Bom Bunuh diri di Gereja Kepunton Solo

Minggu, 25/09/2011 13:13 WIB
Bom Bunuh Diri di Solo
20 Korban Luka-luka Dilarikan ke RS Dr Oen

Nala Edwin - detikNews

Jakarta - Sekitar 20 orang jemaat Gereja Kepunton Solo yang mengalami luka-luka dilarikan ke RS Dr Oen. Saat ini para korban masih menjalani perawatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

“Ada sekitar 20 orang yang dibawa kemari,” kata Bambang, salah seorang petugas RS Dr oen kepada detikcom, Minggu (25/9/2011).

Bambang menjelaskan, RS Dr Oen tidak menerima korban tewas dalam ledakan bom bunuh diri tersebut. “Kalau korban tewas kita belum terima,” katanya.

Bambang mengatakan, belum mengetahui luka-luka yang dialami korban ledakan bom tersebut. “Saya belum dapat informasinya,” katanya.

(nal/lh)

Sumber: detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional

Bom Bunuh Diri, Kapolres Solo: 1 Orang Tewas & 9 Orang Luka
Indra Subagja - detikNews

Jakarta - Polisi memastikan bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepuluh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah menewaskan sang pelaku. Ledakan juga mengakibatkan beberapa orang mengalami luka-luka.

“1 Tewas yakni pelaku, dan 9-10 orang mengalami luka-luka. 2 Di antaranya luka parah,” kata Kapolres Solo Kombes Pol Listyo Sigit saat dihubungi detikcom, Minggu (25/9/2011).

Polisi hingga kini masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) di sekitar gereja tersebut.

“Korban luka-luka masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit,” jelas Listyo saat dihubungi pukul 13.00 WIB.

Bom bunuh diri diketahui terjadi sekitar pukul 11.00 WIB, beberapa saat setelah kebaktian selesai digelar. Sebelumnya menurut Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Djihartono, 15 warga mengalami luka-luka.

(ndr/vit)

Sumber: detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional

Pagi ini menjelang siang (25/9) pas saat pergantian ibadah 1 ke ibadah ke-2 jam 8.30 tiba2 ada ledakan di halaman Gereja bethel Injil Sepenuh Kepunton Surakarta Jawa Tengah.
Rupanya kaum ekstremis ini sudah berani terang2an menyerang umat Kristen.

Kapolres Solo: Pelaku Bom Bunuh Diri Berusia 30-an, Bertopi & Kacamata
Indra Subagja - detikNews

Solo - Polisi masih melakukan identifikasi pelaku bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepuluh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Pelaku tidak meninggalkan identitas yang bisa dikenali.

“Tidak ada identitas. Tapi pelaku berusia 30-an tahun, bertopi dan berkacamata,” kata Kapolres Solo Kombes Pol Listyo Sigit saat dihubungi detikcom, Minggu (25/9/2011).

Dia menjelaskan, pihaknya masih berupaya menyelidiki identitas pelaku agar bisa dikejar jaringannya.

“Sementara masih terus kita cari. Tim sedang bekerja,” tuturnya.

Diketahui bom bunuh diri terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Pelaku tewas dan 9 orang mengalami luka-luka. 2 Orang di antara para korban luka mengalami luka parah. Mereka dilarikan ke sejumlah rumah sakit seperti RS Kasih Ibu, RS Dr Oen Kandang Sapi dan RS Panti Waluyo.

(ndr/vit)

Sumber: detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional

Menko Polhukam Gelar Rapat Bahas Bom Solo
Anwar Khumaini - detikNews

Jakarta - Menteri Polhukam Djoko Suyanto siang ini langsung menggelar rapat membahas bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepuluh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Rapat digelar di Kantor Menko Polhukam.

Informasi yang dihimpun detikcom, Minggu (25/9/2011), rapat akan berlangsung pukul 14.00 WIB. Usai menggelar rapat dengan jajaran Polkam, Menko Polhukam akan menggelar jumpa pers.

Sedangkan Kapolri Jenderal (Pol) Timur Pradopo dan jajaranya saat ini dalam perjalanan ke lokasi bom bunuh diri di Solo, Gereja Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Kapolri didampingi jajarannya.

“Saya sedang bersama Pak Kapolri di pesawat,” ujar Kabagpenum Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar dalam pesan singkat yang diterima detikcom, Minggu (25/9/2011).

