Ceritanya gimana sih, sampai YESUS mau menebus dosa manusia?

Dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, tolong ceritakan asal muasal YESUS mau menebus dosa manusia.

Kok menebusnya mesti nunggu setelah ribuan tahun setelah adam dan hawa keluar dari taman eden. Atau kenapa engga sekalian saja nanti sesaat sebelum kiamat terjadi. Sehingga yang bisa diselamatkan lebih menyeluruh, dimana teknologi informasi telah sedemikian canggihnya, bisa menyebarkan pesan penyelamatan secara online dan bersifat global.

Sebab apa yang dilakukan oleh YESUS pada abad 1 Masehi, di Timur Tengah, tidak adil bagi manusia manusia yang tinggal di belahan dunia lainnya, dan tidak adil bagi manusia manusia yang hidup pada saat ini yang tidak ikut merasakan atmostfir peristiwa penebusan dosa yg YESUS lakukan. Atau dengan kata lain, peristiwa tersebut hanya bersifat lokal saja. Bandingkan jika Yesus melakukan penebusan dosa itu pada saat sekarang atau nanti pada zaman teknologi yg sangat canggih, pasti peristiwa tersebut akan bersifat global, dalam sekejap bisa diketahui oleh seluruh manusia dibelahan bumi manapun. Ya, seperti Tsunami di Jepang yg kemarin terjadi, kita secara cepat langsung mengetahuinya.

Thanks

Salam

sederhananya Yesus tadinya datang ke dunia untuk menyelamatkan bangsa Israel yang udah keterlaluan banget, tapi karena bangsa Israel ga nerima dia terus jadinya seluruh bangsa yang mau terima dia diselamatkan
kenapa harus bangsa Israel? karena Tuhan udah terikat janji sama Abraham, Ishak, dan Yakub (Israel)

Bangsa israel doang?
Kan, pada abad 1 M, di belahan bumi lain ada Inca Maya, ada Cina, ada India, ada Afrika, ada Aborigin, ada Maori dan banyak lainnya selain Israel. Harusnya Yesus ikut memikirkan mereka juga dong.

sebetulnya buat seluruh dunia, tapi mereka bahkan kenal Tuhan aja ngga, kebanyakan mereka malah nyembah dewa baal
Tuhan sampe rela rela in turun ke dunia karena Dia mau menyelamatkan keturunan Abraham, Ishak, dan Yakub yang ketika hidup nya taat sama Tuhan
tapi bangsa bangsa Israel malah menolaknya sebetulnya Dia pun udah tau bakal mati di kayu salib karena orang Yahudi
akhir semua bangsa yang nerima Dia dianggap ‘Israel’ secara rohani, karena Israel itu diambil dari nama Yakub ketika dia taat sekali

paling mudah sih karena Dia itu kasih ,Dia membuktikan kasih-Nya itu^^

Well… Yesus datang pada saat awal masehi itu juga merupakan rencananya

Bayangkan klo dulunya Dia tunggu ampe kita sudah berkembang seperti sekarang. iya sih iya. Dia bisa menyelamatkan kita lebih cepat. tp Yesus tau klo dy turun pada masa modern, banyak manusia akan tidak percaya kepadanya karena mereka sudah terlanjur mempercayai teknologi yang sudah mereka kembangkan sendiri ketimbang kebenaran yang kuno itu.

well… itu point of view aQ… maaf klo ada kesalahan :wink:

Jawabannya: Momentum.
Sebelum mendapat karya keselamatan yang nyata, bangsa Israel terus-menerus menerima bayangan yang semakin kuat akan keselamatan itu.

“Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang,
dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri” (Ibr. 10:1)

Ini diperlukan supaya bangsa Israel paham bahwa mereka memerlukan keselamatan dari sang Juruselamat.
Momentum abad pertama adalah tepat, karena saat itu Israel masih menjadi pusat peradaban dunia. Kalau Yesus datang saat ini, secara logika lebih efektif jika Ia lahir di Amerika atau Jepang, dan itu berarti jauh dari Israel, di mana Ia harus menyelesaikan misi-Nya.

