Cinta itu sebuah tanggung jawab !

Catatan ini terinspirasi dari perjalanan hidup yang saya alami dan rasakan dariNYa,darimu,darinya,dari kalian,dan dari siapa aja bolehh :tongue:

CINTAitu ada bukan untuk sesuatu hal yang lumrah,cinta itu adalah sebuah pembelajaran dimana setiap insan manusia berhak merasakan dan wajib MELAKSANAKANNYA.
Kadang ketika kita merasakan detak jantung berdetak begitu cepat,kamu pikir itu yang namanya cinta pada pandangan pertama atau bla…bla…bla ?? SALAH MAMEN MAWOMEN,cinta tidak sesederhana itu !!
CINTA itu ada,terasa,dan berasal dari yang namanya PENGORBANAN !! Ya Pengorbanan,karena cinta mengajarkan kita untuk lebih melayani bukan untuk dilayani…ketika kita hanya ingin dilayani ? maka semua itu tak lebih dari hawa nafsu.

Sebelum kulanjutkan mungkin saya akan menjelaskan sedikit tentang 4 jenis cinta (kasih).

  • Agape : kasih terhadap Tuhan.Agape adalah sifat inti Tuhan, karena Tuhan adalah kasih (1 Yoh. 4:7-12, 16b). Kunci utama untuk mengerti agape adalah menyadari bahwa itu dapat dikenal dari tindakan yang mendorongnya. Sebenarnya, kadang kala kita berbicara tentang ”teladan perbuatan” dari kasih agape. Orang-orang pada masa kini terbiasa berpikir tentang kasih sebagai suatu perasaan, tetapi tidak demikian halnya dengan kasih agape. Agape adalah kasih karena apa yang dilakukannya, bukan karena bagaimana perasaannya.

  • Eros : kasih seksual atau hasrat kasih.Eros (EROTIC) dipakai sebagai kata benda, kata itu menunjuk kepada dewa kasih Yunani.Kata ini sudah memiliki dampak terhadap bahasa Inggris dan pandangan kita tentang kasih seksual,kasih inilah yang kadang kita (orang-orang jaman sekarang) rasakan terhadap orang lain…THIS ISN’T LOVE BUT LUST !!

  • Filio/Phileo : memiliki minat yang spesial kepada seseorang atau sesuatu.Kasih inilah yang kadang-kadang berawal dari pertemanan berakhir dengan pacaran karena sering jalan bareng atau mempunyai hobi atau minat yang sama…THIS ISN’T LOVE TOO,BUT PASSION !!

  • Storge : kasih dan sayang yang muncul secara alamiah antara orang tua dan anak-anak.Kata itu muncul dalam Roma 12:10 dengan kata, philostorgos, yang merupakan gabungan kata philos (bentuk kata benda dari phileo) dan storge. Roma 12:10 adalah ayat yang sangat penting, mengarahkan kita untuk sangat mengasihi dan saling berbuat baik…THIS IS LOVE BUT BETWEEN BOND (related to family).
    SEMUANYA HARUS BERDASARKAN KASIH AGAPE !!

Nah,saya udah jelasin jenis-jenisnya (bertambah lagi kan ilmu pengetahuan dalam Kekristenan).Sekarang kulanjutin ya…

Cinta tanpa dilandasi sebuah pengorbanan dan melayani,maka itu tak ubahnya hanyalah hewan yang hanya ingin mencari kesenangan semata.Karena memperalat pasangannya (walaupun sama-sama senang tapi diarah yang salah).
Semua hal sudah pernah kurasakan dari yang baik sampai jahat dalam berpacaran,asam manis pahit sebuah hubungan percintaan dan ITU HARUS ADA !

Cinta itu bagaikan sebuah perlombaan 2 insan manusia untuk saling mengesampingkan egonya dan saling melayani bukan untuk dilayani.

CINTA TIDAK MENGENAL KATA BENCI KETIKA SEMUA BERAKHIR,CINTA ITU SEPERTI BUAH KESABARAN YANG AWALNYA PAHIT TAPI AKAN BERBUAH MANIS,CINTA ITU SEPERTI MELAWAN ARUS DUNIA (NAFSU) BUKAN UNTUK MENGIKUTINYA.

CINTAMU,CINTAKU,CINTANYA terangkai dalam sebuah ikatan kasih TUHAN yang ABADI dan KEKAL,JANGAN khianatin dengan EGO semata…PERCAYALAH dibalik sebuah EGO yang ada hanyalah PENYESALAN !! :angel: