Bilik Pengakuan Dosa

Dalam beberapa film barat yang pernah saya tonton, di gereja ada bilik pengakuan dosa. Di mana seorang jemaat bisa mengaku dosa dosanya kepada pendeta di bilik tersebut. Pertanyaannya, apakah fungsi pengakuan dosa tersebut? Setelah mengaku dosa, apakah dosanya benar benar dihapus? Berapa lama sekali sebaiknya jemaat mengakui dosa dosanya? Mengapa mengaku dosanya ke pendeta, tidak langsung ke TYK? Mohon bagi yang memahami dapat memberikan penjelasan.

Salam

baby, saya yakin, anda tahu, kalau bilik pengakuan dosa hanya ada di gereja katolik, bukan gereja kristen.

Jadi, mengapa anda bertanya pada Forum Kristen, dan bukannya bertanya di tempat Forum katolik ???

Motivasi … ???

hmm…baby…s yg dikatakan jz10 benar…bilik pengakuan dosa adanya digereja katolik…

kalo menurut saya pribadi (jgn tersinggung ya?) sebaiknya mengaku dosa hanya kepada Tuhan Yesus apalgi jika itu adalah dosa2 yang bersifat sensitive dan pribadi yang hanya bisa qt sampaikan kepada Tuhan saja,dan hanya TUHAN yg punya kuasa menghapuskan dan mengampuni dosa.

@Jz10 … di sini banyak koq yang katolik :smiley:

Ada st_yopi, liberty, jenova, dll … mereka kelihatannya sudah paham dengan pengajaran dari gerja katolik, jadi bisa membantu menjawab …

@babybens

memang di kristen setahu saya gak ada ruang pengakuan dosa, yang ada adalah konseling termasuk konseling masalah keterikatan dosa …

dan biasanya pengankuan dosa lebih sering dilakukan di persekutuan yang lebih kecil, misal di kelompok sel (komsel), Family Altar/Comunity of Love, Persekutuan doa rumah, dimana orang2nya sudah saling kenal, nanti di sana mereka saling menguatkan

jadi mengaku bukan untuk diampuni dosa-nya, karena yang mengampuni hanya Tuhan Yesus, tapi mengaku untuk mendapat dukungan dari saudara2 seiman agar bisa lepas dari dosa tersebut …

Jz10, apa ada yg salah dgn pertanyaan saya? Saya punya hak untuk mendapat jawaban. Kalau anda tidak mau menjawab ya silakan saja. Dan, sebelumnya saya sudah bertanya FK ini forum P atau K, dan jawabannya adalah forum netral, bukan exlusive P saja. Selama pertanyaan saya bersifat terbuka, tidak melecehkan, dilandasi rasa ingin tahu, saya kira sah sah saja. Kalau K dan P itu berbeda, ya tidak masalah. Jadi kalau pertanyaannya untuk denom K, ya silakan yang K menjawab dan yang P jangan menghina jawaban teman K. That is the rules.

Saya hanya mengingatkan member yg lain, untuk tidak terpancing untuk teradu domba oleh member non Kristen.

itu saja.

bolehkan kl saya mengingatkan member yg lain ???

Karena saya melihat, pertanyaan anda belakangan ini, cenderung mempertentangkan denom yg satu dgn yg lain.
Sekarang Kristen dan Katolik.

Silahkan anda jalan2 dulu, udah terlalu banyak topic yang diangkat dan isinya sama saja,

INTINYA merujuk pada Kudus dan Apostoliknya Gereja Katolik,

mau lebih jelas silahkan jalan2 dulu di FK ya :slight_smile:

Jz10, anda selalu menganggap pertanyaan saya sebagai upaya mengadu domba. Sayang sekali, jika anda merasa seperti itu.

Coba anda pikirkan bahwa saya ini non kristen, posisi saya netral dalam perbedaan denom kristen. Apa yang terlintas di pikiran saya yang memang membutuhkan jawaban, ya saya tanyakan di sini. Pengetahuan tentang detil perbedaan denom justru saya dapatkan di forum ini. Pada awalnya saya menganggap semua Kristen sama, tapi sekarang saya paham bahwa terdapat beberapa perbedaan, namun tetap dalam koridor TYK sebagai juru selamat.

