Bisakah seorang Kristen menjadi tentara, pemimpin politik atau presiden?

Ya, muncul pertanyaan seperti itu, karena yang saya tahu, pemimpin politik atau pemimpin negara, atau seorang presiden, pada saatnya akan mengambil kebijakan yang berttentangan dengan ajaran kasih. Misalnya ketika memutuskan berperang. Contoh, Amerika dan anggota NATO lainnya, yang notabene, dipimpin oleh presiden dengan iman kristen, memutuskan menyerang Libya, Afganistan, Irak dan negara negara atau kelompok yang dianggap menyimpang. Serangan serangan itu secara jelas bertujuan melumpuhkan, dan membunuh kelompok yang dianggap musuh.

Atau jika seorang kristen menjadi tentara, dikirim ke medan perang, kan mau tidak mau dalam posisi tertentu harus membunuh.

Nah, bagaimana teman teman menjelaskan hal hal yg demikian dalam konteks ajaran kasih, yang saalah satu poinnya adalah dilarang membunuh sesama manusia dengan alasan apa pun.

Adakah firman dalam Al kitab yang memberikan dasar atas tindakan tersebut di atas.

Salam

Bisa saja…
Markus 12:17 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!” Mereka sangat heran mendengar Dia.

Hanya saja dalam melakukan itu karena kewajiban terhadap negara, bukan karena hawa nafsu.

Orang Kristen jadi presiden Indonesia?
Mungkin kita harus menunggu seperti Amerika bisa dipimpin seorang kulit hitam.

Apapun jabatan dan profesinya, yang penting takut dan setia hanya kepada Tuhan Yesus dan FirmanNya.

Sebagai manusia jawabannya bisa.
Tetapi lebih bijak lagi jikalau kita tidak usah menjadi tentara dsb agar pada waktunya nanti kita tidak mempertanggungjawabkan darah seseorang yang telah terbunuh.
Lebih bijak dan sangat bijak lagi jika kamu hanya memfokuskan diri pada TUHAN saja dan tidak menjadi serupa dengan dunia ini.
Tapi jika tetap memutuskan menjadi tentara dsb, YESUS pun pernah berkata yang intinya kita harus tunduk dan patuh pada pemerintah negara dimana pun kita tinggal.
Salam kasih :slight_smile:

Ya, mesti nunggu kedewasaan masyarakatnya. Dewasa dalam menghadapi setiap perbedaan.

nggak perlu untuk jadi presiden baru bingung,
jadi orang biasa saja kalo tidak salah mau dibunuh wajib bela diri dan melawan.

Ada dasar firmannya, bro. Apa cuma pendapat pribadi bro saja?

saya kurang yakin ini bisa jadi jawaban / tidak…

Matius 15:19
Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Kasus pembunuhan dlm Alkitab:
Kisah Para Rasul 5:33
Mendengar perkataan itu sangatlah tertusuk hati mereka dan mereka bermaksud membunuh rasul-rasul itu.

1 Yohanes 3:12
bukan seperti Kain, yang berasal dari si jahat dan yang membunuh adiknya. Dan apakah sebabnya ia membunuhnya? Sebab segala perbuatannya jahat dan perbuatan adiknya benar. (krn iri Hati)

tidak ada larangan jadi tentara asalkan kl melakukan pembunuhan itu bukan karena niat Hati yang Jahat

:slight_smile:

(+) [s]asalkan kl melakukan pembunuhan itu bukan karena niat[/s] yg ini diralat.. maksudnya, asalkan tentara tsb membunuh bkn dng Niat jahat tp untuk keadlian..

Firman versi T-REX mau bro … ;D ;D ;D

Mau jd presiden itu harus mengutamakan dan melindundi rakyat nya
Mau jd pemimpin itu harus mengutamakan dan melindungi umatnya
atas dsar hal diatas maka tidak bisa dijadikan pembenaran tp mmg itu yg harus dilakukan
ingat tuh yang dilakukan Raja Daud udah berapa banyak tuh manusia udah kebunuh ama dia tp
tetep aja dia masuk jajaran org22 yg dikasihi TUHAN. :slight_smile:
nah klo jd pemimpin politik >anda ga bakalan bisa bener karena politik itu saja sudah kotor :stuck_out_tongue:

Jadi menurut anda, orang kristen harus menjauhi politik dan jabatan jabatan politik? Dan, para pemimpin politik yg beragama krisiten itu, seperti Obama tidak bisa sungguh sungguh melaksanakan ajaran kasih?