Boy menambahkan, dirinya sedang menuju ke lokasi ledakan bom yang berada di Jl Arif Rahman Hakim, Solo. Sesaat sebelumnya Kabareskrim Komjen Pol Sutarman pun meluncur ke tempat kejadian perkara (TKP).

Presiden SBY telah mengetahui peristiwa ini dan memerintahkan Kapolri untuk meninjau lokasi dan melakukan penyelidikan terhadap kasus bom bunuh diri ini.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2011/09/25/133608/1729845/10/menko-polhukam-gelar-rapat-bahas-bom-solo?9911012

SBY Perintahkan Kapolri Selidiki Bom Bunuh Diri Solo
Anwar Khumaini - detikNews

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mendapatkan laporan tentang bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepuluh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah. SBY memerintahkan jajaran Polri segera melakukan penyelidikan kasus tersebut.

“Presiden telah dilaporkan mengenai informasi bom bunuh diri di Solo,” kata Juru Bicara Presiden Bidang Dalam Negeri, Julian Adrin Pasha, saat dihubungi wartawan, Minggu (25/9/2011).

“Presiden memerintahkan Kapolri dan jajaran kepolisian segera melakukan penyelidikan di tempat kejadian dan membantu para korban serta mengamankan daerah sekitar tempat kejadian,” imbuh Julian.

Julian menambahkan, saat ini kepolisian sedang bekerja dan melaporkan perkembangan dampak bom tersebut kepada Presiden.

“Saat ini kepolisian sedang bekerja, dan akan melaporkan perkembangan keadaan berdasarkan hasil temuan di lapangan kepada Presiden,” kata Julian.

Bom dikabarkan meledak sekitar pukul 11.00 WIB, beberapa saat setelah kebaktian digelar. Seorang pria yang diduga pelaku bom bunuh diri tewas dengan luka parah di bagian perut. Sekitar 10 orang mengalami luka berat akibat peristiwa tersebut.

(anw/anw)

Sumber: detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional

Bom Bunuh Diri di Solo
Pelaku Peledakan Diduga Tewas Mengenaskan

Nurvita Indarini - detikNews

Jakarta - Bom bunuh diri meledak di Gereja Bethel Injil Sepuluh (GBIS), Kepunton, Solo, Jawa Tengah. Seseorang yang diduga sebagai peledakan masih tergeletak di lokasi, tewas dengan kondisi mengenaskan.

“Informasi dari jemaat yang menelepon kami, seseorang yang diduga sebagai pelaku perutnya luka parah, tercerai berai perutnya,” kata petugas Palang Merah Indonesia Kota Solo Sumartono Hadinoto saat dihubungi detikcom, Minggu (25/9/2011).

Jemaat gereja tersebut menelepon PMI untuk meminta bantuan akibat ada beberapa korban yang terluka akibat ledakan tersebut. “2 Orang dari paduan suara, 1 jemaat dewasa dan 1 anak kecil dilaporkan terluka.Kemungkinan masih bertambah lagi,” sambung Sumartono.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2011/09/25/120023/1729795/10/?992204topnews

Bom Bunuh Diri di Solo
Sekitar 10 Orang Mengalami Luka Berat

Tono - detikNews

Jakarta - Ketika terjadi ledakan, Gereja Bethel Injil Sepuluh (GBIS), Kepunton, Solo, baru selesai mengadakan kebaktian. Sekitar 10 dari dua ribu orang jemaat peserta kebaktian mengalami luka parah.

“Saat itu ada 2 ribu jemaat di dalam gereja,” ujar saksi mata, Singgah, yang juga mengikuti kebaktian di gereja itu di lokasi, Jl Arif Rahman Hakim, Kepunton, Solo, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2011).

Saat ledakan terjadi ada beberapa orang jemaat gereja menjadi korban. “Ada 8-10 orang luka berat, sudah dievakuasi,” sambung Singgah.

Usai kebaktian di gereja, Singgah pun keluar gereja. Setelah dirinya berjarak sekitar 200 meter dari gereja, dia mendengar suara ledakan dari arah gereja.

Sanggah sebelumnya melihat orang tak dikenal mondar-mandir di depan gereja sejak pukul 10.30 WIB, setinggi 169 cm. Sementara bom terjadi pukul 11.00 WIB.

