berikan kritik :)

aku bingung knp aku lahir di keluarga muslim sedangkan namaku kinntan kristina febriyanti ? aku seorang muslim berumur 14 tahun dari kecil aku selalu dipaksa beribadah sholat dan ngaji tapi pas aku besar seperti skrg ini aku mulai berfikir bawha aku mengaji dr kcil tetapi tidak tahu artinya yg diaajarkan ditempat ngajiku ada bahasa arab cuma itu mengajarkan tentang bahasa arab sehari hari seperti makan, tidur,aku,mama dan belum ada tahapnya lg. kemarin aku meliat lihat isi forum ini aku membaca post mereka tentang Tuhan aku ingin hidup seperti kalian yang beribadah bukan karna keterpaksaan tapj keluargaku selalu memaksaku untuk sholat,kalau tidak aku akan diceramahi dan di ancam akan masuk neraka. tetapi setelah difikir bahwa masuk/tidaknya keneraka bukan manusia yang tau. tetapi aku diancam seperti itu. dan setiap pelajaran agama di sekolah aku selalu ditanya oleh guruku ‘mengapa namamu kristina tetapi kau islam?’ aku risih ditanya seperti itu. dan setiap praktek agama aku tidak bisa bacaan sholat aku malu padahal itu agamaku sendiri tetapi aku tidak bisa. lalu aku membaca di forum ini kalian tampak damai hidup seperti ini firasatku aku ingin seerti kalian yang selalu berdoa tanpa ada beban rasa takut. aku melihat kalian selalu percaya. tp di agamaku aku tidak tenang sekali ga tau bacaan sholat rasanya aku seperti tidak pantas beragama islam. tetapi waktu natal tahun lalu aku kerumah omaku yg dijakarta dia seorang kristen katolik mulai saat itu aku diajarkan agama kristen oleh beliau sampai dia meninggal dihari ulangtahunku tepatnya tgl 20 februari 2013 aku berfikir tiada lagi yg mengajariku hidup beriman. dan mulai saat itu juga aku selalu dipaksakan untuk beribadah aku merasa Yesus udah nempel dihatiku aku tak tahu harus bagaimana sampai skrg aku juga tidak tahu harus bercerita kesiapa orangtua ku pun tidak tahu kalau aku skrg percaya pd yesus dan pernah belajar ajaran kriaten dengan omaku dan skrg sudh mau natal tetapi aku takut kalau nanti aku masuk neraka karena tidak mematuhi orangtuaku tetapi aku percaya kepada agama kristen dibanding islam. aku ingin kalian memberikanku kritik dgn jalan hidupku yg telah ku ceritakan aku harus melakukan apa menurut kalian?
trimakasih

:slight_smile: Kinntan, saya turut merasakan apa yang Kinntan rasakan. Rasanya bingung khan mo pilih yang mana ? Saya tidak akan mengkritik. Karena apa yang kamu rasakan tidaklah tepat untuk dihakimi dan dikritik. Saya merasakan hidayah Isa Almasih telah kamu alami. Hmm… adakah kamu telah bisa hidup mandiri ? Jika sudah bisa, saya sarankan Anda segera keluar dari tempat tinggal Anda selama ini. Iblis akan berusaha keras mematikan kebenaran yang Anda miliki. Anda sudah tau teror-teror alias ketiadaan damai sejahtera dalam kepercayaan Anda yang lama. Itu adalah bukti bahwa kepercayaan itu tidak benar. Tahunya hanya neraka, neraka, dan neraka. Benci, benci, dan benci. Jadi, tidak tepat jika Anda kembali ke sana.
Kedua, jika belum bisa hidup mandiri tetaplah beribadah tetapi mulailah berdoa dengan nama Isa Almasih sebagai Robb mu. Di sisi lain, ada enggak saudaramu yang lain yang beragama Kristen/ Katholik ? Silakan hidup bersama mereka supaya situasimu lebih kondusif. Saya siap mendoakan Anda, dan menolong Anda. Silakan kirim pm (private message) kapanpun atau ym saya. Saya siap melayani Anda. Tuhan Yesus menyertai !!

aku punya keluarga katolik tp itu diluar kota sedangkan kalo pindah dan tinggal sama mereka pasti akan merepotkan mereka karna mengurusku apalg skrg aku kelas 3 smp jika aku pindah pasti aku akan mengulang kelas 3 lagi. aku bingung apa maksud Tuhan sepertinya Tuhan marah sama aku makanya Tuhan membuat masalah ini kepada keluargaku. tapi aku yakin Tuhan punya rencana yg indah

Betul sekali, didalam Yesus tidak ada keterpaksaan, pabila kamu jatuh cinta, jadi cintamu yang membayarkan ibadahmu. Bukan karena dipaksakan engkau hingga harus membaca kitab suci, namun karena engkau ingin dan ingin untuk membacanya (ada desire didalamnya), Bukan karena ancaman engkau akan masuk neraka, namun karena cinta, engkau Hidup dalam Tuhan dan yang benar.

Tidak ada keterpaksaan dalam hidup, AWALNYA HIDUP SEPERTI ITU, makanya datang lah segelintir orang menekan jiwa jiwa dalam ketakutan, menekan jiwa-jiwa yang ingin lepas dan bergerak bebas, memandang sebenarnya hidup itu, bahwa terdapat rasa kemerdekaan didalamnya, untuk mencicipi, menghirup nya, melihat indahnya tanpa diincar orang lain, dan dipatahkan pihak lain.

Saya bersaksi, bacalah Alkitab, khususnya di Lukas, Markus, Dan Yohanes, dan Matius, anda akan menemukan RASA DISANA, KEPERCAYAAN DISANA, dan anda akan menemukan diri anda disana, diri anda dalam hidup yang sebenarnya. Bukan pemaksaan, melainkan diri yang merdeka, bebas memilih dan anda berkembang sesuai dengan jiwa anda.

semakin mereka memaksamu, semakin kamu merasa sperti tertindas, semakin kuat mereka menekanmu, mungkin semakin kuat rasa yang ada didalam dirimu. Itu sudah alami (natural manusia), Mudah2an mereka tidak mempunyai senjata pamungkas, untuk menghentikanmu menuju kedewasaan kamu yang bebas memilih. Dimana Kamu memilih memutuskan keinginan jiwamu dan lebih baik memberi HARGA DEMI RASA KASIHAN PADA ORANG2 YANG MEMOHONMU MUNGKIN.

Saran : baca alkitab yg bisa didownload di hp / browsing alkitab di internet.
Baca dari injil (Markus, Matthew, Luke, John)
Mengenai hal takut masuk neraka karena ga mematuhi ortu, dan mengenai Tuhan marah kepada anda.

  1. Well, iblis ga mau anda ikut Tuhan kok jadi dia pakai 2 hal itu. Makanya, kita ditipu klo Tuhan jahat, bengis, dll.
    Ada ayat dimana Tuhan bilang bahwa kita salah mengerti akan Dia.
    kita kira dia itu bengis, suka marah, ga adil, etc.
    Tapi sebenarnya Tuhan itu maha kasih.
    Yohanes 8:12 ’ Yesus berbicara lagi kepada orang banyak, kata-Nya, "Akulah terang dunia. Orang yang mengikuti Aku tak akan berjalan dalam kegelapan, tetapi mempunyai terang kehidupan.’

1 Yohanes 3:1 ‘Lihatlah betapa Allah mengasihi kita, sehingga kita diakui sebagai anak-anak-Nya. Dan memang kita adalah anak - anak Allah. Itulah sebabnya dunia yang jahat ini tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Allah’

U cari deh pembimbing rohani yg bagus. Doa minta ke Tuhan dulu.
Doa itu seperti ngobrol sama Bapa. And Bapa kita itu lebih baik dari bapa kita di dunia.
Coba nonton ini: http://m.youtube.com/watch?v=GRK_rNeb8X4

Hah?! Tuhan marah sama kamu ? Kenapa ? Memangnya kamu salah apa ? Yang terjadi sesungguhnya adalah, iblis yang marah sama kamu karena hendak berpaling darinya. Makanya, ia memakai keluarga, teman-teman, guru, dst untuk mengintimidasimu. Kalo kamu sampai diancam sampai mo dibunuh, disekolahkan di pesantren, dst maka kamu harus lari ke KPAI dan polisi. Mereka sudah melanggar hak asasimu. Coba, kamu konsultasi ama mereka dulu. Utarakan apa yang terjadi padamu. Kamu ada di kota mana ? Hmmm… karena kamu sekarang masih kelas 3 SMP, kmu sebaiknya berdoa dulu dengan gerakan yang sama tapi namanya pake Isa Almasih sebagai Robb-mu. Jangan sebut nama yang lain. Kamu harus konsentrasi dulu untuk menyelesaikan UAN.