Iman kristen itu bersifat terbuka, dan dapat dipertanyakan oleh siapa pun, asal tentu saja dengan cara yang baik.

Jadi jika saya bertanya dan kebetulan masuk dalam denom Katolik, ya biarkanlah teman teman Katolik menjelaskan. Dan, teman teman yang Protestan pun ya silakan memberikan jawaban.

Perbedaan itu pasti ada, dan tidak setiap perbedaan akan dijadikan alasan adu domba. Hanya yg berpikiran sempit saja yang bisa diadu domba.

Kalau pun saya katakan bahwa kok di Katolik begini dan di Protestan begini, mana yang benar? Anda tidak perlu tersinggung dan merasa diadu domba. Anda bisa berikan jawaban yang elegan, diplomatis, keren, menyejukakkan.

Dan, dengan menghalangi teman teman untuk menjawab pertanyaan non kristen, anda telah merendahkan kemampunan teman teman FK di sini untuk memberikan jawaban. Dan, tahukah anda, bahwa di sini banyak yang lebih mengedepankan akal pikirannya, dari pada emosi dan kecurigaan.

Salam

Terima kasih keterangannya, bro. Beberapa film barat yg saya tonton pernah mengekspos adegan pengakuan dosa, jadi ya saya tanyakan di sini. Sekalian melatih teman teman menjawab apa yang diyakininya, dan saya dapat pemahaman.

Dan, kalau di katolik memang ada tradisi itu, ya kan tidak masalah, ngapain juga takut berbeda. Perbedaan adalah hal yang lumrah.

Salam

saya tidak emosi baby

justru saya melihat dgn tenang, bahwa banyak rekan di FK ini yang mudah di adu domba, maka saya memperingatkan rekan FK terlebih dahulu.

Saya tidak melarang yg lain, saya hanya ingin mengingatkan rekan yg lain saja agar tidak debat kusir yg sengit antara Kristen dan Katolik.

semoga penjelasan saya ini bisa di terima.

Thanks.

Pengakuan dosa adalah Alkitabiah, dimulai dari TUHAN YESUS yang mengampuni orang2 berdosa, kemudian Kuasa Pengampunan Dosa diwariskan kepada St Petrus dan penerusnya (Pope) (Lih Alkitab), berlanjut sampai sekarang melalui Sakramen Tobat yang dilayanin oleh pemegang Sakramen Imamat.

Kenapa dibilik? Supaya jangan dijalan hehehehehe… :slight_smile: Supaya cukup Wakil TUHAN dan pendosa yang tahu Tq :slight_smile:

@All

Silahkan saudara2 yang Katolik menjawab pertanyaan ini. Yang bukan Katolik tidak perlu menjawab pertanyaan TS karena bukan kapasitasnya.

Harap diingat…
Forum ini bukan milik pribadi denominasi manapun. Jadi setiap denominasi boleh berpatisipasi disini.
Demikian dan harap maklum

GBU

Kasih tau link-nya, bro. Thanks.

Bro Yopi, kalau kita melakukan pengakuan dosa, apakah dosa dosa kita bisa diampuni? Dan, setahu saya TYK telah menebus semua dosa, mengapa kita harus minta pengampunan lagi.

Dan, ini pertanyaan pribadi, boleh dijawab atau tidak, bro Yopi seberapa sering pergi ke bilik pengakuan dosa?

Salam

Hehehehehehe… TUHAN YESUS menebus dosa asal:

Roma
Adam dan Kristus
5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.
5:13 Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat.
5:14 Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.
5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.
5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.
5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.
5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.
5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.
5:20 Tetapi hukum Taurat ditambahkan, supaya pelanggaran menjadi semakin banyak; dan di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah,
5:21 supaya, sama seperti dosa berkuasa dalam alam maut, demikian kasih karunia akan berkuasa oleh kebenaran untuk hidup yang kekal, oleh Yesus Kristus, Tuhan kita.

