brzinah

menurut kalian apa aja yg termsk dosa brzinah???

melakukan kontak seksual.

mendua hati… percaya (read: menyembah) Tuhan Yesus… juga menyembah setan (pelihara jimat)

datang ke gereja memuji Tuhan… datang pulak ke dukun minta petunjuk

Saya setuju dengan sis Alice.

Soalnya zaman dulu kata ‘zinah’ itu emang artinya sama dengan apa yang dipaparkan sis Alice.

Zaman sekarang banyak orang yang begitu.

Pergi ke gereja, tapi percaya ama peramal, ahli hong shui, ahli supranatural, dll.

Tapi arti ‘zinah’ masa kini itu lebih cenderung mempunyai sifat suka berolah asmara dengan pasangan yang bukan resminya.

Jadi pria dengan WIL-nya.

Wanita dengan PIL-nya.

Yang paling parah itu, pria dengan pria, wanita dengan wanita. :ashamed0004:

zinah ada 2 secara rohani & jasmani

secara rohani: menduakan Tuhan dengan ilah lain

Le 20:6 Orang yang berpaling kepada arwah atau kepada roh-roh peramal, yakni yang berzinah dengan bertanya kepada mereka, Aku sendiri akan menentang orang itu dan melenyapkan dia dari tengah-tengah bangsanya.

perzinahan jasmani … itu ada kaitannya dengan perselingkuhan

Kalo melihat lawan jenis terus menginginkannya, itu sudah termasuk zinah ya?

Serakah = penyembah berhala = berzinah (Efe 5:5)

Serakah = penyembah berhala = berzinah (Efe 5:5)

Kalau melihat lawan jenis lalu kepingin, saya rasa itu bukan berzinah.
Itu keinginan yang memang ditanamkan oleh Tuhan kepada pria dan wanita.

Yang dimaksud oleh Yesus adalah kalau kita melihat seorang wanita (yang sudah menikah) dan mengingininya.
Itu termasuk perzinahan, meskipun baru dalam hati.

Bro Aslan: coba cek KJV… Anda akan tau apa arti mengingini… Gbu.

Dosa nggak ?, konsekwensinya?
Si Wanitanya (yang dilihat), apakah juga terkena dosa zinah?

Jadi sebenarnya mengingini itu kayak gimana sih?

Ada 2 kategori dosa seksual.

  1. Zinah
  2. Cabul

Berzinah dan Cabul sama-sama dosa seksual.
Bedanya adl berzinah konteksnya sudah menikah, sdgkn cabul apabila blm menikah.

However,
Dlm kotbah di bukit Yesus bkata ttg :
‘Memandang wanita dan mengingininya’.

Dlm pngertian bahasa asli,
Ayat ini tidak sampai pada tahap kontak alat kelamin,
Mlainkan menatap dan timbul nafsu birahi.

Seorang yg sudah mnikah apabila timbul nafsu birahi thd lawan jenisnya, maka ia sudah dkategorikan bzinah walau belum terjadi kontak seksual (alat kelamin).
Artinya, berzinah dlm pikiran pun sudah termasuk berzinah scr nyata.

Lalu sampai manakah batas percabulan?
Sama juga.

Seorang yg belum menikah apabila timbul nafsu birahinya thd lawan jenisnya, maka ia sudah bercabul bahkan tanpa terjadi kontak seksual.

Rasa tertarik pd lawan jenis adl hal yg wajar.
Tanpa rasa tertarik, bagaimana sso mlakukan pendekatan dan mengikat hubungan yg lebih serius mnuju jenjang pnikahan?
Tp mbiarkan nafsu birahi utk mnguasai pikiran adl suatu pilihan.

Zinah:

  • Akatharsia: kenajisan ibadah, kejatuhan susila religius
  • Porneia: pelanggaran seksual

sumber: kamus alkitab

Jadi kalau mengingini, tapi nggak nafsu, maksudku nggak membayangkan yang aneh-aneh termasuk dosa apa nggak?

Kayaknya gak deh, kan itu artinya naksir.

Kalo wanita yang diingin menanggapi … ikut berzinah.
Kalo ngga nanggapi … artinya yang berzinah sepihak

ex: kasus Daud & Batsyeba…

keduanya berzinah

seandainya kita dah punya pasangan…trus kita melihat seorang cowok/cewek dan kita menginginkankannya dalam hati, itu sudah masuk kategori berzinah.

Di matius 5:28 “Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.”

tapi klo kita blm punya pasangan dan cowok /cewek itu jg blm punya, saya rasa itu wajar…