Bersin, Jangan Tutup Mulut Dengan Tangan!

Batuk dan bersin dapat menyebarkan penyakit, hal ini telah umum diketahui. Namun sebuah survey ketika terjadi wabah flu babi atau H1N1 ditemukan satu dari empat orang ketika bersin dan batuk di tempat umum tidak pernah menutup mulutnya.

Para dokter merekomendasikan mereka yang pilek untuk menggunakan tissue, sapu tangan atau menutup mulut dengan lengannya, namun penelitian menemukan hanya 5% orang yang melakukannya.

Banyak orang hanya menggunakan tangan saat membuang ingusnya, hal ini dapat menyebarkan penyakit kecuali orang tersebut membersihkan tangannya dengan disinfektan setelahnya.

Jadi saat Anda batuk atau bersin dan menutupnya dengan tangan, hal tersebut tidak efektif mencegah penyebaran penyakit sebab setelahnya Anda langsung melanjutkan aktifitas dan bukannya mencuci tangan terlebih dahulu.

Profesor Nick Wilson dari Otago University di Wellington, New Zealand mengatakan, “Ketika Anda batuk dan menutupnya dengan tangan Anda, maka Anda menutupi tangan Anda dengan virus.”

Dari penelitian professor Wilson, dari 384 respondennya 26.7 persen tidak pernah menutup mulutnya saat batuk atau bersin, hanya 30 orang yang menggunakan tissue, dan satu per 77 orang menggunakan lengannya untuk menutup mulut saat bersin atau batuk…

source : http://youngstersquat.wordpress.com/

wah thanks infonya gan…

ntar gw bersin tutup pake telapak kaki dah…haha…canda…

sama sama bro… ;D boleh2 asal ttup idungnya pke klingking… kidding

dan kalau ditutupi nya terlalu rapat bisa robek selalput yang membatasi dengan telinga dan ndapat juga menyebabkanm rasa sakit ke daerah otak