Jadi, TUHAN YESUS menebus dosa asal agar keselamatan itu terbuka untuk kita, karena dengan dosa hubungan kita dengan TUHAN ALLAH terputus, mengingat keselamatan itu cuma-cuma dari TUHAN ALLAH, sehingga tidak boleh ada yang memegahkan diri (Efesus 2:8-9), namun kita harus menjaganya anugerah tersebut karena kita tidak mengusahakannya dan agar tidak jatuh lagi dalam dosa {(Roma 3:10,23) (1 Korintus 3:10-11,16-17) (2 Korintus 11:3) (1 Yohanes 1:8) (Wahyu 18:4) (Wahyu 20:13)}, dengan menjaga anugerah yang diberikan cuma-cuma tersebut maka kita akan masuk Kerajaan Surga {(Roma 8:18-27) (1 Korintus 15) (Ibrani 12:22) (Wahyu 21:1-5) (Wahyu 22:1-5)}

Minimal Masa Pra Paskah dan Masa Adventus :slight_smile:

Kalo saya sering kegereja, dan digereja tiap Hari Minggu Kita ada Tobat Umum :slight_smile:

Oh begitu, ya. Satu hal lagi yg saya tahu dari ajaran Katolik, bahwa TYK membukakan jalan keselamatan dengan menebus dosa asal, setelah itu manusia harus terus menjaga perbuatannya supaya tetap selamat. Jadi bila ada umat Katolik yang mati setelah berbuat dosa, atau ketika berbuat dosa, masuk kerajaan sorga tidak, ya?

Bro Yopi, jika telah melakukan pengakuan dosa dan juga Tobat Umum, apakah secara otomatis dosa dosa non dosa asal terhapus, atau setelah keluar dari gereja sudah tidak berdosa lagi?

Salam

Yup,

Matius
16:16 Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
16:17 Kata YESUS kepadanya: “Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
16:19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga.”

:slight_smile:

Untuk Katolik setelah mati kemana silahkan lihat disini:

dan juga disini:

:slight_smile:

Oh gitu, berarti harus sering sering mengaku dosa dong, bro Yopi, atau Pertobatan Umum. Nah, apa bedanya Tobat Umum dengan Tobat Khusus, yang di dalam bilik itu?

Sebab manusia kan selalu lupa, dan cenderung berbuat dosa. Bro Yopi, ini pertanyaan OOT, kalau dugem, ke diskotik, denger musik joget joget, minum bir 1 gelas, menurut bro Yopi ini termasuk dosa engga?

Salam

a. Bedanya dalam bilik kita diberitahu mengapa perbuatan itu dosa, bagaimana cara menghadapinya apabila ketemu lagi dengan hal tersebut, trus kita diberi penguatan dan silih dosa (disuruh berdoa Aku Percaya, Bapa Kami, Salam Maria, Kemuliaan, Terpujilah)
Selesai dan pulang :slight_smile:

b. Kalo Tobat Umum kita rame2 mengatakan: Saya mengaku kepada ALLAH YANG MAHA KUASA dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa, dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian, saya berdosa… saya berdosa… saya sungguh berdosa… oleh sebab itu saya mohon kepada St Perawan Maria, para Malaikat dan Orang Kudus dan saudara sekalian supaya mendoakan saya kepada ALLAH TUHAN kita.
Trus Imam menyatakan: Semoga ALLAH YANG MAHA KUASA mengasihani kita, mengampuni dosa-dosa kita dan menghantar kita kelak ke hidup yang kekal. Amin
Selesai, dilanjutkan ke Liturgi Sabda sampai Liturgi Ekaristi :slight_smile:

  1. Tidak dosa :slight_smile:
    Soalnya saya sering melakukannya :smiley:

Oh, gitu. Wah makasih, bro Yopi menjawab dengan jelas lugas dan apa adanya. Tapi jangan tersinggung, ya. Kok, dalam tobat umum, tidak satu pun kata kata Tuhan Yesus, bisa kasih penjelasan.

Dan, masalah ke dugem sambil minum segelas bir dan joget joget, bener nih engga dosa, apa cuma penafsiran Bro Yopi saja, atau memang sudah menanyakan kepada orang yg lebih mengerti.

Salam