Sumber: detikNews - Berita hari ini di Indonesia dan Internasional

Terima kasih buat infonya bro Clay. Semoga kedepannya hal2 seperti ini tidak terjadi lagi. Sungguh sangat disayangkan kalau gara2 indoktrinasi yang dilakukan pemimpin agama bisa membuat umat yang naif dan tidak waspada merasa sedang melakukan hal yang benar di mata Allah. Tidak mengherankan jika pelaku indoktrinasi dan cuci otak umat ini menghendaki umat tetap bodoh dan tidak tahu apa yang diperintahkan Allah. Btw, anda belum menjawab pertanyaan di thread anda mengenai beatifikasi orang mati yang dilakukan oleh bapa gereja.

bukan salah Allah mereka, tetapi salah si manusia jahat yg punya nafsu membunuh sesama manusia… :’(

Shalom…

Seperti yang Tuhan Yesus katakan saat Ia diSalib “Bapa ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”

awalnya aku marah banget saat liat berita itu, tapi aku ingat doa Tuhan Yesus, dan itulah yang aku ucapkan saat berita Bom itu disiarkan lagi di televisi nasional… mereka memang tidak tahu apa yang mereka perbuat, kita harus terus mendoakan mereka agar mereka bertobat… JBU :angel:

setujuh…aku jg tiap kli denger kabar bom d greja pasti bawaan nya marah…marah ama satu pihak, yah u know lah sapa yg biasanya d tuduh…
Tapi ya gw brusaha jgn terpancing dan marah sampe menggebu-gebu (dosa dah) :stuck_out_tongue:
Cuma bisa berdoa agar kerukunan bisa terjalin di Indonesia…
Sepertinya perjuangan kita sangatlah susah…seperti yg sudah d katakan Bung Karno: “Perjuanganku lebih mudah krn melawan penjajah, tp perjuanganmu akan lebih susah krn melawan bangsa sendiri”

dah lama pernah ada teror BOM di GBIS Kepunton…
malah kejadian hari ini…

Yang jelas roh antikris telah merasuki pelaku bom bunuh diri, dan mungkin sekarang rohnya pelaku bom bunuh diri bingung kenapa dia nggak dibawa ke sorga tapi dibawa ke she’ol atau gehenna. :’( :’( :’(

Apa boleh buat maunya masuk sorga tetapi … :angel: :angel: :angel:

Makanya kejadian ini makin menguatkan hipotesis saya tentang seorang antikris tahap 1 dan roh antikris adalah … :afro: :afro: :afro:

Udah tahu khan ??? :smiley: :smiley: :smiley: :smiley:

Tp di situ kuasa Tuhan bekerja hlo…
pelaku jg ikut ibadah,kejadiannyakan katanya habis doa lalu pemberkatan, pelaku keluar jadi di jalan keluar BOM meledak?
kq gak tetap didalam ja kalau pengen korban banyak?

saya dari daerah Solo, dan sangat terpukul dgn kejadian ini.

tapi sisi positifnya, skrg antar gereja saling mendoakan. biasanya saat masuk ke salah satu gereja (maklum suka cari suasana baru) tidak pernah menyebut gereja lain, hanya gerejanya dan pengurusnya. tapi tadi mendoakan gereja lain, rasanya sangat INDAH :smiley:

semoga jemaat Gereja Bethel Injil Sepenuh Kepunton, Solo diberi ketabahan menghadapi ini semua :’)

Gak ikut ibadah, keterangan yg jualan di warung, orang it pas ibadah mondar mandir di dpn/samping gedung.
Sumbernya saya cari dulu, udah di close. . .

malah ada kesatuan antar Gereja gereja di kota solo ya dek, kesatuannya semakin erat ^^
gak pandang toh dari karismatik, pentakosta, atau yang kalem kaya GKJ :smiley:

tapi katanya orang2 sempet ikut misa jg?

entah napa pas denger bomb tadi berasa gak marah…
napa kita harus marah krn ini Tuhan uda bilang kok kl kita di masa2 akhir akan di siksa…

dan ini warning dari Tuhan, saatnya umat Tuhan bersatu(bukan menggabungkan ideologi, dkk yah) dan bangkit dari “tidur” utk jadi terang bagi Indonesia…

ayo semangat, kita bergandengan tangan lupakan perbedaan di antara kita…dan sama2 berdoa