Roma 13:1
Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah.

Tit 3:1
Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.

dan setiap permerintah mempunyai pandangan politik tertentu.

kalau anda sebagai seorang Kristen mau masuk ke politik, pastikan dulu kesiapan anda agar nggak terseret dgn arus kuat disana, sehingga anda bisa menjadi Daniel Daniel baru yang bisa membawa pemerintahan itu menuju ke jalan yang di “ridhoi” Allah

Anda yakin, firman tersebut masih bisa mewakili kondisi sekarang ini? Anda yakin bahwa setiap pemerintah selalu berasal dari Allah?
Ayo jawab?

@roderick – babybenz

klo pndpt pribadi politik akan selalu kotor >
merujuk kepada obama > anda bisa liat sendiri cara politik itu bagaiman menjatuhkan lawan dengan
penjelekan image lawan…mencari borok borok lawan…menggunakan kata22 lembut tp menjatuhkan lawan

saia ga mempermasalahkan imam atau rahib atau pemimpin agama boleh apa gak??
cm lebih fokus kedalam dunia politik om roderick :slight_smile:

klo pun org awam mau jd pemimpin silahkan saja…tp apa iyah sanggup berjalan tegak lurus selurus22 nya :slight_smile:

Yakin nih bro, prajurit kristen boleh membunuh? Kalau saya lihat dikutipan firman tersebut, jangankan membunuh, merampas dan memeras saja tidak boleh.

Nah, pendapat anda mampu menangkap poin yang saya pertanyakan. Itulah kurang lebih yang saya maksud.

maksa ya

saya percayai apa yang dikatakan Alkitab!

setiap negara yang sudah terdaftar resmi dan diakui dunia resmi kenapa tidak?
anda tidak setuju?

ayo jawab! :slight_smile:

Kita tidak sedang membahas benar tidaknya ajaran atau gereja. Kita justru sedang mencoba melihat bagaimana orang kristen jika dihadapkan pada posisi yang menurut hemat saya bertolak belakang dengan ajaran kasih. Melakukan pembunuhan, membunuh, mengambil kebijakan yang mengakibatkan pembunuhan, membela negara ketika diserang musuh, membela keluarga ketika diserang penjahat. Memerintahkan menyerang suatu negara dengan alasan negara yang diserang mengabaikan hak hak asasi manusia, menyerang Libya, Irak, Afganistan dan terakhir misalnya menyerang Osama bin laden. Katakanlah memang semua itu pantas untuk dihabiskan karena alasan alasan yang bisa diterima oleh masyarakat duinia. Jika memang demikian, dan kristen mengijinkan atau memperbolehkan penyerangan, atau balasan, atau hukuman dengan menghabisi mereka. Berarti ajaran kasih itu juga ternyata punya pengecualian. Dan pengecualian itu dalam konteks alkitab, apakah ada ajaran pengecualiannya.

menurut saya kl mau mengaitkan Pemimpin - perang - politis dll dengan ajaran kasih Yesus harus ada juga kaitannya dengan Hikmat dan Kebijaksanaan…

memang 2hukum yg utama itu:

  1. Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap akal, budi dan jiwa
  2. Kasihilah sesama seperti diri sendiri
    → diri sendiri bukan berarti suka-suka kita… krn bs jd kita tdk tau cara mengasihi diri sendiri

nah, Kasih itu sendiri digambarkan oleh Paulus dlm 1 Korintus 13:4-dst

DI INDONESIA

tentara << bisa
Pemimpin politik << bisa
Presiden << susyaahh … ketakutan karena iblis gak mau indonesia di pimpin oleh anak Tuhan… pekerjaan nya bisa dipersempit ntar…

:stuck_out_tongue: