh manusia. sendiri tetapikan dia tuhan..... jadi siapakah yang mencipatakan orang - orang sebelum Yesus lahir.....??

Yesus ketika di bumi Dia bukan Tuhan melainkan hamba (mjd utusan) (php 2:7)
lalu koq bisa Dia di-Tuhan-kan oleh orang Kristen??

Krn Dia taat sampai mati (php 2:8 )
8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.

Krn ketaatanNya sampai mati itulah…Dia ditinggikan , dikaruniakan NAMA di atas segala nama , dan dlm Nama tsb semua mahkluk dibumi & dilangit bertekuk lutut (menyembah) dan datang kepada Dia

php 2:9-11

Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

Catatan sebelum debat…!
bos hati2 cara nulisnya.
tuhan = diartikan banyak bisa iblis, setan, dll
Tuhan = Allah = Roh = Yesus

Tidak gampang untuk mengerti Tuhan kalo anda masih mengandalkan akal dan logika. sebab akal kita tidak mampu dan tak sanggup menangkap Tuhan.
Lalu bagaimana caranya?
Inga… saulus yg terkenal dalam agama Yahudi tidak memahami siapa itu Yesus Tuhan. Baru setelah di lahir barukan oleh murid Tuhan, dirinya baru mengerti apa itu Allah, apa itu Yesus, dan untuk apa manusia itu hidup.

Woiii kalo di uraika bisa jadi buku nih.
singkat aja begini. Anda tidak bisa memahami Allah kalo diri anda masih ada dosa dan kejahatan. Singkirkan itu semua. Lalu mulailah hidup baru dan belajar terus menerus di jalan Tuhan, nah anda pasti mengerti siapa itu Allah dan siapa itu Yesus. dan anda bisa mengerti siapa itu anda, mengapa saya harus turun ke bumi?

Sampai di sini menunggu respon

WOOOIII
Yg ngajak debat udah kabur…

tau tuh bagaimana mau ngasih tanggepan…

( ngelez mode on)

Jangan negative thinking dulu bro, mungkin saja beliau sekarang ini sedang di"jamah". :slight_smile:

[
[/quote]
Jangan negative thinking dulu bro, mungkin saja beliau sekarang ini sedang di"jamah". :slight_smile:
[/quote]
nyambung lagi…
:mad0261: tidak mudah memang untuk memahami Tuhan, apa lagi dalam konteks yang terbatas dalam forum. Namun jika matahati kita terbuka sebenarnya mudah memahami siapa Tuhan itu dengan cara melihat karya2 Tuhan seperti udara, air, tumbuhan, yang disediakan oleh-Nya untuk manusia secara gratis

@Injilterapan

Sorry, gak ngerti saya uraiannya. Sepertinya kok menyimpang jauh ya dari pertanyaan TS di atas.

wah saya kira debat presiden, taunya mendebatkan tentang TUHAN. wew… monggo dilanjut…

TS, sebaiknya judulnya diganti yang sesuai dengan isinya.

Thanks

Untuk memahami Tuhan harus didiami Roh Tuhan terlebih dulu…
Kalo kaga maka yang dipahami adalah tuhan tuhan yang palsu, keliatane si tuhan ngga taunya tuhan yang bertanduk ( bapa segala dusta) :coolsmiley:

Yup! Itulah sebabnya Tuhan Yesus menjelaskan demikian:

Yohanes 8:43-44
43 Apakah sebabnya kamu tidak mengerti bahasa-Ku? Sebab kamu tidak dapat menangkap firman-Ku. 44 Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.

Pahit memang …, tapi setidaknya kita tahu sebabnya kenapa ada orang yang tidak bisa mengerti walaupun ia mendengan dan melihat sekalipun!

ane hanya mengingatkan buat para pemeluk nasrani…

Islam sebagai satu-satunya agama yang dipilih oleh Allah Ta’ala, sebagaimana firman-Nya: “Sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam” (Ali Imran: 19), merupakan kebenaran mutlak yang datang dari Allah Ta’ala dan tidak ada kebenaran selain Islam, maka siapa yang menginginkan selain Islam berarti dia memilih kebathilan dan dalam keadaan merugi.

Allah Ta’ala berfirman: “Apakah selain agama Allah (Islam) yang mereka inginkan, padahal hanya kepada Allah-lah berserah diri segala apa yang ada di langit dan di bumi baik dengan tunduk (taat) maupun dipaksa dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan.” (Ali Imran: 83).

“Dan siapa yang menginginkan selain Islam sebagai agamanya maka tidak akan diterima darinya agama tersebut dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang merugi.” (Ali Imran: 85).