ARTI SEBUAH NAMA

@ MB:

kita bedakan masalah bahasa kali ya bro… menurut saya itu bukan masalah nama, tapi masalah bahasa. Yesus, itu bahasa indonesia, kalau inggris jesus, kalau arab: يسوع, kalau ibrani:ישוע, latin: Iesus, dll

nah pada kasus YHVH/YAHWEH itu juga saya rasa masalah bahasa saja. yg jadi aneh, jika orang indonesia ngotot pake bahasa lain , kaya orang seberang Allah, harus dibaca Awlloh… dll. menurut saya itu ga substansif.

@onde2lumut

setuju bro…yang penting pengenal PRIBADI ALLAH sudah tepat mau pake nama ganti TUHAN

mau jadi ALLAH ELOHIM ADONAI TUHAN kek asal tahu PRIBADI ALLAH yg dituju yah pasti nyampe

tujuan donk.

@ALL

saia mau pergi menemui YHVH yak lalu ketemu PETRUS–

saia : om petrus anda tahu YHVH dimana ???

PETRUS : oh mksd kamu nak,YESUS KRISTUS yah. Anak Manusia lagi Shopping

lalu menuju area shopping ketemu MUSA

Saia : boz MUSA,anda tahu YHVH dimana ???

MUSA : oh mksd kamu YAHWEH yah…baru aja pergi ke gunung
disebelah.

lalu saia menuju ke gunung sebelah ketemu YESUS KRITUS

Saia : Rajaku…anda Tahu dimaan YHVH ???

YESUS KRISTUS : Loh…kamu tidak tahu siapa saia yah?? langsung diceramahin

" AKu dan Bapa adalah Satu. siapa yg telah melihat Aku telah Melihat BAPA a.k.a YHVH "

nah silahkan sendiri mksd saia apa yak

@endang

saia tidak pengikut aliran oneness jg bukan ikut aliran siapapun

saia sendiri lagi mencoba memposisikan diri utk menilai saja

tp klo tanya ktp saia,saia seorang KRISTEN PROTESTAN.

saia udah pernah gereja katolik protestan khrarismatik betel pentakosta apa lg yah

semua pny keunggulan masing masing.

skrg saia lg memposisikan ingin mencoba gereja reform karena sepertinya khotbah nya

menarik utk diikutin.

endang di gereja mana sekarang ???

ngikut aliran mana yak klo boleh tahu.:slight_smile:

Sama juga, keliling juga.

Kadang masih ke Gereja Katolik-Katedral, Gereja Bethany, GBI Rock, GSJA, GPIB, GPRK (Gereja Pimpinan Roh Kudus), sedangkan pelayanan sebagai guru sekolah minggu di Gereja GPRK.

Gereja GPRK inilah yang beraliran penyembah YAHWEH.

Doktrin Gereja yang pernah tertanam di pikiran saya adalah Katolik (lewat pelajaran Katekumen 2 tahun), Bethany lewat pendidikan SOM, Sidang Jemaat Allah (Assembly of God) aliran Yonggi Cho lewat Pendalaman Alkitab, GPRK lewat seminar-seminar Pdt. Yakub Soelistiya & friends.

Back to topic. Nama itu penting. Kalau anda salah memanggil namaNya, siapa ntar yang datang ? He he he…

Shalloom.

Salam kenal, saya newbie kok disini. Just Kidding He He He…

Betul, nama itu penting dan seharusnya kita jangan salah menyebutnya. YHWH ialah huruf mati, tidak ada seorangpun termasuk orang Yahudi yang tau sebutan akuratnya. Yahweh atau Yehuwa atau sejenis denganya diakui sebagai nama-nama rekayasa manusia. Saya sih tidak mau menyebut nama hasil buah pikiran manusia.

Sudahlah, akui saja bahwa Allah sendiri mengijinkan nama-Nya di PL tidak harus dipakai oleh umat PB/orang Krsiten!

Maaf Bro Cosmic, saya kurang sependapat dengan anda masalah YHVH.

Informasi yang saya peroleh pelafalannya yang benar adalah Yahweh, sedangkan Yehova dipengaruhi logat/dialek Jerman, sedangkan Yehuwa dipengaruhi logat/dialek Cina.