aku gatau hrs mengubah perasaanku menjadi kata kata seperti apa nanti. aku seperti banyak mengeluh dulu aku pernah bicara kepada orangtua ku begini ‘mah kalo org digereja itu ngapain aja sih?’ lalu mamaku menjawab ‘kamu ngapain nanya itu. org kristen itu sudah pasti ajaran yg salah makanya km jgn berteman dgn org kristen’ itu percakapan pas aku msh berumur 5tahun masa masa ingin tahu. tapi entah knp aku suka berteman dgn org org yg dilarang berteman dgn ku mereka asik. cuma yg jd permasalahan aku ingin hidup tenang dan berserah diri sepenuhnya dgn Tuhan tentang kejelasan agamaku skrg. aku gabisa bgini terus beribadah dgn keterpaksaan itu membuatku risih aku ingin seperti yg lain enjoy dgn agamanya bukan beribadah karna ingin msk surga tetapi kelakuan msh buruk. aku ingin lepas semua bebanku lulus dgn nilai yg baik apalg guruku pernah bilang ‘jika nilai agama kalian buruk kalian bisa terancam tidak lulus’ sedangkan bacan sholat saja aku masih tidak bisa. temntemanku selalu membully jika ada anak dikelas yg bacaan sholat saja tidak hafal. aku risih sbnrnya aku hrs bagaimanaa dgn semua ini? apa musti ngikutin ajaran yg ada skrg? tetapi itu seperti menghianati Tuhan. aku jg blm berumur 17 tahun aku msh dianggap anak labil yg blm bisa memilih tujuan hidup oleh orangtuaku aku ingin cepat cepar rasanya 17 tahun agar aku bisa memilih hakku sbg manusia yg lahir didunia ini tapi sulit sepertinya

cuman bisa menyimak dan memberikan dukungan
semangat sis untuk mempertahankan imanmu :slight_smile:
yakinlah Tuhan pasti buka jalan

trimakasih yaa udah mau dukung aku

trimakasih yaa udah mau dukung aku

Adik ini masih kecil, sebaiknya jangan melawan arus dulu, terlalu berat resiko yg harus ditanggung. Fokus dan konsentrasi dulu memikirkan masa depan, dan raihlah prestasi sebanyak2nya.
.
Soal keimanan, baiknya tunggu masa dewasa dan saat sudah mandiri. Selama menunggu masa itu tiba, adik bisa belajar kekristenan secara tdk menyolok dan menyinggung perasaan orang2 di lingkungan sekitar adik. Menjadi kristen yg terpenting adalah perubahan di dalam hati adik. Jadi tdk perlu merubah apa2 yg ada sekarang, sehingga kehidupan sehari2 adik tdk tertekan dan terhambat karena dimusuhi oleh lingkungan. Karena untuk menjadi kristen yg paling penting adalah adanya perubahan di hati adik, yaitu telah dan mau mengakui Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat, itu saja dah cukup.
.
Jadi sekali lagi jangan ada yg berubah. Dan jangan melawan arus. Tunggulah hingga masa dewasa / mandiri itu tiba tuk adik buat keputusan.
.

Salam Kasih Kintan

wuih ini bisa di sebut dilema juga ya,tapi itulah Tuhan kita yg tidak akan menyerah jika sudah menjatuhkan pilihan.

Saranku sih sist Kinntan belajar dulu, baca Alkitab secara perlahan,dan JANGAN DULU MENGGEMBORKAN IDENTITAS DIRI JIKA MEMANG TERIMA YESUS SEBAGAI JURUSELAMAT.

Belajar tentang Tuhan Yesus/Isa bisa juga di Al-Quran karena di situ juga tertulis bahwa :
Akulah jalan kebenaran dan hidup dan barangsiapa mengikut Aku tidak akan binasa melainkan beroleh hidup yg kekal.
Dan pada akhir zaman dimana Isa lah yg akan menjadi hakim atas umat manusia.

Al fatiha

makasih sarannya sangat membantu

Ya! Untuk sementara ini, kamu hafalkan aja dulu bacaan sholat biar kamu lulus. Hafalkan saja, jangan hayati. Ikutin secara fisik, tapi jangan imani. Itu mengkhianati Iblis, bukan Tuhan. Usia 17 tahun itu kayaknya tinggal sebentar lagi kok. Yang jelas, selama kamu menunggu masa itu perbanyaklah doa dengan menggunakan nama Isa Almasih dalam doa-doamu. Hafalkan surah-surah yang menguatkanmu bahwa Isa AS benar-benar Tuhan bukan nabi yang biasa. Saya akan turut mendukung dalam doa. Kuatkan imanmu, mulai detik ini Tuhan Yesus telah menyertaimu.

Kadang segala sesuatu berhasil atau rampung diselesaikan yakni dengan alasan berikut;

  • karena ada ketertarikan orang yang mengerjakannya, (biasanya orang ini enjoy dengan apa yang ia lakukan,
    sangat menikmati), tidak merasa terbebani, tidak merasa dipaksakan.
  • Karena dipaksa (pressure/tekanan)-- tentu tidak bisa dipungkiri melibatkan pihak ketiga yaitu yang memberi
    tekanan tersebut. Biasanya ini hanya tanggung jawab. tapi tidak ada rasa didalamnya selain menuntaskan/
    menyelesaikan tanggung jawab. dalam Kasus ini bisa ortu, sodara tertua ataupun pendidikan agama disekolah.
    Namun disetiap penyelesaiannya semua hanya keterpaksaan, dan rasa tidak nyaman, tidak bahagia.
  • Karena tidak ada pilihan, yah itu, opsi yang ada didepan mata, hanya itu dan itu tidak ada opsi yang lain. sama
    halnya dengan nomor 2. Itu semua keterpaksaan.

Dari ke tiga hal diatas, saya memilih yang nomor 1, karena pada nomor 2 saya punya alasan: "saya sebagai pribadi pantas mengetahui apa yang sebenarnya yang baik yang harus saya ambil menjadi milik saya, baik dalam agama dan lain nya. Sedang untuk nomor 3, alasannya; saya tidak mau ikut pemikiran orang lain bahwa tidak ada opsi. Itu hanya membuat saya terlihat bodoh. Bagaimanapun caranya pasti ada pilihan, dan sangat banyak pilihan.

he he, spertinya kamu telah mengenal Tuhan yang sebenarnya yah? telah mengenal Tuhan yang telah ada didalam jiwamu, Bahwa kamu berkata: “apa musti ngikutin ajaran yg ada skrg? tetapi itu seperti menghianati Tuhan.”

Katanya: “pengalaman membuat kita lebih mahir dan lebih pintar.”, saran saya lebih baik Kristina ini coba untuk tenang saja, dan menenangkan perasaannya dulu. Karena saya tidak mampu membawa kamu kabur ibarat pahlawan misterius dari cengkraman yang ada posisi kamu sekarang… ;D, bisa2 saya dituduh mencuri anak orang. ;D (just kidding, ini hanya terjadi didunia dongeng ;D)

Coba diselusuri lagi, dan lebih dalam lagi, apa yang membuat dik Kristina ini merasa tidak cocok dengan yang ada sekarang, apa yang membuat tertekan dengan kondisi yang ada sekarnag, dengan demikian dik Kristina ini, bisa lebih mengenal dirinya sendiri. Serta faham dalam mengenal diri sendiri, sambil dik Kristina ini menjalani hari2 hingga berusia 17 tahun. :afro:

namun selamat datang, selamat datang Dalam KASIH YANG SEBENARNYA, DALAM JALAN YANG SEBENARNYA, DALAM HIDUP YANG SEBENARNYA.

Kalau saran saya coba deh baca alkitab. Nah, alkitab kan ada di internet kaya sabda.com, atau klo ortu ga pernah cek hp, ya coba download alkitab (gratis kok).
Seperti saran kebanyakan, saya yakin Isa bin Mariam sama dengan Yesus, Tuhan. Jadi ya, adik tetap solat tapi ke Allah / Tuhan / Isa bin Mariam aja.
Anyway, adik jangan takut atau cemas deh. Allah iti maha kasih dan pasti melindungi adik.

Jadi orang kristen itu gak gampang lho…
Seringkali nyawa taruhannya.
Apa sudah siap?
:azn:

Meski adik bisa dibunuh sekejam apapun.
Jangan lah cemas sebab Tuhan bilang jgn takut sama yg cuma bisa bunuh badan, Tetapi tidak berkuasa membunuh jiwa. Takutlaj kepada Allah yg berkuasa membunuh badan dan jiwa di neraka’ (Matius10:28)

Sadiis… Saya aja yg update status about christmass di bb, sbagian status langsung berubah tuh status beberapa teman muslim menjadi, neraka dengan ancungan jempol kebawah… Hadeeh, jahat banget si agama yg satu ini? Giliran mreka bertaburan kata auloh seenak setiap menit… Gw ga bs komplain, bs kbakaran jenggot dia.