curhat ke siapa?

kalo kamu lagi kena masalah, kamu akan curhat ke siapa?
bisa kasih tau alasannya kenapa?
tks

Dari dulu belon tobat ampe udah ditanganNya, aku paling suka share ma DIA…
Biasanya habis ma DIA baru deh ma Yayang (sekarang), atau sahabat…

pendapat saya = bro manusia…:smiley:

Kalau sekarang saya punya masalah dan terus curhat sama teman atau orang disekitar saya… hmmm… mereka pasti akan susah memahami … ;D

So daripada saya bikin orang susah… lebih baik saya bicara sama Tuhan… Dia juga sahabatku… Kekasih jiwaku… baru kemudian sama istri…

salam

. . . curhat am sapa ? t’gantung level masalah itu sendiri. tp biasanya se ndak pernah cerita ke sapa2 klo level tingkat tinggi . . .

curhat am Tuhan kn dah standard pisan, gk ada masalah jg SELALU cerita am Tuhan ^^

curhat langsung ke Tuhan, kalo bisa denger jawabanNya sih enak… lha kalo ga bisa dengar, kan repot ya, nunggu waktu yang akan membuktikan jawaban masalah ini dari Tuhan atau bukan, lama… bisa2 keburu murtado… :huh:

cerita ama teman, belon tentu mereka bisa dipercaya, jangan2 ember terus semua orang jadi tahu masalah, mending kalo habis gitu ada penyelesaian, yang ada malah tambah bumbu dan nama jadi jelek… repot juga… :angry:

curhat ama keluarga, kayanya ocehannya malah tambah banyak… :mad0261:

cerita ama pendeta… mereka sibuk… ga tega rasanya kalo ngerepotin mereka ama masalah kecil begini, lagian pelayanan belum banyak, masa sudah cerita masalah, malu atuh… :ashamed0002:

cerita ama pelayan gereja, nanti cuma disuruh berdoa dan pasrahkan semua ke Tuhan… sudah dilakukan tapi masalah tetap ada, katanya berarti belum dipasrahkan sepenuhnya ke Tuhan… salah lagi… dan masalahnya masih aja nangkring… whew… :undecided:

didiamin aja tuh masalah… lama2 jadi introvert atau malah jadi punya trauma… :’(

pingin banget curhat ke kk/dd lawan jenis… tapi gue cuma punya kk cowo yang jadiin gue tempat curhatnya juga hohoho ~.~"

Hmm, klo levelnya simple, ya curhat ke temen. levelnya agak berat, curhat ke orang tua, levelnya sangat berat, baru d curhat ke Tuhan… Tapi tahun ini emang bener-bener berat banget, jadi seringnya curhat ke Tuhan.

Tuhan, karena yah mungkin gw rada malu2 gt kalo ke teman… Sapa lagi yang bisa dimintai curhat… hehe… Selain itu juga bc buku lah biasanya disitu ada mesti gimananya. Tapi curhat ke temen juga ga kalah penting karena kadang2 temen2 bisa ngebantu kita diluar perkiraan kita.

Tuhan, lalu istri, kemudian ortu. Btw tdk ada yang curhat/konseling ke hamba Tuhan ya? Why?

banyak HT yang ga bisa simpan rahasia kali ya?
malah ntar dikhotbain pula, gondok banget tuh…

Dulu saya pernah beberapa kali sharing dengan HT senior. Namun kemudian, dalam FA inti saya kaget juga kalau ada masalah dari seseorang yang sharing ke seseorang di dalam FA inti, dibicarakan panjang lebar! Praktis hari minggu berikutnya telah menjadi masalah rahasia umum! Weleh … weleh … Saya jadi berpikir, pasti masalah yang pernah saya sharingkan dengan senior, juga bocor ke mana-mana nih, tapi mereka blagak o’on aja. Sejak itu, saya lebih berhati-hati lagi untuk men"sharing"kan masalah. Bah!

yuuppp!!!
makanya mestinya yang jadi HT bagian konselor/senior
semestinya dipilih yang bener-bener PAS.
syarat-syarat diaken, penilik jemaat, dsb yang bener-bener berkenan di hadapan Tuhan.
tapi ya sekali lagi… manusia tetap manusia
banyak kelemahan daging. euy…

Sebenarnya, di FK cocok juga sih. Karena tidak kenal secara pribadi, jadi bisa lebih obyektip dan tidak bisa menyebar goshow di lingkungan yang konseling. Iya gak? … iya gak? :afro:

Iya bro… :happy0062:

he eh…
tapi koq ga ada yang milih pilihan FK ya??
kasian deh…FK
hahahaha…

Ok, Yesaya, sekarang abang mo curhat ma kamu. Sama siapa ya sebaiknya saya curhat? ;D

Yesaya mestinya dapat list ke-1 dong…

Sis Chrisma n bro Kasih…
Kalau mau curhat yang pertama pada Tuhan dulu, karena Dia-lah yang memiliki kita dan yang tahu segala persoalan kita, dan Dia juga mempunyai rencana yang baik bagi kita. Kedua pada FK (mau ke saya juga boleh, kan kita saling share, :coolsmiley:), kalau kita kan cuma sebatas apa yang pernah kita alami, mungkin apa yang sedang dialami oleh sis n bro pernah dialami oleh sis n bro di FK, jadi kita bisa saling menguatkan. :slight_smile:

Yes, kamu gak "ember"kan? Tapi enaknya kalau share di FK, walaupun misalnya bro Yesaya “ember”, tetap saja kerahasiaan terjamin, betul gak?