Informasinya dari senior-senior penyembah Yahweh. Untuk pembuktiannya memang saya harus belajar bahasa dan tulisan (sastra) Ibrani, saat ini saya belum bisa, jadi masih ikut apa kata pak guru saya.

Salam.

yang saya warnai merah itu pendapat yang nggak bener, Anda cari senior2 yang bener2 bisa baca bahasa Ibrani donk…
Itulah kalau sendirinya nggak belajar sendiri, manut aja apa kata orang, ya bisa salah kaprah…

saya copy posting saya ttg Nikudim dalam aksara YHVH:

Ayo molai belajar sendri juga, jangan ikut2 pendeta2 dan penginjil2 ngawur itu…

Sekali lagi tidak ada seorangpun didunia ini yg Tau bagaimana mengucapkan nama empat huruf mati ini, YHWH (Yod He Wa He) dengan akurat termasuk orang Yahudi dan pakar-pakar bahasa Ibrani, mengerti ngga nih?

Yahweh atau Yehuwa atau ribuan bentuk pengucapan sejenis itu cuman dugaan/andaian dari para penerjemah dan pakar-pakar bahasa dan mereka pada ngaku.

Yah sudahlah.

Apabila seseorang ingin mempertahankan satu agenda (ajaran tokoh2 bidat mereka) makanya dia tidak bisa lagi berpikir secara objektif sebaliknya mencari-cari pembenaran yang ngga lebih dari cuma sebuah teori yg bersifat subjektif.

Bro cosmic menulis:
YESUS ialah nama sang Anak/Firman-Nya yang berinkarnasi. Jadi YESUS ialah nama untuk YHWH sang Anak/Firman yang berinkarnasi. YESUS bukan nama Bapa mahupun ROH KUDUS karena Bapa dan ROH KUDUS tidak berinkarnasi menjadi Manusia. Namun bukan bermakna nama YESUS tidak bisa mewakili Bapa dan ROH KUDUS. Ini karena dalam YESUS berdiam seluruh kepenuhan Allah makanya kalu mau sembah YESUS ya silakan, mau sembah Bapa silakan mau ROH KUDUS silakan, mau Bapa, Anak dan ROH KUDUS ya silakan, mau sembah Tuhan ya silakan, mau sembah Allah ya silakan mau sembah YHWH ya silakannnnnnnnnnnnnnnnn…

HAN me nimbrung :
Maaf ya bro mau ikut timbrung tanya
Yohanes 17
17:12a Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam NAMA-Mu, yaitu NAMA-Mu yang telah Engkau berikan KEPADA-Ku;

disitu jelas bahwa bapa juga bernama YESUS dan Nama itu telah diberikan kepada sang anak
Apakah maksud bro karena telah diberikan kepada sang anak maka bapa telah “kehilangan” nama itu ???
(bandingkan presiden “Bush” dengan Anaknya “Bush” juga)

Dalam pandangan Ibrani purba, sebuah nama adalah identik dengan karakter & pribadi yang bersangkutan, bukan sekedar identitas untuk dikenal atau untuk memperkenalkan diri.

…dikuduskanlah NamaMU… ini berbicara bukan sekedar menguduskan sebuah Nama, tetapi juga menguduskan sebuah Pribadi

Mana yg lebih mungkin?

Nama sang Bapa ialah YHWH.

Nama sang Anak yg menjadi Manusia ialah YESUS (Ibr: Yash’ua).

Arti dari nama YESUS (Ibr: Yash’ua) ialah “YHWH (Yahweh) adalah keselamatanku”

Jadi dalam nama YESUS ada nama sang Bapa yakni YHWH.

Atau…

YESUS sedang bercakap dengan YESUS??? (atau dengan diri-Nya sendiri?).

Mana yg lebih mungkin?

Saya dipanggil orang Pa Halim, ayah saya (Abram Halim) juga dipanggil orang Pa Halim.
Pa Halim sering ngobrol dengan Pa Halim, tiada yang tidak mungkin bukan ??
Ayah saya memberinama Halim juga kepada saya , kan beliau tidak menjadi hilang Halimnya.

Jadi sang Bapa (Abram Halim) dan sang Anak (Pa Halim) ialah dua pribadi yg berbeda, apa begitu?

Ya ialah !!!
Bapa abram Halim dan Anaknya HanHalim dipangil samasama Pa halim adalah dua pribadi tapi satu (keluarga)
Allah salah satu namanya adalah Yesus dan sang Anak (Yesus) adalah dua pribadi tapi satu Tubuh ke-Ilahian

Sejauh menyangkut dua pribadi yg distinct/berbeda kita sejalan.

Tetapi saya tak setuju kalu Bapa itu bernama Yesus.

Pertanyaan, siapakah nama Roh Kudus? Kalu Bapa dan Anak sama2 bernama Yesus kenapa Yesus tidak memanggil Bapa dengan nama Yesus? Siapakah pula bernama YHWH? Siapa pula berinkarnasi (menjadi manusia), apa sang Bapa atau sang Anak atau Roh Kudus?

Salam.

Roh kudus Tidak kita ketahui namanya karena dalam alkitab tidak ada keterangan tentang namanya.
Seperti saya tidak memanggil ayah saya dengan “Halim” melainkan dengan kata Babe demikian juga Yesus tidak memanggil Allah (bapa) dengan nama YESUS melainkan dengan Kata Engkau atau “kamu”
Tentu saja yang menjadi manusia adalah sang “Anak”
Kata re-inkarnasi tidak tepat karena berarti telah berulang(kali)

Salam
GBU
Han

Anda salah baca kalee ya?

Saya nulis inkarnasi bukan re-inkarnasi.

Mau nanya, adakah Roh Kudus itu Allah?

Han menjawab
Sorry , saya tidak teliti membacanya :wink: maafkanlah saya, karena teori inkarnasi dan reinkarnasi merupakan istilah yang sering digunakan oleh paham agama lain (non kristen ) yang ikut terbawaan dalam pengajaran kristen, sehingga ketika istilah itu dibawakan saya jadi kurang teliti, maaf.
selanjutnya menjawab pertanyaan Anda
Roh kudus adalah Roh Allah., Yesus Adalah Firman Allah keduanya merupakan bagian dari ke Ilahian Allah

(1) Anda salah, inkarnasi berasal dari bahasa Latin yg searti dengan frase dari Injil Yohanes 1:14, “Firman itu telah menjadi manusia (sarx egenetoo).” “Sarx egenetoo” menjadi daging searti dengan bahasa Latin 'in (dalam) karnal (daging) dalam daging!. Jadi maaf, anda kurang teliti dan pengetahuan Al-Kitab anda sangat minim. Saya maklumi.

(2) Bagus, ada mengatakan Roh Kudus adalah Roh Allah dan merupakan bagian dari Allah yg esa, jadi apakah Roh Kudus itu Bapa? Karena anda mengatakan Yesus adalah Bapa, jadi bagaimana dengan Roh Kudus?

Saya nunggu respon anda.

Lha saya tidak mengatakan bahwa yesus adalah sang bapa melainkan sang anak tapi nama yesus adalah nama bapa juga yang diberikan kepada anaknya

saya pastekan kembali
ROH KUDUS Tidak kita ketahui namanya karena dalam alkitab tidak ada keterangan tentang namanya.
Seperti saya tidak memanggil ayah saya dengan “Halim” melainkan dengan kata Babe demikian juga YESUS tidak memanggil Allah (bapa) dengan nama YESUS melainkan dengan Kata Engkau atau “kamu”
Tentu saja yang menjadi MANUSIA adalah sang “ANAK”
walaupun pengetahun saya minim tapi Tidak ada satupun dalam alkitab saya yang menyebut nama bapa adalah YHWH

Oh gituh…

Maksud bro, Bapa dan Anak bernama Yesus.

Wah saya tidak pernah menemukan di PB pemahaman seperti itu.

Bahkan Yoh 17 tidak bisa dijadikan dukungan arguments untuk membenarkan pemahaman Bapa dan Anak bernama Yesus!