Kenapa tidak datang pada saat teknologi canggih? Karena teknologi bisa mengaburkan iman. Mungkin saja Yesus akan dianggap sebagai politikus atau sekedar selebritis jika Ia datang sekarang.
Renungkan pernyataan YESUS yang ini:

Lukas 8:8
Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Jangankan di zaman serba teknologi, tanpa teknologi saja masih banyak yang tidak beriman.

Kenapa dari bangsa Israel, tidak langsung ke semua? Karena Israel adalah umat pilihan Allah.
Silakan baca juga akupercaya.com is for sale

Salam

Saya agak kurang mengerti.
Konsep dosa asal menurut kristen kan dimulai sejak hawa dan adam makan buah larangan. Secara logika semua keturunan adam/hawa tanpa kecuali harus masuk ke dalam skenario penebusan dosa, bukan hanya Israel. Bagaimana dengan negro, cina, dayak dan lainnnya yang non Israel. Bagaimana pula yang berada di belahan dunia lainnya?

sudah, dengan hadirnya Yesus, dan pekabaran injil oleh para murid-Nya
sampai semua suku bangsa dan kaum dan bahasa mendengar dan mengenal Dia
kalau sebelum Yesus, lebih terbatas ke israel, walau tidak menutup kemungkinan dan memang bahwa hukum Tuhan sudah ada di setiap hati manusia

Pertanyaaan yg menarik sekali,
Ibr 11:6 Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsiapa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia.
Org yg mencari Allah hrs meyakini dulu bhw Allah itu ada, bukan menyembah pada dewa2 atau ilah2 lain

Dan masalahnya skrg, org2 tdk mencari Tuhan, mrk mencari kesenangan sendiri
Rom 3:11 Tidak ada seorang pun yang berakal budi, tidak ada seorang pun yang mencari Allah.
Rom 3:12 Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik, seorang pun tidak

Ttp Tuhan yg berinisiatif utk menyelamatkan manusia, dan kesabaran Tuhan menuntun kita kepadaNya
Rom 2:4 Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

Bgmn dg bgs2 yg belum mengenal Yesus?
Adalah tugas bagi anak2 Tuhan untk membagikan Kabar Baik (Injil), spy mrk yg blum tahu menjdi mengerti dan bahkan mempercayai Injil

salah satunya karena Abraham mau ngorbanin Ishak.

semoga terwakili dgn lagu ini…
Dari semula…tlah Kau tetapkan
Hidupku dalam tanganMU…dalam rencanaMu Tuhan
Rencana Indah…tlah Kau siapkan…
Bagi masa depanku yg penuh harapan…
Smua…baik…smua baik
Apa yg tlah Kau perbuat di dalam hidupku…(2 x)
Kau jadikan hidupku berarti…
:afro:

Karena kita Dia menderita
karena kita Dia disalibkan
agar dunia yang hilang diselamtkan
dari hukuman kekal

alasan Yesus mau menebus dosa manusia hanya satu yaitu KASIH-NYA yang sangat besar bagi anak-anak manusia.
Alkitab berkata : Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Seandainya seluruh manusia masuk dunia pun Tuhan tetap Benar dan Adil. karena hukuman dosa adalah maut. namun hanya semata-mata Kasih dan Anugrah Nya anak-anak manusia di beri jalan keselamatan yaitu melalui penebusan dosa oleh Yesus Kristus

intinya kitalah alasannya bro baby ^^

ohhh …
tuhan menunggu momentum …

Jawabannya: Momentum.

IC

Kalau Tuhan Yesus tidak menebus dosa manusia, pasti tidak akan ada manusia yg bisa masuk ke surga, surga akan kosong.

Karena semua manusia adalah berdosa. jadi kita membutuhkan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat manusia

Peristiwa masa lalu mempengaruhi keadaan saat ini.
Kita tidak tahu, apakah keadaan saat ini akan begini adanya seandainya tidak ada peristiwa tersebut.

Karena apa? Karena target misi-Nya adalah manusia, sedangkan manusia memiliki konteks peradaban dan budaya.

Salam

mangkanya pake acara nyamar2 itu ya pak brow?
Apa TUHAN gak bisa ngampunin tuh dosa manusia tanpa acara penyamaran pak brow?

salam :happy0025: