Debat Kusir adalah tak berguna, saling membangun lebih bermakna

Dear Rekan2 FKers
Saya baru2 ini saja aktif di Forum ini, setelah baca2 postingan kesana kemari, banyak Postingan yg membangun dan bermanfaat, tapi banyak juga yang hanya berisi Debat Kusir dan saling menjatuhkan, saling menjelekan, Intinya “memaksakan” pendapatnya untuk diterima orang lain.
Mohon maaf, saya hanyalah seorang manusia yg tak sempurna, dan saya hanya bisa menghimbau rekan2 untuk bisa menghargai pendapat orang lain sekalipun pendapat itu “salah”, Bukan apa2, saya yakin banyak sodara2 “sepupu” kita yg juga memantau Forum ini, dan bagaimana kita bisa merangkul mereka kalau di antara kita sendiri saling “gontok2an”
Sekali lagi Mohon Maaf.
Buat Moderator, jika hal ini menyalahi aturan Forum saya minta maaf, dan saya tidak keberatan kalau Topik ini di Lock ataupun ID saya di Baned.

Tuhan Memberkati

Ada dilema yang muncul ketika sebuah thread muncul, dan mulai menyodok nyodok denomisani lain (bisa anda lihat di FK ini) sungguh banyak, walau pelakunya selaku TS, biasanya adalah ‘dia lagi - dia lagi’ atau yang sejenis dan menggunakan nick name berbeda.

Kita bisa membiarkan saja, tetapi akibat yang tidak diharapkan adalah, pembaca menganggap apa yang dituliskannya adalah benar, karena tidak dibantah.

Kita bisa membantahnya, dengan akibat saling bantah tak berujung. Karena TS memang bukan mencari kebenaran, tetapi cuma ingin tulisannya dibaca orang lain, entah dengan tujuan apa.

Dalam hal ini, aturan di FK sebenarnya cukup tegas. Tetapi, sekali lagi, aturan itu dieksekusi oleh manusia, dalam ha ini moderator, yang saya lihat jumlahnya sangat terbatas, dengan kemampuan yang tidak seragam, juga dengan waktu yang terbatas, ditambah lagi dengan faktor suka-tidaksuka yang sangat manusiawi.

Maka, kalau ada thread yang berkepanjangan berisi saling cakar dan saling sikut, itu adalah keniscayaan yang terjadi. Walau akhirnya akan di lock juga oleh mod, walau setelah sangat terlambat.

Jika diijinkan mengusulkan, adalah baik untuk melakukan penelitian terhadap member member yang cuma menyampah dan memprovokasi forum. Kepada member tersebut iberi pengawasan khusus, mungkin perlakuan seperti terhadap orang psikopat yang dilepas di masyarakat. Tidak dibelenggu, tetapi juga diamati perilakunya. jangan sampai menggigit sembarangan.

Itu sekedar usul.

Syalom

Ada juga member FK yang ngaku2 sebagai perwakilan Gereja Katolik. Namun sangat disayangkan, wakil katolik ini tidak segan2 menipu ajaran Gereja Katolik.

Contohnya Dogma EENS dikatakan FITNAH bukan ajaran GK, tapi ajaran agama lain.

Banyak juga pernyataan2 mengenai ajaran katolik dan tuduhan2 yg menjurus fitnah tidak mampu dipertanggung jawabkan oleh rekan2 katolik di FK.

Apakah ini adalah gejala oknum2 yg mengaku katolik padahal sebenarnya bukan?

ataukah mereka ini sengaja untuk merusakkan image Gereja Katolik secara sistimatis dan terencana?

mau tanya ni apples, kalau gak salah anda buat trit semuanya ttg katolik kira2 apa latar belakangnya?

Perbedaan itu Indah, semua bebas berpendapat, kalo ada pemikiran2 ato pandangan2 yg salah kita wajib mengingatkan yg salah, tapi kalo yg di ingetin gak mau, ya sudah itu urusannya dia sendiri, tapi ingat Tuhan tidak akan membiarkan Firman yg kita taburkan hanya terbuang sia2.

rupanya anda orang baru. jadi masih lugu dan belum mengetahui, kalau didalam kristen, ada serigala yg menyamar menjadi domba

ada kelompok tertentu yang memang di “giring” oleh guru guru mereka, untuk membenci grj lain.
jika anda cermat, anda dapat mengetahui dari mana kelompok ini

ciri cirinya, kelompok ini akan menyerang semua denom lain
macem2 lah yang dikatan

yah begitulah, mereka sudah dicuci otak untuk membenci grj lainnya

salah satu grj yang diserang adalah grj katolik
tapi bukan katolik saja yang di serang, tapi gereja lainnya

wah ada kelompok PEMBENCI GRJ LAINNYA mulai melemparkan API KEBENCIANNYA disini juga

maklum saja, itu akibat bimbingan gurunya

bagaimana dengan patung kafir telanjang cabul berdosa nasjizzz kotor itu ?

suka mengelus ngelus patung maksiat itu ya setiap minggu ? asyiiikkkk, pulang ibadah (katanya …) sambil ngelus ngelus …

Saya sangat setuju dengan Bruce, well, ketika sebuah thread, yang katakanlah penuh fitnah, diluncurkan di FK ini, entah itu ditujukan pada sebagian denom atau umat Kristen secara keseluruhan, naluri kita yang pasti adalah meluruskan hal tersebut, dan itu wajar dan memang demikianlah seharusnya, kita tidak bisa membiarkan orang orang jujur di luar sana yang tertarik dengan Kekristenan menjadi mengurungkan niatnya hanya karena sebuah thread sampah, disinilah peran kita untuk menunjukkan kebenaran itu.

Sayangnya, beberapa orang berdiskusi dengan sangat tidak pantas, baik itu secara moral, maupun intelektual (dan yang paling parah adalah gabungan keduanya!), jika Sdr menyimak, banyak kok diskusi antarkepercayaan yang berlangsung sangat santun, meskipun pendapat mereka sangat bertentangan.

Saran saya adalah agar para moderator lebih memantau dan melakukan moderasi, sehingga forum ini dapat menjadi lebih baik,

overall, dengan jumlah member dan posting sebanyak ini, kerja para moderator hingga saat ini benar benar telah maksimal saya kira, mungkin jumlahnya saja yang ditambah.

Salam DAMAI!!!

Terima kasih atas semua tanggapannya.
buat yg masih mau cakar2an, saling maki, saling serang, silakan saja, hasilnya akan anda rasakan dikemudian hari, maaf sy bukan menyumpah, tp ini lihatlah nanti bgmana hidupmu.

Kalo ada pendeta yg mengajarkan utk membenci Denominasi lain, sy katakan itu pendeta sesat.
Saya memang lugu, saya memang naif, tetapi sy yakin setiap ajaran yg baik pasti akan menghasilkan “buah” yg baik.

Saya hanya bisa menghimbau kepda rekan2 yg hobi “cakar2an” spy bisa berhenti dr hobinya itu, krn saya yakin semua manusia itu baik, sejahat-jahatnya manusia pasti ada sisi baiknya, klo anda merasa “diserang” oleh rekan yg lain, cobalah ambil sisi positifnya.

Seperti pada seorang rekan diskusi saya di FK ini, yg “setia” menyanggah pendapat saya, pada suatu ketika sy bs menjawab “Setuju” pada pendapatnya, kenapa? Krn apa yg dikatakannya memang benar.

Sekali lagi saya memang lugu.
Tuhan Memberkati.

ada jg thread ini yah tp tetep aja ga penting

tp utk usaha nya saya kase banyak senyum


Syalom masterblood, terima kasih sdh mampir. GBU

Mungkin bro bejo kurang mengetahui jika non katolik tidak beribadah dan sujud pada patung para kudus.

Kalau bro bejo suka untuk mengelus2 patung maksiat, silahkan bro lakukan sendiri. Tentu resiko juga ditanggung sendiri jika ngelus2nya gak berjamaah.

yo mari kita jgn fokus sama perbedaannya. pasti masih banyak kesamaan yg bisa kita temukan satu sama lain.
kalo kita terus menerus fokus pada perbedaan yg kita miliki, kita akan semakin emosi dan tak terkontrol.

ngobrol yg ringan2 dulu lah kalo memang kita cenderung emotional. dan gue rasa dari obrolan ringan itu kita bisa temukan banyak persamaan di antara kita.

Manteb nehhhh… lanjutkan…hehehehe

@Fairly

Tetaplah lugu, saya juga lugu kok :smiley:

Malah daripada ribut-ribut di diskusi Kristen saya lebih suka mampir ke Pertanyaan non-Kristen :smiley:
Back to basic :slight_smile:

Yupp Bro…! thanks, saya munculin trit ini krn prihatin sama trit2 yg isinya saling hujat, saling tuding, maki-memaki dgn dalih diskusi… tetap semangat & GBU